ElektronikHome

Pilih Mana: Kulkas LG atau Kulkas Samsung?

Kulkas merupakan sebuah alat yang sangat penting untuk kehidupan manusia sehari-sehari. Dengan adanya kulkas kita bisa menyimpan berbagai bahan makanan dimulai dari sayuran, buah-buahan, daging, dan beberapa bumbu dapur lainnya. Untuk itu dibutuhkan kulkas yang memiliki kualitas yang baik seperti halnya Kulkas LG dan Kulkas Samsung.

Kulkas LG dan Kulkas Samsung memiliki sejumlah fitur dan teknologi yang bisa kamu andalkan dalam mendinginkan bahan makanan kamu. Maka dari itu kamu tidak perlu meragukan lagi kualitas dari kedua kulkas terkenal tersebut.

Lalu apakah kedua kulkas ini memiliki kekurangan? Dan apa saja rekomendasi jenis dari kedua kulkas ini? Temukan jawabannya hanya dalam artikel ini agar bisa kamu jadikan acuan dalam memilih kulkas andalan kamu. Simak terus ya guys!

Kulkas LG

LG Electronics merupakan perusahaan multinasional dari Korea Selatan. LG Electronics merupakan perusahaan Korea Selatan kedua terbesar dalam bidang perangkat elektronika dan terbesar ketiga di dunia dalam bidang pembuatan perangkat serupa.

Perusahaan ini pertama kali dibangun pada 1958 dengan nama GoldStar, dan memproduksi radio, TV, kulkas, mesin cuci, lift, dan AC. LG Group merupakan gabungan dari 2 perusahaan Korea, yakni Lucky dan Goldstar, dimana singkatan LG diperoleh.

Beralih ke kulkas, LG tentu memberikan kualitas yang terbaik untuk produknya. Terdapat banyak fitur dan varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu dirumah. Jadi kamu tidak perlu bingung dan ragu jika ingin membeli kulkas LG ini ya guys. Baca juga Pilih Mana: Kulkas Sharp atau LG?

Kelebihan Kulkas LG

  • Desain rak dan wadah yang serbaguna
    Terdapat sebagian wadah dalam kulkas LG yang mempunyai fungsinya masing-masing. Pertama, wadah pembuat es ramping terpasang di pintu memberi lebih banyak ruang penyimpanan di bagian freezer. Kedua, rak botol ramah pemakai yang bisa menaruh 4 botol dalam suhu optimal. Terakhir, boks serbaguna berupa ruang penyimpanan keju atau bumbu dapur.
  • Melindungi sayur dan buah senantiasa segar
    Sebagian Kulkas LG juga mempunyai teknologi khusus untuk melindungi sayur dan buah senantiasa segar. Fresh Balancer, dengan saklar sederhana, menjaga sayur dan buah pada kondisi optimal dengan cara menyesuaikan tingkat kelembaban yang tepat. Sementara, Moist Balance Crisper merupakan inovasi pada penutup kotak penyimpan sayur dan buah-buahan untuk menjaga kelembaban pada tingkat optimal.
  • Tersedia dalam beberapa varian
    Varian dari kulkas LG sangat banyak, seperti kulkas dengan 1 pintu, 2 pintu, 3 pintu dan 4 pintu. Selain itu terdapat juga varian ukuran, warna, fitur dan konfigurasi pintu sesuai dengan kebutuhan kamu dirumah.

Kekurangan Kulkas LG

  • Harga mahal
    Dengan beberapa kelebihan yang tersemat pada kulkas LG, maka tak heran bila kulkas LG mematok harga yang cukup tinggi. Hal ini tentu sesuai dengan budget beberapa orang yang menginginkan kulkas LG.
  • Mengkonsumsi listrik lebih banyak
    Karena kapasitas yang semakin besar, kulkas LG memakan energi listrik yang lebih banyak. Ditambah lagi teknologi frost free yang membutuhkan porsi lebih banyak. Meskipun mengklaim memiliki teknologi hemat listrik tetapi kulkas LG tetap saja membutuhkan listrik lebih banyak dari kulkas biasa. Terlebih untuk kulkas LG yang memiliki 2 pintu atau lebih.
  • Warna kurang menarik
    Meski memiliki beberapa fitur yang canggih di dalamnya, namun urusan warna LG dirasa kurang begitu menarik. Hal ini tentu mempengaruhi minat calon pembeli.

