Home

Pilih Mana: Lemari Kayu atau Plastik?

Selain ditempati, rumah juga harus diisi dengan perlengkpan-perlengkapan yang mendukung. Salah satu perlengkapan rumah yang harus ada pada sebuah rumah adalah lemari. Lemari memiliki fungsi untuk menyimpan pakaian dan barang-barang lainnya agar lebih rapi, terhindar dari kotoran, dan banyak fungsi lainnya. Terdapat dua jenis lemari yang dapat Anda gunakan, lemari kayu dan lemari plastik. Anda perlu memilih dengan bijak lemari yang paling tepat untuk digunakan, lemari kayu atau plastik?

Lemari kayu merupakan lemari yang lebih dulu muncul daripada lemari plastik. Pada zaman dulu orang banyak memanfaatkan bahan kayu untuk segala macam peralatan termasuk lemari. Hingga saat ini lemari kayu juga masih menjadi pilihan karena kuat dan tahan lama. Sedangkan lemari plastik muncul sebagai alternatif lemari kayu. Banyak yang menggunakan lemari plastik karena harga yang terjangkau dan ringan sehingga mudah untuk dibawa. Baca juga Pilih Mana: Foundation atau BB Cream?

Lemari Kayu

Lemari kayu merupakan lemari yang dibuat dari bahan kayu. Lemari kayu banyak disukai karena lebih kuat dan kokoh. Lemari kayu dapat menyimpan barang dengan aman karena memiliki kunci yang cukup kuat.

Kelebihan Lemari Kayu

Berikut beberapa kelebihan lemari kayu yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Kuat dan Tahan Lama

Kelebihan lemari yang dibuat dari kayu adalah lebih kuat dan tahan lama. Lemari kayu ini lebih kuat untuk menopang barang-barang yang cukup berat. Selain untuk menyimpan pakaian, Anda juga dapat menyimpan barang-barang lain pada lemari ini karena jauh lebih kuat daripada lemari plastik. Agar tahan lama, Anda perlu merawat lemari kayu ini dengan benar.

  • Relatif Lebih Aman

Selain kuat, lemari yang dibuat dari kayu ini biasanya memiliki kunci yang lebih kuat pula. Anda dapat dengan aman menyimpan barang-barang yang cukup berharga pada lemari kayu ini. Mendobrak atau membongkar lemari kayu terbukti lebih sulit daripada membongkar lemari plastik. Dengan demikian, lemari kayu relatif lebih aman daripada lemari plastik.

  • Memiliki Tampilan yang Lebih Elegan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh lemari kayu ini adalah memiliki tampilan yang lebih baik dan lebih elegan daripada lemari plastik. Warna yang terdapat pada lemari kayu juga lebih elegan dengan menggunakan warna-warna natural. Sedangkan lemari plastik biasanya menyediakan banyak sekali warna yang didominasi oleh warna-warna terang.

Kekurangan Lemari Kayu

Berikut beberapa kekurangan lemari kayu yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Diserang Rayap dan Jamur

Satu hal yang membuat kekhawatiran memilih perabot dari bahan kayu adalah kedatangan rayap. Karena sekali rayap menguasai kayu, maka jangan heran kalau kayu tersebut akan hancur. Materi yang ada di dalam kayu tersebut habis dimakan sekumpulan rayap. Meski begitu, ada obat anti rayap yang bisa diolesi ke semua permukaan kayu. Sehingga ini menjadi penghambat rayap merusak perabot cantik yang menjadi pilihan Anda. Selain diserang rayap, lemari kayu juga rentan terkena jamur dan membuat lemari kayu menjadi kotor. Solusinya, Anda perlu membersihkan lemari kayu secara rutin agar tetap bersih dari gangguan rayap dan jamur. Dikutip dari Netralnews.com Anda dapat memilih lemari kayu yang kuat dan tahan terhadap rayap seperti lemari kayu jati.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Jika dibandingkan dengan lemari plastik, lemari kayu memiliki harga yang lebih mahal. Hal ini wajar saja karena biaya untuk membuat lemari kayu memang lebih besar daripada biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat lemari plastik. Dengan demikian wajar saja lemari kayu memiliki harga yang lebih mahal, kekuatan dan kualitas pada lemari kayu juga sesuai dengan harga yang dipatok.

  • Lebih Berat dan Susah Dipindahkan

Lemari kayu terbilang memiliki volume yang cukup berat. Anda akan memerlukan bantuan untuk dapat memindah-mindahkan lemari jenis ini. Solusinya, Anda perlu menentukan tempat dengan tepat untuk meletakkan lemari kayu ini. Sehingga Anda tidak perlu memikirkan untuk memindahkan lemari kayu ini ke tempat yang sesuai.

