ElektronikGadgets

Pilih Mana: Laptop Asus atau Laptop Lenovo?

Laptop seiring berkembangnya zaman semakin canggih. Betapa tidak, produsen laptop saat ini lagi gencarnya memberikan spesifikasi dan performa kepada laptop yang dirilisnya agar konsumen senantiasa senang dan terbantu masalah pekerjaannya.

Asus dan Lenovo menjadi salah satu produsen elektronik yang cukup banyak digemari oleh beberapa orang khususnya mereka anak muda yang menginginkan laptop dengan spesifikasi dan performa yang mutakhir.

Berbicara mengenai spesifikasi dan performa, Laptop Asus sendiri bisa kamu ajak bermain game sepuasnya dengan tampilan gambar yang baik. Dan Laptop Lenovo yang memiliki fitur daya tahan baterai yang tangguh dan tahan lama.

Itu tadi adalah kelebihan singkat dari kedua laptop tersebut. Bagaimana dengan detail, kekurangan dan rekomendasi dari Laptop Asus dan Laptop Lenovo ini? Jawabannya ada disini. So check it out!

Laptop Asus

Asustek Computer Inc. ditulis dengan gaya huruf kapital ASUS merupakan suatu perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, serta notebook. Kompetitor utamanya yaitu MSI dan Gigabyte.

ASUS merupakan salah satu produsen laptop konsumen terkenal di dunia. Tiap tahun banyak laptop ASUS terbaru yang muncul ke pasaran. Termasuk akhir-akhir ini, dimana mereka menggebrak dengan memperkenalkan beberapa tipe laptop ASUS paling anyar. Harga laptop ASUS terbaru yang ditawarkan pun juga beraneka ragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki. Baca juga Pilih Mana: Laptop Asus atau Laptop Dell?

Kelebihan Laptop Asus

  • Mempunyai motherboard yang tangguh
    Kelebihan lain yang ditawarkan oleh laptop Asus merupakan motherboardnya yang tangguh. Tidak heran apabila motherboard di setiap produk laptopnya jadi salah satu yang sudah dikenal banyak orang. Perihal itu pastinya tidak lepas dari pengalaman Asus sebagai produsen yang memproduksi motherboard. bahkan sebelum melebarkan sayapnya ke pasar laptop, Asus sudah lebih dahulu membuat hardware yang satu ini.
  • Kuat untuk diajak bermain game
    Mungkin ini yang menarik buat para penggemar game yang bermain dengan waktu yang lama. Ya, Asus memiliki kelebihan lain yang bandel buat diajak bermain game. Sebagian besar produk laptop Asus dibekali dengan kartu grafis dari ATI Radeon dan Nvidia Geforce yang amat tangguh untuk gaming..
  • Garansi lebih lama
    Kelebihan ini dapat dikatakan yang paling mencolok di antara merek dagang lainnya. Asus membagikan jaminan untuk produk laptopnya selama 2 tahun secara global. Itu tidak ditawarkan oleh brand lain yang umumnya hanya memberikan garansi selama satu tahun saja.

Kekurangan Laptop Asus

  • Kurangnya tempat service center
    Asus memang mempunyai pelayanan yang amat baik, tetapi perihal itu tidak diimbangi dengan jumlah service centernya. Lokasi service center Asus masih amat sedikit dan cuma tersebar di kota-kota besar saja, sedangkan di sebagian wilayah atau kota kecil susah ditemui.
  • Sangat cepat meluncurkan produk baru
    Di satu sisi Asus memang cepat soal inovasi untuk produk laptop terbarunya. Akan tetapi justru ini jadi kekurangan yang membuat konsumen akhirnya enggan buat memilih laptop Asus. Sangat cepat meluncurkan laptop baru pastinya akan membuat produk yang dijual di pasaran semakin banyak. Ini akan sangat membingungkan pelanggan, terlebih buat mereka yang masih awam dengan detail laptop.
  • Tidak disertai fasilitas lain dikala pembelian
    Dari sebagian keunggulannya, laptop Asus justru kerap mendapat keluhan dari para konsumennya soal fasilitas yang diterima pada saat pembelian. Ya, Asus tidak menyertakan tas dan juga softcase seperti yang biasa ditawarkan merek lain dikala membeli laptop.

Rekomendasi Laptop Asus

ASUS ZenBook Pro 14 UX480
Performa laptop ASUS ini juga semakin kencang berkat pemakaian memori DDR4 berkapasitas 16GB dan penyimpanan berupa M. 2 NVMe PCIe SSD berkapasitas 512GB. Pemakaian RAM DDR4 dan NVMe PCIe SSD membuat aplikasi berat bisa dijalankan jauh lebih lancar dan mempunyai waktu loading yang lebih singkat.