Rekomendasi Kulkas LG

LG GC-M247SLUV
Dengan memakai kulkas ini, selain kamu dapat menaruh makanan dalam jumlah banyak, kamu juga akan terbebas dari suara-suara yang mengganggu. Fitur canggih di dalamnya juga membuat kulkas lebih hemat listrik sebesar 32% dan lebih tahan lama. Cocok untuk kamu yang menginginkan kulkas berkualitas tinggi yang tenang dan awet dipakai.

LG GN-B200SQBB
Dilengkapi dengan Smart Inverter Compressor, kompresor kulkas ini bekerja secara efisien sehingga daya listriknya menjadi amat irit, cuma 70 watt saja! Meski rendah daya listrik, kulkas ini tetap bisa mendinginkan secara menyeluruh berkat fitur multi air flow-nya.

LG GN-B185SQBB
LG GN-B185SQBB Kulkas 2 Pintu (187 liter) merupakan lemari es 2 pintu yang mempunyai kapasitas sebesar 187 liter dan dilengkapi teknologi Multi Air Flow Udara dingin disirkulasikan oleh beberapa ventilasi di belakang menjadikan tingkat pendinginan yang efisien dan merata. Lemari es ini dilengkapi dengan LED Lighting yang irit energi & mempunyai rentang hidup lebih lama dari lampu bohlam konvensional.

LG GN-C422SGCN
LG GN-C422SGCN sudah mempunyai teknologi Inverter Linear Compressor. Dimana, telah terbukti bahwa teknologi yang dihadirkannya kali ini sanggup memberikan jaminan konsumsi energi lebih efisien. Bahkan, compressor itu juga bekerja di tingkat kebisingan yang rendah. Disamping itu, material tempered glass yang disematkannya menjadikan Kulkas LG dapat menahan berat sampai 150 kg sehingga kamu juga dapat meletakan bahan makanan sesuai berat yang sudah ditentukan tanpa takut rak penyimpanan rusak.

SpesifikasiKulkas LG
PenciptaKoo In-Hwoi
Tahun berdiriTahun 1958
Hal yang paling ditonjolkanDesain menarik dan memiliki banyak varian
Rata-rata hargaRp 2.165.000 - Rp 20.250.000,- per September 2019
Lihat juga:  7 Merk Watercolor Terbaik 2020

Kulkas Samsung

Samsung Electronics merupakan perusahaan pembuat perangkat elektronika terbesar di dunia dan berkantor pusat di Seocho Samsung Town di Seoul, Korea Selatan. Perusahaan ini merupakan perusahaan Korea Selatan yang terbesar dan merupakan ikon dari Samsung Group, yang merupakan konglomerasi terbesar di Korea Selatan.

Samsung Group dibentuk pada 1938 oleh Lee Byung-chul (1910- 1987). Pada 1951, perusahaan ini berubah jadi Samsung Corporation. Samsung Electronics dibangun pada 1969 di Daegu, Korea Selatan dengan nama Samsung Electric Industries yang pada mulanya memproduksi perangkat elektronik seperti TV, kalkulator, kulkas, pendingin ruangan dan mesin cuci.

Untuk produk kulkas, Samsung juga tidak main-main dalam memberikan fitur dan teknologi terbaik di dalamnya. Selain itu kulkas produksi Samsung juga dikenal awet tahan lama, jadi cocok banget buat kamu yang menginginkan kulkas dengan umur yang lama.

Kelebihan Kulkas Samsung

  • Berteknologi pendingin yang canggih
    Dengan teknologi Twin Cooling Plus, kulkas Samsung mempunyai sistem pendingin ganda agar proses pendinginan makin cepat dan efisien. Lebih hemat listrik karena setelah suhu dingin, atau membutuhkan ruang penyimpanan tambahan, manfaatkan saja freezer yang dapat disetel non-aktif sementara waktu. Jadi, dapat menyimpan makanan lebih banyak.
  • Hemat listrik
    Dengan pemakaian penerangan di dalam ruang kulkas memakai lampu LED, kulkas Samsung jadi 2x lebih irit dan lebih terang. Letak makanan atau minuman jadi terlihat lebih jelas tanpa memboroskan energi listrik.
  • Memiliki kompresor yang awet
    Teknologi Samsung Digital Inverter melindungi daya tahan kompresor senantiasa awet walaupun digunakan jangka waktu bertahun-tahun. Teknologi ini membantu penyesuaian waktu sistem pendingin supaya dapat beradaptasi dengan kebutuhan. Hebatnya lagi, semua ini dilakukan secara otomatis.