Kelebihan Lemari KayuKekurangan Lemari Kayu
- Lebih kuat dan tahan lama - Dapat diserang rayap dan jamur
- Relatif lebih aman- Harga relatif lebih mahal
- Memiliki tampilan yang lebih elegan- Lebih berat dan susah dipindahkan
Lihat juga:  10 Lampu Senter Terbaik 2020

Lemari Plastik

Lemari plastik merupakan lemari yang dibuat dari bahan plastik. Lemari plastik ini lebih ringan dan mudah diangkat sehingga banyak digunakan orang karena kepraktisannya ini.

Kelebihan Lemari Plastik

Berikut beberapa kelebihan lemari plastik yang perlu Anda ketahui:

  • Tahan Terhadap Serangan Jamur dan Rayap

Salah satu kelebihan lemari plastik adalah tahan dan awet dari serangan jamur dan rayap. Jika dibandingkan dengan lemari kayu, lemari plastik lebih tahan dan awet untuk hal semacam ini.

  • Harga Relatif Lebih Murah

Lemari plastik cocok untuk Anda yang memiliki dana terbatas atau dengan kata lain lebih murah. Meskipun murah, bukan berarti murahan dan terkesan kurang menawan. Banyak sekali ragam dan motif dari lemari plastik. Ada juga yang di desain khusus untuk lemari pakaian anak-anak karena dihiasi dengan tokoh kartun.

  • Dapat Menghemat Tempat

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis, lemari plastik ini tidak menghabiskan banyak tempat karena biasanya bentuknya memanjang. Jadi Anda masih bisa menempatkan benda lain disamping lemari pakaian Anda tanpa terkesan penuh dan sesak.

  • Mudah Dipindahkan dan Memiliki Desain Fleksibel

Keuntungan yang lainnya yaitu fleksibel. Karena berbahan dasar plastik, lemari ini bisa Anda pindah dengan mudah. Sebagai contoh, saat Anda hendak menata ulang kamar Anda. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain. Dari pabrik pembuatnya, jenis lemari ini dibuat dengan beberapa bagian yang dapat dipasang dan dibongkar dengan mudah sehingga sangat memudahkan dalam pengangkutan. Karena dibuat dengan cara dicetak maka lemari ini ukurannya simetris pada setiap sisinya.

Kekurangan Lemari Plastik

Berikut beberapa kekurangan lemari plastik yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Kunci yang Kurang Aman

Terdapat beberapa lemari plastik yang kurang aman karena tidak memiliki kunci pada pintunya. Meskipun memiliki kunci, kunci lemari plastik biasanya kurang kokoh dan kurang aman. Anda sebaiknya tidak meletakkan barang-barang berharga pada lemari plastik.

  • Mudah Rusak

Kekurangan lain yang dimiliki lemari plastik ini adalah mudah rusak. Bagian yang paling mudah rusak pada lemari plastik adalah engselnya. Selain itu, lemari plastik juga lebih mudah pecah karena terbuat dari bahan plastik. Lemari plastik ini tidak akan bisa menahan barang yang terlalu berat.

  • Bagian Lemari Mudah Terlepas

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh lemari ini jenis ini adalah setiap bagian lemari mudah untuk terlepas. Setiap bagian pada lemari ini mudah terlepas karena terdiri dari bagian-bagian yang terpisah dan hanya saling kait satu sama lain, jadi antar tumpukan rentan terlepas.

Kelebihan Lemari PlastikKekurangan Lemari Plastik
- Tahan terhadap serangan jamur dan rayap- Memiliki kunci yang kurang aman
- Harga relatif lebih murah- Lebih mudah mengalami kerusakan
- Mudah dipindahkan dan memiliki desain fleksibel- Bagian lemari mudah terlepas

Pilih Mana: Lemari Kayu atau Plastik?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara lemari kayu dan lemari plastik. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua hal tersebut:

Lemari KayuLemari Plastik
- Terbuat dari bahan kayu sehingga bisa diserang rayap- Terbuat dari bahan plastik sehingga tidak akan diserang rayap
- Harga relatif lebih mahal- Harga relatif lebih murah
- Lebih kuat dan kokoh- Lebih ringan dan dapat pecah

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai lemari kayu dan lemari plastik di atas dapat disimpulkan bahwa lemari kayu lebih kuat dan lebih kokoh untuk digunakan. Selain itu, lemari kayu memiliki tampilan yang lebih elegan dan menarik sehingga mudah untuk menempatkannya. Anda dapat menggunakan lemari plastik untuk alternatif lemari pakaian anak dan untuk menempatkan barang-barang yang tidak terlalu berharga, karena lemari plastik sangat mudah untuk dibongkar.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lemari Kayu vs Plastik

VS

Leave a Reply