HomePerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Kompor Gas atau Kompor Minyak Tanah?

Alat masak yang menjadi bahan utama yang wajib di dapur yaitu kompor, betapa kompor menjadi peran penting sehingga kita perlu memilih kompor dengan teliti, ada beberapa jenis kompor yang dapat menjadi pilihan. Kompor gas, kompor minyak tanah, kompor listrik, kompor halogen, kompor induksi. Kali ini yang akan kita bahas mengenai dua jenis yang saat ini banyak digunakan yaitu antara Kompor Gas dan Kompor Minyak Tanah.

Kompor Gas

Sebenarnya kompor gas ini juga mencakup jenis kompor freestanding, kompor portabel, dan kompor tanam. Karena sama-sama menggunakan gas sebagai bahan pengoperasiannya. Hanya saja secara umum, kompor gas yang dikenal masyarakat hanya memiliki dua tungku saja. Dan bentuknya pun lebih besar dari kompor portabel yang hanya memiliki 1 tungku, dan keduanya terdapat selang yang terhubung ke tabung gas.

Pemilihan kompor gas yang baik sangat penting untuk diperhatikan, mengingat banyak kejadian yang terjadi diakibatkan oleh bagian dari kompor gas yang tidak bekerja dengan baik. Baca juga Pilih mana: Kompor Gas atau Kompor Listrik?

Jenis – Jenis Kompor Gas

Kompor Gas Portabel
Kompor gas portabel adalah jenis kompor gas yang paling sering digunakan pada dapur rumah tangga. Harganya sangat terjangkau. Komponennya mudah dibongkar pasang sehingga bisa dipindahkan dengan mudah.

Biasanya bagian kompor diletakkan di atas meja dapur, selangnya melewati bagian belakang meja, sedangkan tabung gasnya berada di bawah meja. Beberapa orang menginginkan keadaan dapur yang rapi, sehingga ada yang membuat meja dapur khusus untuk kompor gas dengan bagian bawah yang tertutup. Umumnya, kompor gas portable dibuat dua atau satu tungku.

Kompor Gas Freestanding
Kompor gas freestanding memiliki ukuran yang paling besar di antara jenis kompor gas lainnya. Kompor ini berdiri sendiri dan memiliki pelindung khusus di bagian belakang yang berfungsi sebagai backsplash dapur.

Kompor gas jenis ini biasanya terdiri atas empat atau enam tungku, sedangkan di bagian bawahnya ada oven. Sangat cocok untuk kamu yang hobi memasak makanan dan juga kue-kue. Selain hemat tempat, tentunya lebih menghemat dana juga jika memang mengincar oven.

Kompor Gas Tanam
Jenis kompor tanam ini dibuat menyatu dengan kitchen island. Sifatnya permanen sehingga kamu harus mempertimbangkan banyak hal sebelum membuatnya. Tungku kompornya ada yang dua dan empat buah, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Tampilannya sangat rapi dan juga elegan.

Kompor Gas Komersil
Jika kompor gas pada umumnya berukuran sedang, maka kompor gas komersil ini berukuran besar dan dibuat menggunakan material besi cor. Api yang dihasilkan juga sangat besar. Kekuatannya ini membuatnya cocok digunakan oleh pemilik restoran.
Kompor gas komersil ini umumnya hanya terdiri dari satu tungku. Makanan akan cepat matang dan koki bisa menggunakan wajan besar. Para tamu pun tidak perlu menunggu lama hingga makanan disajikan.

Kompor Gas Satu Tungku
Kompor gas satu tungku ini sangat cocok untuk digunakan pada dapur berukuran kecil agar menghemat ruangan. Cocok juga untuk kamu yang masih tinggal sendiri dan lebih sering makan di luar. Kompor gas ini sangat pas untuk sekedar memanaskan air, menggoreng telur atau sosis, memasak makanan instan, serta menghangatkannya.

Kompor Gas Dua Tungku
Kompor gas dua tungku ini adalah jenis kompor yang paling disukai oleh ibu rumah tangga. Pasalnya mereka bisa memasak dua hidangan sekaligus. Tungku pertama untuk sup, sambil menunggu matang gunakan tungku kedua untuk menumis sayur. Hemat waktu!

