Pilih Mana: Kulkas 2 Pintu atau 1 Pintu?

Loading...

Hampir semua orang ingin memiliki bahan makanan atau makanan selalu segar dan tidak mudah rusak atau tidak mudah busuk. Untuk mendapatkan hal ini Anda memerlukan tempat penyimpanan yang bernama kulkas. Anda dapat memilih dua jenis kulkas yang dapat digunakan, yaitu kulkas 2 pintu atau 1 pintu.

Kulkas 2 pintu ataupun kulkas 1 pintu sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu memiliki fungsi agar makanan atau bahan makanan dapat bertahan lebih lama. Kulkas 2 pintu biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dengan harga yang lebih murah. Sedangkan kulkas 1 pintu biasnya memiliki ukuran yang lebih kecil dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca juga: Pilih Mana: Xiaomi Redmi S2 atau Honor 7A?

Kulkas 2 Pintu

Kulkas 2 pintu merupakan kulkas yang memiliki 2 pintu utama, pintu atas dan pintu bawah. Kulkas jenis ini dapat membantu memudahkan pemiliknya dalam meletakkan barang serta memberikan kenyamanan kepada penggunanya karena tidak perlu repot dalam perawatannya.

Kelebihan Kulkas 2 Pintu

Berikut beberapa kelebihan kulkas 2 pintu yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas Cooler Lebih Besar

Salah satu kelebihan kulkas yang memiliki pintu 2 adalah memiliki kapasitas cooler yang lebih besar daripada kulkas yang memiliki 1 pintu. Dengan kapasitas yang besar ini Anda dapat menyimpan makanan lebih banyak. Anda juga dapat menyimpan makanan sesuai dengan ukuran aslinya tanpa harus memotongnya menjadi kecil-kecil. Karena kulkas berhubungan dan bersentuhan langsung dengan makanan, saat ini telah ada kulkas yang memiliki sertifikat halal. Dikutip dari Tribunnews.com sertifikat halal ini diperoleh PT. Sharp Electronic Indonesia pada 28 Maret 2018 lalu.

  • Memiliki Fitur Frost Free

Kelebihan lain yang dimiliki kulkas 2 pintu adalah biasanya terdapat fitur frost free. Fitur yang dimiliki ini akan mencegah terjadinya penebalan bunga es. Fitur tersebut memiliki sistem otomatis sehingga freezer terbebas dari bunga es. Dengan demikian Anda dapat leluasa menyimpan makanan apapun dalam freezer tersebut.

  • Kapasitas Freezer Lebih Besar

Kulkas 2 pintu tidak hanya memiliki kapasitas cooler yang lebih besar, tetapi juga memiliki kapasitas freezer yang lebih besar daripada kulkas 1 pintu. Dengan demikian Anda juga bisa lebih leluasa untuk memanfaatkan fungsi freezer secara maksimal.

Kekurangan Kulkas 2 Pintu

Berikut beberapa kekurangan kulkas 2 pintu yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan kulkas 2 pintu adalah memiliki harga yang lebih mahal daripada kulkas 1 pintu. Jika Anda memiliki dana atau budget yang terbatas, sebaiknya Anda menggunakan kulkas 1 pintu saja karena memiliki harga yang lebih terjangkau.

  • Lebih Boros Mengonsumsi Daya Listrik

Kekurangan lain yang dimiliki kulkas 2 pintu adalah lebih boros dalam mengonsumsi daya listrik. Hal ini dikarenakan kulkas 2 pintu memiliki teknologi yang lebih maju dan memiliki fitutr yang lebih lengkap sehingga membutuhkan daya listrik yang lebih banyak.

Loading...
  • Biaya Perbaikan yang Lebih Mahal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki kulkas 2 pintu adalah membutuhkan biaya perbaikan yang lebih mahal jika terjadi kerusakan. Hal ini dikarenakan kulkas 2 pintu memiliki alat kelistrikan yang lebih banyak dibandingkan dengan kulkas 1 pintu seperti timer, fius panas dan dingin, relay, overload, heater, dan sebagainya.

