Parenting

Pilih Mana: Lactamor atau Asifit?

Menggunakan atau mengkonsumsi suplemen penambah ASI bisa menjadi alternatif buat ibu menyusui untuk mempertahankan produksi air susu untuk bayinya. Apalagi seperti harapan setiap ibu tentunya ingin sang anak bisa mendapatkan asupan ASI secara penuh selama 2 tahun sejak kelahirannya. Banyaknya merk suplemen ASI sehingga membuat kamu bingung untuk memilihnya, tetapi ada beberapa yang terkenal di pasaran yaitu Lactamor dan Asifit.

Lactamor dan Asifit suplemen ASI yang menjadi pilihan banyak para ibu yang menyusui tingkat keamanan yang tidak perlu diragukan lagi juga mudah untuk kamu dapatkan di apotek terdekat dengan daerah rumah kamu. Tetapi manakah yang lebih bagus dari keduanya? Untuk itu pastikan kamu membaca artikel kali ini sampai selesai ya. Selamat membaca.

Lactamor

Lactamor adalah suplemen makanan untuk melancarkan ASI pada ibu menyusui. Suplemen ini merupakan kombinasi dari ekstrak biji fenugreek dan ekstrak biji daun katuk yang dikenal baik untuk memperlancar ASI. Baca juga Pilih Mana: Tommee Tippee atau Comotomo?

Suplemen ini juga dilengkapi vitamin B12 untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan dalam proses menyusui. Lactamor merupakan suplemen yang dipasarkan bebas dan diproduksi oleh PT. Kalbe. Meskipun tergolong obat bebas penggunaannya tetap harus berdasarkan resep dan tidak boleh berlebihan.

Kelebihan Lactamor

  • Meningkatkan produksi ASI
    Kelebihan yang pertama sesuai dengan kegunaan dari suplemen Lactamor ini bahwa suplemen ini dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi melalui makanan bergizi, suplemen juga dibutuhkan untuk mendukung produksi ASI. Lactamor membantu agar produksi ASI agar kebutuhan bayi terpenuhi, terutama pada masa pemberian ASI eksklusif.
  • Suplemen yang sudah dipercaya para ibu
    Kelebihan lainnya bahwa suplemen ini sudah menjadi banyak pilihan para ibu khususnya para ibu menyusui. Sehingga untuk pembeliannya suplemen ini cukup mudah untuk kamu dapatkan, tidak perlu sulit dan kesusahan untuk mendapatkannya.
  • Dapat membantu perkembangan bayi
    Vitamin B12 berfungsi dalam pembentukan material genetik sel berupa DNA dan RNA sehingga penting untuk perkembangan bayi. Vitamin ini juga berperan vital dalam pembentukan protein yang menjadi material penting pertumbuhan bayi. Perkembangan sel saraf yang sehat juga sangat dipengaruhi oleh terpenuhinya vitamin ini.

Kekurangan Lactamor

  • Perubahan air seni
    Ketika mengkonsumsi suplemen ini, ada kemungkinan air seni dan keringat akan berbau khas. Kadang dapat terjadi pembentukan feses yang lebih lunak baik pada ibu maupun bayi yang akan kembali seperti semula ketika penggunaan suplemen makanan ini dihentikan.
  • Dapat terjadi alergi
    Kekurangan lainnya jika pada ibu yang tidak cocok mengkonsumsi vitamin ini maka kondisi kulit akan mengalami reaksi seperti terjadinya alergi yang berkepanjangan mual dan gatal-gatal yang dirasakan pada kulit.
  • Lebih mudah berkeringat
    Lebih mudah berkeringat adalah kekurangan yang paling menonjol dari suplemen ini dikarenakan bahwa efek samping yang terjadi. Sebaiknya jika sudah terjadi seperti ini stop penggunaan suplemen Lactamor ini.

Asifit

Asifit adalah suplemen yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah produksi ASI. Para ibu tentunya ingin memberikan ASI eksklusif dan ASI penuh kepada bayinya selama 2 tahun. Kehadiran Asifit sebagai suplemen ASI bisa mendukung keinginan tersebut.

Asifit yang beredar di pasaran hanya memiliki satu bentuk sediaan. Bentuk sediaan asifit pelancar ASI adalah kaplet dengan warna hijau. Obat pelancar ASI Asifit dijual dalam dua jenis kemasan ada Asifit dengan kemasan blister dan ada pula Asifit dengan kemasan botol.

Suplemen makanan yang diproduksi oleh PT Kimia Farma ini mempermudah ibu menyusui mengkonsumsi daun katuk yang sudah dalam bentuk kaplet siap minum tanpa harus repot mengolahnya terlebih dahulu.

Kelebihan Asifit

  • Meningkatkan produksi ASI
    Kandungan daun ekstrak di dalam Asifit telah teruji melalui berbagai penelitian bisa meningkatkan jumlah produksi ASI. Daun katuk telah diketahui mampu merangsang hormon di dalam tubuh ibu menyusui sehingga produksi ASI meningkat.
  • Menjaga stamina tubuh ibu
    Selain itu, ada juga manfaat asifit yang lain. Manfaat sekunder dari Asifit adalah untuk menjaga stamina tubuh ibu karena mengandung beberapa vitamin B. Kehadiran beberapa vitamin B pada Asifit akan mendukung peningkatan darah yang sangat penting bagi ibu menyusui. Ibu menyusui pun juga akan tetap merasa bugar meski harus menyusui.
  • Dapat membantu perkembangan anak bayi
    Kelebihan yang lainnya dari suplemen ini adalah bahwa dengan produksi ASI yang lancar membuat peningkatan perkembangan anak menjadi maksimal, hal ini karena anak mengkonsumsi ASI ibu dengan banyaknya kandungan yang baik setelah mengkonsumsi suplemen Asifit.

