Fashion

Pilih Mana: Legging atau Stocking?

Saat ini telah banyak sekali model dan ragam pakaian yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Salah satu kebutuhan perempuan dalam berpakaian adalah pakaian yang dapat digunakan untuk menunjang penampilan dan menutupi kaki. Dua jenis pakaian yang dapat membantu membantu memenuhi kebutuhan tersebut adalah legging dan stocking. Jika Anda perlu untuk menggunakan jenis pakaian ini, manakah yang akan Anda pilih? Legging atau stocking?

Legging dan stocking merupakan pakaian yang sama-sama digunakan untuk melindungi kaki. Legging terbuat dari bahan yang lebih tebal, daan dapat dimanfaatkan sebagai pakaian luar dan pakaian dalam. Sedangkan stocking terbuat dari bahan yang lebih tipi. Stocking biasanya digunakan untuk pakaian luar dan terlihat, bukan untuk pakaian dalam. Baca juga Pilih Mana: Pensil Alis atau Eyebrow Kit?

Legging

Legging merupakan pakaian ketat yang digunakan sebagai pengganti celana. Memiliki banyak kegunaan, mulai dari sebagai pelindung sebelum memakai dress atau rok hingga digunakan untuk aktivitas sehari-hari dan olahraga. Dulu legging merupakan dua pakaian terpisah yang terdiri satu bagian untuk satu kaki. Namun sekarang legging telah memiliki bentuk seperti celana.

Kelebihan Legging

Berikut beberapa kelebihan legging yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Digunakan untuk Pakaian Dalam dan Luar

Salah satu kelebihan legging adalah dapat dipakai untuk pakaian dalam ataupun pakaian luar. Legging biasanya digunakan sebagai pakaian dalam ketika menggunakan gamis atau rok panjang. Legging digunakan untuk memberikan kenyamanan dalam beraktivitas. Sedangkan legging dapat digunakan sebagai pakaian luar untuk digunakan dalam berolahraga seperti senam dan lain sebagainya agar terasa lebih ringan dan tidak berat.

  • Memiliki Bahan yang Lebih Tebal

Kelebihan lain yang dimiliki oleh legging adalah terbuat dari bahan yang lebih tebal daripada stocking. Dengan bahan yang lebih tebal ini Anda akan lebih terlindungi dari pengaruh buruk sinar matahari karena legging dapat menutupi kulit dengan sempurna. Saat cuaca dingin pun, bahan legging yang lebih tebal ini dapat membantu melindungi kulit Anda dari rasa dingin yang berlebih.

  • Memiliki Banyak Variasi

Legging saat ini telah memiliki banyak variasi sehingga Anda memiliki pilihan untuk menggunakan legging sesuai kebutuhan. Jika Anda membutuhkan legging untuk pakaian dalam, Anda bisa memilih legging yang sederhana dan tidak memiliki banyak motif. Tapi jika Anda ingin menggunakan legging untuk pakaian luar, Anda dapat memilih legging dengan berbagai macam motif dan warna.

  • Memiliki Perawatan yang Mudah

Karena memiliki bahan yang lebih tebal daripada stocking, Anda tidak perlu repot dalam hal merawat legging. Legging dapat dicuci bersamaan dengan pakaian lain menggunakan mesin cuci dan tidak harus mencucinya dengan tangan. Karena legging memiliki bahan yang hampir sama dengan pakaian biasa.

Kekurangan Legging

Berikut beberapa kekurangan legging yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Menutupi Semua Bagian Kaki

Salah satu kekurangan legging adalah tidak dapat menutupi semua bagian kaki. Bagian yang tertutupi hanya sampai pergelangan kaki. Jika Anda memiliki kekurangan pada punggung kaki, Anda tidak bisa menutupi kekurangan tersebut dengan menggunakan stocking. Stocking lebih mampu menutupi kekurangan karena dipakai hingga ujung jari kaki.

  • Harga Lebih Mahal

Kekurangan lain yang dimiliki legging adalah memiliki harga yang lebih mahal daripada stocking. Hal ini dikarenakan legging memiliki bahan yang lebih tebal dan lebih awet dan tahan lama. Sedangkan stocking sangat mudah untuk rusak. Perawatan yang berbeda ini juga memengaruhi harga keduanya.

  • Lebih Susah Kering

Karena memiliki bahan yang lebih tebal, proses pengeringan legging lebih sulit dan lebih lama daripada stocking. Dengan demikian, jika cuaca sedang mendung atau hujan Anda harus menggunakan pengering agar legging lebih cepat kering.

