ElektronikHomePerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Kulkas Sharp atau LG?

Kulkas atau lemari es atau juga disebut lemari pendingin adalah sebuah alat rumah tangga listrik yang menggunakan refrigerasi (proses pendingin) untuk membantu pengawetan makanan dan juga minuman kamu. Sudah banyak orang yang mempunyai kulkas di rumah karena kebutuhan untuk melengkapi dapur.

Banyak dari berbagai merek elektronik yang mengeluarkan tipe kulkas yang memiliki fasilitas yang bagus. Tetapi pemilihan kulkas sendiri biasanya banyak orang memilih yang memiliki daya listrik yang kecil. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tipe kulkas dari merek elektronik Sharp dan LG yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu.

Kulkas Sharp vs Kulkas LG

Mengenai kulkas Sharp dan kulkas LG keduanya memiliki kualitas produk yang baik. Dengan berbagai fitur yang canggih yang membuat kulkas dari Sharp dan LG ini banyak diminati oleh orang-orang. Baca juga Pilih Mana: Kulkas Hitachi atau Kulkas LG?

Kulkas Sharp mempunyai teknologi plasmacluster yang mampu menghasilkan ion positif dan ion negatif. Kedua ion tersebut akan menyebar secara merata dan aktif ke semua area lemari es untuk menghilangkan jamur, terdapat nano deodorizer pengusir bau, memiliki kapasitas freezer yang besar.

Dan juga kulkas Sharp telah ada fitur yang bisa menahan dingin makanan atau minuman kamu hingga 8 jam saat listrik kamu sedang mati. Begitu juga dengan kulkas LG yang memiliki fitur canggih.

Kulkas LG Kompresor Inverter Linear LG merevolusi inti kulkas, lebih hemat listrik hingga 32%, durabilitas tinggi serta mempunyai kontrol temperatur optimal untuk menjaga kesegaran makanan lebih lama.

Meski kulkas ini berkapasitas besar kamu tidak perlu khawatir tagihan listrik membesar dan justru bisa jauh lebih berhemat. Dan adanya LG Smart ThinQ, kamu bisa mengatur dan mendiagnosis kulkas dari smartphone bahkan ketika kamu sedang tidak berada di rumah.

Kamu dapat mengatur temperatur kulkas kamu dengan mudah, hingga melakukan diagnosis lemari es dengan sentuhan sederhana pada smartphone kamu. Dan juga kulkas LG rata-rata didesain dengan rak dan wadah yang serbaguna.

Rekomendasi Kulkas Sharp dan Kulkas LG

Di bawah ini terdapat rekomendasi tipe kulkas Sharp dan LG. Tetapi sebaiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu tips untuk memiliki kulkas yang baik dan tepat. Berikut beberapa tips untuk pemilihan kulkas.

Perhatikan volume kulkas perkirakan kebutuhan kalian seberapa besar kapasitas kulkas yang kita perlukan.
Perhatikan ukuran dimensi kulkas persiapkan area untuk penempatan kulkas nantinya.
Perhatikan kebutuhan listriknya pastikan juga kapasitas listrik di rumah kamu cukup.
Perhatikan fitur- fitur yang ada pada kulkas.
Pilihlah merek yang memang sudah terbukti kualitasnya seperti Sharp dan LG.
Perhatikan garansi yang ada kamu wajib mengetahui penjelasan mengenai garansi saat kamu membeli kulkas. Pilihlah harga sesuai yang kamu butuhkan dan usahakan desainnya yang bagus ya guys.

Kulkas Sharp SJ-M165F-FW Kirei Flower

Pilihan kulkas terbaik Sharp yaitu, Sharp SJ-M165F-FW Kirei Flower. Produk ini merupakan kulkas hemat listrik yang berkualitas karena tidak menghasilkan bunga es sehingga kamu bukan perlu repot-repot untuk membersihkannya.

Tidak hanya kualitasnya yang mumpuni, kulkas Sharp ini juga mempunyai tampilan yang sangat bagus dengan corak-corak bunga dan warna yang cerah. Untuk menyala, Sharp SJ-M165F-FW Kirei Flower hanya membutuhkan daya sebesar 84 watt aja.

Spesifikasi Kulkas Sharp SJ-M165F-FW Kirei Flower

Spesifikasi Kulkas Sharp SJ-M165F-FW Kirei Flower
Tipe1 Pintu
Kapasitas128 Liter
Ukuran97 x 55 x 54 cm
Daya Listrik84 Watt
HargaRp 2.960.000 (per Agustus 2019)

Kulkas LG GN-Y201SL

Pilihan kulkas terbaik dari LG yaitu, LG GN-Y201SL. Kulkas ini memiliki kapasitas yang cukup besar sehingga memungkinkan kamu dapat menyimpan banyak makanan dan minuman sekaligus dalam satu tempat.

Kulkas ini juga telah mengusung fitur dan teknologi yang cukup canggih dengan kualitas yang baik seperti teknologi semi auto-defrost yang hanya akan mengkonsumsi listrik 87 watt saja saat dinyalakan. Wah hemat ya.

Spesifikasi Kulkas LG GN-Y201SL

Spesifikasi Kulkas LG GN-Y201SL
Tipe1 Pintu
Kapasitas170 Liter
Ukuran56 x 53 x 114 cm
Daya Listrik87 Watt
HargaRp. 3.300.000 (per Agustus 2019)

Tips Menggunakan Kulkas yang Baik dan Benar

  • Selalu mencuci bahan makanan termasuk telur sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Sebaiknya cuci dengan air hangat agar bakteri pada sayuran yang dibeli di pasar tidak berkembang.
  • Selalu memisahkan bahan makanan menurut jenisnya agar bakteri dan baunya tidak bercampur. Sebelum diletakkan ke dalam kulkas, bahan makanan tersebut dimasukkan terlebih dulu ke dalam kontainer khusus makanan.
  • Jangan memasukkan pisang ke dalam kulkas karena temperaturnya tidak cocok dan pisang menjadi busuk dan berwarna hitam.
  • Sebaiknya tidak menumpuk makanan secara berhimpitan. Paling tidak ada celah udara di antara makanan atau kontainer dalam kulkas satu sama lain agar dinginnya stabil dan merata.
  • Bagian chiller (biasanya berwarna transparan dan terletak di antara freezer dan refrigerator), sebaiknya digunakan untuk menyimpan daging, ikan atau bahan santapan yang sedianya akan dimasak (maksimal 8 jam), sehingga tidak perlu dicairkan dulu.
  • Jangan pernah menidurkan kulkas ketika pindah rumah atau ketika mengubah tata letaknya karena gas dan oli yang ada di dalamnya dapat bercampur. Kalau terpaksa, kulkas bisa dimiringkan 45 derajat posisi belakang.
  • Tips yang penting saat penggunaan kulkas adalah kulkas yang baru dibeli atau kulkas yang baru dibersihkan,
    Kulkas yang baru dibersihkan jangan langsung diisi bahan makanan. Tunggu selama 20-30 menit atau sudah dingin merata, baru setelah itu dimasukkan bahan makanan.

Cara Merawat Kulkas Agar Tahan Lama

  • Menutup Pintu Kulkas Dengan Rapat
    Dengan menutup pintu kulkas secara rapat, itu artinya kita menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin dan menghindari kebocoran udara. Tidak ada salahnya jika kamu memeriksa apakah pintu kulkas sudah menutup rapat atau belum.
  • Isi Kulkas Sesuai Kapasitas
    Toko elektronik menjual berbagai macam kulkas dengan kapasitas berbeda-beda. Kamu hanya perlu memilih kulkas sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Saat kamu sudah membeli kulkas baru, sebaiknya jangan mengisi kulkas dengan barang-barang yang jumlahnya melebihi kapasitas.
  • Mengatur Temperatur Secara Berkala
    Cara merawat kulkas yang paling sederhana adalah mengatur temperatur secara berkala. Setelah pemadaman listrik atau kegiatan membersihkan kulkas, jangan lupa untuk kembali mengatur temperatur kulkas. Suhu di dalam lemari es sebaiknya tidak lebih dari 4 derajat celcius agar makanan tidak mudah basi.
  • Hindari Memasukkan Makanan dan Minuman yang Masih Panas
    Suhu panas yang berasal dari makanan dan minuman akan membuat kulkas bekerja lebih keras untuk membuat suhu di dalam kulkas tetap dingin. Sebaiknya letakkan makanan dan minuman panas di luar kulkas sampai suhunya sama dengan suhu ruangan.
  • Perhatikan Tempat Meletakkan Kulkas
    Berikan jarak 20 cm antara bagian belakang kulkas dengan dinding. Hal ini berguna untuk memberikan sirkulasi udara pada kondensor. Tidak hanya itu, letakkan kulkas di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Cabutlah Power Kulkas Ketika Listrik Mati
    Biasanya apabila terjadi pemadaman listrik, dan listrik nyala kembali ini terjadi tegangan tinggi, maka usahakan mencabut power kulkas untuk menjauhi apabila terjadi tegangan tinggi setelah listrik di nyalakan kembali.
  • Jangan Membuka Kulkas Saat Listrik Mati
    Perlu kamu ketahui bahwa kulkas bisa menjaga suhu dingin selama 24 jam meskipun listriknya mati. Jadi, jika kamu ingin makanan di dalam kulkas tetap segar dan tidak basi, jangan buka pintu kulkas sebelum listrik kembali menyala.
  • Bersihkan Bagian Dalam Kulkas
    Keluarkan semua makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa atau tidak ingin dikonsumsi lagi. Bersihkan dinding bagian dalam kulkas dengan kain lap bersih. Jangan lupa untuk turut membersihkan freezer dengan mencairkan bunga esnya terlebih dahulu.
  • Jangan Lupakan Pembersihan pada Kondensor
    Perhatikan kondensor yang sudah tidak dibersihkan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tentu saja kondensor akan tertutup dengan debu, penumpukan debu ini bisa membuat pelepasan panas dari kondensor tidak maksimal. Jadi, bersihkan kondensor dengan kain lap ketika kamu membersihkan bagian dalam kulkas.

Pilih Mana: Kulkas Sharp atau LG?

Kulkas SharpKulkas LG
Kelebihan- Memiliki daya listrik yang kecil - Adanya fitur teknologi ion plasmacluster - Merek Sharp yang sudah banyak dikenal orang- Adanya fitur auto-defrost - Adanya LG Smart ThinQ, kamu bisa mengatur - Desain yang elegan dan memiliki rak kulkas serbaguna
Kekurangan- Kebanyakan desain menarik tetapi cepat kotor - Sepertinya sama dengan kulkas pada umumnya yang harus rutin dibersihkan- Harga yang termasuk tinggi - Harus rutin dibersihkan untuk menjaga ketahanan kulkas tersebut

Kesimpulan

Kedua merek kulkas tersebut Sharp dan LG memiliki fitur yang canggih. Seperti tipe dari kedua merek tersebut yang sudah dijelaskan di atas memiliki daya listrik yang hemat. Dan juga untuk memilih diantara keduanya bisa kamu sesuaikan selera kamu.

Tetapi sepertinya dari kedua merek yang sudah dijelaskan di atas untuk kulkas antara Kulkas Sharp SJ-M165F-FW Kirei Flower dan Kulkas LG GN-Y201SL, yang lebih unggul yaitu Kulkas LG GN-Y201SL. Karena mempunyai kualitas yang sama seperti Sharp SJ-M165F-FW Kirei Flower tetapi harga lebih terjangkau

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kulkas Sharp vs LG

VS

Leave a Reply