Kompor Gas Empat Tungku
Kalau jenis kompor berikutnya lebih keren lagi karena memiliki empat tungku sekaligus. Biasanya kompor gas ini digunakan oleh orang yang hobi memasak atau koki profesional. Ada beberapa hidangan yang bahan-bahannya perlu dimasak dengan cara berbeda kemudian dicampurkan dalam waktu bersamaan. Kalau sudah demikian, memang lebih baik ada empat tungku yang menyala. Selain hemat waktu, hidangan pun akan mendapatkan tekstur dan rasa yang pas.

Kompor Minyak Tanah

Jenis kompor ini cukup populer dalam waktu yang lama sebelum kemunculan kompor gas. Hanya terdapat satu tungku saja dan berbahan bakar minyak tanah dengan sumbu yang berada disekeliling kompor bagian dalam, yang gunanya adalah untuk menyerap minyak tanah hingga bisa naik keatas.

Untuk menyalakannya cukup dengan menggunakan batang lidi yang agak tebal dan panjang. Lalu dicelupkan sedikit kedalam minyak tanah, dibakar, lalu disulutkan kesekeliling ujung sumbu.

Walaupun kompor ini menjadi pilihan banyak orang, namun masih terdapat kekurangan. Diantaranya adalah, kompor harus sering dibongkar dan dibersihkan akibat sisa-sisa pembakaran sumbu. Kompor jenis ini sekarang sudah mulai ditinggalkan karena kelangkaan pasokan minyak tanah. Untuk kompor minyak tanah juga dapat anda temukan di online store seperti di Tokopedia.

Jenis – Jenis Kompor Minyak Tanah

Kompor Minyak Tanah Butterfly 2487
Kompor Minyak Butterfly 2487 / Kompor Minyak Tanah Butterfly 248 mempunyai dimensi 31,5 cm x 31,5 cm dan tinggi 23,5 cm di lengkapi dengan Sumbu 16. kompor minyak butterfly ini sudah lama sekali ada, kualitas Kompor Minyak Tanah Butterfly 2487 dijamin bagus dan awet karena terbuat dari bahan yang tebal.

Kompor Minyak Tanah Mini
Kompor minyak tanah ini berbentuk sedikit kecil dibandingkan dengan minyak tanah kompor pada umumnya. Kompor minyak tanah mini ini sangat praktik jika ingin di bawa untuk piknik ataupun digunakan untuk kegiatan kemah di luar ruangan.

Kompor Minyak Tanah Alumunium Hock K10
Kompor Minyak Tanah Alumunium Hock K10 mempunyai banyak keunggulan sehingga laris di pasaran, keunggulan nya itu adalah Hemat bahan bakar, Kuat dan tahan lama, Mutu terjamin, Api biru,besar dan merata, Tahan beban sampai dengan 100kg, Dudukan kuali kokoh dan Dilengkapi meteran minyak.

Pilih Mana: Kompor Gas atau Kompor Minyak Tanah?

Kompor GasKompor Minyak Tanah
Kelebihan - Memasak lebih cepat - Mudah dihidupkan - Lebih praktis merawatnya - Mudah di pindahkan - Harga terjangkau - Resiko kecil di bandingkan dengan kompor Gas
Kekurangan- Memiliki resiko seperti ledakan kompor gas akibat pemakaian kurang hati-hati - Untuk kompor gas tanam, harus ditanamkan di meja dapur, sehingga tidak bisa dipindahkan secara leluasa - Berbau menyengat - Bahan bakarnya mahal dan susah dicari

Kesimpulan

Menurut penjelasan di atas Kompor Gas dan Kompor Minyak Tanah mempunyai manfaat yang sama tergantung dari pilihan dan keinginan masing-masing orang karena ada beberapa orang yang masih takut menggunakan kompor gas karena mempunyai resiko yang besar, tetapi jika kalian sudah siap dan ingin lebih simple kompor gas bisa menjadi pilihan anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kompor Gas VS Kompor Minyak Tanah

VS

Leave a Reply