Kekurangan Asifit

  • Asifit tidak bisa digunakan pada ibu hamil
    Ada yang berpendapat bahwa Asifit bisa digunakan pada ibu hamil trimester akhir dengan tujuan ketika baru saja melahirkan, maka produksi ASI sudah mulai berjalan. Akan tetapi, hal ini cukup berisiko pada kehamilan dan janin kamu bila tidak dikonsultasikan kepada dokter spesialis kandungan.
  • Akan terjadi gatal dan mual
    Seperti suplemen ASI merk lainnya bahwa kekurangan pada suplemen Asifit memiliki kekurangan dengan menimbulkan efek samping seperti gata-gatal dan terasa mual, ketika hal ini terjadi hentikan penggunaan suplemen ini.

  • Tidak dapat dikonsumsi bersamaan obat lain
    Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh.

Tips Memperlancar ASI

  • Berikan ASI Terus Menerus
    Pada beberapa minggu pertama kelahirannya, jadwal pemberian ASI mungkin belum bisa teratur. Meski begitu, berikanlah ASI kapanpun bayi membutuhkannya. Kamu dapat memberi ASI kira-kira dua atau tiga jam sekali, sebab bayi yang baru lahir biasanya minum ASI sebanyak delapan hingga 12 kali dalam sehari. Bayi yang baru lahir perlu dibangunkan untuk diberikan ASI bila pemberian ASI terakhir sudah lebih dari dua jam.
  • Istirahat yang Cukup
    Istirahat penting untuk menjaga kestabilan produksi ASI. Atur jadwal tidur kamu, misalnya jika bayi sedang tidur, kamu dianjurkan untuk tidur juga. Beristirahat bisa dilakukan sambil bersantai bersama bayi atau mengurangi kegiatan di luar rumah. 
Hindari rokok dan minuman beralkohol, karena kedua hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya produksi ASI.
  • Hindari Kecemasan
    Kamu tidak perlu cemas kekurangan ASI. Selama kamu sehat secara fisik maupun mental dan mengkonsumsi makanan sehat, kamu tetap dapat memproduksi ASI. Begitu juga dengan kondisi bayi. Selama bayi baik-baik saja, dia akan terus mengkonsumsi ASI dan ASI akan terus diproduksi.
  • Mengelola Stress
    Mintalah bantuan pasangan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, atau bila perlu, minta bantuan anggota keluarga yang lain dalam merawat bayi. Semua ini untuk meringankan beban kamu sehingga kamu dapat menyusui dengan tenang.
Selama masa menyusui, usahakan untuk mengelola stres dengan baik. Stress mungkin tidak mengurangi produksi ASI, tapi diduga dapat menghambat proses keluarnya ASI.
  • Saling Berbagi dengan Ibu Menyusui Lainnya
    Bertemu dengan sesama ibu menyusui dapat membuat kamu memiliki teman berbagi. Kamu bisa bertukar cerita tentang cara memperbanyak ASI. Kamu juga dapat saling memberi semangat agar berhasil memberi ASI eksklusif untuk bayi kamu.
KeteranganLactamorAsifit
NamaLactamorAsifit
Kandungan Ekstrak biji fenugreek, ekstrak biji daun katuk, vitamin B12Ekstrak daun katuk dan vitamin B
Kelas ObatSuplemenSuplemen
Dosis1-2 kaplet sebanyak 3 kali sehari 1-2 kaplet sebanyak 3 kali sehari
Harga Per Oktober 2019Rp. 151.000-Rp. 171.000/dosRp. 75.000-100.000 per botol Rp. 23.000-30.000 per strip
Lihat juga:  Pilih Mana: Johnsons atau Cussons?

Pilih Mana: Lactamor atau Asifit?

Lactamor Asifit
Kelebihan- Meningkatkan produksi ASI - Suplemen yang sudah dipercaya para ibu - Dapat membantu perkembangan bayi - Meningkatkan produksi ASI - Menjaga stamina tubuh ibu - Dapat membantu perkembangan anak bayi
Kekurangan- Perubahan air seni - Dapat terjadi alergi - Lebih mudah berkeringat - Asifit tidak bisa digunakan pada ibu hamil - Akan terjadi gatal dan mual - Tidak dapat dikonsumsi bersamaan obat lain

Kesimpulan

Lactamor dan Asifit sudah menjadi pilihan bagi banyak ibu untuk memproduksi jumlah produksi yang lebih banyak. Tetapi bagi ibu yang menyusui kamu harus benar-benar mengetahui tingkat jumlah produksi ASI. Jangan sampai mengkonsumsi suplemen ASI secara berlebihan bukan membuat ASI menjadi lebih baik malah akan menimbulkan efek samping yang berkepanjangan. Jadi, pastikan keamanan dan tingkat produksi ASI kamu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen ASI. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lactamor vs Asifit

VS

Leave a Reply