Fashion

Pilih Mana: Lee Cooper atau Levi’s?

Saat ini telah banyak brand jeans dan fashion luar yang sering dipakai di Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan produk seperti jeans yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat baik. Dua di antara brand tersebut yaitu Lee Cooper dan Levi’s. Manakah jeans yang lebih baik untuk Anda gunakan? Lee Cooper atau Levi’s?

Meskipun sama-sama brand luar. Lee Cooper dan Levi’s memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut mulai dari umur brand tersebut, popularitas, bahan yang digunakan dan perbedaan lainnya yang dapat Anda simak pada artikel berikut.

Lee Cooper

Lee Cooper merupakan perusahaan Inggris yang memproduksi banyak item fashion. Saat ini Lee Cooper telah beroperasi do berbagai negara, termasuk Indonesia.

Kelebihan Lee Cooper

Berikut beberapa kelebihan Lee Cooper yang perlu Anda ketahui:

  • Jarang Dipalsukan

Salah satu kelebihan jeans dengan merek Lee Cooper ini adalah cenderung jarang dipalsukan. Hal ini dikarenakan Lee Cooper tidak terlalu populer seperti brand Levi’s sehingga Lee Cooper ini lebih jarang dipalsukan. Hal ini tentu berbeda dengan Levi’s yang sangat sering dipalsukan. Produk yang dipalsukan ini bahkan bisa Anda dapatkan dengan harga sekitas seratus ribu. Hal ini tentunya dapat merusak brand produk tersebut. Namun Lee Cooper aman dari hal semacam ini.

  • Memiliki Berbagai Macam Produk

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Lee Cooper adalah menyediakan berbagai macam produk selain jeans. Produk ini juga memproduksi sepatu, jaket, kaos, dan banyak item lainnya yang mampu mendukung penampilan dan menjawab kebutuhan Anda. Banyaknya produk yang disediakan ini membuat Anda bisa menentukan pilihan item yang Anda perlukan.

  • Ukuran Tidak Berubah

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Lee Cooper adalah memiliki bentuk atau ukuran yang tidak berubah. Berbeda dengan Levi’s yang akan berubah ukuran jika sering dicuci, Lee Cooper malah lebih sulit untuk berubah ukuran. Dengan demikian, jika Anda membeli jeans ini, Anda haris membeli sesuai dengan ukuran Anda yang sebenarnya. Sedangkan Levi’s akan menyusut ketika telah sering dipakai dan dicuci.

Kekurangan Lee Cooper

Berikut beberapa kekurangan Lee Cooper yang perlu Anda ketahui:

  • Fokus untuk Kelas Menengah ke Atas

Salah satu kekurangan Lee Cooper adalah memiliki harga yang relatif mahal karena hanya berfokus pada kelas menengah ke atas saja. Karena itulah, bagi orang-orang yang memiliki budget terbatas akan sedikit sulit untuk bisa menjangkau jeans dengan brand Lee Cooper ini. Namun, hal ini juga dimiliki oleh produk Levi’s yang memiliki harga yang sulit dijangkau untuk kalangan tertentu pula. Anda sebaiknya lebih memilih brand lokal dengan harga terjangkau jika memiliki budget yang terbatas.

  • Popularitas Masih Baru

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Lee Cooper adalah popularitas yang dimiliki oleh Lee Cooper ini masih sangat muda jika dibandingkan dengan Levi’s. Levi’s telah muncul sejak lama sebelum Lee Cooper ada. Karena memiliki popularitas yang masih baru, Lee Cooper harus mampu bersaing dengan para pendahulunya yang memiliki popularitas dan kesuksesan lebih dulu. Meskipun begitu dikutip dari Detik.com Lee Cooper di Indonesi mampu bertahan meski ditempa krisis.

  • Belum Pernah Menjadi Item Paling Dipuja

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Lee Cooper adalah belum pernah menjadi item yang paling dipuja di dunia atau menjadi ikon fashion. Dalam hal ini, Lee Cooper belum mampu menyaingi eksistensi produk dari Levi’s. Bahkan Levi’s pernah diberikan julukan sebagai “fashion item abad ke-20” oleh majalah Time.

