MasakPerabotan Rumah Tangga

Pilih mana: Kompor Gas Rinnai vs Sanken?

Membuat makanan dan masakan yang enak, lezat serta beraneka ragam tentu Anda sangat memerlukan kompor gas. Kompor gas yang bagus dan tahan lama akan sangat membantu Anda menyajikan setiap hidangan makanan yang cepat untuk anggota keluarga, kerabat bahkan teman. 

Berbagai kompor gas yang bisa Anda temui di pasaran dan setiap toko perabotan masak. Namun, jika Anda bingung untuk menentukan pilihan. Kami merekomendasikan merk kompor gas Rinnai dan Sanken. Kualitas dan harga dari keduanya juga mumpuni sehingga Anda tidak perlu meragukannya lagi.

Melalui artikel kali ini Anda akan mengetahui lebih detail mengenai merk kedua kompor gas ini serta beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh keduanya. Nah, Anda dapat simak mengenai artikelnya di Selera.id.

Kompor Gas Rinnai vs Sanken

Kompor Gas Rinnai

Rinnai Indonesia sudah puluhan tahun memproduksi peralatan dapur dan rumah tangga di Indonesia. Pabrik PT. Rinnai Indonesia sendiri memproduksi kompor gas meja, kompor gas tanam, commercial cooker dan cooker hood.

Semua produk dibuat mulai dari bahan mentah dan komponen sampai menjadi produk jadi. Sejak awal standar kualitas dan sistem teknologi Jepang diterapkan secara langsung. Kualitas produk kompor gas PT. Rinnai Indonesia juga berhasil terus dipertahankan. Perihal ini dibuktikan lewat penghargaan kualitas dan brand ternama yang setiap tahun didapat PT. Rinnai Indonesia.

Kompor gas merk ini juga memiliki banyak varian tipe yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera loh. Jadi jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap merk kompor gas satu ini. Kami akan memaparkannya di bawah ini. Baca juga: Pilih Mana: Kompor Tanam atau Freestanding

Kelebihan Kompor Gas Rinnai 

Berikut ini Kelebihan Kompor Gas Rinnai:

  • Memiliki kualitas yang bagus
    Kelebihan kompor gas Rinnai yang pertama ada pada kualitas material yang dimilikinya. Bahan berkualitas bagus, tidak gampang penyok dan awet. Seperti contohnya kaca tempered glass untuk kompor tanam, stainless steel untuk kompor meja dan besi cor untuk kompor komersial.
  • Memiliki banyak varian
    Kelebihan kompor gas Rinnai berikutnya adalah terdapat banyak varian yang lengkap. Hampir semua jenis atau tipe kompor gas ada. Seperti kompor gas meja, kompor gas tanam, kompor induksi, kompor gas portable dan kompor gas komersil.
  • Sangat Aman dan nyaman digunakan
    Produk-produk yang dihadirkan rinnai juga sudah memenuhi standar kualitas pakai. Sehingga aman dipakai. Tidak hanya itu, dilengkapi dengan mode operasional yang mudah dan nyaman digunakan.

Kompor Gas Rinnai vs Sanken

Kekurangan Kompor Gas Rinnai 

Berikut ini Kekurangan Kompor Gas Rinnai:

  • Jaringan service masih sedikit
    Ada kalanya kompor gas mengalami sedikit gangguan dan masalah, untuk itu perlu dibetulkan agar bisa kembali menyala. Inilah yang menjadi kekurangan dari Rinnai, yaitu jaringan service kompor atau penyediaan spare part nya yang masih sedikit di Indonesia.
  • Tidak begitu praktis
    Jika saat membeli kompor gas yang perlu diperhatikan adalah kepraktisannya saat digunakan maka kompor gas satu ini bukan jawabannya. Kadangkala kompor gas Ini mempunyai implikasi untuk keamanan, kepraktisan serta efisiensi pemakaian kompor.

Kompor Gas Sanken

Sanken merupakan perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga lokal yang sudah didirikan sejak tahun 1995, berbasis di Jakarta. Sanken menyediakan produk-produk peralatan rumah tangga modern, innovative dan berteknologi terbaru yang banyak dinanti-nantikan. 

Dari produk yang jadi pemimpin industri yaitu dispenser air higienis, mesin cuci yang kokoh dan tahan lama hingga pemanas air tenaga surya yang berefisiensi tinggi, Sanken memiliki fokus untuk menjadi pemimpin dalam bidang teknologi dan mampu menyediakan produk yang mampu memberikan kepuasan kepada semua penggunanya.

Sanken juga memiliki berbagai produk yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Produk tersebut seperti mesin cuci, dispenser air, lemari es,  pendingin minuman dan kotak pendingin, televisi LED dan tabung, pendingin ruangan (AC) dan penyejuk udara, pembersih udara. 

