Elektronik

Pilih Mana: Laptop Axioo atau Laptop Zyrex?

Laptop Axioo dan Zyrex adalah laptop yang banyak diminati oleh kalangan anak muda khusunya oleh mahasiswa, karena kedua merek laptop ini memiliki harga yang cukup terjangkau dengan spesifikasi yang cukup baik.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari kedua laptop tersebut yaitu Axioo dan Zyrex. Langsung saja ya guys, kamu bisa membaca penjelasannya di bawah ini. Selamat membaca guys. Scroll down!

Laptop Axioo

Axioo memasuki pasar untuk teknologi komputasi portabel di Indonesia pada tahun 2004, menawarkan persimpangan unik kinerja, estetika, dan aksesibilitas. Ekonomis namun inovatif, sederhana namun bergaya, beragam, garis kinerja tinggi dari produk-produk berkualitas dengan cepat meluncurkan Axioo ke atas 3 tempat di Indonesia.

Axioo adalah salah satu perusahaan elektronik di Indonesia yang memproduksi atau menyediakan komputer, Notebook/Laptop, telepon pintar, tablet dan sebagainya. Pendiri Axioo adalah David Kartono.

Banyak perangkat elektronik unggulan yang sudah dikeluarkan oleh Axioo, serta harga yang terjangkau untuk seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Pada tahun 2015 pun Axioo mendapatkan penghargaan The 1st Champion of Indonesia Original Brand 2015, produk kategori local tablet. Baca juga Pilih Mana: MacBook Pro atau Asus ROG?

Kelebihan Laptop Axioo

  • Memiliki desain yang elegan
    Dengan mengikuti perkembangan era yang ada, Axioo pun memberikan tampilan yang stylish agar penggunanya nyaman, sehingga pengguna tidak malu ketika membawa laptop ini ke sekolah, kampus, kantor, ataupun tempat umum lainnya. Terlebih Axioo juga memberikan banyak pilihan cover warna atau gambar tertentu.
  • Mudah diperbaiki
    Karena Axioo adalah produk lokal, sehingga banyaknya service centre dibanyak kota memudahkan pengguna untuk memperbaiki laptop atau notebook Axioo yang dimiliki ketika mengalami kerusakan.
  • Harganya yang terjangkau
    Axioo menjadi pilihan yang bagus untuk orang yang menginginkan laptop atau notebook yang memiliki spesifikasi yang tinggi setara dengan laptop dari merek Asus, Acer, HP, Dell, Lenovo tetapi dengan harga yang terjangkau.
KeteranganLaptop Axioo
BrandAxioo
Asal negaraIndonesia
DesainMemiliki tampilan desain yang stylish agar penggunanya nyaman saat memakainya
PerformaPerforma yang baik dengan kualitas baik

Kekurangan Laptop Axioo

  • Baterai mudah drop
    Daya tahan baterai Axioo sering mengalami drop setelah pemakaian selama satu tahun. Hal ini sangat disayangkan dengan keadaan baterai yang tidak tahan lama ini.
  • Charger sering mengalami overheat
    Karena baterai mudah drop, sehingga pengguna juga sering melakukan charging yang akhirnya mengakibatkan charger Axioo mengalami overheat.
  • Panas berlebih
    Karena charger sering mengalami overheat sehingga menyebabkan daerah disamping pad mouse juga mengalami panas yang berlebih, sehingga adanya ketidak nyamanan saat digunakan untuk waktu yang lama.

Rekomendasi Laptop Axioo

Axioo AeroBook

Desain dari laptop ini sangat bagus sekali terlihat mewah dan elegan. laptop ini memiliki performa yang tidak main-main pula. Hal tersebut dimungkinkan berkat penggunaan prosesor Intel Core i5-4210U, sebuah prosesor dengan performa cukup baik. Prosesor ini memiliki frekuensi 1.7GHz yang dapat di-overclock hingga 2.5GHz.

Makin menambah dahsyatnya performa, Axioo AeroBook dilengkapi dengan memori berkapasitas 4 GB dengan teknologi DDR3L. Slot yang tersedia untuk memori ini membuatnya dapat diupgrade hingga kapasitas 8 GB. Axioo AeroBook memiliki layar dengan bentang 13.3 inci. Rasio layarnya adalah 16:9 dengan resolusi 1920×1080.

Dengan komposisi ini, layar akan nampak lega meskipun ukurannya tidak tergolong yang sangat besar. Untuk melakukan koneksi dengan jaringan atau peranti lain, tersedia berbagai macam opsi, seperti USB 2.0 dan 3.0, port HDMI, port RJ-45, termasuk juga pembaca kartu memori. Harga sekitar Rp. 5.000.000 (per September 2019).

Laptop Zyrex

Zyrex merupakan sebuah perusahaan komputer asal Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1996 di Jakarta. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam perlengkapan komputer. Mendistribusikan, dan jasa sistem komputer di Indonesia di bawah nama merek Zyrex. Perusahaan ini memiliki hak eksklusif merek dagang di Zyrex di Indonesia.

Produk telah dihasilkan oleh Zyrex ini telah mempunyai jaringan penjualan lebih dari 50 lokasi dan 40 spot layanan ini ada di seluruh Indonesia. Laptop ini ditarik di Indonesia agar memudahkan pendistribusian secara cepat dan efisien, sehingga laptop biasa langsung ke tangan konsumen.