Kelebihan Lee CooperKekurangan Abaya
- Jarang dipalsukan- Lebih fokus untuk kelas menengah ke atas
- Memiliki berbagai macam produk- Popularitas masih baru
- Ukuran tidak berubah- Belum pernah menjadi item paling dipuja

Levi’s

Levi’s merupakan brand yang memiliki popularitas yang sangat tinggi. Brand ini bahkan menjadi ikon untuk celana jeans. Kalangan tertentu yang masih kurang paham kerap kali menyebut celana jeans sebagai celana Levis. Penjelasan mengenai Levi’s telah kami bahas sebelumnya pada Levi’s vs Wrangler.

Kelebihan Levi’s

Berikut beberapa kelebihan jeans Levi’s yang perlu Anda ketahui:

  • Telah Menjadi Ikon Celana Jeans

Salah satu kelebihan Levi’s yaitu telah menjadi ikon celana jeans. Hal ini dikarenakan Levi pemilik brand ini muncul dan membuat celana jeans sebelum ada orang lain yang membuatnya.Karena kemunculannya yang lebih dahulu, seluruh merek celana jeans sering disebut dengan celana Levi’s. Apalagi bagi orang-orang tertentu yang belum paham dengan hal ini.

  • Kuat dan Tahan Lama

Pada umumnya, jeans ini akan robek setelah berusia sekitar 5 tahunan.Namun Levi’s memiliki kelebihan kuat dan tahan lama, khususnya jeans Levi’s 501. Bahan denim yang digunakan ini cukup tahan lama meski dirawat dengan seadanya dan tidak memerlukan perawatan khusus. Tapi, hal ini juga tergantung dengan seberapa sering Anda memakainya.

  • Memiliki Model yang Klasik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki jeans Levi’s adalah memiliki model yang klasik. Jeans 501 ini disebut klasik sesuai dengan bahan dan warna yang digunakan memiliki sifat yang serbaguna. Dengan demikian, jeans ini cocok untuk berbagai usia dan berbagai kebutuhan penampilan sesuai dengan selera.

Kekurangan Levi’s

Berikut beberapa kekurangan jeans Levi’s yang perlu Anda ketahui:

  • Rawan Dipalsukan

Karena Levi’s merupakan merek yang telah sangat banyak dikenali. Maka merek Levi’s ini lebih rawan dan lebih banyak dipalsukan daripada merek Lee Cooper. Hal ini tentunya memberikan dampak buruk terhdap brand Levi’s. Orang yang masih awam bahkan sulit untuk membedakan produk asli dan yang palsu.

  • Warna Cepat Memudar

Kekurangan lain celana jeans Levi’s khususnya untuk tipe 501 adalah memiliki warna yang dapat berubah. Jika Anda ingin warnanya tidak berubah, maka Anda disarankan untuk tidak terlalu sering mencuci celana jeans tersebut. Tapi, jika Anda ingin memiliki jeans dengan kesan tampilan yang sudah lama dipakai, Anda bisa rutin mencucinya untuk mendapatkan kesan memudar dengan indah.

  • Dapat Berubah Ukuran

Kekurangan selanjutnya yang juga dapat menjadi kelebihan Levi’s adalah ketika sering dicuci maka celana jeans Levi’s dapat berubah ukuran dan menjadi menyusut. Saat Anda membeli celana jeans ini, maka Anda sebaiknya memilih ukuran yang lebih besar dari ukuran sebenarnya. Meskipun begitu, jika Anda melakukan perawatan dengan tepat maka celana jeans yang menyusut akan sesuai dengan ukuran dan bentuk kaki Anda.

Kelebihan Levi’sKekurangan Levi's
- Telah menjadi ikon celana jeans- Rawan dipalsukan
- Kuat dan tahan lama- Warna cepat memudar
- Memiliki model yang klasik- Dapat berubah ukuran

Pilih Mana: Lee Cooper atau Levi’s?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Lee Cooper dan Levi’s. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Lee Cooper Levi’s
- Popularitas masih relatif baru- Memiliki popularitas sejak lama
- Belum pernah menjadi item paling dipuja- Pernah menjadi item paling dipuja
- Jarang dipalsukan- Lebih rawan dipalsukan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Lee Cooper dan Levi’s dapat kita simpulkan bahwa Lee Cooper dan Levi’s memiliki kekurangan dan kelebihan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, jika dilihat dari sejarah dan popularitasnya, maka Levi’s lebih unggul.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lee Cooper vs Levi’s

VS

Leave a Reply