Fashion

Pilih Mana: Koper atau Ransel?

Saat akan melakukan perjalanan yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus menginap Anda pastinya membutuhkan wadah untuk menyimpan dan membawa pakaian Anda. Dua wadah yang dapat Anda gunakan untuk perjalanan yaitu koper dan ransel. Manakah yang paling tepat untuk Anda bawa? Koper atau ransel?

Koper dan ransel memiliki fungsi yang sama untuk membawa pakaian Anda. Koper pada umumnya memiliki bentuk persegi panjang datar dan memiliki roda untuk memudahkan membawanya. Sedangkan ransel merupakan tas yang ditunjang oleh dua tali untuk diletakkan pada bahu untuk memudahkan Anda membawanya. Baca juga Pilih Mana: Palazzo Cover Bag atau Sarung Tas Anti Air?

Koper

Koper merupakan tempat menyimpan pakaian yang banyak digunakan jika memiliki perjalanan yang cukup jauh dan membutuhkan untuk menginap lebih lama. Koper memiliki ukuran yang beragam mulai dari yang kecil hingga besar.

Kelebihan Koper

Berikut beberapa kelebihan koper yang perlu Anda ketahui:

  • Cocok untuk Perjalanan yang Lama

Salah satu kelebihan koper adalah cocok untuk perjalanan yang lebih lama dan telah menentukan rute tujuan Anda. Hal ini dikarenakan koper memiliki muatan yang besar sehingga barang-barang dan perlengkapan Anda dalam jangka waktu lama dapat terbawa dan tidak tertinggal. Dikutip dari Kompas.com koper juga cocok digunakan untuk perjalanan yang tidak sering berpindah-pindah tempat.

  • Dapat Didorong Sehingga Menghemat Tenaga

Kelebihan lain yang dimiliki koper adalah memiliki roda pada bagian bawahnya. Dengan adanya roda ini Anda dapat mendorong koper yang berisi pakaian perlengkapan Anda. Anda tidak memerlukan energi untuk menggendong dan membawa koper ini. Anda hanya perlu menyeretnya saja dengan kekuatan yang tidak terlalu maksimal.

  • Barang yang Dibawa Lebih Tertata dan Rapi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh koper adalah barang Anda dapat dibawa dengan memiliki tatanan dan susunan yang rapi. Anda dapat dengan mudah mengambil pakaian barang yang akan Anda pakai tanpa harus membongkar keseluruhan isi koper.

Kekurangan Koper

Berikut beberapa kekurangan koper yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan koper adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga ransel. Anda dapat memiliki koper dengan merek lokal yang bagus dengan budget Rp. 500 ribu hingga Rp. 1 juta. Tapi Anda memerlukan biaya yang lebih besar untuk bisa mendapatkan koper dengan merek yang sama.

  • Membuat Repot Pemiliknya

Kekurangan lain jika Anda menggunakan koper adalah membuat penggunanya lebih repot saat membawanya. Hal ini dikarenakan Anda harus meletakan koper di bagasi, sehingga Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menunggu koper Anda.

  • Tidak Bebas Mengubah Perjalanan

Kekurangan selanjutnya jika Anda menggunakan koper adalah tidak bebas untuk mengubah perjalanan. Sebab Anda perlu meletakkan koper Anda terlebih dahulu dan tidak dapat membawanya ke mana-mana seperti ransel. Jika Anda mengubah perjalanan dan rencana, Anda harus menyeret koper ke manapun Anda pergi. Hal ini tidak sesederhana jika Anda menggunakan ransel.

Kelebihan KoperKekurangan Koper
- Cocok untuk perjalanan yang lama- Harga lebih mahal
- Dapat didorong sehingga menghemat tenaga- Membuat repot pemiliknya
- Barang yang dibawa lebih tertata dan rapi- Tidak bebas mengubah perjalanan

Ransel

Ransel merupakan tas yang digunakan untuk menyimpan pakaian atau menyimpan barang-barang lainnya saat berpergian. Ransel biasanya memiliki ukuran yang hampir sama antara satu ransel dengan ransel lainnya. Meskipun memiliki perbedaan ukuran biasanya tidak terlalu signifikan.

