Pilih Mana: Kompor Gas atau Kompor Listrik?

Loading...

Untuk memasak tentunya kita membutuhkan kompor untuk media penghantar api dengan wadah seperti panci. Kompor sendiri terdiri dari 2 jenis, yakni kompor gas dan juga kompor listrik yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kali ini saya akan membahas mengenai Kompor Gas dan Kompor Listrik. Stay tune ya..

Kompor Gas

Sesuai dengan namanya, kompor ini menggunakan bahan bakar gas. Kompor gas juga memiliki ruang tertutup sebagai tempat bahan bakarnya, juga sebagai penghantar antara api dengan wadah seperti panci yang bertujuan agar makanan atau minuman kamu bisa matang. Baca juga Pilih Mana: Quantum atau Rinnai

Kompor gas juga praktis dan tabung gas nya sendiri mudah ditemukan dan diperjual belikan. Maka tak heran banyak orang yang memakai kompor gas ketimbang memakai kompor listrik.

Kamu bisa atur sendiri kekuatan api yang terdapat di kompor gas kamu, tentunya gunakan api sesuai dengan kebutuhan memasak kamu. Bukan berarti semakin besar api maka semakin cepat pula matangnya. Itu semua harus dalam komposisi yang pas.

Untuk kompor yang masih memiliki tabung gas, sebaiknya memasangnya dengan hati-hati atau membeli alat yang ada takaran untuk memasangnya hingga benar. Karena jika tabung gas bocor maka dampaknya adalah kebakaran yang kerap terjadi dimana-mana.

Jauhkan kompor kamu pada anak-anak yang masih belum mengerti, karena seperti yang kita tahu kompor bisa menghasilkan api yang berbahaya jika kita mengawasi anak-anak dibawah umur.

Kamu bisa dapatkan kompor gas di toko dapur, Ace Hardware, mall bahkan online shop pun sekarang sudah banyak yang memperjual belikannya.

Jenis-jenis kompor gas

Kompor Gas Portabel
Kompor gas ini merupakan jenis kompor yang paling banyak ditemukan di rumah-rumah. Kompor ini memiliki tabung gas yang biasanya diletakkan dibawah sebagai penghantar antara gas dengan kompor. Harga dari kompor ini juga relatif murah dan mudah dibongkar pasang sehingga memindahkannya pun mudah.

Kompor Gas Freestanding
Kompor ini memiliki ukuran yang besar dan biasanya terdiri dari empat sampai enam tungku. Tidak hanya itu, kompor ini umumnya terdapat oven di bawahnya, jadi bisa satu paket antara memasak dan memanggang makanan

Kompor Gas Tanam
Sesuai dengan namanya, kompor ini memiliki gas yang ditanam didalam tanah. Maka dari itu sifat dari kompor ini adalah permanen, jadi kamu harus mempertimbangkan baik-baik jika ingin memasang kompor gas tanam.

Kompor Gas Komersil
Kompor ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dari kompor pada umumnya. Kompor ini hanya memiliki satu tungku, biasa digunakan oleh pedagang yang menjual jajanannya secara berkeliling dan biasa digunakan oleh restoran-restoran.

Wok cooking Stirfry

Kompor Gas Satu Tungku
Sesuai dengan namanya, kompor ini hanya memiliki satu tungku. Cocok banget digunakan untuk dapur kamu yang ukurannya tidak terlalu besar dan juga pas jika hanya sekedar memasak air, telur, mie instan dan yang lain-lain.

Kompor Gas Dua Tungku
Kompor ini adalah kompor yang paling digemari oleh ibu rumah tangga, di salah satu sisi tungku nya dibuat untuk memasang sesuatu dan tungku satunya untuk memasak sup. Kombinasi yang pas banget bukan ?

Loading...

Kompor Gas Empat Tungku
Jenis kompor ini memiliki empat tungku sekaligus, kompor ini biasa digunakan oleh restoran-restoran yang mengharuskan mereka untuk memasak dalam jumlah yang banyak.

Kamu bisa rawat kompor gas kamu seusai memakainya dengan cara mengelap nya dengan kain lap yang bersih dan gunakan pembersih agar kompor gas kamu senantiasa bersih dan tahan lama.

