Elektronik

Pilih Mana: Laptop atau Tablet?

Berbagai aktivitas saat ini selalu memiliki hubungan dengan pemakaian media elektronik gadget. Baik itu untuk bersosialisasi, mengerjakan pekerjaan, atau hanya untuk mendapatkan hiburan. Dua dari banyak media yang dapat Anda pakai adalah laptop dan tablet. Jika Anda harus memilih, manakah yang akan Anda pilih? Laptop atau tablet?

Laptop saat ini banyak dipakai karena memang dibutuhkan untuk melakukan berbagai pekerjaan tertentu. Mulai dari anak sekolahan hingga para pegawai hampir semuanya membutuhkan laptop. Mereka membutuhkan laptop untuk membuat tugas, membuat laporan hingga menyelesaikan pekerjaan. Selain laptop, tablet juga semakin digemari dan dapat melakukan fungsi yang hampir sama seperti laptop. Tablet juga memiliki ukuran yang relatif kecil dan ringan sehingga mudah untuk dibawa dan disimpan. Baca juga Pilih Mana: TV LED atau Plasma?

Laptop

Laptop merupakan komputer yang memiliki ukuran yang cukup mudah untuk dibawa, yakni sekitar 1 hingga 6 kg. Laptop memiliki layar yang cukup luas, memiliki trackpad atau trackball dan disertai dengan keyboard. Laptop juga dapat Anda gunakan tanpa harus terhubung dengan listrik langsung, hal ini dapat Anda lakukan jika memiliki cadangan baterai yang cukup pada laptop.

Kelebihan Laptop

Berikut kelebihan laptop yang perlu Anda ketahui:

  • Laptop Memiliki Fungsi yang Cukup Banyak

Laptop memiliki fungsi yang lebih banyak daripada tabblet. Hampir semua jenis pekerjaan atau kebutuhan dapat diatasi menggunakan laptop. Laptop juga memberikan kepada penggunanya dalam hal pemakaian. Anda dapat dengan leluasa menonton, bermain game, hingga menyelesaikan pekerjaan menggunakan laptop daripada tablet.

  • Perangkat Lunak dan Performa yang Lebih Baik

Sebagian besar tablet menggunakan sistem operasi mobile seperti Android dan iOS. Dengan demikian bekerja berbasis aplikasi. Sedangkan laptop menggunakan sistem operasi PC dengan program yang lebih kompleks. Kecuali mungkin tablet Windows 10 yang memakai sistem operasi PC. Jika Anda membutuhkan atau perlu untuk menggunakan program seperti PC seperti Adobe Photoshop, DaVinci Resolve, atau Logic Pro, serta program lainnya yang lebih profesional, maka aplikasi pada laptop memiliki fungsionalitas yang jauh di atas aplikasi mobile.

  • Memiliki Layar dan Bidang Kerja yang Lebih Luas

Pertimbangan ini cukup sepele. Dari sisi luas bidang layar, kebanyakan laptop akan memberikan tampilan yang lebih luas daripada tablet. Ini berarti memudahkan kita untuk multitasking.

Kekurangan Laptop

Berikut kekurangan laptop yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Sulit untuk Dibawa

Salah satu kekurangan laptop adalah tidak fleksibel dan lebih sulit untuk dibawa ke mana-mana seperti tablet. Laptop memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih berat jika dibandingkan dengan tablet. Hal ini akan membuat Anda lebih sulit untuk membawa laptop ke mana-mana karena terlihat sangat mencolok dan membutuhkan tempat yang lebih luas.

  • Baterai Lebih Cepat Habis

Kekurangan lain yang dimiliki laptop adalah daya baterai yang dimiliki lebih cepat habis. Umur baterai biasanya hanya bertahan 4 hingga 5 hari saja. Setelah itu, Anda perlu melakukan penambahan daya baterai untuk dapat menggunakannya. Dibandingkan dengan tablet, laptop lebih boros baterai karena baterai tablet mampu bertahan hingga 8 jam bahkan lebih.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh laptop adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan tablet. Dengan budget yang sama, Anda belum bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang sangat bagus. Sedangkan Anda bisa mendapatkan tablet dengan spesifikasi yang cukup bagus.

Kelebihan LaptopKekurangan Laptop
- Laptop memiliki fungsi yang cukup banyak - Lebih sulit untuk dibawa
- Perangkat lunak dan performa yang lebih baik- Baterai lebih cepat habis
- Memiliki layar dan bidang kerja yang lebih luas- Harga relatif lebih mahal

Tablet

Tablet merupakan perangkat elektronik yang memiliki fungsi hampir sama dengan notebook atau netbook. Anda melakukan berbagai aktivitas melalui tablet seperti menonton film, bermain game serta melakukan aktivitas lainnya. Namun, aktivitas yang dilakukan melalui tablet merupakan aktivitas yang tergolong cukup ringan. Anda juga dapat dengan mudah membawa ataupun menyimpan tablet ini.

Lihat juga:  Pilih Mana: Axioo atau Asus?

Kelebihan Tablet

Berikut beberapa kelebihan tablet yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah untuk Dibawa

Salah satu kelebihan tablet dibandingkan laptop adalah lebih fleksibel dan mudah untuk dibawa. Kelebihan ini tentu akan sangat mendukung bagi kamu yang selalu bepergian dan membutuhkan perangkat yang mudah dan efisien untuk dibawa ke mana-mana atau membutuhkan perangkat yang lebih bersifat portable pada kondisi tertentu. Dalam hal ini, tentu tablet bisa menjadi pilihan karena lebih fleksibel dan sangat mendukung Anda yang bermobilitas tinggi. Dikutip dari IDNTimes.com terdapat 5 tablet yang layak dibeli pada tahun 2018 ini antara lain Samsung Galaxy Tab S3, Microsoft Surface Pro, Samsung Galaxy Tab S2 dan sebagainya.

  • Harga Lebih Murah

Dibandingkan dengan harga laptop, harga tablet memang cenderung lebih murah. Anda bisa mendapatkan tablet dengan spesifikasi yang sangat baik dengan budget Rp. 15 juta. Tapi Anda belum bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang sangat baik dengan budget yang sama.

  • Memiliki Daya Tahan Baterai yang Cukup Lama

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki tablet adalah memiliki daya tahan baterai yang lebih awet daripada laptop. Daya tahan baterai laptop hanya dapat bertahan 4 hingga 5 jam saja, sedangkan daya tahan baterai tablet dapat bertahan jauh lebih lama daripada laptop.

Kekurangan Tablet

Berikut beberapa kekurangan tablet yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Fungsi yang Terbatas

Jika dibandingkan dengan laptop, tablet memang memiliki fungsi yang terbatas. Bagi Anda yang suka bermain game, atau memiliki pekerjaan yang memerlukan aplikasi edit atau sebagainya. Tablet kurang bisa menjadi pilihan karena kurang maksimal untuk melakukan pekerjaan tersebut. Tapi jika Anda memiliki mobilitas yang tinggi dan pekerjaan Anda berkaitan erat dengan media sosial, maka Anda bisa menggunakan tablet.

  • Memiliki Layar dan Bidang Kerja yang Kurang Luas

Satu lagi kekurangan tablet adalah memiliki layar dan bidang kerja yang kurang luas. Kebanyakan tablet belum bisa berpindah program dengan mudah. Dengan demikian, Anda tidak bisa melihat semua tab sekaligus. Ini juga yang menjadi pertimbangan bagi Anda yang harus mengerjakan atau melihat banyak hal dalam satu waktu.

  • Perangkat Lunak dan Performa yang Kurang Baik

Karena tablet menggunakan sistem operasi mobile seperti Anroid dan iOS, bisa dikatakan bahwa tablet memiliki program yang belum kompleks seperti laptop. Dalam hal performa, laptop memang lebih baik daripada tablet. Namun, hal ini juga tergantung dengan kebutuhan penggunanya.

Kelebihan TabletKekurangan Tablet
- Mudah untuk dibawa - Memiliki fungsi yang terbatas
- Harga lebih terjangkau- Memiliki layar dan bidang kerja yang kurang luas
- Memiliki daya tahan baterai yang cukup lama- Perangkat lunak dan performa yang kurang baik

Pilih Mana: Laptop atau Tablet

Di atas telah dijelaskan kelebihan dan kekurangan laptop dan tablet serta perbedaannya. Perbedaan antara kedua hal tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

LaptopTablet
- Memiliki ukuran yang lebih besar dan berat - Memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan
- Harga relatif lebih mahal-Harga relatif lebih murah
- Memiliki spesifikasi yang sangat baik - Spesifikasi tablet masih di bawah laptop

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai laptop dan tablet di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua barang ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk mendukung aktivitas Anda. Anda perlu menentukan mana yang akan Anda pilih sesuai kebutuhan dan aktivitas Anda. Jika Anda memiliki pekerjaan komputasi yang cukup rumit atau Anda perlu menggarap untuk mengedit foto atau video dengan maksimal, maka Anda sebaiknya menggunakan laptop. Tapi jika pekerjaan atau kebutuhan Anda memiliki mobilitas yang tinggi atau pekerjaan Anda lebih banyak berhubungan dengan media sosial, maka tablet dapat menjadi pilihan Anda. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda memiliki keduanya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Laptop vs Tablet

VS

Leave a Reply