Elektronik

Pilih Mana: Laptop Asus atau Laptop Dell?

Kamu yang ingin beralih dari komputer ke laptop, pastinya akan bingung dengan berbagai merek laptop yang saat ini beredar di pasaran. Untuk itu kamu sangat perlu membaca beberapa artikel yang membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari merek laptop.

Artikel ini sangat cocok untuk kamu  ya guys, karena di pembahasan kali ini terdapat 2 merek laptop yang berbeda yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yaitu Laptop Asus atau Dell? Temukan jawabannya pada artikel ini ya.

Laptop Asus

Laptop para gamer, mungkin adalah nama yang tepat untuk Asus, Asustek Computer Inc. Yang biasanya ditulis dengan huruf kapital tetapi tidak menjadi patokan untuk penulisannya, Asus adalah perusahaan yang memproduksi komponen komputer berbasis di Taiwan.

Asus memang dikenal sebagai produsen motherboard, laptop dan netbook terkenal di dunia dengan kualitas terbaik. Belakangan ini, Asus juga sudah merambah produksi di bidang telepon genggam atau smartphone. Baca juga Pilih Mana: Laptop Lenovo atau Laptop Toshiba?

Rekomendasi Laptop Asus

Asus Vivobook Pro F570

Asus Vivobook Pro F570 merupakan laptop tipis dan ringan. Layar berukuran sekitar 15.6 inci dan mendukung resolusi Full HD perbandingan 16:9 dengan resolusi 1920×1080 pixel. Tingkat kecerahan layar 200 nits dan menggunakan panel jenis anti-glare.

Asus turut menyediakan storage atau penyimpanan kecepatan tinggi yaitu SSD meter. Ada 2 tipe dari Asus Vivobook Pro F570, yaitu 2 Harga Asus Vivobook Pro F570 dengan AMD Ryzen 7 sekitar Rp. 13.999.000 (per Agustus 2019).

Vivobook Pro F570 memiliki keyboard jenis chiclet dengan backlit LED. Meski tampak biasa saja, tetapi backlit keyboard akan sangat berguna saat kamu bekerja di ruangan dalam kondisi pencahayaan yang kurang, bahkan sampai di kondisi yang gelap.

Asus ROG Zephyrus G GA502DU

Asus ROG Zephyrus G GA502DU menjadi laptop gaming pertama yang memadukan prosesor AMD Ryzen 7 3750H dengan chip grafis Nvidia GTX 1660Ti. ROG Zephyrus G GA502DU tetap hadir dengan berbagai fitur khusus untuk menunjang kegiatan bermain game.

Tidak hanya mempunyai rangka bodi tangguh berbahan magnesium alloy, laptop gaming ini juga tampil dengan layar dengan bezel ultra-tipis. Layar itu mempunyai spesifikasi gaming dengan refresh rate 144Hz dan response time 3ms.

Tidak ketinggalan juga sertifikasi kalibrasi warna dari pantone membuat laptop gaming ini dapat digunakan oleh para profesional di industri kreatif. Harga sekitar Rp. 19.000.000 (per Agustus 2019).

Asus Zenbook 14 UX433FN

Geforce MX150 dan juga Intel UHD graphic 620. Apalagi dengan kecepatan 24 Execution Unit( EU) mencapai 300-1050MHz mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya. Zenbook 14 UX433FN ini dibekali media penyimpanan berkecepatan tinggi, menggunakan SSD 512GB meter. 2 PCIe 3.0×4 untuk menampung data pengguna.

Sangat penting ketika mengolah data berukuran besar karena mempunyai kecepatan tinggi. Sangat sesuai untuk Kamu yang banyak terlibat di proses editing, dan mudah dibawa kemana saja berkat ukurannya yang tipis. Harga sekitar Rp. 22.000.000 (per Agustus 2019).