Kelebihan Laptop Zyrex

  • Harga yang murah
    Dengan harga yang relatif cukup murah kita sudah bisa memiliki laptop yang spesifikasinya mungkin sama dengan laptop dengan terkenal.
  • Desain yang cukup baik
    Desain dari laptop Zyrex ini memiliki desain yang cukup baik, banyak desain dari tipe laptop Zyrex ini dengan desain bodi yang tipis dan elegan.
  • Laptop dari indonesia kualitas bagus
    Menjadi suatu kebanggaan untuk orang indonesia bahwa laptop merek Zyrex ini berasal dari indonesia nih guys. Jika kamu ingin menggunakan laptop lokal mungkin merek ini bisa menjadi pilihan untuk kamu.
KeteranganLaptop Zyrex
BrandZyrex
Asal negaraIndonesia
DesainDesain dari laptop Zyrex ini memiliki desain yang cukup baik, banyak desain dari tipe laptop Zyrex ini dengan desain bodi yang tipis dan elegan
PerformaPerforma yang cukup tangguh
Lihat juga:  Pilih Mana: Fujifilm X-T100 atau Sony A6000?

Kekurangan Laptop Zyrex

  • Service center terbatas
    Kekurangan yang pertama dari merek laptop ini adalah service center yang terbatas, sehingga pengguna kesulitan jika mengalami kerusakan ataupun sebagainya. Hal seperti ini sangat disayangkan oleh pengguna laptop merek ini.
  • Baterai yang tidak bagus
    Daya tahan baterai dan kualitas baterai terbilang tidak bagus, banyak pengguna mengeluh akan hal ini guys.
  • Garansi hanya sebentar
    Laptop ini juga memiliki garansi yang hanya 1 tahun, hal ini terbilang sangat cepat atau sebentar mengingat dengan brand lainnya yang mempunyai garansi di atas 1 tahun.

Rekomendasi Laptop Zyrex

Zyrex Sky 232x Xtreme

Laptop yang memiliki desain cukup unik dan menarik ini menawarkan sebuah bezel yang cukup tipis dengan body metal yang menambah kesan premium, untuk spesifikasinya laptop ini menggunakan processor Intel Celeron Processor N3350 2.0 GHz up to 2.5 GHz, RAM 3 GB, 32 GB eMMC, serta mengusung penggunaan grafis berupa Intel HD Graphics 400. Untuk harganya, laptop ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 3.299.000 (per September 2019).

Tips Membersihkan Laptop

  • Casing laptop
    Pastikan mematikan laptop kamu lebih dahulu. Saat dalam keadaan mati, ambil kain dan spons untuk membersihkan debu dari casing laptop. Usahakan untuk menggunakan seminimal mungkin pembersih berbahan cairan yang lebih kuat dari sabun yang dilarutkan.
Ada baiknya kamu menghindari penggunaan alkohol atau pembersih yang mengandung zat hidrogen peroksida ketika membersihkan layar laptop. Setelah membersihkan bagian casing laptop dengan kain lembab, ada baiknya untuk dibersihkan kembali menggunakan kain kering. Hal ini untuk menyingkirkan cairan yang menempel di casing laptop.
  • Hati-hati membersihkan layar
    Layar laptop termasuk sensitif dibersihkan. Ada baiknya kamu sedikit berhati-hati saat membersihkan layar, khususnya material bahan yang digunakan. Kamu bisa memakai kain microfiber yang dibasahi air. Jika keduanya masih gagal, gunakan tisu khusus pembersih layar.
  • Bagian keyboard
    Selanjutnya, membersihkan kotoran dari keyboard harus perlahan-lahan agar air tidak masuk ke bagian dalam. Gunakan sekaleng udara terkompresi atau perangkat vakum kecil untuk menyingkirkan remah-remah yang mungkin terganjal di antara tombol keyboard. Posisikan keyboard pada sudut 75 derajat saat menyemprotkan udara ke dalam, dan putar laptop perlahan untuk membersihkan remah-remah yang membandel di dalam. Setelah itu, oleskan korek kuping dengan alkohol untuk membersihkan lemak atau minyak yang membandel di antara tombol. Usahakan untuk tidak terlalu banyak menggunakan alkohol, dan jangan sekalipun menempelkan korek kuping ke dalam keyboard.
  • Bersihkan bagian trackpad
    Bagian terakhir yang wajib kamu bersihkan adalah trackpad di bagian bawah keyboard. Untuk melakukannya, persiapkan kain basah yang bebas serat. Untuk membersihkan minyak dari jari yang menempel di trackpad, ada baiknya kamu menggunakan alkohol atau air.
  • Hapus file yang tidak digunakan
    Setelah semua bagian luar laptop sudah dibersihkan, ada baiknya kamu sekaligus membersihkan ‘sampah digital’ agar laptop bekerja dengan mulus. Hapus semua file yang tidak digunakan, bersihkan folder recycle bin, dan hapus file downloadan yang sudah diperlukan.

Pilih Mana: Laptop Axioo atau Laptop Zyrex?

Laptop AxiooLaptop Zyrex
Kelebihan- Memiliki desain yang elegan - Mudah diperbaiki - Harganya yang terjangkau - Harga yang murah - Desain yang cukup baik - Laptop dari indonesia kualitas bagus
Kekurangan- Baterai mudah drop - Charger sering mengalami overheat - Panas berlebih - Service center terbatas - Baterai yang tidak bagus - Garansi hanya sebentar

Kesimpulan

Kedua merek alptop tersebut yaitu Axioo dan Zyrex adalah laptop yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Keduanya juga adalah merek laptop yang memiliki harga terbilang terjangkau. Untuk pemilihan laptop sendiri sebaiknya memang harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu saja ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Laptop Axioo vs Laptop Zyrex

VS