Elektronik

Pilih Mana: Laptop Dell atau Laptop Acer?

Semakin berkembangnya zaman maka laptop akan semakin canggih, dengan begitu seluruh produsen laptop dari berbagai merek banyak mengeluarkan laptop dengan spesifikasi yang baik seperti laptop Dell dan Acer.

Kedua laptop ini Dell dan Acer banyak menjadi pilihan oleh orang baik dari anak muda atau mahasiswa hingga orang dewasa bahkan orang tua untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam pekerjaan mereka.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai kedua merek laptop tersebut Dell dan Acer, dengan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing merek tersebut hingga rekomendasi tipe dari kedua merek. Selamat membaca guys.

Laptop Dell

Laptop Dell adalah sebuah merek laptop yang didirikan pada tahun 1984 oleh Michael Dell. Satu tahun kemudian, dia mulai memproduksi komputer pertamanya sendiri dengan nama komputer turbo. Baca juga Pilih Mana: Laptop Asus atau Laptop Lenovo?

Dell mulai menjual produknya melalui situs webnya secara online pada tahun 1996. Perusahaannya kemudian berganti nama menjadi Dell Inc pada tahun 2003. Produk dari laptop Dell ini banyak menjadi pilihan untuk orang kantoran atau orang bekerja, karena memang laptop ini sangat direkomendasikan untuk para pekerja ataupun mahasiswa dengan harga yang bervariasi.

Rekomendasi Laptop Dell

Dell XPS 15 2 in 1
Dell XPS 15 2 in 1 menghadirkan performa yang luar biasa, dalam dimensi tipis dan ringan yang mudah dikonfigurasikan ke dalam mode laptop dan tablet. Ini merupakan salah satu laptop hybrid atau 2 in 1 terbaik, yang meski tidak memiliki kartu grafis diskrit, namun tetap memiliki kemampuan untuk diajak bermain game.

Dengan berat yang hanya 2 kg dan ketebalan di 16 mm, Dell menghadiahi XPS 15 2 in 1 dengan spesifikasi seperti Intel Core i7-8705G, RAM 16GB DDR4 dan penyimpanan SSD PCIe 512GB. Harga dari laptop Dell ini sekitar Rp. 17.000.000 (per September 2019).

Dell Inspiron 14–7472
Dell Inspiron 14–7472 dibuat dengan memadukan bahan aluminium dengan logam magnesium, dan warna silver memberikan nuansa elegan. Produk ini dapat dipilih bila kamu menginginkan laptop yang stylish. CPUnya menggunakan Intel Core i5 atau Intel Core i7 untuk menciptakan kinerja yang lancar.

GPU Nvidia Geforce MX150 sudah terpasang pada laptop ini, memberikan kenyamanan saat main game atau penyuntingan. Memorinya dapat kamu upgrade hingga sebesar 16 GB guna mempermudah kamu saat melakukan pekerjaan multitasking. Kamu juga bisa menikmati suara nyaman berkat teknologi Maxxaudio Pro. Harga Rp. 12.900.000 (per September 2019).

Dell Vostro 3478
Dilihat dari fisiknya, bodinya tampak cukup tebal dengan layarnya yang berukuran 14 inch, sehingga terlihat sangat klasik. Meskipun begitu, spesifikasinya sangat gahar dengan performanya menggunakan Intel Core i5 yang sudah dilengkapi dengan kartu grafis VGA AMD R5, sehingga ketajaman gambarnya tampak memuaskan.

Kekuatannya juga dioptimalkan dengan pemberian RAM 4 GB dan kapasitas memori yang mencapai 1 TB. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan lebih banyak file grafis yang sudah Anda buat. Untuk harga laptop Dell ini dibanderol sekitar Rp 8.000.000 (per September 2019).