Kekurangan Kulkas Samsung

  • Harga yang mahal
    Sama halnya dengan kulkas LG, Samsung juga mematok harga yang cukup tinggi untuk beberapa produk kulkasnya. Terlebih jika memiliki lebih dari 2 pintu. Namun itu semua sebanding dengan beberapa fitur yang tersemat di dalamnya.
  • Memiliki bobot yang berat
    Selain harga yang mahal, kulkas Samsung pun memiliki berat yang tergolong berat. Tentu saja ini akan menyulitkan kala kita ingin memindahkan kulkas ke suatu tempat lain.
  • Sparepart mahal
    Dengan adanya fitur dan teknologi yang canggih di dalamnya tentu saja memiliki harga sparepart yang mahal jika mengalami suatu kerusakan atau kendala. Maka dari itu kamu harus memakai kulkas dengan hati-hati dan sepenuh hati.

Rekomendasi Kulkas Samsung

Samsung RT46 Twin Cooling Plus
Dengan adanya teknologi Twin Cooling Plus, kulkas ini mempunyai dua pendingin terpisah yang bisa melindungi makanan tetap segar 2 kali lebih lama. Kamu tidak perlu takut lagi mengenai kesegaran makanan Kamu sebab sayuran dan buah- buahan tidak akan mudah layu. Tidak hanya itu, kulkas ini pula dilengkapi fitur Smart Conversion yang dapat mengubah fungsi freezer dan pendingin dengan 5 mode pengaturan.

Samsung All-around Cooling RT19M
Memanfaatkan teknologi digital inverter, terdapat 7 tingkat pengaturan suhu pada kulkas ini. Kamu juga makin bebas memilih tingkatan pengaturan dingin yang diinginkan dan besar suara kompresornya. Hal yang lebih menarik, bahkan dalam suhu paling dingin sekalipun suara kompresornya tetap sangat minim, loh!

Samsung RT29K5032S8 Twin Cooling Plus
Model ini mempunyai kapasitas mencapai 300 liter, dengan dimensi yang memang agak besar 60x67x163, 5cm. Terdapat beberapa mode pengaturan, diantaranya power cool untuk dingin maksimal dan power freeze untuk cepat membekukan. productnation

Samsung RT19M300BGS-SE
Dengan teknologi Digital Inverter dari Samsung, kulkas 2 pintu tanpa bunga es ini amat hemat energi. Berkat teknologi ini, kulkas 2 pintu Samsung hanya mengkonsumsi 46,9% energi dibanding kompresor biasa untuk menghasilkan suhu yang konsisten.

SpesifikasiKulkas Samsung
PenciptaLee Byung-chul
Tahun berdiriTahun 1938
Hal yang paling ditonjolkanTeknologi canggih dengan fitur hemat listrik
Rata-rata hargaRp 3.750.000 - Rp 31.787.000,- per September 2019

Pilih Mana: Kulkas LG atau Kulkas Samsung?

Kulkas LGKulkas Samsung
Kelebihan- Desain rak dan wadah yang serbaguna - Melindungi sayur dan buah senantiasa segar - Tersedia dalam beberapa varian - Berteknologi pendingin yang canggih - Hemat listrik - Memiliki kompresor yang awet
Kekurangan- Harga mahal - Mengkonsumsi listrik lebih banyak - Warna kurang menarik - Harga yang mahal - Memiliki bobot yang berat - Sparepart mahal

Kesimpulan

Kulkas LG dan Kulkas Samsung memiliki banyak peminatnya dikarenakan memang kualitas dan fitur teknologi yang mutakhir. Harga yang ditawarkan pun terbilang cukup tinggi, namun itu sesuai dengan manfaat yang diberikan dari kedua kulkas tersebut. Jadi yang mana pilihan kalian? Tentukan pilihan kulkas kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kulkas LG vs Kulkas Samsung

VS

Leave a Reply