Harga dari kompor gas sendiri cukup beragam, di mulai dari Rp 185.000,- sampai Rp 500.000,- bahkan lebih tentunya sesuai dengan fungsi dan jenisnya.

Kompor Listrik

Kompor listrik mempunyai kegunaan yang sama seperti kompor gas, yakni memudahkan kita untuk membuat makanan atau minuman kita menjadi matang / layak dikonsumsi.

Sesuai namanya, cara menggunakan kompor ini adalah dengan menghubungkan kompor ini ke listrik.

Salah satu keunikan dari kompor listrik ini adalah makanan atau minuman bisa cepat matang namun tidak mengeluarkan panas. Bukan tanpa alasan, ini karena teknologi chip micro controler yang menggunakan energi listrik. Jadi tangan kamu tidak akan kepanasan jika menyentuh kompor listrik dalam keadaan hidup. Hebat banget bukan ?

Kompor listrik juga memiliki panel yang terbuat dari bahan keramik, sehingga dapat melawan suhu panas. Jadi kompor ini hanya memiliki efek panas pada logam tempat anda memasak seperti panci dan sebagainya.

Kamu bisa setting sendiri waktu untuk memasak kamu yang terdapat beberapa tombol sesuai dengan apa yang kita masak seperti milk, warm, cook, soup, saffy dish dan masih banyak lagi.

Keuntungan lainnya yang dimiliki oleh kompor listrik ini adalah kamu tidak perlu takut dengan hawa panas yang biasa dikeluarkan oleh kompor gas. Jadi ini cocok banget buat kamu yang memiliki ac di dapur kamu.

Bentuk dari kompor listrik sendiri sangatlah beragam dan juga lebih modern jika dibandingkan dengan kompor gas. Maka dari itu tidak sedikit juga orang yang tertarik menggunakan kompor listrik di dapur mereka.

Berbeda dengan kompor gas, kompor listrik umumnya hanya memiliki satu tungku dan jika ingin memiliki kompor listrik dengan tungku yang banyak maka kamu harus memasang kompor listrik yang ditanam dan tentunya memiliki harga yang lumayan mahal.

Resiko kecelakaan akibat pemakaian kompor listrik sangatlah minim, karena tidak mengharuskan memakai tabung gas seperti yang dibutuhkan oleh kompor gas.

Kamu bisa dapatkan kompor listrik ini di mall, toko dapur, Ace Hardware bahkan online shop juga sudah banyak yang memperjual belikan kompor listrik ini jadi kamu tidak perlu khawatir mencari kompor listrik.

Jenis kompor listrik

Kompor Listrik Tanam
Sesuai namanya kompor ini ditanam pada meja atau di bawah kitchen set. Sama seperti kompor gas tanam, kompor listrik ini tanam ini memiliki sifat yang permanen, jadi kamu wajib mempertimbangkannya matang-matang.

Kompor Listrik Portable
Berbeda dengan kompor listrik tanam, kompor listrik portable ini bisa dipindah-pindahkan sesuai dengan keinginan kamu. Memiliki bentuk yang tipis dan ringan. Kompor ini juga memiliki satu atau beberapa tungku diatasnya.

Sama seperti kompor gas, rawatlah kompor listrik kamu setelah menggunakannya agar selalu bersih dan kualitas nya selalu baik.

Harga dari kompor listrik pun beragam di mulai dari Rp 300.000 sampai lebih dari satu juta sesuai dengan fungsi dan jenis dari kompor gas listrik itu sendiri.

Pilih Mana: Kompor Gas atau Kompor Listrik?

Kompor GasKompor Listrik
Kelebihan - Mudah untuk digunakan - Api bisa diatur - Tidak menggunakan listrik - Pengaturan suhu yang cepat - Mudah dibersihkan - Aman
Kekurangan- Pemasangan elpiji masih kurang aman - Daerah didekat kompor kerap panas jika sedang memasak- Harganya lebih mahal - Jika mati lampu maka tidak bisa dipakai

Kesimpulan

Kompor adalah suatu material yang kegunaannya sangat penting bagi manusia, bisa dibayangkan jika sampai saat ini kita belum mengenal kompor maka akan kesulitan jika ingin memasak sesuatu. Kompor gas dan kompor listrik adalah dua benda yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang tentunya orang memiliki seleranya tersendiri. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kompor Gas vs Kompor Listrik

VS

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *