Elektronik

Pilih Mana: Laptop atau Notebook?

Seiring berkembangnya zaman, teknologi juga semakin maju dan berkembang. Jika dahulu kita hanya bisa menggunakan komputer yang terletak di meja, maka kali ini kita telah menemukan berbagai komputer yang telah dikemas dalam bentuk portabel seperti laptop dan notebook. Jika Anda harus memilih, manakah yang akan Anda pilih? Laptop atau notebook?

Laptop dan notebook sebenarnya memiliki fungsi dasar yang sama, namun memiliki perbedaan. Hal yang paling mudah untuk bisa membedakan keduanya adalah dengan melihat ukuran keduanya. Laptop memiliki ukuran yang lebih besar yakni lebih dari 18 inci. Sedangkan notebook memiliki ukuran yang lebih kecil yakni sekitar 13 hingga 18 ini. Selain dilihat dari ukuran, masih banyak lagi hal lain yang membedakan laptop dan notebook.

Laptop

Laptop merupakan komputer jinjing yang merupakan pengembangan dari komputer meja. Laptop lebih ringkas dan lebih mudah untuk digunakan daripada komputer meja yang memiliki ukuran lebih besar dan membutuhkan aliran listrik secara terus menerus pada saat dioperasikan. Penjelasan mengenai laptop pernah kami bahas pada artikel laptop vs tablet.

Kelebihan Laptop

Berikut beberapa kelebihan laptop yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Performa yang Lebih Baik

Salah satu kelebihan laptop adalah memiliki performa yang lebih baik daripada notebook. Laptop lebih mampu dalam melakukan aktivitas yang tergolong berat. Laptop juga memiliki fitur yang lebih lengkap sehingga dapat mendukung aktivitas dengan sangat baik. Jika Anda memiliki aktivitas yang lebih banyak dan lebih berat, maka sebaiknya Anda memilih laptop yang lebih mumpuni untuk aktivitas Anda.

  • Memilik Ukuran RAM dan VGA yang Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki laptop adalah memiliki VGA yang lebih besar untuk mendukung performa tampilan laptop. Karena itulah laptop memiliki performa tampilan yang lebih baik daripada notebook. Selain itu laptop juga memiliki kapasitas RAM yang lebih besar sehingga dapat menyimpan file atau dapat menyimpan berbagai data lebih banyak daripada notebook.

  • Memiliki Layar yang Lebih Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki notebook adalah memiliki layar yang lebih besar dan lebih luas. Laptop umumnya memiliki ukuran lebih dari 18 inci. Layar yang lebih besar ini dapat mendukung aktivitas dengan sangat baik karena Anda dapat melakukan tugas ataupun menonton dengan sangat jelas jika layarnya luas.

Kekurangan Laptop

Berikut beberapa kekurangan laptop yang perlu Anda ketahui:

  • Daya Baterai Lebih Cepat Habis

Salah satu kekurangan laptop adalah daya baterai lebih cepat habis jika dibandingkan dengan notebook. Hal ini membuat Anda tidak bisa terlalu lama menggunakan laptop di tempat yang tidak memiliki aliran listrik. Untuk menggunakan laptop di area yang tidak memiliki aliran listrik, Anda perlu mengisi baterai agar penuh terlebih dahulu. Namun, daya baterai ini juga ditentukan dari pengguna juga.

  • Memiliki Bobot yang Lebih Berat

Kekurangan lain yang dimiliki laptop adalah memiliki bobot yang lebih berat. Karena memiliki bobot yang lebih berat ini, Anda mungkin akan malas untuk sering membawa laptop jika memiliki kebutuhan tertentu. Karena memiliki bobot yang lebih berat ini, sehingga banyak pengguna seperti pelajar lebih memilih untuk menggunakan notebook karena lebih ringan.

  • Kurang Mampu Mendukung Mobilitas

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki laptop adalah kurang mampu mendukung mobilitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan laptop memiliki bobot yang lebih berat dan ukuran yang lebih besar. Sehingga membutuhkan energi yang lebih banyak untuk membawanya ke mana-mana dan membutuhkan space yang lebih besar untuk bisa menyimpannya.

Kelebihan LaptopKekurangan Laptop
- Memiliki performa yang lebih baik- Daya baterai lebih cepat habis
- Memiliki ukuran RAM dan VGA yang lebih besar- Memiliki bobot yang lebih berat
- Layar yang lebih besar- Kurang mampu mendukung mobilitas

Notebook

Notebook merupakan pengembangan lanjutan dari laptop. Notebook memiliki bentuk yang sama seperti laptop namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Notebook memiliki spesifikasi yang memadai bahkan hampir menyamai komputer jenis PC.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Redmi K20 Pro atau Xiaomi Mi 9?

Kelebihan Notebook

Berikut beberapa kelebihan notebook yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Bobot yang Lebih Ringan

Salah satu kelebihan notebook adalah memiliki bobot yang lebih ringan jika dibandingkan dengan laptop. Umumnya notebook memiliki bobot mulai dari 1 hingga 2 kg, sedangkan laptop memiliki bobot yang lebih berat yakni 3 hingga 5 kg. Dengan bobot yang dimiliki ini, Anda tidak akan merasa berat dan tidak akan kesulitan saat ingin membawa notebook ke manapun.

  • Memiliki Daya Baterai yang Lebih Tahan

Kelebihan lain yang dimiliki notebook adalah memiliki baterai yang lebih tahan lama jika dibandingkan dengan laptop. Anda dapat menggunakan notebook ini lebih lama meski tidak terhubung dengan aliran listrik. Namun, hal ini juga dipengaruhi penggunaan daya masing-masing perangkat.

  • Lebih Fleksibel untuk Dibawa

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki notebook adalah lebih fleksibel dan lebih mudah untuk dibawa. Hal ini dikarenakan notebook memiliki bobot yang ringan dan memiliki ukuran yang lebih kecil. Notebook umumnya memiliki ukuran 13 hingga 18 inci. Dengan ukuran yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan ini, Anda dapat dengan mudah membawanya dan menyimpannya. Sebab tidak akan terasa berat untuk dibawa dan tidak membutuhkan space yang besar untuk menyimpannya.

Kekurangan Notebook

Berikut beberapa kekurangan notebook yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas VGA yang Lebih Kecil

Salah satu kekurangan notebook adalah memiliki kapasitas VGA yang lebih kecil daripada laptop sehingga memiliki performa tampilan yang tidak lebih baik dibandingkan dengan laptop. Selain memiliki VGA yang lebih kecil, notebook juga memiliki kapasitas RAM yang lebih kecil pula dibandingkan dengan laptop. Namun seiring berkembangnya teknologi, saat ini telah banyak notebook yang memiliki kapasitas RAM lebih besar. Selain itu, dikutip dari Brainly.co.id saat terjadi kerusakan pada komponen notebook, Anda akan lebih sulit mencari penggantinya dan lebih mahal.

  • Tidak Memiliki DVD Room

Kekurangan lain yang dimiliki oleh notebook adalah tidak memiliki DVD room. DVD room ini diperlukan untuk bisa membaca aktivitas kaset. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menggunakan DVD room eksternal agar bisa melakukan pembacaan kaset. Hal ini tentunya tidak praktis dan lebih merepotkan.

  • Ukuran Layar Lebih Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh notebook adalah memiliki ukuran layar yang lebih kecil. Saat Anda ingin melakukan streaming film atau melakukan aktivitas menonton lainnya, tentunya notebook kurang memuaskan sebab memiliki layar yang lebih kecil. Untuk beberapa aktivitas, notebook memang kurang tepat untuk dijadikan pilihan.

Kelebihan NotebookKekurangan Notebook
- Memiliki bobot yang lebih ringan- Memiliki kapasitas VGA yang lebih kecil
- Memiliki daya baterai yang lebih tahan- Tidak memiliki DVD room
- Lebih fleksibel untuk dibawa- Ukuran layar lebih kecil

Pilih Mana: Laptop atau Notebook?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara laptop dan notebook. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

LaptopNotebook
- Ukuran lebih besar- Ukuran lebih kecil
- Lebih berat untuk dibawa- Lebih ringan dan fleksibel untuk dibawa
- Daya baterai lebih cepat habis- Daya baterai lebih tahan lama

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai laptop dan notebook di atas, dapat disimpulkan bahwa laptop memiliki performa, fitur serta tampilan yang lebih baik daripada notebook. Namun sayangnya laptop ini lebih berat untuk dibawa ke mana-mana. Karena itu, jika Anda memiliki aktivitas yang tidak terlalu sering berpindah-pindah dan memiliki pekerjaan yang lebih berat, sebaiknya Anda menggunakan laptop. Tapi jika Anda tidak memiliki pekerjaan yang terlalu berat dan memiliki mobilitas yang tinggi, sebaiknya Anda menggunakan notebook. Selain itu, notebook memiliki harga yang lebih terjangkau.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Laptop vs Notebook

VS

Leave a Reply