AlamMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Kopi atau Susu?

Sarapan atau makan pagi merupakan keadaan untuk mengkonsumsi hidangan pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Dianjurkan untuk menyantap makanan atau minuman ringan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein yang cukup.

Namun, bagi sebagian orang lebih memilih sarapan dengan mengkonsumsi minuman dibandingkan menyantap makanan. Minuman yang sering dikonsumsi adalah kopi dan susu. Kopi biasanya diminum oleh orang dewasa sedangkan susu umumnya diminum oleh anak-anak. Baca Juga: Pilih Mana: Bear Brand atau You C 1000?

Kopi dan susu merupakan minuman favorit untuk mengawali hari. Namun, kedua minuman ini memiliki perbedaan di dalam kandungannya. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai kopi dan susu. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tentang Kopi

Kopi merupakan minuman yang berasal dari seduhan biji kopi sangrai dan dihaluskan sampai menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komunitas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara.

Kopi menjadi minuman yang paling diminati untuk mengawali hari, secangkir kopi di pagi hari dipercaya dapat membangkitkan semangat dan gairah hidup. Selain itu, aroma yang dihasilkan oleh kopi juga dapat membuat pikiran lebih tenang, nyaman serta bahagia.

Kelebihan Kopi

Minum kopi di pagi hari tentunya memiliki kelebihan tersendiri, berikut penjelasan mengenai kelebihan dari kopi.

1.  Meningkatkan Energi

Kopi memiliki kandungan stimulan yang tinggi atau biasanya disebut kafein, kafein merupakan zat psikoaktif yang paling umum untuk dikonsumsi. Kafein yang diserap ke dalam aliran darah dapat membuat tubuh lebih berenergi, itulah mengapa banyak orang menyeduh kopi di pagi hari.

2.  Mencegah Penyakit Otak

Kopi juga dapat mencegah penyakit Alzheimer yang merupakan penyakit neurodegeneratif, penyebab utama demensia di seluruh dunia. Penyakit ini biasanya menyerang orang berusia di atas 65 tahun. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko penyakit Alzheimer 65% lebih rendah.

3.  Meningkatkan Mood

Tak hanya meningkatkan energi, kafein di dalam kopi juga dapat meningkatkan suasana hati atau mood. Suasana hati yang baik akan menurunkan tingkat depresi seseorang, beberapa riset menemukan bahwa kafein di dalam kopi membantu dalam mencegah resiko bunuh diri.

Bahkan, beberapa peneliti menemukan bahwa kopi dapat memberikan emosi positif, termasuk ketenangan, kasih sayang dan ketenangan.

4.  Mengandung Antioksidan

Biji dan buah kopi mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu dalam faktor kesehatan tubuh. Selain antioksidan, kopi juga memiliki kandungan asam klorogenat yang dapat mengurangi peradangan dan memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis seperti diabetes.

Kekurangan Kopi

Meskipun kopi memiliki berbagai kelebihan untuk diminum di pagi hari, namun mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk pada tubuh. Berikut penjelasannya.

1.  Meningkatkan Resiko Asam Lambung

Mengkonsumsi kopi di pagi hari tanpa diawali dengan makanan terlebih dulu akan meningkatkan resiko asam lambung meningkat. Naiknya asam lambung ini dipicu oleh kandungan kafein yang tinggi di dalam kopi.

Saat asam lambung naik, dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan seperti, jantung berdebar, nyeri di ulu hati, mual, pusing bahkan jantung berdegup lebih kencang.

2.  Meningkatkan Produksi Urine

Kopi merupakan minuman yang bersifat diuretik, yang berarti bahwa kopi dapat meningkatkan produksi urine dan membuat Anda sering buang air kencing. Kondisi ini dapat memicu kekurangan vitamin dan mineral bahkan mempengaruhi kesehatan tulang.

3.  Membuat Kecanduan

Tak hanya obat-obatan terlarang yang dapat membuat candu, namun kopi juga dapat membuat Anda kecanduan. Hal ini diakibatkan dari kandungan kafein. Saat konsumsi kopi dihentikan, akan menghadirkan sejumlah efek negatif seperti sakit kepala, sembelit dan mual.

