Elektronik

Pilih Mana: Laptop HP atau Laptop Asus?

Banyaknya tugas tentu akan lebih mudah dikerjakan apabila memiliki laptop yang memiliki kinerja cepat yang mampu menyelesaikan pekerjaan kita sehari-hari misalnya seperti pekerjaan kantor, pekerjaan kuliah, pekerjaan sekolah dan lain sebagainya.

Dan sekarang sudah banyak laptop dengan spesifikasi dan performa yang sangat mumpuni untuk menunjang pekerjaan kita sehari-hari, seperti halnya Laptop HP dan Laptop Asus. Kedua laptop ini cukup banyak digemari oleh beberapa orang.

Harga dari kedua laptop ini pun cukup kompetitif, dimana spesifikasi dan performa sesuai dengan harga yang ditawarkan. Selain itu, varian dari kedua laptop ini banyak sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Mengenai kelebihan dan kekurangan kalian akan mendapatkan infonya lebih lanjut setelah ini. Disini aja ya.

Laptop HP

Merek laptop Hewlett-Packard Company atau lebih dikenal sebagai HP merupakan sebuah perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia yang bermarkas di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Laptop HP diketahui sebagai salah satu produsen laptop terkenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Berbagai laptop HP telah dikeluarkan mulai dari seri untuk pemula hingga seri profesional dengan detail yang bervariasi.

Spesifikasi dan performa dari HP tentu sudah tidak perlu diragukan lagi, berbagai macam pekerjaan bisa dengan mudah kamu kerjakan dengan menggunakan perangkat ini. Baca juga Pilih Mana: Laptop Asus atau Dell?

Kelebihan Laptop HP

  • Kontruksi yang kokoh
    Tentu ini amat menguntungkan terutama buat kamu yang senantiasa mobile tiap harinya sehingga nyaman buat dibawa bepergian. Selain itu, laptop HP ini juga baik dalam hal durability. Ketahanan laptop HP sanggup dipakai dalam jangka waktu yang lama. Begitu juga dengan kualitas baterai pada sebagian seri produknya bisa bertahan sampai 12 jam. Dapat dibilang soal konstruksi serta ketahanan, laptop HP paling juara diantara brand lainnya.
  • Performa paling stabil dan handal
    Alasan mengapa laptop HP cukup terkenal di Indonesia sebab mempunyai performa system yang begitu stabil. Proses instalasinya juga lumayan cepat sehingga sanggup mendukung seluruh kebutuhan dan pekerjaan kamu dengan amat baik. Mulai dari mahasiswa, pegawai kantoran, profesional bisnis sampai pekerja kreatif semacam desainer mempercayakan laptop HP.
  • Harga kompetitif
    Harga selalu jadi permasalahan sensitif untuk siapapun yang membutuhkan suatu barang. Nah, buat penuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia, laptop HP dapat dibilang memiliki harga yang kompetitif atau tidak terlalu mahal. Laptop HP memiliki harga  yang masuk akal, maka dari itu penggemar dari merek ini juga amat banyak. Biarpun harganya yang bersaing, detail di dalamnya amat berkelas.

Kekurangan Laptop HP

  • Sebagian software pendukung tidak begitu penting
    Salah satu Kekurangan dari laptop HP ini yaitu, banyak software atau aplikasi yang berjalan dengan otomatis. Namun, bila diamati fungsi dari aplikasi itu banyak yang tidak begitu penting. Akhirnya pada saat akan melakukan proses restart atau shut down, akan beroperasi lambat karena mesti menunggu software-software itu berjalan atau menutup secara otomatis terlebih dulu.
  • Cepat panas saat bermain game
    Kelemahan yang satu ini sesungguhnya cuma pada tipe- tipe khusus yang mempunyai performa standar dan kurang mendukung aktivitas gaming. Kelemahan itu yakni mesinnya yang cepat panas kala dipakai bermain game.

Rekomendasi Laptop HP

HP Envy 17t
Laptop ini disematkan layar IPS 17,3 inci beresolusi 1,920 x 1,080  bersama dengan Intel Core i7-8550U, NVIDIA GeForce MX150 dan RAM sampai 16GB. Menariknya, laptop ini masih menanamkan DVD writer, disaat sudah banyak brand lain yang menyingkirkan itu dari produk mereka.

