ElektronikHomePerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Kulkas Sanken atau Sharp?

Kulkas sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting dan banyak diminati saat ini. Fungsinya sangat dibutuhkan untuk menyimpan dan mengawetkan makanan untuk waktu lama. Untuk memilih kulkas tetap harus memperhatikan fitur dan spesifikasinya agar mendapatkan kualitas yang bagus dan dapat di pakai dalam jangka waktu panjang. Seperti Kulkas Sanken dan Sharp, yang memiliki kualitas yang tidak perlu ragukan lagi.

Pada artikel kali ini kami akan membahas lebih lanjut antara kedua kulkas Sanken dan Sharp, diantara keduanya kulkas mana yang memiliki kualitas yang lebih bagus? Langsung saja disimak ya!

Kulkas Sanken

Kulkas Sanken merupakan produk rumah tangga buatan dalam negeri. Berbagai tipe kulkas yang bagus telah dihadirkan agar dapat mengikuti perkembangan kebutuhan masa kini. Mulai ukuran mini hingga ukuran multi pintu, kulkas Sanken hadir di pasaran. Baca juga Pilih Mana: Kulkas Sharp atau LG?

Sanken adalah perusahaan elektronik rumah tangga lokal yang sudah didirikan sejak tahun 1995, berbasis di Jakarta, Republik Indonesia. Sanken menyediakan produk-produk peralatan rumah tangga modern, inovatif dan berteknologi terbaru yang banyak diminati masyarakat. 

Sanken memiliki fokus untuk menjadi pemimpin dalam bidang teknologi dan mampu menyediakan produk yang mampu memberikan kepuasan kepada semua penggunanya. Walaupun didirikan sebagai perusahaan manufaktur lokal, Sanken menyediakan produk berteknologi canggih Jepang dengan bantuan insinyur-insinyur dari Jepang yang sangat handal dan berpengalaman di pabrik Sanken.

Rekomendasi Kulkas Sanken

1. Sanken SK-G170
Dikemas dengan diamond tempered glass, kulkas ini tampil sangat menarik. Bagian depan atau bagian pintu kulkas didesain dengan dua pilihan pola yakni kupu-kupu, burung, dan gambar bunga. Lemari es ini sangat cocok untuk mempercantik sudut dapur rumahmu. Ada dua pilihan warna yang tersedia yakni hitam dan putih.

Dengan dimensi 55 cm x 55 cm x 114 cm, kulkas ini memiliki kapasitas 170 liter dengan rancangan satu pintu. Kulkas tipe ini sangat pas bagi kamu yang memiliki tempat tinggal minimalis sehingga tidak boros tempat.

Pemakaian kulkas ini membutuhkan daya listrik 100 watt. Cukup standar untuk tipe kapasitas kulkas 170 liter. 

Kulkas ini dilengkapi dengan teknologi dinding high density (HD) yang tebal dan padat dengan karet pintu berkualitas sehingga membuat kulkas ini meraih skor rata-rata running ratio 36% sesuai pengujian yang dilakukan Sanken. Dengan dua teknologi itu, dapat menahan dingin lebih efisien sehingga kompresor tidak banyak bekerja berakibat hemat listrik.

2. Sanken SK-V161A-SB
Kulkas satu pintu ini dikemas dengan dengan mewah dengan daun pintu berwarna silver dan body dalam balutan warna hitam. Jika kamu penyuka barang-barang simple namun menawarkan kesan elegan, lemari es yang satu ini pastinya sangat cocok dengan kamu.

Dengan kapasitas 160 liter yang terdiri dari kulkas 135 liter dan kapasitas freezer 25 liter, membuatnya masih cukup leluasa menampung kebutuhan keluarga kecil kamu. Dari sisi ukuran, kulkas ini memang cocok untuk rumah-rumah minimalis dengan jumlah anggota keluarga yang tidak terlalu banyak.

Sanken SK-V161A-SB memiliki fitur 4D air flow yang memastikan udara dingin tersebar merata di dalam kulkas dan cool lock freezer yang mampu menyimpan dingin hingga 13 jam saat listrik padam,

Kulkas ini menggunakan teknologi dinding HD yang tebal dan padat yang dilengkapi karet pintu berkualitas sehingga kulkas lebih cepat dingin.