Lihat juga:  Pilih Mana: Cangkir atau Gelas?

Tentang Susu

Susu merupakan minuman bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya adalah Sapi. Susu didapatkan dengan cara memerah kelenjar susu pada sapi. Susu mengandung berbagai zat makanan lengkap dan seimbang seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin.

Pada umumnya, susu memiliki komposisi air 82.70%, lemak 3.70%, protein 3.5%, laktosa 4.9% dan mineral 0.07%. Susu merupakan makanan yang memiliki nilai gizi tertinggi serta memiliki sifat-sifat baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Tak heran jika susu dijadikan makanan di pagi hari.

Kelebihan Susu

Minuman yang disukai oleh setiap kalangan ini tentunya menyajikan berbagai kelebihan pada tiap tetesnya. Berikut penjelasannya

1.  Menambah Energi dan Stamina

Tujuan utama dari sarapan adalah untuk menambah energi dan stamina sebelum menjalankan berbagai aktivitas. Susu mengandung cukup kalori, protein dan lemak yang dapat menambah energi, dengan energi yang cukup tentunya tubuh akan terasa lebih kuat dan memiliki stamina yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

2.  Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Susu memiliki kandungan protein, kalsium dan vitamin D yaitu nutrisi yang berguna untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang serta otot. Dengan tercukupinya asupan nutrisi tersebut, resiko mengalami osteoporosis di hari tua dapat berkurang.

3.  Mengendalikan Berat Badan

Beberapa riset mengatakan bahwa mengkonsumsi susu sebagai bagian dari diet dapat membantu dalam mengontrol berat badan. Mengkonsumsi susu dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama dan dapat mengontrol nafsu makan.

Kekurangan Susu

Meski memiliki segudang kelebihan, susu juga dapat memberikan efek samping yang menjadi kekurangannya. Berikut penjelasannya

1.  Mengandung Lemak Jenuh yang Tinggi

Susu sapi mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, satu gelas susu berukuran 237 ml mengandung 4.6 gram lemak jenuh. Mengkonsumsi susu yang berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol dan memicu penyakit jantung dan stroke.

2.  Menimbulkan Jerawat

Susu murni dan full cream dapat memicu jerawat muncul di kulit wajah remaja karena hormon yang belum stabil sehingga menimbulkan jerawat.

3.  Memicu Kanker Prostat dan Payudara

Beberapa peternak sapi sengaja memberi suntikan hormon pada sapi dengan tujuan agar menghasilkan lebih banyak susu. Sayangnya, hormon yang disuntikkan ke sapi dapat larut bersama susu yang dihasilkan, hormon tersebut dapat memicu kanker prostat dan payudara pada manusia.

Pilih Mana: Kopi atau Susu?

Keterangan Kopi Susu
Kelebihan - Meningkatkan Energi - Mencegah Penyakit Otak - Meningkatkan Mood - Mengandung Antioksidan- Menambah Energi dan Stamina - Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot - Mengendalikan Berat Badan
Kekurangan - Meningkatkan Resiko Asam Lambung - Meningkatkan Produksi Urine - Membuat Kecanduan- Mengandung Lemak Jenuh yang Tinggi - Menimbulkan Jerawat - Memicu Kanker Prostat dan Payudara

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat dilihat bahwa kopi dan susu dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh ketika dikonsumsi di pagi hari. Kedua minuman ini dapat menambah energi, membangkitkan suasana hati dan membuat stamina lebih terjaga.

Namun, dibalik manfaat itu, kopi dan susu dapat meningkatkan resiko penyakit apabila diminum secara berlebihan. Kopi sebaiknya diminum ketika perut sudah terisi makanan, untuk menghindari asam lambung naik. Sedangkan susu sebaiknya diminum tidak berlebihan agar kolesterol di dalam tubuh tetap terjaga.

Jadi, Anda pilih kopi atau susu untuk menemani aktivitas di pagi hari?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kopi atau Susu?

VS