ElektronikHome

Pilih Mana: Kulkas Hitachi atau Kulkas LG?

Saat ini kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga yang sangat penting untuk menyimpan berbagai bahan makanan agar tahan selama berhari-hari. Oleh sebab itu,  berbagai produsen kulkas salah satunya seperti Hitachi dan LG selalu berlomba-lomba menghadirkan kulkas dengan berbagai desain, ukuran, kapasitas, dan fungsi untuk para penggunanya.

Pasti bagi kalian yang ingin membeli kulkas dari kedua merk tersebut cukup bingung untuk memilihnya. Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan dan merekomendasikan beberapa produk kedua kulkas Hitachi dan LG terbaik pilihan kami untuk Anda dan berbagai tips untuk merawat kulkas yang benar.

Kulkas Hitachi vs Kulkas LG

Kebutuhan akan merk kulkas yang unggul membuat banyak perusahaan elektronik rumah tangga berbondong-bondong memproduksi kulkas dengan kualitas terbaik. Salah satu perusahaan yang selalu memproduksi kulkas dengan desain dan spesifikasi dan kualitas terbaik adalah Hitachi.  Akan tetapi, Hitachi tidak memproduksi kulkas 1 pintu, melainkan hanya kulkas 2 pintu, side by side, dan frech door.

Kompresor inverter yang digunakan kulkas Hitachi dapat menyesuaikan daya pendinginan sesuai kebutuhan di dalam kulkas. Yang membuat Anda harus memiliki kulkas Hitachi adalah teknologi Eco Thermo Sensor yang menyertai setiap produknya. Teknologi ini dapat menyesuaikan tingkat pendinginan sesuai dengan suhu di dalam dan luar kulkas.

Tidak mau kalah dengan produk kulkas keluaran Hitachi, LG juga memproduksi kulkas 1 pintu, 2 pintu, dan side by side dengan teknologi dan desain yang terlihat sangat bagus. Kulkas dari LG ini dijamin hemat listrik karena telah menggunakan Inverter Linear Compressor yang membuat gaya gesek lebih sedikit sehingga lebih hemat energi.

LG juga melengkapi beberapa produknya dengan Fresh Balancer untuk menjaga buah maupun sayur yang biasa disimpan di rak paling bawah agar tetap segar. Selain itu, dilengkapi juga dengan teknologi Hygiene Fresh untuk mengusir bakteri penyebab bau di dalam kulkas.

Tetapi di antara keduanya juga mempunyai keunggulan fitur yang di tawarkan dalam produk kulkasnya, yaitu:

  • Kulkas Hitachi dilengkapi dengan banyak fitur canggih diantaranya kompresor inverter dan teknologi Eco Thermo sensor. Sehingga dapat menghantarkan suhu dingin secara merata.
  • Kulkas LG dibekali dengan teknologi canggih juga seperti teknologi Hygiene Fresh untuk mengusir bakteri penyebab bau di dalam kulkas dan kulkas LG juga sangat hemat dalam penggunaan daya listrik.

Dan dari keunggulan pada kulkas Hitachi dan LG dapat kita lihat keduanya di lengkapi dengan fitur yang sangat canggih pada masa kini yang sangat di butuhkan dan dapat kalian manfaatkan  pada keperluan penyimpanan makanan dan bahan masakan di rumah.

Rekomendasi Kulkas Hitachi dan Kulkas LG

Sebelum melihat rekomendasi kulkas Hitachi dan Kulkas LG. kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih kulkas di bawah ini:

  • Pilih kulkas yang ukurannya sesuai dengan lokasi penempatannya
  • Pilih berdasarkan cara membuka pintu dan posisi drawer-nya
  • Pilih berdasarkan penghematan daya listriknya
  • Pilih berdasarkan fitur khusus yang dimiliki tiap merk

Hitachi R-W72FPGD1X GBK Inverter Dual Fan

Kulkas Hitcahi berwarna hitam metalik ini mempunyai ice maker sehingga tidak susah payah lagi ketika kamu ingin membuat es batu. Dengan mempunyai empat pintu, kulkas ini memiliki kapasitas sebesar 582 liter sehingga kamu dapat menyimpan berbagai macam jenis makanan atau minuman berukuran besar di dalamnya.

