Pilih Mana: Lantai Keramik atau Parket?

Loading...

Lantai merupakan salah satu faktor yang menentukan kenyamanan sebuah rumah. Memiliki lantai yang membuat nyaman dapat membuat penghuni rumah juga merasa nyaman untuk tinggal di rumah. Banyak jenis lantai yang dapat Anda gunakan, dua di antaranya yaitu lantai keramik dan lantai parket. Manakah yang paling sesuai untuk Anda gunakan? Lantai keramik atau lantai parket?

Keramik dan parket merupakan dua jenis material yang dapat Anda gunakan sebagai lantai rumah. Lantai keramik memiliki banyak motif, warna serta memiliki harga yang relatif murah sehingga banyak digunakan sebagai lantai rumah. Sedangkan parket memiliki tekstur yang lembut dan dapat membuat kaki merasa lebih nyaman, karena itulah lantai parket juga banyak digemari.

Lantai Keramik

Lantai keramik merupakan lantai yang dibuat menggunakan keramik. Lantai keramik ini merupakan lantai yang paling banyak dan paling sering digunakan. Lantai keramik juga memiliki banyak menyediakan berbagai macam corak dan warna sehingga banyak disukai. Baca juga Pilih Mana: Lantai Vinyl vs Keramik?

Kelebihan Lantai Keramik

Berikut beberapa kelebihan lantai keramik yang perlu Anda ketahui:

  • Tahan Terhadap Air

Salah satu kelebihan lantai keramik adalah tahan terhadap air. Anda dapat dengan mudah membersihkan air yang tertumpah pada lantai keramik. Lantai keramik yang terkena air juga tidak akan rusak sebab keramik tidak mudah menyerap air. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir ketika lantai yang terbuat dari keramik tersiram air.

  • Memiliki Perawatan yang Mudah

Kelebihan lainnya yang dimiliki lantai keramik adalah memiliki perawatan yang relatif mudah. Anda dapat dengan mudah membersihkannya jika terkena air ataupun noda tertentu. Anda juga tidak memerlukan perawatan khusus untuk membersihkan lantai keramik. Anda hanya perlu menyapu dan mengepelnya seperti biasa.

  • Harga Relatif Murah

Kelebihan lain yang dimiliki keramik adalah memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan lantai parket. Hal inilah yang membuat sebagian besar orang menggunakan lantai keramik. Sebab keramik memiliki harga yang relatif terjangkau.

Kekurangan Lantai Keramik

Berikut beberapa kekurangan lantai keramik yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Tekstur yang Keras

Salah satu kekurangan lantai keramik adalah memiliki tekstur yang lebih keras jika dibandingkan lantai parket. Jika Anda membutuhkan lantai yang lembut seperti ruang bermain anak dan kebutuhan lainnya, maka keramik bukanlah pilihan yang tepat untuk lantai Anda.

  • Mengeluarkan Suhu yang Dingin

Tidak seperti lantai parket yang mampu menyimpan panas, lantai keramik memiliki suhu yang dingin pada permukannya. Sehingga saat cuaca sedang panas ataupun sedang dingin, lantai keramik menyebabkan kaki terasa lebih dingin.
Tidak Cocok untuk Digunakan Sebagai Lantai Berolahraga

Lantai keramik bukanlah lantai yang cocok untuk digunakan berolahraga. Seperti yang telah dijelaskan di atas, lantai keramik memiliki tekstur yang keras sehingga akan sangat berisiko jika digunakan berolahraga tanpa memakai matras ataupun alas lainnya.

Loading...
Kelebihan Lantai Keramik Kekurangan Lantai Keramik
- Tahan terhadap air - Memiliki tekstur yang keras
- Memiliki perawatan yang mudah - Mengeluarkan suhu yang dingin
- Harga relatif murah - Tidak cocok untuk digunakan sebagai lantai berolahraga

Lantai Parket

Lantai parket merupakan lantai yang dibuat dari potongan-potongan kayu kecil. Seluruh badan parket ini terdiri hanya dari satu jenis kayu. Kayu yang biasa digunakan yaitu kayu jati, kayu sonokeling, kayu merbau, kayu oak dan sebagainya.