Kelebihan Ransel

Berikut beberapa kelebihan ransel yang perlu Anda ketahui:

  • Bebas Mengubah Perjalanan

Salah satu kelebihan ransel adalah Anda dapat mengubah perjalanan dengan mudah. Jika terjadi perubahan, Anda dapat membawa ke manapun ransel dengan mudah. Ukuran ransel yang tidak terlalu besar ini juga tidak akan terlalu mencolok seperti jika Anda menggunakan koper.

  • Tidak Terlalu Merepotkan

Saat menggunakan ransel, Anda tidak akan direpotkan dalam perjalanan. Anda tidak perlu meletakkan ransel di bagasi, Anda dapat membawanya ke kabin sebab ransel biasanya tidak memiliki ukuran yang terlalu besar dan tidak memiliki bobot yang terlalu berat.

  • Harga Lebih Terjangkau

Kelebihan lain yang dimiliki oleh ransel adalah memiliki harga yang relatif terjangkau jika dibandingkan dengan koper. Dengan demikian jika Anda memiliki dana yang terbatas dan memerlukan penyimpanan barang untuk perjalanan, Anda dapat menggunakan ransel sebagai alternatif.

Lihat juga:  Pilih Mana: Headphone Sennheiser atau Edifier?

Kekurangan Ransel

Berikut beberapa kekurangan ransel yang perlu Anda ketahui:

  • Memerlukan Tenaga untuk Membawa Ransel

Salah satu kekurangan ransel adalah memerlukan tenaga untuk membawanya. Ransel pada umumnya tidak memiliki roda seperti koper. Dengan demikian Anda perlu membawa ransel ini dipundak Anda dan tentunya membutuhkan tenaga. Namun saat ini telah tersedia beberapa jenis ransel yang memiliki roda sehingga ada alternatif jika Anda telah lelah atau tidak mampu membawa ransel Anda.

  • Barang Kurang Tertata dan Rapi

Kekurangan lain yang dimiliki ransel adalah barang yang Anda masukkan ke dalam ransel kurang tertata dan kurang rapi. Hal ini dikarenakan ransel memiliki bentuk yang tidak rata seperti koper. Untuk mengambil barang Anda dari ranselpun Anda perlu untuk membongkar secara keseluruhan.

  • Memiliki Risiko yang Lebih Besar

Karena dapat dengan mudah untuk dibawa, ransel memiliki risiko yang lebih besar. Saat Anda membawa ransel, orang-orang yang jahat dapat dengan mudah untuk mengambil ransel Anda. Tapi jika Anda menggunakan koper, mereka akan lebih sulit untuk membawanya.

Kelebihan RanselKekurangan Ransel
- Bebas mengubah perjalanan- Memerlukan tenaga untuk membawa ransel
- Tidak terlalu merepotkan- Barang kurang tertata dan rapi
- Harga lebih terjangkau- Memiliki risiko yang lebih besar

Pilih Mana: Koper atau Ransel?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara koper dan ransel. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

KoperRansel
- Memiliki ukuran yang lebih besar dan bermacam-macam- Memiliki ukuran yang relatif sama
- Dibawa dengan memanfaatkan roda pada koper- Dibawa dengan memanfaatkan kekuatan pundak atau bahu
- Cocok untuk perjalanan yang tidak berpindah-pindah- Cocok untuk perjalanan yang berpindah-pindah

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai koper dan ransel di atas, dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda perlu menentukan beberapa hal sebelum memutuskan untuk menggunakan koper atau ransel. Beberapa hal tersebut seperti berapa lama Anda akan melakukan perjalanan, seperti apa rute perjalanan Anda, seberapa kuat fisik Anda dan sebagainya. Sebab hal-hal tersebut menjadi penentu jenis tas yang akan Anda bawa. Jika Anda memiliki perjalanan yang tidak terlalu lama, membutuhkan kepraktisan dan Anda memiliki fisik yang kuat sebaiknya Anda menggunakan ransel. Tapi jika Anda memiliki perjalanan yang lama, dan fisik Anda kurang kuat untuk memikul ransel, sebaiknya Anda menggunakan koper.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Koper vs Ransel

VS

Leave a Reply