Spesifikasi Kulkas Sanken
MerkSanken
Tahun BerdiriTahun 1995
Asal Negara Indonesia
Rata-Rata Harga Per Oktober 2019Rp. 1.400.000 - Rp. 4.000.000

Kelebihan Kulkas Sanken

  • Memiliki teknologi antibakteri
    Kulkas murah terbaik tentu juga harus dilengkapi dengan fitur 4D Air Flow yang berfungsi sebagai antibakteri. Fiur ini memastikan udara dingin tersebar dengan merata ke seluruh isi kulkas. Dengan begitu, bahan makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya akan terhindar dari bakteri penyebab makanan cepat membusuk.
  •  Memiliki desain rak penyimpanan yang rapi
    Kulkas Sanken ini memiliki kapasitas penyimpanan yang rapi sehingga kamu bisa menyusun bahan makanan atau minuman dengan rapi pula. Kapasitas freezer kulkas ini cukup besar yakni mencapai 66 liter membuat kamu bisa leluasa menyimpan bahan makanan yang mudah busuk dan mencair. Kapasitas yang luas tersebut membuatnya mampu menampung kebutuhan kamu sekeluarga.
  • Insulasi paling tebal
    Dinding HH lemari es Sanken mempunyai ketebalan 50 mm (samping/pintu) dan 60 mm (belakang), sedangkan merek lain hanya mempunyai ketebalan rata-rata 40 mm dan 50 mm. Ketebalan Dinding HD membuat dingin lebih terjaga sehingga lemari es Sanken lebih cepat dinginnya.

Kekurangan Kulkas Sanken

  • Mengonsumi daya listrik yang besar
    Kekurangan yang pertama pada kulkas Sanken ini yaitu mengonsumsi daya listrik yang cukup besar, Hal inilah yang membuat beberapa orang menjadikannya pertimbangan untuk dibeli.
  • Bodi yang bongsor
    Kebanyakaan kulkas Sanken ini memiliki bodi yang cukup besar atau bongsor yang dapat memakan banyak tempat di ruangan rumah. Sehingga penempatan kulkas Sanken ini perlu diperhitungkan ya sebelum membelinya.
  • Harus rutin dibersihkan
    Karena kulkas Sanken masih memiliki bunga es, tidak heran jika pengguna kulkas Sankenharus rutin membersihkan kulkas paling tidak sebulan sekali atau ketika kulkas terlihat sudah dipenuhi bunga es. Kalian dapat menggunakan tombol defrost untuk mempermudahnya namun tetap saja kalian harus membuang air cair dari bunga es sehingga sangat repot untuk dilakukan ketimbang pengguna kulkas Sharp.

Sharp

Sharp Corporation merupakan salah satu perusahaan yang merancang dan memproduksi peralatan elektronik yang berbasis di Osaka, Jepang.

Sebagai merek elektronik yang memiliki kontrol pasar yang cukup luas di Indonesia karena dianggap memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Sharp menyajikan berbagai pilihan jenis kulkas yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Rekomendasi Kulkas Sharp

1. Samurai Series
Samurai Series mempunyai desain yang terlihat mewah dan juga elegan ala samurai. Series ini akan memberikan sentuhan yang sangat menarik untuk interior rumah Anda. Pada kulkas Samurai Series dilengkapi dengan handle yang berbentuk menyerupai pedang katana disertai grip karet, sehingga akan kokoh ketika digenggam.

Perbedaan dengan series lainnya adalah terletak pada bagian freezernya. kulkas Samurai Series ini mempunyai freezer dengan ukuran yang besar, sehingga pengguna lebih leluasa untuk menyimpan bahan makanan.

2. J-TECH Inverter Series
Kulkas Sharp J-TECH Inverter Series memiliki tingkat kecepatan pendinginan mencapai 9 kali apabila dibandingkan dengan kulkas yang memakai inverter biasa. Bukan hanya itu saja, pada kulkas Sharp J-TECH Inverter pun terdapat fitur Express Freezing, fitur tersebut bisa membuat es batu dengan sangat cepat, namun hemat energi.