Baca artikel lainnya 10 Kompor Gas Portable Terbaik 2020

Kompor Gas Rinnai vs Sanken

Kelebihan Kompor Gas Sanken

Berikut ini Kelebihan Kompor Gas Sanken:

  • Penggunaannya yang mudah dan praktis
    Kelebihan pertama yang ada pada kompor gas sanken ini yaitu penggunaannya yang mudah. Anda juga tidak perlu repot-repot untuk membersihkannya karena sangat mudah dibersihkan.
  • Garansi yang terjamin
    Kelebihan lainnya yang bisa ditawarkan oleh kompor gas sanken ini yaitu ada Garansi resmi 1 tahun yang bisa Anda peroleh dari Sanken. kompor gas yang baik dan aman selalu memiliki jaminan garansi. Dengan adanya garansi yang dimiliki kompor gas sanken ini, konsumen pasti akan lebih percaya ketika membeli karena kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.
  • Memiliki desain yang bagus
    Kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari kompor gas satu ini yaitu ada pada desainnya yang bagus dan mewah. Bagi Anda yang sangat memperhatikan desain perabotan di dapur Anda maka kompor gas satu ini wajib menjadi pilihan untuk Anda.

Kekurangan Kompor Gas Sanken

Berikut Kekurangan Kompor Gas Sanken:

  • Harga yang cenderung mahal
    Kekurangan pertama yang ada pada kompor gas merk Sanken ini ada pada harganya yang cenderung mahal. Jadi bagi Anda yang sedang berhemat dan tak ingin mengeluarkan biaya yang besar maka kompor gas sanken ini bukan pilihan yang tepat. 
  • Ukuran kompor yang berat
    Kekurangan lainnya  ada pada ukuran kompornya yang lumayan berat sehingga sulit dipindahkan. Untuk Anda yang tinggal di kosan mungkin akan sangat merepotkan jika ingin memindahkan barang.

Tips Memilih Kompor Gas yang Tepat

  1. Sesuaikan ukuran kompor dengan ukuran dapur
    Tips pertama yang harus diperhatikan adalah Ukuran. Ukuran merupakan salah satu hal yang sering disepelekan ketika seseorang memilih kompor gas. Beberapa orang melupakan hal ini ketika sudah menemukan kompor gas dengan desain yang menarik, harga terjangkau, dan multifungsi. Padahal, ukuran juga bisa mempengaruhi kenyamanan Anda saat memasak nanti lho.
  2. Sesuaikan dengan kebutuhan memasak
    Berikutnya sebelum menentukan kompor gas mana yang akan dibeli. Lebih baik beli sesuai dengan kebutuhan. Saat ini, ada banyak jenis kompor yang bisa dipilih, mulai dari kompor gas satu tungku, dua tungku, empat tungku, hingga kompor freestanding yang dilengkapi dengan oven.
    Namun, membeli kompor canggih dengan harga yang mahal akan sia-sia jika tidak sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, pertimbangkan hal ini matang-matang sebelum Anda membeli kompor gas ya.
  3. Pilihlah kompor yang berkualitas
    Kualitas kompor adalah hal yang wajib Anda perhatikan. Lebih baik Anda mengeluarkan dana yang lebih besar untuk kompor yang berkualitas. Pasalnya, kualitas akan mempengaruhi performa kompor, daya tahan, dan juga tingkat keamanannya. Nah, salah satu cara memastikan kualitas kompor adalah dengan memperhatikan material yang digunakan. Pilih badan kompor yang terbuat dari stainless steel karena lebih kokoh dan tidak mudah berkarat.
  4. Perhatikan tingkat keamanan kompor 
    Tips terakhir yang bisa kami berikan yaitu jangan lupa untuk memperhatikan  tingkat keamanan kompor gas yang akan Anda beli. Lebih baik membeli kompor gas yang lebih mahal namun terjamin sistem keamanannya. Karena kecelakaan di dapur bisa saja terjadi kapanpun. Oleh karena itu, pilihlah kompor dengan regulator berstandar SNI. 

Pilih mana: Kompor Gas Rinnai vs Sanken?

Keterangan Kompor Gas Rinnai Kompor Gas Sanken
Kelebihan -Memiliki kualitas yang bagus -Memiliki banyak varian -Sangat Aman dan nyaman digunakan-Penggunaannya yang mudah dan praktis -Garansi yang terjamin -Memiliki desain yang bagus
Kekurangan-Jaringan service masih sedikit -Tidak begitu praktis-Harga yang cenderung mahal -Ukuran kompor yang berat
Lihat juga:  Pilih Mana: Kompor Gas atau Kompor Minyak Tanah?

Kesimpulan

Nah, dari perbandingan Kompor Gas Rinnai  dan Sanken diatas dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kepopuleran dan kualitasnya masing-masing. Namun ada baiknya sebelum memilih kompor gas Anda harus memperhatikan keunggulan serta budget yang Anda miliki.  Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kompor Gas Rinnai vs Sanken

VS

 

 

 

Leave a Reply