ElektronikTechnology

Pilih Mana: Laptop Gaming Razer atau Laptop Gaming ROG?

Bermain game favorit kamu tentunya merupakan aktivitas yang menyenangkan, ditambah dengan bermain bersama teman menjadikan game jadi lebih seru untuk dimainkan. Agar game kamu tidak patah-patah dan senantiasa lancar, maka dibutuhkan perangkat yang baik seperti Laptop Gaming Razer dan Laptop Gaming ROG.

Laptop Gaming Razer dan Laptop Gaming ROG merupakan perangkat yang dikonsep khusus untuk aktivitas gaming yang membutuhkan grafik tinggi. Spesifikasi dan performa yang diberikan tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Lalu bagaimana dengan kekurangan yang ada pada Laptop Gaming Razer dan Laptop Gaming ROG? Selera.id sih tahu jawabannya. Untuk itu stay tune disini terus ya!

Laptop Gaming Razer

Razer merupakan suatu perusahaan produsen perangkat keras permainan global yang didirikan pada tahun 2005 oleh wirausahawan Singapura Min-Liang Tan serta Robert Krakoff, setelah menghimpun investasi besar dari pengusaha Hongkong Li Ka-shing serta Temasek Holdings dari Singapura.

Perusahaan itu mempunyai markas besar ganda di Singapura dan San Francisco, California dan terdaftar dalam Bursa Saham Hong Kong sejak November 2017.

Razer sendiri dikenal dengan desain bodi yang tipis dan memiliki bobot yang ringan. Performa dan spesifikasi dari laptop gaming Razer sendiri tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Selain laptop gaming, Razer juga memproduksi beberapa peralatan gaming lainnya seperti mouse, keyboard, headset dan beberapa set gaming lainnya. Razer memakai warna hijau sebagai ikon kebanggaannya. Baca juga Pilih Mana: Lenovo Legion atau Asus ROG?

Kelebihan Laptop Gaming Razer

  • Memiliki desain yang modern dan tipis
    Salah satu kelebihan utama dari laptop gaming Razer adalah desain nya yang modern dan tipis sehingga menimbulkan kesan premium.
  • Mempunyai bobot yang ringan
    Kelebihan lainnya dari laptop gaming Razer adalah bobotnya yang ringan. Hal ini tentunya memudahkan penggunanya jika ingin membawanya kemana-mana atau sekedar memindahkan laptop ini menuju ke suatu tempat lain.
  • Spesifikasi mumpuni
    Kelebihan terakhir dari laptop gaming Razer adalah spesifikasi dan detail dari setiap produknya mumpuni untuk aktivitas gaming. Kamu bisa memainkan game dengan grafik yang paling baik tanpa menimbulkan lag atau performa yang kurang baik.

Kekurangan Laptop Gaming Razer

  • Harga mahal
    Harga mahal adalah salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Razer. Namun tentunya ini sesuai dengan spesifikasi dan detail yang diberikan Razer ke setiap produk nya agar aktivitas game jadi lebih menyenangkan dan tidak ada hambatan sedikitpun.
  • Susah didapatkan
    Toko-toko elektronik atau toko laptop gaming nyatanya jarang yang menjual laptop ini dikarenakan barangnya yang cukup langka. Namun kamu jangan khawatir karena laptop ini bisa kamu dapatkan via online.
  • Service Center yang masih sedikit
    Jika saja laptop gaming Razer milik kamu mengalami suatu kerusakan tentunya harus dibawa ke service center untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Hal inilah yang masih belum bisa dipenuhi oleh Razer karena service centernya yang masih sedikit tersebar di Indonesia.

Rekomendasi Laptop Gaming Razer

1. Razer Blade Stealth
Laptop gaming yang mempunyai desain cukup tipis ini mempunyai spesifikasi gahar yang patut untuk dipertimbangkan, dengan berbekal processor Intel Core i7 6500U, memori RAM berkapasitas 8GB, SSD berkapasitas 256GB, dan mengusung pemakaian grafis berupa Intel HD 520.

2. Razer Blade
Laptop yang juga siap untuk melibas game-game yang membutuhkan grafis tinggi ini mempunyai spesifikasi yang cukup mumpuni, dengan berbekal processor Intel Core i7-7500U, memori RAM berkapasitas 16GB, SSD berkapasitas 512GB, dan mengusung pemakaian grafis berupa Nvidia GeForce GTX 1060.

3. Razer Blade 14
Laptop yang akan memberikan pengalaman bermain game lebih prima ini mempunyai spesifikasi yang cukup mumpuni, dengan berbekal processor Intel Core i7 6700HQ, memori RAM berkapasitas 16GB, harddisk berkapasitas 1TB, dan mengusung pemakaian grafis berupa NVIDIA GeForce dengan dukungan VR Ready.

Varian Laptop Gaming RazerHarga per Oktober 2019
Razer Blade StealthRp 18.325.000,-
Razer BladeRp 19.999.000,-
Razer Blade 14 Rp 36.999.000,-

Laptop Gaming ROG

Republic of Gamers (ROG) merupakan suatu brand perangkat keras notebook khusus gaming dari ASUS, perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook.

Asus menciptakan atas pendirian Republic of Gamers pada tahun 2006, dibangun untuk tujuan utama, yakni memberikan perangkat keras yang paling hardcore serta inovatif buat gamer yang sangat berdedikasi.

