KesehatanParenting

Pilih Mana: Lactamam atau Asifit?

Lactamam dan Asifit merupakan suplemen untuk meningkatkan jumlah produksi ASI, apalagi bagi para ibu yang memiliki jumlah produksi ASI yang kurang banyak maka suplemen Lactamam dan Asifit ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lactamam dan Asifit sudah sangat beredar luas di pasaran Indonesia dan sudah terjual sejak dahulu dengan kualitas tinggi dan keamanan yang baik terpercaya sehingga kedua produk ini tidak perlu kamu khawatirkan lagi ya.

Tetapi manakah yang lebih unggul dari keduanya? Tenang, tidak perlu bingung  karena artikel kami kali ini akan menjelaskan kedua produk suplemen tersebut agar dapat menjadi referensi untuk kamu.

Lactamam

Selain mengkonsumsi makanan yang bisa melancarkan ASI seperti daun katuk, kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak daun katuk dan ekstrak biji fenugreek seperti Lactamam agar produksi ASI semakin melimpah. Obat dengan kandungan alami seperti ini tentunya aman untuk dikonsumsi ya untuk para ibu. Baca juga Pilih Mana: Lactamor atau Asifit?

Lactamam diproduksi oleh perusahaan Novell Pharmaceutical Laboratories. Penggunaan yang rutin dilakukan 3 kali sehari 1-2 kaplet.

Kelebihan Lactamam

  • Dapat memperlancar ASI
    Kelebihan dari Lactamam yang banyak menjadi pilihan para ibu menyusui adalah dapat memperlancar ASI. Dengan banyaknya memproduksi ASI membuat para ibu lebih mudah untuk memberikan asupan kepada anak. Adanya kandungan daun katuk telah diketahui mampu merangsang hormon di dalam tubuh ibu menyusui sehingga produksi ASI meningkat.
  • Menjaga kesehatan tubuh
    Bagi ibu yang rutin memberikan ASI pada anaknya mungkin akan wajib mengkonsumsi suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh ibu agar ASI akan tetap lancar. Kelebihan yang dimiliki Lactamam ini dipercaya selain dapat meningkatkan produksi atau meMperlancar ASI juga dapat menjadi suplemen untuk tubuh ibu agar tetap sehat.
  • Melindungi tumbuh kembang anak dan produk aman
    Dengan mengkonsumsi Lactamam sehingga akan memperlancar produksi ASI yang banyak membuat anak akan lebih banyak mengkonsumsi ASI pada ibu sehingga hal tersebut sangat bagus untuk menjaga dan melindungi perkembangan anak. Produk ini juga aman dan sudah terjamin keamanannya.

Kekurangan Lactamam

  • Kurang populer
    Jika dibandingkan dengan merk suplemen atau vitamin untuk ibu menyusui lainnya Lactamam memang merk yang sangat jarang didengar, tidak begitu banyak para ibu memilih Lactamam ini sebagai asupan suplemen penambah produksi ASI sehingga jika kamu ingin membeli produk ini kamu harus meluangkan waktu untuk mencari toko yang menjual Lactamam.
  • Tidak disarankan untuk ibu hamil
    Meski produk ini memang khusus ibu yang menyusui agar ASI dapat lancar dan banyak, kamu harus ingat bahwa produk ini tidak disarankan untuk ibu yang sedang mengandung. Jadi memang khusu untuk ibu yang sudah menyusui yang ASI kurang cukup banyak sehingga suplemen ini bisa membantu memperlancar ASI.

  • Adanya efek samping mudah berkeringat
    Sebenarnya untuk efek samping ketika mengkonsumsi suplemen menjadikan hal yang sangat wajar, salah satu efek samping yang diberikan oleh Lactamam ini adalah mudahnya ibu mengeluarkan keringat dan banyak dibandingkan saat sebelum para ibu mengkonsumsi Lactamam ini. Nah, bagaimana dengan kamu ibu? Apakah mengalami efek samping ini ketika mengkonsumsi Lactamam?

Asifit

Suplemen makanan yang diproduksi oleh PT Kimia Farma ini mempermudah ibu menyusui mengkonsumsi daun katuk yang sudah dalam bentuk kaplet siap minum tanpa harus repot mengolahnya terlebih dahulu.

Berbagai kandungan yang terdapat pada suplemen ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik, kandungan tersebut seperti ekstrak daun katuk dan vitamin B. Asifit yang beredar di pasaran hanya memiliki satu bentuk sediaan. Bentuk sediaan asifit pelancar ASI adalah kaplet dengan warna hijau. 

Obat pelancar ASI Asifit dijual dalam dua jenis kemasan ada Asifit dengan kemasan blister dan ada pula Asifit dengan kemasan botol kamu bisa membelinya di apotek yang ada disekitar rumah kamu ya ibu-ibu. 

Kelebihan Asifit

  • Dapat meningkatkan produksi ASI
    Sesuai dengan kegunaan atau manfaat dari Asifit ini yaitu dapat meningkatkan produksi ASI, hal ini sudah menjadi banyak kepercayaan dan pilihan bagi para ibu di Indonesia. Sehingga untuk kamu para ibu yang memiliki jumlah produksi yang terbilang sedikit atau ASI tidak lancar, maka suplemen atau vitamin ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu ya. 
  • Populer dan banyak menjadi pilihan para ibu
    Asifit produk dari PT. Kimia Farma ini adalah suplemen membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui dan proses ejeksi yang banyak menjadi pilihan bagi semua para ibu. Tingkat kepopuleran dari Asifit ini menjadikan produk yang berkualitas terbaik dari beberapa pesaingnya. Asifit juga dapat menjaga stamina tubuh ibu karena mengandung beberapa vitamin B. Kehadiran beberapa vitamin B pada Asifit akan mendukung peningkatan darah yang sangat penting bagi ibu menyusui.
  • Harga yang cukup terjangkau
    Kelebihan lainnya yang dimiliki suplemen Asifit ini adalah harga yang dijual cukup terjangkau. Hal ini banyak disukai para ibu, dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang tinggi. 

Kekurangan Asifit

  • Dapat menimbulkan alergi
    Kekurangan yang pertama dari produk Asifit ini adalah dapat menimbulkan alergi, bagi kamu yang tidak cocok saat mengkonsumsi suplemen Asifit ini maka tubuh kamu akan mengalami reaksi seperti beberapa bagian kulit menjadi kemerahan dan gatal. Jika sudah menimbulkan efek seperti itu ada baiknya kamu tinggalkan penggunaan Asifit ini ya para ibu.

  • Tidak dapat digunakan bersamaan obat lain
    Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh.
  • Tidak baik untuk ibu hamil
    Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh Asifit ini adalah suplemen atau vitamin ini tidak dapat digunakan oleh ibu hamil, jadi memang khusus untuk ibu yang menyusui. Jangan coba-coba mengkonsumsi saat kamu dalam keadaan hamil ya bukan mendapatkan manfaat yang baik tetapi malah membuat efek yang sangat berbahaya bagi kamu dan janin.

Tips Memperbanyak ASI dengan Cepat dan Alami

1. Skin To Skin Nurse
Ketika menyusui, usahakan sesering mungkin kulit ibu bertemu dengan kulit bayi, atau kulit ibu dan bayi saling bersentuhan. Jangan menghalangi kulit dengan kain, baik itu kaos maupun bra. Demikian juga bayi, biarkan bayi hanya dalam keadaan memakai popok. Selain merangsang produksi ASI, hal ini akan meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan anak.

2. Ciptakan Suasana yang Tenang Ketika Menyusui
Bayi memang sangat sensitif dikarenakan memiliki indera pendengaran yang matang. Bayi akan terganggu ketika menyusui ketika ada suara bising yang terdengar. Dengan suasana yang tenang, bayi akan rileks sehingga menyusu dalam waktu yang lama atau bahkan menyusu hingga tertidur.

3. Memompa Payudara
Memompa payudara. Hal ini berguna agar payudara selalu terangsang untuk memproduksi ASI.

  • Pompa ASI secara konsisten dan berkala di antara waktu menyusui.
  • Pompa masing-masing payudara setidaknya selama 10 menit.
  • Perlu diketahui bahwa produksi ASI meningkat ketika pada pukul 2-5 pagi. Jika memungkinkan, pompa ASI dalam jam tersebut.
Lihat juga:  Pilih Mana: Diet Keto atau Diet Mayo?

4. Menyusui setiap 2-3 Jam
Jadwal menyusui yang teratur akan semakin merangsang produksi ASI. Terutama ketika bayi baru lahir. Bayi baru lahir biasanya minum ASI hingga 12 kali dalam sehari. Berikanlah ASI setiap 2-3 jam, bahkan ketika bayi sedang tidur. Hal ini agar nutrisi bayi tercukupi.

5. Banyak Mengkonsumsi Air Mineral
Rutin dan mencukupi kebutuhan air mineral akan membantu ASI agar terus diproduksi secara teratur. Tidak hanya air mineral, minum jus tanpa gula baik buah maupun sayur akan memperbanyak ASI. Hindari minuman yang mengandung bahan kimia dan kafein karena akan berpengaruh buruk bagi bayi.

KeteranganLactamamAsifit
Nama Perusahaan Novell Pharmaceutical LaboratoriesPT. Kimia Farma
Penggunaan Suplemen1-2 kaplet sebanyak 3 kali sehari1-2 kaplet sebanyak 3 kali sehari
Kegunaan SuplemenMeningkatkan produksi ASIMeningkatkan produksi ASI
Harga Per Oktober 2019Rp. 75.000 hingga Rp. 100.000Rp. 30.000 - Rp. 50.000

Pilih Mana: Lactamam atau Asifit?

LactamamAsifit
Kelebihan - Dapat memperlancar ASI - Menjaga kesehatan tubuh - Melindungi tumbuh kembang anak dan produk aman - Dapat meningkatkan produksi ASI - Populer dan banyak menjadi pilihan para ibu - Harga yang cukup terjangkau
Kekurangan- Kurang populer - Tidak disarankan untuk ibu hamil - Adanya efek samping mudah berkeringat - Dapat menimbulkan alergi - Tidak dapat digunakan bersamaan obat lain - Tidak baik untuk ibu hamil

Kesimpulan

Lactamam dan Asifit suplemen untuk meningkatkan jumlah produksi ASI dengan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa memilih sesuai dengan selera juga tingkat kecocokan kamu. Tetapi dari penjelasan yang sudah dijabarkan secara detail di atas membuat kami akan lebih memilih Asifit lebih unggul dibandingkan dengan Lactamam. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lactamam vs Asifit

VS

Leave a Reply