Buat bagian lain, Envy 17t tersedia dalam banyak pilihan penyimpanan termasuk 1TB HDD+ 16GB Intel Optane, 128GB SSD atau 256GB SSD. Laptop ini pula dibekali dengan baterai 52.5Wh, yang sanggup bertahan sampai 11 jam di pemakaian standar.


HP Laptop 17
Laptop ini mengusung layar IPS 17,3 inci di resolusi 1,920 x 1,080. Laptop ini menawarkan Intel Core I7-8550U generasi terbaru, yang disandingkan bersama AMD Radeon 530 dan RAM menggapai 16GB. Sedangkan itu, pilihan penyimpanan menyediakan HDD, SSD dan gabungan dari keduanya.

Bahkan, ada juga versi yang memakai 16GB Intel Optane buat peningkatan kinerja HDD. Untuk menjaga kinerja di waktu sebaik-baiknya, laptop ini memakai baterai 41Wh yang diklaim sanggup bertahan sampai 7 jam di pemakaian normal (non-gaming).

HP EliteBook x360 1040 G5
Dikemas dalam layar IPS 14 inchi beresolusi 1,920 x 1,080, EliteBook x360 1040 G5 mengangkat konsep 2-in-1 di mana ini dapat dipakai dalam berbagai mode seperti laptop, stand, tent serta tablet. Laptop premium ini dilengkapi dengan Intel Core i7-8550U yang didampingi bersama dengan RAM 16GB serta penyimpanan internal berbentuk SSD yang menggapai 2TB.

Buat bagian penyimpanan, laptop ini sediakan beberapa opsi SSD mulai dari yang masih berbasis SATA biasa sampai yang sudah berbasis M. 2 PCIe NVMe. Untuk keamanan, EliteBook x360 memakai kamera 1080p dengan IR untuk identifikasi wajah.

HP EliteBook 850 G5
850 G5 dibekali dengan detail yang sangat bermutu. Diketahui EliteBook 850 G5 memakai layar 15,6 inci dengan panel UWVA di resolusi 1,920 x 1,080 yang menunjang touchscreen. Ini pula dilengkapi dengan kamera 720p untuk identifikasi wajah dan sensor fingerprint.

Buat komponen mesin, laptop ini membawa Intel Core i7-8550U bersama dengan Radeon RX 540, RAM 8GB sampai 32GB serta penyimpanan internal berupa SSD menggapai 1TB. Baterai tergolong amat baik dengan kapasitas 56Wh yang diperkirakan bisa bertahan sampai 12 jam. 

Laptop HP
Asal negaraUnited States
Harga Rp 2.885.000 - Rp 37.000.000,- per Agustus 2019
Hal yang paling diunggulkanKeringanan dan kemampuan proses data yang tinggi
Ketahanan baterai12 - 14 jam

Laptop Asus

Asus merupakan suatu perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook. Asus belum lama ini mulai memproduksi PDA, Telepon genggam, monitor LCD, tablet dan produk komputer lainnya. Kompetitor utamanya termasuk MSI, dan Gigabyte.

Awal mula nama Asus diambil dari nama kuda bersayap dalam sebuah mitologi Yunani, ‘Pegasus’. Ini berarti Asus ingin menjelma kekuatan, semangat kreatif dan kemurnian yang megah dan lincah layaknya symbol dari makhluk mitos tersebut. Asus senantiasa menghadirkan perangkat buatannya yang berkualitas di pasaran.

Kelebihan Laptop Asus

  • Cocok untuk para gamers 
    Laptop Asus terkenal dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Bahkan sebagian besar laptop Asus menggunakan fitur teknologi VGA yang cocok untuk bermain game. Maka tidak heran jika Asus menjadi laptop mumpuni untuk bermain game.
  • Harga terjangkau dengan harga 4 jutaan,
    Asus memiliki laptop yang sejajar di kelasnya. Maka tidak heran ketika melihat forum di KasKus.co.id banyak yang memilih Asus untuk dijadikan salah satu komputer jinjing yang melengkapi penggunanya.
  • Memiliki motherboard yang tangguh
    Kualitas motherboard yang dihadirkan laptop Asus ini bukan main- main. Perihal itu pastinya tidak lepas dari pengalaman Asus sebagai produsen yang memproduksi motherboard. terlebih lagi sebelum melebarkan sayapnya ke pasar laptop, Asus telah lebih dulu membuat hardware yang satu ini.

