ElektronikGadgets

Pilih Mana: Laptop Sony Vaio atau Laptop Asus?

Saat ini laptop sudah menjadi perangkat yang penting untuk kegiatan manusia sehari-hari. Selain untuk mengerjakan tugas, laptop juga berfungsi untuk mempresentasikan sesuatu, bekerja, mencari info dan lain sebagainya. Untuk itu dibutuhkan spesifikasi dan performa yang mumpuni agar tidak lemot saat digunakan sehari-hari seperti halnya Laptop Sony Vaio dan Laptop Asus yang menjadi laptop andalan untuk beberapa orang khususnya anak muda yang sangat penting digunakan untuk sekolah atau perkuliahan. Dalam ulasan kali ini kamu akan mendapatkan info mengenai detail, sejarah dan rekomendasi dari Laptop Sony Vaio dan Laptop Asus. Pantengin terus ya guys.

Laptop Sony Vaio

Laptop ini tentu besutan dari perusahaan besar yakni Sony, selain itu laptop ini mempunyai kualitas grafis yang baik. Seperti yang juga sudah kita ketahui bersama, Sony bukan cuma memproduksi laptop tetapi juga device lainnya seperti Handphone.

Nah, bila kamu pernah mencoba handphone Sony dan mencermati grafiknya maka pada laptop pun juga tidak jauh berbeda. Sony merupakan salah satu vendor yang sudah lumayan kompeten di banyak device. Maka dari itu, banyak orang yang tak meragukan lagi kualitas layarnya.

Pada kualitas suara pada laptop Sony VAIO juga tidak diragukan lagi. Dibandingkan semua vendor laptop, Sony VAIO menjadi salah satu laptop yang mempunyai kualitas suara terbaik diatas rata-rata.

Kamu tentu sudah tahu kalau Sony juga memproduksi speaker dan headphone, dan produknya itu mempunyai kualitas yang luar biasa juga. Maka bila kamu mau mencari laptop dengan kualitas suara yang baik, Sony VAIO wajib kamu masukkan kedalam buy list kamu. Baca juga Pilih Mana: Laptop Asus atau Lenovo?

Sejarah Laptop Sony Vaio

VAIO pertama kalinya muncul pada September 1996 dengan PC revolution di dunia yang pertama serta sudah membuat terobosan di international di tahun berikutnya dengan meluncurkan notebook yang ramping, VAIO 55. Semenjak saat itu VAIO sudah jadi nama terdepan dalam bisnis Personal Computer.

Disaat ini Sony VAIO (Video & Audio Integrated Operation) sendiri sudah mendapat pengakuan dunia sebagai notebook terdetail di mana laptop ini dikembangkan berdasarkan kombinasi teknologi AV tercanggih yang ada dan kemajuan teknologi informatika terbaru serta dilengkapi dengan peralatan multimedia profesional dan keseluruhan reka bentuk yang canggih.

Begitu pula dengan kedatangan beberapa penerus di mana Sony VAIO ingin menawarkan pengalaman baru di dunia komputer dan hiburan komprehensif. Tidak hanya itu, Sony VAIO pula mendekatkan jarak antara kerja dan kebahagiaan dalam gaya yang sempurna.

Rekomendasi Laptop Sony Vaio

Sony Vaio Duo 11 SVD11225CX
Vaio Duo 11 SVD11225CX mempunyai konsep Surf Slider yang sangat inovatif yang memungkinkan pemakai beralih dari dua mode yang dipunyai notebook ini. Dengan konsep hybrid yang diusungnya, Vaio Duo 11 SVD11225CX mempunyai mobilitas selevel tablet serta produktifitas setinggi notebook. Vaio Duo 11 SVD11225CX seperti halnya ultrabook lainnya ditujukan untuk segmen bisnis serta pemakai profesional.

Vaio Duo 11 SVD11225CX menyertakan memory yang amat besar yakni sebesar 8GB DDR3 SDRAM untuk mendukung kinerja multitasking dari prosesor itu. Bila memory itu dirasa kurang, pemakai bisa meningkatkannya hingga 16GB DDR3. Untuk sisi produktivitas, Vaio Duo 11 SVD11225CX sudah dibekali dengan sistem operasi Windows 8 yang amat ideal untuk navigasi memakai interaksi sentuhan.

Sony VAIO Pro 13 Touch Ultrabook
Dengan tebal 18mm serta bahan dasar carbon fiber membuat Sony VAIO Pro 13 Touch Ultrabook jadi amat ringan (1,06 kg) dan mudah masuk ke dalam tas kamu. Layar ultrabook ini berukuran 13,3 inci FULL HD. VAIO Pro 13 berukuran 322 x 12.8 – 17.2 x 216 mm (WxHxD).

Resolusi 1920X1080nya membuat VAIO Pro 13 menampilkan tampilan yang bening. Intel® Core™ i5-4200U Processor (1.6 GHz, 3M Cache) dengan sistem operasi Microsoft Windows 8 SL 64 bit amat menunjang kinerja ultrabook yang canggih ini.

Teknologi audio ClearAudio + mode (Music, Video), S-FORCE Front Surround 3D, “Clear Phase”, “xLOUD”, “VPT”, “Voice Zoom”, “Sound Optimizer” memenuhi keunggulan VAIO Pro 13.

Sony Vaio Fit 14E
Sesuai namanya, Sony Vaio Fit 14E mengusung layar notebook seluas 14 inci dengan resolusi 1600 x 900 piksel. Menariknya lagi, tipe Sony Vaio Fit 14E telah mendukung tampilan dengan fitur layar sentuh.

Sony Vaio Fit 14E ditenagai oleh prosesor Intel Core i3 3217U berkecepatan 1.80 GHz. Sebaliknya buat memori standarnya, Sony Vaio Fit 14E memakai RAM 2 GB DDR3L SDRAM yang bisa Kamu upgrade sampai 8 GB buat mendukung produktivitas.

Dari segi penyimpanan, Sony Vaio Fit 14E memperlengkapi seri notebook kerennya ini dengan HDD berkapasitas 500 GB. Setelah itu Sony Vaio Fit 14E pula dilengkapi webcam yang memakai sensor Exmor R besutan Sony yang membuat kualitas gambarnya lebih tajam. Terlebih lagi Sony Vaio Fit 14E pula dibantu teknologi Sony ClearAudio+ yang digadang-gadang sanggup menciptakan kualitas suara terbaik.

Laptop Asus

Asustek Computer Inc. ditulis dengan gaya huruf kapital ASUS, merupakan suatu perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, serta notebook.

Asus belum lama ini mulai memproduksi PDA, telepon genggam, monitor LCD, tablet serta produk komputer lainnya. Kompetitor utamanya termasuk MSI dan Gigabyte.

Asus tentu sudah tidak asing lagi di Indonesia dengan market share besar untuk penjualan laptop di beberapa wilayah. Akan tetapi, laptop Asus mempunyai berbagai varian untuk konsumen dengan mobilitas tinggi, kebutuhan standar dan lain sebagainya. Perihal ini dapat membuat bimbang bagi beberapa konsumen.

Sejarah Laptop Asus

Sejarah berdirinya Asus sendiri berdiri pada tahun 1989 yang berasal dari 4 insinyur komputer, yakni Wayne Hseih, Ted Hsu, MT Liao dan TH Tung. Keempatnya mempunyai visi serta tujuan yang sama buat memajukan industri TI di Taiwan.

Awal mulanya mereka mengambil nama “Pegasus” karena diambil dari mahluk mitologi Yunani. Setelah itu seiring perkembangannya, nama itu dipersingkat jadi Asus.

Asal usul berdirinya Asus dimulai pada suatu apartemen kecil di Taipei, Taiwan yang bergerak di bidang konsultasi komputer dan belum masuk pada pembuatan hardware. Masuk di dekade 80-an, perusahaan ini mulai menjual konstruksi hardware setelah sukses membuat dan menjual motherboard untuk prosesor Intel 486.

Mulai Go Public pada tahun 2005, ASUS semakin berkembang dengan cepat. Motherboard Asus terpasang di 29.2% computer desktop di dunia. Semakin berkembang dan Asus berfikir untuk melakukan efisiensi kinerja perusahaan. Hingga pada tahun 2007 mereka membagi diri menjadi 3 perusahaan berbeda, yakni Pegatron (fokus bagian PC dan perangkat OEM), Unihan (perangkat non-PC) dan Asus sendiri yang fokus pada produksi notebook serta sistem komputer utuh.

Rekomendasi Laptop Asus

Asus VivoBook 14 A405UQ
Media penyimpanan ganda jadi salah satu kelebihan produk ini. Oleh Sebab itu, milikilah laptop ini bila kamu tidak mau repot menaruh file lewat cloud atau HDD eksternal. Asus A405UQ dilengkapi SSD 128 GB serta HDD sebesar 1 TB. Storage SSD dapat di ekspansi sampai 512 GB, sebaliknya storage HDD-nya dapat diekspansi sampai 2 TB.

Bagian RAM DDR4 sebesar 4 GB sudah cukup apabila kamu jarang melakukan multitasking. Berikutnya, CPU Core i5 bisa penuhi kebutuhan Kamu yang memakai laptop untuk kinerja menengah.

Asus ROG Strix GL503
Laptop gaming ini dapat jadi andalan penikmat game eSport atau game lain dengan durasi game yang lama. Teknologi ADC (Anti Dust Cooling) laptop ini dapat jadi solusi terhadap kebutuhan bermain game secara maraton. Tidak hanya itu, teknologi ADC yang sudah dipatenkan ini akan mengusir debu serta kotoran supaya hardware laptop senantiasa bersih.