KeteranganLaptop Asus
Asal negaraTaiwan
Ketahanan baterai12-14 jam
PerformaTangguh dan cocok untuk bermain game

Kelebihan Laptop Asus

  • Produk Terpercaya dan Kualitas Jempolan
    Banyak yang mengatakan jika laptop Asus itu sangat handal dalam menunjang berbagai kebutuhan komputasi atau memecahkan masalah dalam data input, namun dengan harga minimal. Nyatanya memang hal itu bukanlah hanya mimpi, melainkan kenyataan yang memperlihatkan bahwa Asus merupakan brand yang terpercaya.
  • Rekomendasi Untuk Bermain Game
    Mungkin ini yang menarik untuk para pecinta game yang bermain dengan waktu yang lama. Ya, Asus memiliki kelebihan lain yang bandel untuk diajak bermain game. Sebagian besar produk laptop Asus dibekali dengan kartu grafis dari ATI Radeon dan Nvidia Geforce yang sangat tangguh untuk gaming. Jadi, bagi yang menginginkan laptop untuk bekerja sekaligus hiburan bermain game, laptop Asus sangat cocok untuk dipilih.
  • Garansi Lebih Lama
    Kelebihan ini dapat dikatakan yang sangat mencolok di antara merek dagang lainnya. Asus memberikan garansi untuk produk laptopnya selama 2 tahun secara global. Itu tidak ditawarkan oleh brand lain yang rata-rata hanya memberikan garansi selama satu tahun saja. Asus ini ingin memanjakan para pelanggannya dengan sangat baik. Klaim garansi laptop Asus dapat dilakukan dimana saja, termasuk di luar negeri sekalipun.

Kekurangan Laptop Asus

  • Tidak Dapat Fasilitas Lain Saat Pembelian
    Laptop Asus justru sering mendapat keluhan dari para penggunanya soal fasilitas yang didapat pada saat pembelian. Ya, Asus tidak menyertakan tas dan juga softcase seperti yang biasa ditawarkan merek lain saat membeli laptop. Dengan tidak disertakannya tas khusus dari Asus, membuat para pengguna harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli perlengkapan tersebut di tempat lain.
  • Minimnya Tempat Service Center
    Asus memang mempunyai pelayanan yang sangat baik, tetapi hal itu tidak diimbangi dengan jumlah service centernya. Lokasi service center Asus masih sangat sedikit dan hanya tersebar di kota-kota besar saja, sedangkan di sebagian wilayah atau kota kecil sulit ditemui.
  • Terlalu Cepat Merilis Produk Baru
    Terlalu cepat mengeluarkan laptop baru tentunya akan membuat produk yang dijual di pasaran semakin banyak. Ini akan sangat membingungkan pengguna, terlebih untuk mereka yang masih awam dengan spesifikasi laptop.

Laptop Dell

Laptop Dell adalah sebuah merek laptop yang didirikan pada tahun 1984 oleh Michael Dell. Satu tahun kemudian, ia mulai memproduksi komputer pertamanya sendiri dengan nama komputer turbo.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oppo A9 2020 atau Oppo F11?

Dell mulai menjual produknya melalui situs webnya secara online pada tahun 1996. Perusahaannya kemudian berganti nama menjadi Dell Inc pada tahun 2003 dan tahun 2006 perusahaan ini mengakuisisi produk laptop Alienware.

Rekomendasi Laptop Dell

Dell Inspiron 14-7472

Dell Inspiron 14–7472 dibuat dengan memadukan bahan aluminium dengan logam magnesium, dan warna silver memberikan nuansa elegan. Produk ini dapat dipilih bila kamu menginginkan laptop yang stylish. CPUnya menggunakan Intel Core i5 atau Intel Core i7 untuk menciptakan kinerja yang lancar.

GPU Nvidia Geforce MX150 sudah terpasang pada laptop ini, memberikan kenyamanan saat main game atau penyuntingan. Memorinya dapat kamu upgrade hingga sebesar 16 GB guna mempermudah kamu saat melakukan pekerjaan multitasking. Kamu juga bisa menikmati suara nyaman berkat teknologi Maxxaudio Pro. Harga Rp. 12.900.000 (per Agustus 2019).

Dell Inspiron 14-3462

Kemampuan produk ini sesuai untuk kamu yang hanya membutuhkan laptop untuk keperluan standar. Pilihlah produk ini jika membutuhkan tombol yang awet. Body laptop ini tidak mudah rusak dengan engsel yang sudah dicoba hingga 20.000 kali. Produk ini juga tahan panas karena sudah teruji dengan paparan panas untuk waktu pendek. Harga sekitar Rp. 4.000. 000 (per Agustus 2019).

Dell XPS 13-9380

Kamu dapat menggunakan fitur streaming secara nyaman jika menggunakan laptop ini. Teknologi Dell cinemanya memungkinkan kombinasi suara, warna, dan kemampuan streaming yang bagus.