Kulkas ini juga memiliki fitur cukup canggih dengan cooling retention yang dapat menjaga suhu tetap dingin hingga 12 jam walaupun listrik mati. Cocok juga digunakan untuk para ibu rumah tangga karena dilengkapi teknologi child lock yang aman untuk anak. Baca juga Pilih Mana: Kulkas LG atau Sharp?

SpesifikasiHitachi R-W72FPGD1X GBK Inverter Dual Fan 
Kapasitas 582 L
Ukuran 910 x 1,835 x 727 mm
Daya Listrik 160 W

Hitachi R-WB48PGD2

Hitachi menghadirkan kulkas dengan freezer yang berada di bawah untuk mengantisipasi rasa sakit punggung pengguna karena sering membungkuk ketika hendak mengambil makanan di model kulkas pada umumnya. Selain lokasi freezer, Hitachi R-WB84PGD2 mempunyai modern inverter compressor untuk pengaturan kipas pendingin dan lapisan luar yang dilindungi tempered glass. Pintu utama kulkas ini desainnya serupa lemari dan memiliki kapasitas maksimal 400 liter.

SpesifikasiHitachi R-WB48PGD2 
Kapasitas 400 L
Ukuran 680 x 1,780 x 797 mm
Daya Listrik 130 Watt

LG Refrigerator GN-Y201SL

Kulkas yang memiliki 1 pintu ini dilengkapi dengan kapasitas 169 liter dengan kotak sayur yang dapat menampung sampai 15,9 liter sayur atau buah-buahan. Selain itu, dilengkapi juga dengan teknologi moist balance crisper yang dapat menjaga tingkat kelembaban sayur serta buah dalam tempat penyimpanan. Kulkas ini juga terbuat dari bahan tempered glass sehingga dapat dipastikan akan awet dan tahan lama.

SpesifikasiLG Refrigerator GN-Y201SL 
Kapasitas 170 L
Ukuran 56 x 53 x 114 cm
Daya Listrik 87 Watt

LG GN-B200SQBB

Kulkas LG ini dibekali dengan Smart Inverter Compressor, kompresor pada kulkas ini bekerja secara efisien sehingga daya listriknya menjadi sangat hemat, hanya 70 watt saja, meski rendah daya listrik, kulkas ini tetap mampu mendinginkan secara merata berkat fitur multi air flow yang dimilikinya.

Fitur Moist Balance Crisper yang ada pada kulkas ini juga akan menjaga makanan yang Anda simpan tetap memiliki kelembapan optimal. Dan di lengkapi dengan adanya lampu LED, kulkas ini juga bertambah fungsional. Inilah solusinya bila Anda mencari kulkas yang dapat mendinginkan secara merata tanpa boros listrik.

SpesifikasiLG GN-B200SQBB
Kapasitas 225 L
Ukuran 55,5 cm × 58,5 cm × 152 cm
Daya Listrik 70 Watt

Tips Merawat Kulkas yang Baik

Kami memberikan beberapa tips untuk merawat kulkas Hitachi dan LG anda, agar kulkas kesayangan anda tetap awet dan selalu terjaga kebersihannya!

Kulkas Hitachi

  • Hindari memasukkan makanan dan minuman yang masih dalam suhu yang panas
    Selain pengaruhnya makanan dan minuman juga lebih cepat basi karena perubahan drastis ini. Makanan dan minuman yang masih panas juga bisa mengacaukan temperatur suhu lemari es. Suhu panas yang berasal dari makanan dan minuman tadi akan membuat kulkas bekerja lebih keras untuk membuat suhu di dalam kulkas tetap dingin.
  • Perhatikan tempat meletakkan kulkas
    Jangan meletakkan kulkas terlalu dekat dengan kompor karena suhu panasnya dapat mengurangi kinerja kulkas. Dan juga, berikan jarak 20cm antara bagian belakang kulkas dengan dinding. Hal ini berguna untuk memberikan sirkulasi udara pada kondensor. Selain itu, letakkan kulkas di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Jangan buka kulkas saat sedang mati lampu 
    Sebagai info, bahwa kulkas dapat mempertahankan suhu dingin selama 24 jam meskipun listriknya padam. Jadi, jika Anda ingin makanan di dalam kulkas tetap segar dan tidak basi, jangan buka pintu kulkas sebelum listrik kembali menyala.
  • Jangan lupakan membersihkan  kondensor
    Membersihkan kondensor merupakan bagian dari cara merawat kulkas. Perhatikan kondensor yang sudah tidak dibersihkan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tentu saja kondensor akan tertutup dengan debu. Nah, penumpukan debu ini dapat membuat pelepasan panas dari kondensor tidak maksimal. Jadi, bersihkan kondensor dengan kain lap ketika Anda membersihkan bagian dalam kulkas.
Jika kalian ingin membersihkan kondesor di anjurkan agar mematikan arus listrik ke kulkas terlebih dahulu. Untuk menjaga agar anda tidak kesetrum saat membersihkannya. 

Kulkas LG

  • Tutup pintu kulkas dengan rapat
    Suhu di dalam kulkas sangat dingin, bisa mencapai belasan derajat Celcius. Jika pintu tidak tertutup rapat, maka udara dari luar yang relatif jauh lebih panas akan terus menerus mengganggu keseimbangan suhu di dalam kulkas sehingga mesin kulkas akan bekerja lebih keras, hal ini tentunya akan membuat kulkas menjadi relatif lebih cepat rusak.
  • Isi kulkas sesuai kapasitas
    Sirkulasi udara di dalam kulkas juga menjadi terhambat oleh penuhnya makanan dan minuman sehingga hasilnya tidak maksimal. Jika tujuan menyimpan makanan di dalam kulkas adalah supaya menjadi lebih tahan lama, maka pencapaiannya akan kurang maksimal.
  • Atur temperatur secara berkala
    Cara merawat kulkas yang paling gampang adalah mengatur temperatur secara berkala. Setelah pemadaman listrik atau kegiatan membersihkan kulkas, jangan lupa untuk kembali mengatur temperatur kulkas. Suhu di dalam lemari es sebaiknya tidak lebih dari 4 derajat celcius agar makanan tidak mudah basi. Sementara untuk freezer Anda harus mengatur suhunya dibawah 0 derajat celcius agar kulkas tidak bekerja terlalu keras untuk mempertahankan kebekuan es.
  • Bersihkan kulkas secara berkala
    Sebagian besar yang disimpan di dalam kulkas adalah bahan-bahan organik sehingga mudah sekali meninggalkan kotoran. Oleh karena itu, kulkas sebaiknya dibersihkan secara berkala agar kinerjanya maksimal dan lebih awet.
Setelah di bersihkan dan keadaan kulkas mati. biarkan bagian dalam kulkas benar-benar kering baru rak-rak yang tadi dilepas dipasang kembali.

Pilih Mana: Kulkas Hitachi atau Kulkas LG?

Kulkas Hitachi Kulkas LG
Kelebihan- Desain yang mewah - Dilengkapi dengan kompresor inverter - Menghantarkan suhu dingin yang merata pada makanan - Dapat menhemat listrik - Mampu mengusir bakteri penyebab bau - Desain yang kokoh
Kekurangan- Tidak bissa menghemat listrik - Dimensi terlalu besar- Harga yang cukup mahal - Perawatan harus dilakukan secara teratur

Kesimpulan

Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi rasa makanan adalah dari kesegaran bahan-bahan makanan. kulkas dengan kualitas baik yang akan anda dapatkan pada Kulkas Hitachi maupun Kulkas LG. karena kedua kulkas sudah mengusung berbagai fitur yang canggih untuk menjaga makanan agar tetap segar. Tetapi jika kalian ingin mencari kulkas yang hemat daya listrik, Kulkas LG lah yang dapat menjadi pilihan. Tetapi, Jika kalian mencari kulkas dengan desain yang mewah dan nyaman dan juga mempunyai fitur untuk menghantarkan suhu dingin ke makanan secara merata kulkas Hitachi dapat menjadi pilihan lainnya. Semoga bermanfaat dan semoga artikel ini dapat menjadi referensi untuk memilih kulkas di rumah anda!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kulkas Hitachi VS Kulkas LG

VS

Leave a Reply