Kelebihan Kulkas 2 PintuKekurangan Kulkas 2 Pintu
- Kapasitas cooler lebih besar- Harga lebih mahal
- Memiliki fitur frost free- Lebih boros mengonsumsi daya listrik
- Kapasitas freezer lebih besar- Biaya perbaikan yang lebih mahal

Kulkas 1 Pintu

Kulkas 1 pintu yang hanya memiliki 1 pintu yang digunakan untuk membukanya. Kulkas 1 pintu ini biasanya memiliki harga yang lebih murah. Kulkas jenis ini lebih mudah untuk diletakkan karena tidak membutuhkan space yang terlalu besar.

Kelebihan Kulkas 1 Pintu

Berikut beberapa kelebihan kulkas 1 pintu yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Terjangkau

Salah satu kelebihan kulkas dengan 1 pintu adalah memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan kulkas dua pintu. Kulkas 1 pintu saat ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp. 1 jutaan.

  • Lebih Hemat Mengonsumsi Daya Listrik

Kelebihan lain yang dimiliki kulkas 1 pintu adalah lebih hemat dalam mengonsumsi daya listrik. Hal ini dikarenakan kompresor yang digunakan pada listrik 1 pintu tidak terlalu besar, listrik yang diperlukan hanya sekitar 150 watt hingga 350 watt.

  • Biaya Perbaikan Lebih Murah

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki kulkas 1 pintu adalah lebih murah dalam melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan. Hal ini dikarenakan kulkas 1 pintu hanya memiliki lebih sedikit alat kelistrikan jika dibandingkan dengan kulkas 2 pintu. Itulah sebabnya biaya perbaikan lebih murah jika terjadi kerusakan pada kulkas.

Kekurangan Kulkas 1 Pintu

Berikut beberapa kekurangan kulkas 1 pintu yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Kapasitas Lebih Kecil

Salah satu kekurangan kulkas 1 pintu adalah memiliki kapasitas yang lebih kecil daripada kulkas 2 pintu. Dengan kapasitas yang terbatas ini, Anda akan kesulitan memasukkan semua bahan atau makanan jika Anda memiliki stok yang banyak.

  • Lebih Merepotkan Dalam Perawatannya

Kekurangan lain jika Anda memiliki kulkas 1 pintu adalah Anda akan lebih repot dalam melakukan perawatan kulkas jenis ini. Anda perlu membersihkan gumpalan salju secara rutin sebab kulkas 1 pintu tidak memiliki fitur frost free seperti yang dimiliki kulkas 2 pintu.

  • Adanya Kemungkinan Kerusakan

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki kulkas 1 pintu adalah adanya kemungkinan terjadinya kerusakan. Kerusakan yang paling umum terjadi pada kulkas 1 pintu yaitu mampet pada instalasi freon, bocor freon, dan thermostat macet.

Kelebihan Kulkas 1 PintuKekurangan Kulkas 1 Pintu
- Harga lebih terjangkau- Memiliki kapasitas lebih kecil
- Lebih hemat mengonsumsi daya listrik- Lebih merepotkan dalam perawatannya
- Biaya perbaikan lebih murah- Adanya kemungkinan kerusakan

Pilih Mana: Kulkas 2 Pintu atau 1 Pintu?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara kulkas 2 pintu dan kulkas 1 pintu. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Kulkas 2 PintuKulkas 1 Pintu
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Memiliki kapasitas yang lebih besar- Memiliki kapasitas yang lebih kecil
- Biaya perbaikan lebih mahal- Biaya perbaikan lebih murah
- Cek harga kulkas 2 pintu online termurah, Klik di sini - Cek harga kulkas 1 pintu online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai kulkas 2 pintu dan kulkas 1 pintu di atas, dapat disimpulkan bahwa kulkas 2 pintu memiliki kapasitas yang lebih besar dan Anda akan lebih nyaman menggunakannya karena tidak memerlukan perawatan yang terlalu banyak. Namun, kulkas 2 pintu memiliki harga yang lebih mahal, mengonsumsi listrik lebih besar, serta memiliki komponen yang lebih banyak dan akan lebih rumit melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kulkas 2 Pintu vs 1 Pintu

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *