KesehatanParenting

Pilih Mana: Lactamam atau Moloco B12?

Saat baru pertama kali menyusui, ibu seringkali mengalami kekhawatiran apakah ASI yang diproduksi cukup atau tidak untuk buah hati. karena, beberapa ibu mengalami kendala saat menyusui. Selain dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan sayuran pelancar ASI, untuk bisa meningkatkan produksi ASI ibu juga dapat mengonsumsi suplemen yang dapat memperlancar ASI seperti Lactamam dan Moloco B12.

Sebelum mengonsumsi suplemen ASI ada baiknya ibu terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Namun, pada artikel kali ini kami akan membahas kedua suplemen ASI Lactamam dan Moloco B12, Untuk melihat kelebihan dan kekurangan serta informasi lain pada keduanya silahkan disimak dibawah ini ya.

Selain membahas tentang Lactamam dan  Moloco B12. Kami juga memberikan informasi tambahan mengani tips memilih suplemen penambah ASI yan tepat. Stay tune ya!

Lactamam

Lactamam merupakan suplemen buat ibu menyusui untuk merangsang keluarnya ASI. Karena ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi. ASI eksklusif diberikan sejak bayi lahir ke dunia hingga berusia 6 bulan. Karenanya, mengonsumsi Lactamam cocok bagi ibu merasa produksi ASInya kurang banyak. Baca juga Pilih Mana: Lactamam atau Asifit?

Lactamam mengandung Ekstrak biji Fenugreek 600 mg, Ekstrak daun katuk 100 mg, Vitamin B12 20 mcg, Calcium phospate dibasic 12 mg.

Kelebihan Lactamam

  • Produk sudah teruji
    Dengan mengonsumsi Lactamam sehingga akan memperlancar produksi ASI yang banyak membuat anak akan lebih banyak mengkonsumsi ASI pada ibu sehingga hal tersebut sangat bagus untuk menjaga dan melindungi perkembangan anak. Produk Lactamam ini juga sudah teruji aman.
  • Bisa memperlancar ASI
    Kelebihan utama dari Lactamam yang banyak berpengaruh pada ibu yang sedang menyusui yaitu dapat memperlancar ASI. Karena adanya kandungan daun katuk telah diketahui mampu merangsang hormon di dalam tubuh ibu menyusui sehingga produksi ASI meningkat.
  • Menjaga kesehatan tubuh
    Bagi ibu yang rutin memberikan ASI pada anaknya mungkin akan wajib mengkonsumsi suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh ibu agar ASI akan tetap lancar. Kelebihan yang dimiliki Lactamam ini dipercaya selain bisa meningkatkan produksi atau memperlancar ASI juga dapat menjadi suplemen untuk menjaga tubuh ibu agar tetap sehat.

Kekurangan Lactamam

  • Menimbulkan efek samping 
    Salah satu efek samping yang diberikan oleh Lactamam ini yaitu mudahnya ibu mengeluarkan keringat dan banyak dibandingkan saat sebelum para ibu mengkonsumsi Lactamam ini. Nah, jika kalian menimbulkan efek samping yang sangat menganggu, hentikan konsumsi suplemen ini karena bisa saja dosisnya tidak cocok.
  • Nama yang kurang populer.
    Jika dibandingkan dengan merk suplemen atau vitamin untuk ibu menyusui lainnya Lactamam memang merk yang sangat jarang didengar, tidak begitu banyak para ibu memilih Lactamam ini sebagai asupan suplemen penambah produksi ASI sehingga jika kamu ingin membeli produk ini kamu harus ke toko yang menjual Lactamam atau ke apotek.
  • Tidak dianjurkan untuk ibu hamil
    Meski suplemen ini memang khusus ibu, Namun ditujukan khusus untuk ibu  menyusui agar ASI dapat lancar dan banyak, Produk ini tidak disarankan untuk ibu yang sedang mengandung. Jadi memang dikhsuskan untuk ibu yang sudah menyusui yang ASI kurang cukup banyak sehingga suplemen ini bisa membantu memperlancar ASI.