Kekurangan Laptop Asus

  • Tidak memiliki service center yang banyak
    Asus tidak memiliki banyak layanan servis di berbagai tempat, bahkan terkadang satu kota hanya memiliki satu service center. Sehingga dalam urusan perbaikan laptop akan lebih lama, bahkan bisa berbulan-bulan dan juga sering ada penumpukan barang servis yang bergaransi.
  • Terlalu cepat menghadirkan laptop terbaru
    Terkadang banyak pembeli laptop Asus yang menyesal dikarenakan pabrikan Asus yang terlalu cepat menghadirkan laptop terbarunya. Biasanya Asus mengeluarkan seri terbaru buatannya dalam setiap hitungan bulan dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan harga yang lebih murah dari sebelumnya.

Rekomendasi Laptop Asus

Asus VivoBook Flip TP200SA
Prosesor Intel Pentium / Intel Celeron sudah cukup buat melakukan tugas standar, terutama untuk kamu yang tidak menginginkan laptop dengan kinerja berat. Di bagian media penyimpanan laptop ini dibekali baik dengan SSD maupun eMMC. Berikutnya, sensitivitas tinggi yang responsif dengan pemakaian 10 jari dapat kamu miliki di bagian touchpad.

Asus Zenbook 13 UX331UN
Asus ZenBook 13 UX331UN mempunyai ketebalan 13,9 mm dengan berat cuma 1,12 kilogram. Dimensi tipis tidak menghalangi laptop ini buat mempunyai grafis diskrit berupa chip NVIDIA GeForce MX150. Karena itu, kamu dapat menyunting foto, video, alias bermain game dengan performa visual yang maksimum. Perihal ini jarang terjadi pada laptop ultra-thin yang biasanya tidak mempunyai kartu grafis dedicated.

Asus ZenBook Pro UX550VD
Produk ini mempunyai filosofi tenang di luar, tetapi kokoh di dalam lewat balutan warna black matte. Pekerjaan berat juga dapat dieksekusi oleh prosesor Core i7-7700HQ. Tidak hanya itu, kapasitas memori sampai 16GB menunjang kamu buat melaksanakan pekerjaan secara multitasking. Rasakanlah pula sensasi melihat layar tanpa gangguan frame dengan NanoEdge display.

Asus Transformer Book T101HA
Tampilan layar laptop ini berukuran 10,1 inci dengan berat 580gr dan ketebalan 9 mm. Jadi, laptop ini lumayan aman buat kamu yang memerlukan laptop buat dibawa-bawa. Keyboard produk ini dapat kamu lepaskan buat menjadi tablet sehingga kamu lebih leluasa. Tambahan lagi, baterai yang kuat sampai 11 jam sudah lumayan menunjang kegiatan kamu selama di luar ruangan.

Laptop Asus
Asal negaraTaipei, Taiwan
Harga Rp 2.859.000 - Rp 90.187.000,- per Agustus 2019
Hal yang paling diunggulkanMotherboard yang tangguh dan mumpuni untuk bermain game
Ketahanan baterai12 - 14 jam

Pilih Mana: Laptop HP atau Laptop Asus?

HPAsus
Kualitas layar- Kurang begitu bagus- Terbaik di kelasnya
Harga- Lebih tinggi dibanding Asus- Lebih rendah dibanding HP
Performa- Stabil dan handal- Cocok untuk pengguna gaming

Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai Laptop HP dan Laptop Asus diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua laptop ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun dalam urusan kinerja mesin, kedua laptop ini sudah cukup mumpuni untuk pekerjaan kamu sehari-hari. Laptop HP cocok banget buat kamu yang ingin mendesain gambar atau semacamnya dan Laptop Asus cocok banget buat kamu yang gemar bermain game. Jadi itu semua tergantung dari selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Laptop HP vs Asus

VS

Leave a Reply