Kamu juga dapat mengaktifkan playlist dari jarak 4 meter dengan suara melalui fitur voice activated. Harga sekitar Rp. 35.000.000 (per Agustus 2019). Kamu juga akan mendapatkan pengalaman menonton bernuansa bioskop dan teater.

Teknologi fingerprint reader pada Dell XPS 13-9380 menjamin akses data hanya dapat dibuka oleh sidik jari kamu. Karena itu, Dell XPS 13-9380 merupakan pilihan tepat apabila kamu sering menyimpan data penting di laptop.
KeteranganLaptop Dell
Asal negaraAmerika Serikat
Ketahanan baterai10-14 jam
PerformaTangguh dan cocok untuk kamu yang bekerja kantoran

Kelebihan Laptop Dell

  • Kualitas Premium
    Laptop keluaran Dell memang selalu didesain dengan kualitas premium. Setiap bagian hardwarenya disusun untuk mempermudah kamu untuk melakukan berbagai pekerjaan. Tampilannya terlihat klasik tetapi mempunyai sentuhan modern sehingga tidak ketinggalan zaman.
  • Awet dan Tahan Lama
    Untuk kamu yang mempunyai mobilitas tinggi dan mempertimbangkan kualitas dan daya tahan sebuah laptop, Dell adalah jawaban yang tepat. Dell sudah dikenal luas akan ketahanannya jika dibandingkan dengan brand lain.
  • Produk Ramah Lingkungan
    Tidak hanya fitur yang dapat diandalkan, laptop Dell hadir dengan berbagai bentuk inovasinya yang ramah lingkungan. Melalui Dell’s Ocean Plastics Packaging, Dell memanfaatkan sampah plastik yang ada di laut dengan mengolahnya menjadi sebuah produk.

Kekurangan Laptop Dell

  • Minim Kantor Service di Indonesia
    Meskipun laptop Dell memiliki kelebihan yang sangat bagus tetapi untuk kantor service sangat minim di Indonesia. Hal ini akan menjadikan sangat sulit untuk pengguna laptop Dell saat ingin melakukan service.
  • Bodi yang Kurang Elegan
    Seperti kelebihan dari laptop Dell ini yang memiliki kualitas premium, tetapi tetap memiliki kekurangan pada desain bodi laptop. Banyak tipe laptop Dell yang memiliki desain kurang menarik dan tidak elegan.
  • Tidak Begitu Cocok Untuk Game
    Pada laptop Dell ini banyak orang yang mengeluh ketika bermain game. Akan membuat laptop ini cepat panas, sehingga laptop ini tidak direkomendasikan untuk kamu bermain game.

Selain rekomendasi tipe dari laptop Asus dan Dell juga kelebihan dan kekurangan dari laptop Asus dan Dell. Berikut ada beberapa tips merawat laptop agar dapat awet dan bertahan lama.

Tips Merawat Laptop Agar Tahan Lama

  • Hindari penggunaan laptop di atas kasur.
  • Hindari mengangkat laptop saat dalam kondisi menyala.
  • Walaupun ada laptop yang memang mempunyai kualitas bermain game, sebaiknya jangan terlalu sering dan lama menggunakan laptop untuk bermain game.
  • Bersihkan laptop kamu paling tidak 3 kali dalam 1 bulan.

Pilih Mana: Laptop Asus atau Laptop Dell?

Laptop AsusLaptop Dell
Kelebihan- Rekomendasi untuk bermain game - Merek yang terpercaya dan kualitas yang baik - Kelebihan dalam garansi yang lama- Laptop dari merek Dell ini memiliki kualitas yang premium - Laptop Dell ini terkenal dengan kualitasnya yang awet dan tahan lama - Sangat cocok untuk kamu yang bekerja kantoran
Kekurangan- Tidak dapat Fasilitas Lain saat pembelian - Minimnya tempat service center - Terlalu cepat merilis produk baru- Minim kantor service di Indonesia - Bodi yang kurang elegan - Tidak begitu cocok untuk game

Kesimpulan

Dari kelebihan dan kekurangan di atas, semua tergantung dari kebutuhan kamu sebagai penggunanya. Apabila kamu lebih cenderung menggunakan laptop sebagai perangkat untuk menemani bermain game, maka laptop Asus yang menjadi pilihan tepat untuk kamu. Tetapi, jika kamu membutuhkan laptop yang diperlukan untuk pekerjaan maka laptop Dell dapat menjadi pilihan pendukung pekerjaan kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Laptop Asus vs Laptop Dell

VS

Leave a Reply