Moloco B12

Moloco B12 ini termasuk jenis obat keras. Moloco B12 ini lebih diutamakan bagi ibu menyusui yang mengalami masalah hipogalaktia (kurangnya produksi ASI) . Maka dari itu penggunaan obat ini harus dengan resep dokter dan didahului dengan pemeriksaan kondisi ASI. Jadi, tidak bisa semabarangan di beli ya moms. Atau kalian bisa berkonsultasi secara online melalui halodoc,

Moloco B12 ini diproduksi oleh PT Darya-Varia Laboratoria ini digolongkan dalam obat keras sehingga penggunaannya harus dengan resep dan pengawasan dokter. Jadi agar lebih aman alangkah lebih baiknya setelah ASI lancar, Ibu tidak mengonsumsinya lagi. 

Kelebihan Moloco B12

  • Merangsang peningkatan produksi ASI 
    Manfaat moloco b12 adalah untuk merangsang hormon tertentu yang berperan terhadap peningkatan produksi ASI. Suplemen Moloco B12 untuk pelancar ASI bagi ibu menyusui yang ASI-nya masih sedikit atau kurang dari kebutuhan bayi Produksi ASI akan menjadi lebih banyak dengan suplemen ini, sehingga dapat mencukupi kebutuhan bayi.
  • Melengkapi kebutuhan vitamin B12
    Moloco b12 juga memiliki manfaat yang tak disebutkan yaitu bisa mengatasi kekurangan vitamin b12. Vitamin B12 sangat penting fungsinya dalam pembentukan material genetik sel berupa DNA dan RNA sehingga penting untuk perkembangan bayi. Vitamin ini juga berperan vital dalam pembentukan protein untuk pertumbuhan bayi. Perkembangan sel saraf yang sehat juga sangat dipengaruhi oleh terpenuhinya vitamin ini.
  • Sebagai terapi penunjang hipogalaktia primer
    Sebagai terapi penunjang hipogalaktia primer ataupun sekunder untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Jadi, suplemen ini diperuntukan untuk ibu yang mengalami kondisi tertentu karena obat ini tergolong keras dibutuhkan resep dokter dan berkonsultasi terlebih dahulu.
Lihat juga:  Pilih Mana: Merries atau Nepia Genki?

Kekurangan Moloco B12

  • Ibu hamil tidak boleh memakai moloco B12
    Obat moloco b12 juga memiliki kontraindikasi tertentu. Ibu hamil tidak boleh memakai moloco b12. Pasien yang pernah memiliki riwayat alergi terhadap vitamin b12 dan ekstrak plasenta yaitu hormon-hormon tertentu juga tidak boleh menggunakan obat moloco b12.
  • Tidak di anjurkan untuk yang mempunyai riwayat alergi
    Hal ini dikarenakan riwayat alergi dapat memicu terjadinya beberapa tanda reaksi alergi. Apabila Anda memiliki gangguan hati dan ginjal maka sebaiknya kalian melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum menggunakan moloco b12.
  • Mengonsumsi Moloco b12 ini harus menggunakan resep dokter
    Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa Molo b12 ini merupakan obat yang cukup keras jadi sangat wajib di konsultasikan ke dokter terlebih untuk ibu menyusui sangat sensitif dengan obat-obatan.
Jangan dilanjutkan jika terjadi reaksi alergi.