KeteranganLaptop Dell
Asal negaraAmerika Serikat
Ketahanan baterai10-14 jam
PerformaTangguh dan cocok untuk kamu yang bekerja kantoran

Kelebihan Laptop Dell

  • Adanya service center dengan pelayanan khusus
    Salah satu kelebihan dari Dell yang tidak dimiliki oleh produsen laptop lainnya adalah memiliki service center dengan pelayanan khusus. Pelayanan khusus tersebut adalah pelanggan atau pengguna dapat memanggil teknisinya ke rumah dan proses perbaikan laptop dapat dilakukan pada saat itu juga di rumah pelanggan.

  • Awet dan tahan lama
    Untuk kamu yang mempunyai mobilitas tinggi dan mempertimbangkan kualitas dan daya tahan sebuah laptop, Dell adalah jawaban yang tepat. Dell sudah dikenal luas akan ketahanannya jika dibandingkan dengan brand lain.
  • Mempunyai kualitas yang baik
    Laptop Dell memiliki kualitas yang sangat baik, sesuai untuk kamu yang memang membutuhkan laptop untuk kegiatan pekerjaan atau bahkan untuk kamu yang masih jenjang sekolah atau kuliah.

Kekurangan Laptop Dell

  • Bodi yang kurang elegan
    Seperti kelebihan dari laptop Dell ini yang memiliki kualitas premium, tetapi tetap memiliki kekurangan pada desain bodi laptop. Banyak tipe laptop Dell yang memiliki desain kurang menarik dan tidak elegan dan juga desain yang masih terlihat kaku.
  • Minim kantor service
    Meskipun laptop Dell memiliki kelebihan yang sangat bagus mengenai adanya service center dengan pelayanan khusus, tetapi hal ini masih sangat minim. Hal ini akan menjadikan sangat sulit untuk pengguna laptop Dell saat ingin melakukan service.
  • Tidak terlalu cocok untuk game
    Laptop Dell ini banyak yang bilang bahwa tidak begitu cocok untuk para gamers karena laptop ini akan cepat panas, laptop ini lebih direkomendasikan untuk kamu yang pekerja kantoran atau sedang kuliah.

Laptop Acer

Acer merupakan sebuah merek lima besar komputer pribadi dunia. Produk Acer antara lain adalah desktop, notebook, server, penyimpanan data, layar, peripheral, dan solusi e-bisnis untuk bisnis, pemerintah, pendidikan dan pengguna pribadi.

Lihat juga:  Pilih Mana: Fujifilm X-T30 atau Sony a6500?
Acer merupakan salah satu brand yang punya popularitas cukup tinggi di Indonesia. Harganya yang bersahabat ditambah lagi dengan spesifikasinya yang berkualitas menjadikan salah satu alasan laptop asal Tiongkok ini digemari.

Acer juga banyak diminati oleh kalangan anak muda yang masih sekolah hingga para orang dewasa khususnya para pekerja. Karena memang laptop merek Acer ini memiliki spesifikasi yang cukup baik.

Rekomendasi Laptop Asus

Acer One 14-Z1402
Acer One 14-Z1402 bukanlah laptop kelas tinggi, tapi juga bukan kelas bawah. Acer membekali One 14-Z1402 dengan prosesor Intel Core i5-5005U generasi Broadwell terbaru dual-core yang berlari dengan kecepatan standar 2,0 GHz, tapi tanpa fitur Turbo Boost.

Laptop ini memang hanya diperkuat oleh memori RAM sebesar 2 GB jenis DDR3L 1600 MHz, tapi kamu bisa upgrade hingga maksimal 8GB atau sesuai kebutuhan pengguna. Dengan spesifikasi tersebut, Acer One 14-Z1402 dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti seperti browsing, menggunakan Microsoft Office, dan multimedia ringan.

Selain dibekali dengan baterai berkapasitas 3 cell 2.200 mAh yang mampu bertahan hingga 3.5 jam penggunaan, laptop ini juga dipersenjatai dengan media penyimpanan hard disk berkapasitas 500GB berkecepatan 5400 RPM. Harga sekitar Rp.4.500.000 (per September 2019).