Sebagian besar lemari pendingin Sharp J-TECH Inverter ini memiliki fitur utama, yakni fitur Inverter Compressor beserta keunggulan lainnya, seperti Strong Cooling, Energy Savings, Silent Operation, serta Durability yang sangat baik.

Spesifikasi Kulkas Sharp
MerkSharp
Tahun BerdiriTahun 1912
Asal Negara Jepang
Rata-Rata Harga Per Oktober 2019Rp. 1.500.000 - Rp. 11.000.000

Kelebihan Kulkas Sharp

  • Dilengkapi teknologi plasmacluster
    Umumnya lemari es sharp terdapat teknologi Ion Plasmacluster, di mana teknologi tersebut mampu menghasilkan ion positif serta ioan negatif. Kedua ion tersebut akan menyebar secara merata dan aktif ke semua area lemari es untuk menyingkirkan jamur, bakteri dan juga bau tidak sedap. Dengan adanya teknologi ini, membuat segala bahan makanan yang di simpan di dalamnya menjadi lebih tahan lama, bebas bau, bebas kontaminan dan tetap segar.
  • Ukuran freezer yang besar
    Kalian dapat menampung bahan makanan dengan kapasitas lebih banyak ketimbang lemari es lainnya. Fitur ini juga membuat banyak bahan makanan bisa tertata rapi.
  • Teknologi pendingin yang canggih
    Sharp dilengkapi dengan beberapa teknologi yang bisa mempertahankan suhu dingin di dalam lemari es. Salah satunya Fitur Hybrid Cooling System yang akan memberikan pendinginan secara merata ke semua area lemari es dan menjaga kelembaban lemari es sehingga bahan makanan yang tersimpan di dalamnya tetap segar.

Kekurangan Kulkas Sharp

  • Lebih cepat kotor
    Memang benar tampilan yang diusung oleh kulkas Sharp sangatlah menyegarkan berkat corak bunga serta warna yang dominan cerah. Akan tetapi tampilan warna ini nampaknya membuat kulkas akan mudah sekali kotor. Seperti yang Anda ketahui, warna putih cenderung mengharuskan penggunanya untuk berlaku bersih agar tampilan kulkas tetap baik dan terjaga.
  • Cenderung lebih banyak mengonsumsi listrik
    Ketika kulkas Sharp dinyalakan, maka kulkas akan membutuhkan dan menyedot daya listrik yang cenderung lebih besar dan lebih banyak dibandingkan daya listrik yang digunakan oleh kulkas LG. Kulkas Sharp sendiri mengonsumsi daya besar nmencapai 115 watt saat dinyalakan.
  • Harga yang tinggi
    Jika dibandingkan dengan kulkas Sanken, harga kulkas Sharp ini dibandrol lebih mahal, Namun dengan banyak fitur dan teknologi yang canggih yang ada pada kulkas Sharp pastinya harga sebanding dengan kualitas yang ada.

Pilih Mana: Kulkas Sanken atau Sharp?

Kulkas Sanken Kulkas Sharp
Kelebihan- Memiliki teknologi antibakteri - Memiliki desain rak penyimpanan yang rapi - Insulasi paling tebal - Dilengkapi teknologi plasmacluster - Ukuran freezer yang besar - Teknologi pendingin yang canggih
Kekurangan- Mengonsumi daya listrik yang besar - Bodi yang bongsor  - Harus rutin dibersihkan - Lebih cepat kotor - Cenderung lebih banyak mengonsumsi listrik - Harga yang tinggi

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita ketahui bahwa kedua Kulkas Sanken dan Sharp memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan kedua kulkas juga mempunyai penggemarnya masing-masing. Untuk masalah harga keduanya tidak terlalu berbeda jauh karena berbagai jenis kulkas dari keduanya pun menawarkan harga yang berbeda-beda. Nah, tinggal kalian saja untuk memilihnya, dapat disesuaikan dengan budget yang ada maupun disesuaikan dengan kebutuhan ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kulkas Sanken vs Kulkas Sharp

VS

Leave a Reply