Satu perihal yang menarik yaitu kehadiran Screen Pad, yakni touchpad yang sanggup berperan sebagai layar kedua di ZenBook Pro 14 UX480. Seperti touchpad pada kebanyakan laptop, Screen Pad merupakan salah satu alat kontrol dan navigasi utama di laptop ini. Harga laptop ini berkisar Rp 26.999.000,- per Agustus 2019.

ASUS Zenbook 14 UX433FN
Performa Zenbook 14 UX433FN menggabungkan prosesor generasi ke-8 Whiskey Lake Core i5-8265U quad-core dengan VGA Nvidia Geforce MX150 dan Intel UHD graphics 620.

Terlebih dengan kecepatan 24 Execution Unit (EU) menggapai 300-1050MHz mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya. Zenbook 14 UX433FN ini dibekali media penyimpanan berkecepatan tinggi, memakai SSD 512GB M. 2 PCIe 3.0 x4 untuk menampung data konsumen. Harga laptop ini berkisar Rp 21.999.000,- per Agustus 2019.

ASUS Vivobook Pro F570
Layar nya berukuran 15, 6 inci mendukung resolusi Full HD rasio 16:9 dengan resolusi 1920×1080 pixel. Tingkat kecerahan layar 200 nits dan memakai panel tipe anti-glare. Bahkan pemakaian dalam ruangan gelap, ASUS sediakan fitur backlit pada keyboard chiclet full size yang dipakai.

ASUS ikut menyediakan storage atau penyimpanan kecepatan tinggi yaitu SSD M. 2 SATA3 berkapasitas 256GB pada VivoBook Pro F570 versi AMD Ryzen 7 dan juga dilengkapi oleh harddisk berkapasitas ekstra 1TB 5400rpm. Harga laptop ini berkisar Rp 11.799.000,- per Agustus 2019.

ASUS VivoBook Flip TP412
Performa VivoBook Flip TP412 semakin cepat berkat pemakaian SATA3 M. 2 SSD dengan kapasitas sampai 512GB. SSD mempunyai performa yang jauh lebih cepat dari hard disk.

Pemakaian SSD di VivoBook Flip TP412 membuat laptop convertible ini sanggup beroperasi lebih cepat, bahkan bisa masuk ke dalam sistem Windows cuma dalam hitungan detik dari keadaan mati. Harga laptop ini berkisar Rp 7.300.000,- per Agustus 2019.

Spesifikasi Laptop Asus
Asal negara Taiwan
Hal yang paling diunggulkanPerforma mesin dan motherboard tangguh
Ketahanan baterai8-10 jam

Laptop Lenovo

Laptop Lenovo merupakan sebuah laptop yang diproduksi oleh pihak Lenovo itu sendiri yang tadinya memiliki nama Legend Group. Yang perlu kamu ketahui yaitu Lenovo ini merupakan produsen PC terbesar di Negara Tirai Bambu. Bahkan, terdapat suatu fakta yang mencengangkan kalau Lenovo ini sempat menduduki ranking kedelapan dunia sebagai produsen Komputer terbesar pada tahun 2004.

Tak khayal, dengan hasil yang sempat dicapai itu membuat penjualan laptop Lenovo yang terdapat di sebagian Negara senantiasa laris manis termasuk di Indonesia. Terlebih, saat ini bukan jadi hal yang susah untuk kamu mencari laptop yang satu ini di pasaran.

Lihat juga:  8 Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik 2021

Tidak hanya menjual laptop maupun PC, Lenovo juga menjual alat elektronik lainnya seperti tablet PC, telepon genggam, server, dan perangkat jaringan internet. Tidak cuma itu, Lenovo pula sediakan integrasi teknologi informasi dan pelayanan dukungan untuk para pemakainya.

Kelebihan Laptop Lenovo

  • Mempunyai daya tahan baterainya tangguh
    Keunggulan Lenovo lainnya yaitu mempunyai sistem kelistrikan yang amat baik. Dapat dibuktikan dari ketahanan baterainya yang tahan lama dan konsisten. Buat pekerja yang memiliki mobilitas tinggi perihal ini akan amat bermanfaat dan dapat diandalkan tanpa perlu khawatir dan repot mencari-cari colokan listrik.
  • Sistem pendingin tidak berisik
    Lenovo pula mempunyai sistem pendingin yang baik yang amat minim noise dari putaran kipasnya. Pasti hal ini akan membuat nyaman konsumennya yang tidak akan mengeluarkan suara bising dari kipasnya.
  • Kualitas sound mantap
    Buat para penggemar game dan film, laptop Lenovo menawarkan kualitas suara yang amat baik. Itu karena Lenovo sudah menyematkan teknologi audio Dolby Digital ke dalamnya untuk menciptakan suara yang amat jernih dan bulat walaupun dalam volume kencang

Kekurangan Laptop Lenovo

  • Service center masih sedikit
    Kekurangan yang satu ini jadi pertimbangan besar pastinya, yakni service center yang tidak tersebar luas di Indonesia. Sudah tentu pemakai akan kesusahan bila laptop mengalami kerusakan. Tidak hanya itu pemakai juga akan kesusahan mendapat garansi secara langsung di sebagian wilayah.
  • Pada sebagian jenis, casing bodinya kurang solid
    Pada beberapa jenis laptop Lenovo memiliki casing bodi yang kurang solid atau terkesan ringkih. Amat tidak nyaman apabila dibawa bepergian sebab dikhawatirkan layarnya tidak kokoh terhadap tekanan dari barang-barang lain saat dijinjing dalam tas.
  • Kualitas saat dipegang Amerika kurang baik
    Faktanya bahwa laptop buatan China ini pernah dikelola di Amerika Serikat. Dan benar saja, kualitas dari laptop Lenovo tidak sebaik saat masih dikelola di negara China.

Rekomendasi Laptop Lenovo

Lenovo IdeaPad 310S
Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh laptop ini yakni terdapat nya dukungan dari prosesor Intel generasi terbaru, yaitu Braswell. Buat tipenya sendiri yakni Intel N3350 Dual-core 1.1 GHz dan bisa meningkat sampai 2.40 GHz berkat teknologi Turbo Boost.

Masih di seputar jeroannya, Lenovo turut menyertainya dengan kartu grafis Intel HD Graphics, RAM berukuran 2GB, dan Harddisk bermuatan 500GB yang lumayan mumpuni untuk menyimpan banyak data. Harga laptop ini berkisar Rp 3.255.000,- per Agustus 2019.

Lenovo IdeaPad 320
Lenovo IdeaPad 320 jadi salah satu laptop buruan untuk banyak orang sebab desainnya yang elok dan format bodinya yang pipih. Muncul dengan layar 14 inci beresolusi HD, laptop ini mempunyai performa yang handal berkat bantuan prosesor AMD A9-9420 berkecepatan 2.9 GHz yang bisa meningkat sampai 3.5 GHz.

Lenovo pula memasang RAM DDR4 berukuran 8GB yang amat baik untuk kebutuhan multitasking. Di sisi lain, laptop dengan kartu grafis AMD ATI Radeon R5 2GB ini mempunyai Harddisk selonggar 1TB. Harga laptop ini berkisar Rp 5.300.000,- per Agustus 2019.

Lenovo Yoga 310-11IAP-80U200-35ID
Membedah ke komponen dalam mesinnya, produk mutakhir berlayar 11.6 inchi ini memercayakan kemampuan prosesor Intel Celeron N3350 (1.10 GHz up to 2.40 GHz) yang ditemani oleh pengolah grafis Intel HD Graphics.

Setelah itu untuk menyokong kinerja prosesornya, ia membawa RAM sebesar 4GB. Di zona penyimpanannya, ada Harddisk berukuran 1TB yang tentu amat mumpuni untuk menaruh berbagai data penting dalam jumlah banyak. Harga laptop ini berkisar Rp 4.400.000,- per Agustus 2019.

Lenovo V110-15ISK
Tampil dengan layar 15.6 inchi beresolusi HD, ukuran layarnya yang lumayan besar tentu memanjakanmu saat mengerjakan tugas hingga menyaksikan film kesukaan pada laptop ini.

Lenovo mempertenagainya dengan prosesor Intel Core i3-6100U berkecepatan 2.3 GHz yang dikolaborasikan dengan VGA Intel HD Graphics 520. Supaya kinerjanya semakin baik, sang vendor juga memasangkan RAM DDR4 berukuran 4GB. Setelah itu untuk penyimpanannya, ia mempunyai Hard disk sebesar 500GB. Harga laptop ini berkisar Rp 5.00.000,- per Agustus 2019.

Spesifikasi Laptop Lenovo
Asal negara China
Hal yang paling diunggulkanKualitas sound dan hemat baterai
Ketahanan baterai15-17 jam

Pilih Mana: Laptop Asus atau Laptop Lenovo?

Laptop AsusLaptop Lenovo
Kelebihan - Bisa bermain game berat sekalipun - Processor mumpuni - Motherboard tangguh- Baterai tahan lama - Pendingin tidak berisik - Kualitas speaker yang bersih
Kekurangan- Terlalu cepat mengeluarkan produk - Service senter sangat sedikit di Indonesia- Casing bodi kurang kokoh - Service senter masih sedikit di Indonesia

Kesimpulan

Laptop Asus dan Laptop Lenovo tentu menjadi laptop yang diandalkan banyak orang untuk mengerjakan kepentingan mereka masing-masing. Dengan fitur dan performa mesin yang handal, kedua laptop ini mempu memberikan kinerja yang cepat dan cekatan. So kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai detail dari kedua laptop ini. Namun jika kalian memiliki uang yang cukup banyak, maka saya merekomendasikan Laptop Asus untuk menjadi perangkat andalan kamu, karena memiliki processor yang mumpuni dan tentunya bisa kamu gunakan untuk bermain game berat sekalipun. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Laptop Asus vs Laptop Lenovo

VS