Acer Aspire E5-476G
Rekomendasi laptop Acer yang kedua ini adalah laptop Acer yang sangat cocok kamu gunakan untuk bermain game nih guys. Mempunyai spesifikasi yang cukup baik tertanam prosesor Intel Core i5-8250U.

Kinerjanya semakin maksimal dengan bantuan RAM sebesar 4GB DDR4 dan penggunaan kartu grafis Nvidia GeForce MX150, serta sudah terpasang OS Windows 10. Harga sekitar Rp. 8.000.000 (per September 2019).

Acer Aspire ES1-132
Rekomendasi yang satu ini adalah laptop Acer yang memiliki spesifikasi yang sangat baik. Cocok sekali digunakan untuk kamu yang mahasiswa nih guys. Dengan keseluruhan yang dimiliki laptop ini sangat bagus untuk kamu yang masih menjadi mahasiswa dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp. 3.100.000 (per September 2019).

KeteranganLaptop Acer
Asal negaraTiongkok
Ketahanan baterai3.5-8 jam
PerformaCukup baik dan cocok digunakan untuk anak mahasiswa

Kelebihan Laptop Acer

  • Harga terjangkau
    Salah satu banyak orang memilih laptop Acer sebagai kebutuhan mereka saat ingin mengerjakan tugas adalah kelebihannya yang memang memiliki harga yang bersahabat atau terjangkau. Bahkan di pasaran laptop, harga produk-produk dari Acer bisa dibilang paling murah diantara semua brand laptop. Segmentasi harga laptop Acer yang tersedia sangat luas sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.
  • Desain yang baik
    Acer selalu berusaha mengedepankan konsep desain yang futuristik. Sejumlah produk terbarunya sangat cocok dengan generasi milenial karena memiliki tampilan yang menarik dan modis.
  • Layanan service mudah ditemukan
    Salah satu hal yang terpenting dalam memilih merek laptop adalah layanan servicenya. Karena akan terasa percuma bila membeli laptop berkelas dengan harga mahal apabila sulit menemukan layanan service supportnya. Nah, jika kamu membeli laptop Acer, tidak perlu khawatir karena Acer cukup terkenal karena memiliki pelayanan servis yang sangat baik. Service center Acer sendiri begitu mudah dijumpai hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

Kekurangan Laptop Acer

  • Ketahanan yang kurang
    Jika kamu banyak mendengar bahwa laptop Acer terkenal dengan mudah rusak atau ketahanan yang tidak lama, hal tersebut mungkin memang tidak rumor semata. Karena banyak juga mengeluh akan hal ini.
  • Kualitas casing sangat lemah
    Walaupun Acer mendesain setiap produknya dengan konsep yang futuristik, nyatanya tetap memiliki sisi negatifnya. Bisa dibilang kualitas dari casing laptop Acer tidak terlalu bagus atau kurang kokoh dan terkesan ringkih saat dipegang. Hal itu justru banyak ditemukan pada produk-produk laptop Acer yang menyasar segmen kelas menengah ke bawah.
  • Desain monoton
    Meski laptop Acer ini memang memiliki kelebihan yang cukup baik seperti yang sudah dijelaskan di atas, tetapi laptop Acer ini didesain monoton, sehingga tidak memiliki desain yang lebih meningkat cukup baik.

Pilih Mana: Laptop Dell atau Laptop Acer?

Laptop DellLaptop Acer
Kelebihan- Adanya service center dengan pelayanan khusus - Awet dan tahan lama - Mempunyai kualitas yang baik - Harga terjangkau - Desain yang baik - Layanan service mudah ditemukan
Kekurangan- Bodi yang kurang elegan - Minim kantor service - Tidak terlalu cocok untuk game - Ketahanan yang kurang - Kualitas casing sangat lemah - Desain monoton

Kesimpulan

Kedua merek laptop tersebut Dell dan Acer adalah laptop yang banyak menjadi pilihan semua orang, dari penjelasan di atas juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya memang untuk kamu yang ingin mencari laptop atau ingin berpindah dari komputer ke laptop, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Laptop Dell vs Laptop Acer

VS

Leave a Reply