Sejak itu, upaya dari tim Republic of Gamers sudah menciptakan aliran konstan teknologi PC maupun laptop game yang sudah jadi legendaris di kalangan para penggemar karena performanya.

Republic of Gamers lebih dari sekedar perangkat keras, dan mengambil bagian aktif dalam komunitas game global, mensupport meningkatkan industri game dengan mensponsori acara-acara seperti QuakeCon, BlizzCon serta DreamHack.

Kelebihan Laptop Gaming ROG

  • Anti panas
    Anti panas karena dilengkapi pendingin yang bisa bekerja dengan sangat halus bahkan tidak mengeluarkan suara. Sistem pada kipas pendingin sudah didesain dengan amat baik supaya mampu menghilangkan panas pada laptop secara efisien.
  • Memakai hardware generasi terbaru yang terbaik dikelasnya.
    ROG sendiri memakai hardware yang terbaru dan terbaik dikelasnya. Sehingga performa yang dihasilkan amat baik dan kencang. Jadi cocok banget buat kamu yang membutuhkan perangkat mumpuni untuk aktivitas game favorit kamu.
  • Desain modern
    Desain yang dimiliki oleh ROG yaitu unik dan terlihat sangar. Bahkan bentuk ROG ada yang terinspirasi dari iron man dan pesawat tempur yang tentunya memberikan kesan premium.

Kekurangan Laptop Gaming ROG

  • Harga mahal
    Harga yang mahal untuk kalangan menengah ke bawah. ROG memang didesain untuk kalangan menengah ke atas, karena itulah dijual dengan harga yang mahal. Tapi percayalah, ada harga ada kualitas.
  • Susah mencari tas yang sesuai untuk laptop ini
    Susah mencari tas yang pas buat ROG karena ada tambahan buat 2 kipas di belakang. Tentunya membutuhkan tas yang memiliki ukuran yang besar dan aman untuk menyimpan laptop ini.
  • Bahan laptop terbuat dari plastik
    Bahan laptop ROG terbuat dari plastik yang tentunya tidak tahan banting. Namun yang menjadi keunggulan di baliknya adalah kamu tidak akan merasakan daya arus ketika sedang charge sehingga tetap nyaman saat memainkannya.

Rekomendasi Laptop Gaming ROG

1. Asus ROG Strix Scar II
Kelebihan utamanya yaitu memiliki layar yang mempunyai refresh rate sampai dengan 144hz. Artinya bisa membuat mata pemakai merasa nyaman meski bermain game yang memiliki frame rate tinggi. Layarnya mempunyai ukuran 15,6 inchi dengan resolusi 1920 x 1090 piksel full HD. Layarnya memakai panel IPS yang sudah cukup baik untuk menjadi bahan sebuah layar. Hebatnya lagi, layar laptop gaming ini memiliki fasilitas anti-glare.

2. Asus ROG G703GI
Prosesor yang digunakannya merupakan versi baru dari ROG GT03Vi yang lebih dulu dirilis. Jenis prosesornya yaitu Intel Core i9-8950 HK 8 core dengan kecepatan 2,9 GHz Turbo Boost. Sedangkan bagian chipsetnya memakai Intel HM370. Kemudian, pada bagian memori RAM mempunyai kapasitas sebesar 32 GB DDR4. Bila masih kurang bisa diupgrade sampai dengan 64 GB. Kemudian untuk storage hard disknya sebesar 1 TB.

3. Asus ROG Zephyrus M GM501GS
Spesifikasi laptop gaming ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Prosesornya memakai Intel Core i7-8750H dengan generasi 6 core atau Coffee Lake Hexa-Core. Mempunyai kecepatan 2,2 GHz yang ditambah dengan Turbo Boost maksimal. Untuk bagian RAM-nya mempunyai kapasitas 16 GB jenis DDR4. Kemudian pada bagian grafis nya mempunyai dual graphics, yakni Nvidia GeForce GTX 1070 Max-P dan Intel UHD Graphics 630.

Varian Laptop Gaming ROGHarga per Oktober 2019
Asus ROG Strix Scar IIRp 28.888.000,-
Asus ROG G703GIRp 62.988.000,-
Asus ROG Zephyrus M GM501GSRp 33.299.000,-

Pilih Mana: Laptop Gaming Razer atau Laptop Gaming ROG?

Laptop Gaming RazerLaptop Gaming ROG
Kelebihan- Memiliki desain yang modern dan tipis - Mempunyai bobot yang ringan - Spesifikasi mumpuni - Anti panas - Memakai hardware generasi terbaru yang terbaik dikelasnya. - Desain modern
Kekurangan- Harga mahal - Susah didapatkan - Service Center yang masih sedikit - Harga mahal - Susah mencari tas yang sesuai untuk laptop ini - Bahan laptop terbuat dari plastik

Kesimpulan

Laptop Gaming Razer dan Laptop Gaming ROG memiliki varian yang bisa kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan game kamu. Harga yang disematkan memang mahal, namun tentunya sesuai dengan performa yang diberikan. Lalu yang mana pilihan kamu? Kalau Selera.id sih milihnya ROG aja deh. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Laptop Gaming Razer vs Laptop Gaming ROG

VS

Leave a Reply