Kehadiran 2 kipas bertegangan 12 volt berputar lebih cepat dari kipas konvensional yang bertegangan 5 volt. Di pihak lain, kamu bisa menikmati game dengan kebutuhan visual tinggi berkat tampilan wide-view dengan refresh rate yang tinggi.

Asus Transformer Pro T304UA
Asus Transformer Pro T304UA merupakan laptop 2 in 1 yang bisa difungsikan sebagai tablet. CPU Core i7 menjadikan produk ini sanggup melakukan pemrosesan data dengan bagus. Tambahan Aksesori berupa Asus Pen akan berguna baik buat menulis, menandai foto, maupun menggambar grafis.

Jadi, laptop ini sesuai untuk mendukung aktivitas profesional saat rapat atau pekerja kreatif di kala menggambar. Kebutuhan koneksi bukanlah permasalahan dengan kehadiran universal dock. Kamu bisa terhubung lewat USB tipe C, USB 3.0, HDMI, VGA, RJ45 LAN, dan SD card reader.

Laptop Sony VaioLaptop Asus
Asal negaraJepang Taiwan
Harga Rp 6.000.000 - Rp 19.000.000,-Rp 3.750.000 - Rp 13.000.000,-
Hal yang paling diuggulkanGrafik layarPerforma mesin
Ketahanan baterai13 jam 10 jam

Tips Merawat Laptop

Agar laptop kamu senantiasa awet tahan lama, tentu kamu harus merawat laptop kamu sebaik mungkin. Dimulai dari bodi, perangkat dan beberapa komponen penting lainnya agar laptop kamu selalu memberikan performa yang baik dengan tampilan yang bersih. Berikut ini adalah tips merawat laptop yang bisa kamu ikuti:

  • Jangan memakai laptop terlalu lama
    Laptop yang dipakai terlalu lama bisa saja terkena overheat (panas yang berlebihan). Perlu diketahui laptop berbeda dengan pc yang bisa dihidupkan 24 jam nonstop.
  • Jangan menaruh laptop di atas kasur
    Jika meletakkan laptop kalian di atas kasur, perputaran udara di laptop tidak akan berjalan dengan lancar. Udara pembuangan akan susah keluar sebab terhalang badan kasur. Akibatnya, hawa panas pembuangan itu berputar kembali ke dalam laptop dan membuat komponen-komponen laptop kalian justru tambah panas.
  • Jangan mengangkat laptop dalam kondisi menyala
    Kenapa tidak boleh? Sebab laptop yang dalam kondisi menyala, Hard disk-nya masih bekerja dan takutnya piringan Hard disk dapat tergores dan menimbulkan bad sector.

  • Jangan terlalu sering memakai laptop untuk bermain game berat
    Kalau game-game seperti Angry Birds atau Zuma sih tidak masalah. Yang jadi masalah itu jika laptop kamu kerap dimainkan game-game berat seperti GTA V, Call off Duty Advanced Warfare, PES 2016, dan semacamnya. Bila terlalu lama bermain game seperti ini dapat menimbulkan komponen laptop jadi overheat dan baterai laptop kalian dapat rusak atau bocor.
  • Jangan menutup LCD laptop setelah digunakan
    Sebenarnya boleh-boleh saja jika laptop kalian masih dingin sebab digunakan di ruangan ber-AC atau pada waktu subuh hari. Yang tak boleh itu jika laptop kalian masih dalam kondisi hangat atau bahkan panas.
  • Bersihkan laptop kamu
    Jangan lupa juga senantiasa membersihkan laptop kamu minimal 2 minggu sekali. Debu-debu yang menempel di komponen laptop kalian bisa memperlambat kinerja laptop kamu serta membuat laptop kamu cepat panas. Adapun yang butuh dibersihkan antara lain seperti LCD, Keyboard, lubang sirkulasi udara, dan baterai. Bila kamu mahir bongkar pasang laptop, bersihkan juga bagian dalam laptop kamu ya.

Pilih Mana: Laptop Sony Vaio atau Laptop Asus?

Laptop Sony VaioLaptop Asus
Kelebihan- Memiliki LCD yang cantik - Additional software cukup banyak - Memiliki desain yang modern - Memiliki motherboard yang tangguh - Cocok untuk kamu yang suka bermain game - Harga ekonomis
Kekurangan- Harga yang mahal - Susah mencari sparepartnya- Cepat panas - Minimnya tempat service

Kesimpulan

Laptop Sony Vaio dan Laptop Asus merupakan perangkat yang cukup diganderungi oleh beberapa orang. Spesifikasi dan fitur yang diberikan dari varian kedua laptop ini pun sudah mumpuni untuk membantu aktivitas manusia. Namun sepengalaman saya Laptop Sony Vaio kurang begitu awet untuk jangka panjang, maka dari itu saya merekomendasikan Laptop Asus untuk jadi perangkat penting kamu. Selain itu Laptop Asus juga memiliki banyak varian dan fitur yang sangat canggih untuk para pemakainya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Laptop Sony Vaio vs Laptop Asus

VS

Leave a Reply