Kelebihan Lantai Parket

Berikut beberapa kelebihan lantai parket yang perlu Anda ketahui:

  • Memberikan Kesan Natural dan Fleksibel untuk Semua Jenis Ruangan

Bagi Anda yang menyukai suasana alam dan menyukai suasana yang natural pada rumah, lantai parket bisa menjadi pilihan Anda. lantai parket memiliki warna dan tekstur yang alami sehingga dapat membuat ruangan terkesan natural. Lantai parket ini juga sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk jenis ruangan apapun.

  • Lebih Empuk dan Nyaman

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki lantai parket adalah memiliki tekstur yang empuk dan dapat membuat kaki menjadi lebih nyaman. Inilah mengapa lantai parket banyak digunakan sebagai lantai untuk ruangan berolahraga. Karena lantai parket memiliki tekstur yang lembut sehingga membuat aman dan nyaman.

  • Dapat Menyesuaikan Suhu

Kelebihan lantai parket yang tidak dimiliki oleh lantai lainnya adalah dapat menyesuaikan suhu lantai. Lantai parket dapat menyerap panas di siang hari, dan tetap mengeluarkan suhu dingin. Panas yang diserap oleh parket tersebut nantinya akan dikeluarkan saat suhu atau cuaca sedang dingin. Dengan demikian, kaki Anda bisa menjadi lebih hangat saat cuaca dingin.

Kekurangan Lantai Parket

Berikut beberapa kekurangan lantai parket yang perlu Anda ketahui:

  • Memerlukan Perawatan yang Ekstra

Salah sayu kekurangan lantai parket adalah Anda harus merawatnya dengan ekstra, rutin dan hati-hati. Anda perlu merawat parket dengan baik untuk perawatan harian, mingguan, hingga bulanan. Anda harus melakukan perawatan rutin ini agar lantai parket tidak cepat rusak.

  • Tidak Tahan Air

Kelebihan lain yang dimiliki lantai parket adalah tidak tahan dan sangat mudah rusak jika terkena air. Kayu memiliki daya tahan yang lemah terhadap air dan kelembapan. Lantai parket yang sering terkena air dapat berubah bentuk seperti mengecil, melengkung, mengelupas, terlihat buram dan membuat lantai ini tidak terlihat mewah lagi. Selain itu, dikutip dari Kumparan.com parket juga berkemungkinan rusak dan warna menjadi pudar jika terlalu sering terkena sinar matahari.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki lantai parket adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada keramik. Selain membutuhkan perawatan yang ekstra, Anda juga memerlukan budget yang ekstra untuk bisa mendapatkan lantai parket ini.

Kelebihan Lantai Parket Kekurangan Lantai Parket
- Memberikan kesan natural dan fleksibel untuk semua jenis ruangan - Memerlukan perawatan yang ekstra
- Lebih empuk dan nyaman - Tidak tahan air
- Dapat menyesuaikan suhu - Harga relatif lebih mahal

Pilih Mana: Lantai Keramik atau Parket?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara lantai keramik dan lantai parket. Perbedaan dua jenis lantai tersebut telah kami rangkum dalam tabel berikut ini:

Lantai Keramik Lantai Parket
- Memiliki tekstur yang lebih keras - Memiliki tekstur yang lebih lembut
- Harga relatif terjangkau - Harga lebih mahal
- Memiliki perawatan yang mudah - Memiliki perawatan yang lebih rumit

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai lantai keramik dan lantai parket di atas, dapat disimpulkan bahwa lantai parket memiliki tekstur yang lebih lembut, natural dan dapat membuat kaki terasa lebih nyaman karena dapat mengatur suhu, sedangkan lantai keramik lebih keras dan dingin. Namun, lantai parket ini lebih mudah rusak dan memiliki perawatan yang cukup sulit dan harga yang relatif mahal. Jika Anda memiliki budget yang terbatas, Anda dapat menggunakan lantai parket pada ruangan tertentu saja.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lantai Keramik vs Parket

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *