AplikasiLayanan

Pilih Mana: Lazada atau Bukalapak?

Semakin berkembangnya zaman maka akan semakin ketat juga persaingan antara e-commerce di Indonesia seperti marketplace Lazada dan Bukalapak. Kedua marketplace ini memiliki peminat yang banyak baik dari kalangan anak muda hingga orang dewasa bahkan orang tua sekalipun.

Tetapi apakah kamu sudah mengetahui mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada kedua marketplace ini? Jika belum, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari kedua marketplace tersebut, sehingga kamu lebih mengetahuinya guys. Scroll ke bawah dan selamat membaca.

Lazada

Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online Lazada di Asia Tenggara. Lazada Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan jaringan perusahaan internet Jerman, Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan online incubator yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Baca juga Pilih Mana: Shopee atau Tokopedia?

Kategori produk di Lazada antara lain adalah Elektronik, Buku, Telepon Seluler, Komputer, Perlengkapan Rumah Tangga, Mainan dan Peralatan Anak- Anak, Kosmetik dan Kesehatan, Tas, Olahraga dan Otomotif, dan Musik. Untuk produk elektronik, Lazada menyediakan smartphones, televisi, pemutar video hingga berbagai aksesoris untuk melengkapi peralatan elektronik kamu.

Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya City Deal), dll. Terkait dengan dunia internet dan teknologi yang sering di bahasa BeritaTeknologi, Lazada tentu merupakan salah satu yang bakal disukai oleh para pembaca karena menyediakan berbagai kategori yang terkait teknologi.

Dan juga dengan fasilitas pre-order, kamu memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang kamu inginkan. Dapatkan juga berbagai diskon dengan potongan harga termurah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik.

Di bawah ini terdapat tabel mengenai fitur utama pada Lazada.

Fitur LazadaKeterangan
Mudah dalam mencari kebutuhan Memasuki halaman utama Lazada, kamu akan disuguhkan kolom pencarian. Disana, kamu bisa mengetik kategori, nama barang, hingga merek barang untuk mencari produk yang kamu inginkan.
Pilihan produk terpopuler Jika kamu takut produk yang kamu pesan tidak sesuai keinginan, kamu bisa pilih menu produk terpopuler untuk melihat produk yang paling diminati dan sudah dibeli oleh banyak orang.
Adanya fitur rating produk Ketika mencari produk, kita bisa mengatur rating atau kualitas produk mulai dari tertinggi hingga terendah, termahal hingga termurah.
Adanya fitur ongkos yang ringanAdanya ongkos kirim mungkin menjadi kekurangan online shop atau penjualan online, tapi tenang, di Lazada kamu bisa saja tidak terkena biaya ongkos kirim alias gratis ongkir dengan syarat dan ketetntuan tertentu.

Kelebihan Lazada

  • Adanya pengembalian barang dalam 14 hari kerja
    Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuaian barang pesanan. Pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.
  • Adanya sistem bebas ongkos kirim
    Kelebihan yang dimiliki lazada berikutnya adalah Lazada Indonesia memberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia dengan minimal pembelian tertentu sesuai zona di mana kamu berada. Khusus untuk wilayah Jabodetabek ,kamu dapat menikmati layanan pengiriman gratis jika kamu melakukan pembelian di atas Rp. 100.000.
  • Produk bervariasi dan banyaknya diskon
    Di Lazada juga barang yang dijual sangat beraneka macam, mulai dari barang elektronik, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain juga Lazada sangat sering memberikan diskon-diskon terhadap produk yang dijualnya. Diskon yang diberikan pun bervariasi, mulai dari 10% sampai dengan diatas 30%.

Kekurangan Lazada

  • Konfirmasi pembayaran cukup lama
    Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, tetapi memang pada konfirmasi pembayaran diterima oleh pihak Lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir.
  • Fasilitas COD masih belum ada di banyak kota
    Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya. Hal ini menjadi hal kekurangan Laza juga, sehingga banyak orang yang mengharapkan bahwa sistem ini akan banyak di kota-kota lainnya.
  • Dana sulit kembali jika adanya pembatalan transaksi
    Tentu kamu pernah membatalkan sebuah pesanan saat berbelanja online. Saat kamu membatalkan pesanan, seharusnya uang yang kamu sudah bayarkan dikembalikan. Sebenarnya Lazada juga mengembalikan dana kamu, tapi kadang waktu yang diperlukan cukup lama. Bahkan, beberapa pengguna ada yang mengatakan uang hasil pembatalan pesanan baru masuk setelah satu bulan dan setelah melakukan beberapa kali komplain.

Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring (online marketplace) di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring ) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Bukalapak didirikan pada 10 Januari 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid di sebuah rumah kos di Bandung, Jawa Barat.

Bukalapak telah menjadi 1 dari 4 unicorn asal Indonesia pada tahun 2017. Bukalapak secara konsisten berupaya memperluas literasi digital dan membangun usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Bukalapak hadir sebagai toko online terpercaya dengan sistem konsumen ke konsumen. Hal ini memungkinkan setiap orang untuk menjual dan juga membeli produk dengan mudah secara online.

Sarana jual beli online Bukalapak memiliki visi untuk menjadi marketplace nomor satu di Indonesia dengan misi untuk memberdayakan UKM di seluruh penjuru Indonesia. Setiap orang di Indonesia dapat memasarkan produk unggulannya di Bukalapak dengan membuka toko online murah dengan pilihan sistem belanja satuan dan juga grosir.