Lactamam atau Moloco B12

KeteranganLactamamMoloco B12
Indikasi Umum Membantu ejeksi dan produksi ASI Hipogalaksia primer dan sekunder
Kategori Ibu dan AnakIbu dan Anak
Komposisi Trigonella Foenum-graecum seed extr. 600 mg, Sauropus Androgynus extr. 100 mg Vit.B12 20 mcg, Placental extr. 15 mg
Dosis3 x sehari 2-3 tablet 3 x sehari 1 tablet selama masa menyusui ( PENGGUNAAN OBAT INI HARUS SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER )
Aturan Pakai Sesudah makan Setiap habis makan utama, dapat ditelan utuh atau dikunyah

Tips Memilih Suplemen Penambah ASI yang Tepat

Sebelum kalian memilih menggunakan suplemen penambah ASI, pastikan kalian mengetahui tips-tips berikut ini untuk memilih suplemen yang dibutuhkan:

1. Ketahui faktor penyebab ASI anda berkurang
Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan produksi ASI berkurang atau malah terhenti. Diantaranya, adanya pelekatan lidah si bayi yang tidak pas, kondisi ibu yang sedang tidak fit, dan juga jarang menyusui dapat menjadi penyebab turunnya produksi ASI.

2. Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sangat disarankan sebelum kalian memutuskan untuk mengonsumsi suplemen pelancar ASI untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Meskipun suplemen ini tidak memiliki efek samping, namun lebih baik untuk mencegah terhadap hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi dan itu berkaitan dengan anak.

3. Hindari konsumsi suplemen di umur 48 jam bayi
Setelah bayi anda lahir dan berumur 48 jam atau 2 hari, sebisa mungkin untuk menghindari mengonsumsi berbagai jenis obat-obatan termasuk suplemen. Di masa itu, kalian sedang mengalami masa laktogenesis atau biasa disebut dengan masa produksi ASI alami. Biarkan bayi mendapatkan ASI pertamanya tanpa suplemen, dan setelah itu baru kalian dapat mengonsumsi suplemen.

Selain itu, memaksakan diri dengan mengonsumsi suplemen padahal tidak begitu membutuhkannya ternyata juga dapat menimbulkan dampak yang buruk. Misalnya, akan beresiko mengalami sakit di bagian payudara, karena payudara bisa membengkak akibat meningkatnya produksi ASI setelah anda mengkonsumsi suplemen pelancar ASI.

Selain dengan suplemen, untuk meningkatkan produksi ASI sebenarnya bisa dilakukan dengan makanan tambahan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu yang sedang menyusui. Makanan semacam ini umumnya lebih aman dibandingkan makan suplemen. Untuk melancarkan produksi ASI sebaiknya Ibu juga mengimbangi dengan makanan sehat, banyak minum air putih, dan tentunya berolahraga.

Pilih Mana: Lactamam atau Moloco B12?

LactamamMoloco B12
Kelebihan - Produk sudah teruji - Bisa memperlancar ASI - Menjaga kesehatan tubuh - Merangsang peningkatan produksi ASI  - Melengkapi kebutuhan vitamin B12 - Sebagai terapi penunjang hipogalaktia primer
Kekurangan- Menimbulkan efek samping  - Nama yang kurang populer. - Tidak dianjurkan untuk ibu hamil - Ibu hamil tidak boleh memakai moloco B12 - Tidak di anjurkan untuk yang mempunyai riwayat alergi - Mengonsumsi Moloco b12 ini harus menggunakan resep dokter

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas sudah kita bahas kedua suplemen yang dapat meningkatkan produksi ASI yaitu Lactamam dan Moloco B12. Keduanya memiliki manfaat yang serupa yaitu mampu memperlancar ASI ibu dan dikhususkan untuk ibu menyusui hanya saja kandungan pada suplemen yang berbeda. Seperti pada suplemen Moloco B12 karena suplemen ini hanya dapat di konsumsi dari resep dokter karena suplemen ini dapat tergolong obat keras. Oleh karenanya, kami selalu menganjurkan untuk para ibu menyusui sebelum mengonsumsi suplemen diharapkan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter. Karena dokter pasti lebih mengerti kondisi dan dosis yang di butuhkan kalian ya! Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lactamam vs Moloco B12

VS

Leave a Reply