Kelebihan LeggingKekurangan Legging
- Dapat digunakan untuk pakaian dalam dan luar - Tidak menutupi semua bagian kaki
- Memiliki bahan yang lebih tebal- Harga lebih mahal
- Memiliki banyak variasi- Lebih susah kering

Stocking

Stocking merupakan kaus kaki yang terbuat dari bahan yang tipis dan transparan. Ada pula stocking yang memiliki bentuk seperti jaring-jaring. Selain itu, ada pula stocking yang berbentuk seperti celana yang disebut dengan pantyhose.

Lihat juga:  Pilih mana: Kacamata Oakley vs Kacamata Rudy Project?

Kelebihan Stocking

Berikut beberapa kelebihan stocking yang perlu Anda ketahui:

  • Menutupi Kaki yang Terdapat Kekurangan

Stocking berguna untuk menutupi bagian kaki tapi tetap memberikan kesan yang seksi, natural dan fashionable. Stocking dapat membantu untuk menutupi bagian kaki yang mengalami kekurangan. Stocking dapat menutupi keseluruhan kaki yang tampak hingga ujung-ujung jari.

  • Mencegah Terjadinya Varises

Kelebihan lain yang dimiliki oleh stocking adalah dapat memberikan manfaat kesehatan kulit dan jika digunakan secara teratur. Menurut penelitian para ahli kesehatan, stocking juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya varises pada bagian kaki Anda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan tersebut, peredaran darah dapat berjalan dengan lancar dn mengencangkan kulit jika menggunakan stocking secara rutin. Hal inilah yang akan membantu kita memerangi resiko terkena varises. Namun jika varises sudah dalam kondisi akut, maka sebaiknya dilaser atau dilakukan operasi minor untuk mengatasinya. Dikutip dari Suara.com stocking tidak hanya mencegah varises, stocking kompresi juga bisa mengatasi kaki bengkak.

  • Sebagai Penunjang Fashion

Stocking juga merupakan pakaian yang dapat mendukung fashion pemakainya. Bahkan, di perusahaan-perusahaan tertentu stocking wajib digunakan agar karyawan memiliki tampilan yang seragam dan kekurangan pada kaki dapat tertutupi.

Kekurangan Stocking

Berikut kekurangan stocking yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Bahan yang Lebih Tipis

Salah satu kekurangan stocking jika dibandingkan dengan legging adalah bahan yang digunakan lebih tipis. Bahan yang lebih tipis ini membuat stocking terlihat lebih transparan dan tidak terlalu mampu melindungi kulit dari efek cuaca dingin ataupun panas.

  • Perawatan Relatif Lebih Susah

Kekurangan lain yang dimiliki oleh stocking adalah memiliki perawatan yang lebih sulit daripada legging. Stocking memiliki bahan yang tipis sehingga tidak bisa disikat atau digabungkan dengan pakaian lain karena memiliki risiko untuk rusak. Anda perlu mencuci stocking dengan cara memisahkannya dari pakaian lain dan menguceknya dengan tangan saja. Sedangkan legging lebih mudah dalam hal perawatan.

  • Tidak Bisa Digunakan Jika Baju Tidak Panjang

Berbeda dengan legging yang dapat digunakan sebagai pakaian luar yang dapat dipadukan dengan baju yang pendek . Stocking tidak bisa hanya digunakan begitu saja, untuk menggunakan stocking Anda wajib memakai baju, rok atau dress yang menutupi hingga bagian bokong. Hal ini dikarenakan stocking terbuat dari bahan yang sangat tipis dan dapat membuat tubuh Anda terlihat karena transparan.

Kelebihan StockingKekurangan Stocking
- Menutupi kaki yang terdapat kekurangan - Memiliki bahan yang lebih tipis
- Mencegah terjadinya varises- Perawatan relatif lebih susah
- Sebagai penunjang fashion- Tidak bisa digunakan jika baju tidak panjang

Pilih Mana: Legging atau Stocking?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara legging dan stocking. Perbedaan tersebut telah kami rangkum dalam tabel berikut:

LeggingStocking
- Terbuat dari bahan yang relatif lebih tebal- Terbuat dari bahan yang relatif lebih tipis
- Biasanya digunakan untuk pakaian dalam dan pakaian luar- Biasanya digunakan untuk pakaian luar
- Perawatan lebih mudah- Perawatan lebih susah

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai legging dan stocking di atas, dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki fungsi dan manfaat yang baik sesuai dengan tujuan penggunaan masing-masing. Jika Anda membutuhkan pelindung kaki untuk digunakan sebagai pengganti celana seperti pakaian olahraga dan sebagainya, maka Anda lebih cocok menggunakan legging. Tapi jika Anda membutuhkan pakaian atau pelindung kaki yang dapat menutupi hingga ujung bagian kaki, Anda dapat menggunakan stocking. Jika dilihat dari manfaat kesehatan yang diberikan, stocking lebih baik untuk Anda gunakan karena dapat mencegah varises.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Legging vs Stocking

VS

Leave a Reply