Kategori dari Bukalapak juga cukup lengkap seperti Lazada mulai dari Fashion, Elektronik dan Aksesorisnya, Kesehatan dan Kecantikan, Olahraga dan Musik. Dari kategori ini kamu bisa mencari barang yang kamu butuhkan dengan sangat mudah guys.

Di bawah ini terdapat tabel mengenai fitur utama pada Bukalapak.

Fitur BukalapakKeterangan
Adanya fitur push Para pelapak di Bukalapak dapat membawa produknya ke halaman depan Bukalapak dengan menggunakan fitur push. Agar produknya tidak cepat tenggelam dari halaman depan, para pelapak harus cerdik menentukan waktu push yang tepat.
Adanya fitur negoPengguna bisa membeli barang favorit dengan harga terbaik lewat fitur nego. Fitur ini dapat dilakukan lewat aplikasi Bukalapak, dan harus terlebih dulu melakukan verifikasi nomor telepon selular.
Adanya fitur untung lagi Fitur lain yang menarik pelanggan ke para pelapak adalah fitur untung Lagi. Dengan fitur ini, pelanggan berkesempatan mendapat cashback sebesar 11% berupa credits senilai maksimal Rp70.000 yang berlaku seminggu setelah diterima.
Adanya fitur promo pengirimanUntuk membantu para pelapak, pihak Bukalapak memberikan promo untuk memudahkan pembeli dan pelapak dalam hal pengiriman.
Lihat juga:  Pilih Mana: Indosat atau XL?

Kelebihan Bukalapak

  • Sistem pembayaran mudah
    Situs belanja online terpercaya Bukalapak menawarkan berbagai sistem pembayaran untuk memudahkan jual beli online kamu, di antaranya pembayaran yang praktis melalui BukaDompet, yakni dompet virtual yang bisa kamu isi dengan melakukan transfer sehingga memudahkan kamu dalam aktivitas setiap harinya di Bukalapak. Selain itu, ada juga pembayaran melalui bank transfer, instant payment, serta sistem cicilan yang bisa kamu lakukan dengan kartu kredit.
  • Terpercaya dan banyak promo menarik
    Belanja online di Bukalapak tidak perlu khawatir tertipu dengan adanya jaminan 100% aman. Pembeli diberikan jaminan 100% uang kembali apabila produk yang sudah kamu bayar tidak kunjung tiba di tempat kamu. Tidak jarang orang yang khawatir tertipu sehingga memilih untuk beli offline. Bukalapak juga menawarkan harga promo menarik setiap harinya yang bisa kamu akses pada halaman promo ya guys.
  • Kategori produk terlengkap
    Salah satu keunggulan yang bisa langsung dirasakan dengan belanja di Bukalapak adalah lengkapnya kategori produk. Halaman situs Bukalapak memiliki tampilan navigasi kategori barang untuk memudahkan pembeli dalam memilih produk yang diinginkan. Kategori tersedia lengkap mulai dari kebutuhan rumah tangga, elektronik rumah tangga, furniture rumah tangga, hingga gadget dan smartphone. Bukalapak juga dikenal baik sebagai toko online murah untuk kategori sepeda beserta aksesorisnya lengkap.

Kekurangan Bukalapak

  • Tidak memiliki fitur pre-order
    Pada marketplace Bukalapak ini terdapat kekurangan yang menonjol jika dibandingkan dengan Lazada, yaitu pada Bukalapak tidak adanya fitur pre-order seperti di Lazada. Sehingga kamu tidak bisa memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang kamu inginkan.
  • Fitur Quick Buyer yang bermasalah
    Fitur Quick Buyer adalah untuk mempermudah pengguna BukaLapak untuk membeli produk. Tapi pada kenyataannya hal ini banyak menimbulkan masalah baik bagi pembeli maupun penjual. Salah satu masalah yang timbul dari fitur ini adalah sulitnya berkomunikasi serta berdiskusi tentang transaksi yang terjadi.
  • Fungsi kredit yang tidak efisien
    Solusi yang ditawarkan oleh Bukalapak bila terjadi sesuatu selama transaksi adalah mengembalikan uang pembeli dalam bentuk kredit. Sayangnya, fungsi dari kredit ini masih sangat terbatas. Bahkan, kredit tidak bisa digunakan untuk membeli produk-produk digital. Oleh karena itu, banyak pengguna yang menyayangkan fungsi kredit ini.

Pilih Mana: Lazada atau Bukalapak?

LazadaBukalapak
Kelebihan- Adanya pengembalian barang dalam 14 hari kerja - Adanya sistem bebas ongkos kirim - Produk bervariasi dan banyaknya diskon - Sistem pembayaran mudah - Terpercaya dan banyak promo menarik - Kategori produk terlengkap
Kekurangan- Konfirmasi pembayaran cukup lama - Fasilitas COD masih belum ada di banyak kota - Dana sulit kembali jika adanya pembatalan transaksi - Tidak memiliki fitur pre-order - Fitur Quick Buyer yang bermasalah - Fungsi kredit yang tidak efisien

Kesimpulan

Lazada dan Bukalapak adalah situs belanja online yang banyak diminati orang-orang. Keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi hal yang paling membedakan yaitu jika Lazada adanya sistem atau fitur pre-order sedangkan Bukalapak tidak ada. Jadi jika kamu menginginkan mendapatkan barang terbaru dengan mudah dengan fitur pre-order maka Lazada adalah marketplace yang bisa menjadi pilihan kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lazada vs Bukalapak

VS

Leave a Reply