Technology

Pilih Mana: Lenovo Legion atau Asus ROG?

Saat ini sudah banyak sekali laptop gaming yang menghadirkan fitur canggih,Salah satunya persaingan perangkat gaming portable berkemampuan real-time ray tracing, saat ini beberapa produsen yang memiliki brand gaming berlomba menghadirkannya. antara lain Lenovo Legion dan Asus ROG

Kedua merk Lenovo Legion dan Asus ROG banyak membuat bingung para pecinta game ketika ingin memilih diantara keduanya. Oleh sebab itu, berikut ini akan kami ulas lebih lanjut mengenai perbandingan di antara keduanya agar dapat menjadi bahan pertimbangan kalian. Stay tune!

Lenovo Legion

Legion adalah sebuah penamaan yang diberikan Lenovo pada varian laptopnya yang ditujukan khusus untuk penggunaan gaming. Seiring dengan berkembangnya teknologi game, Produsen Lenovo nampaknya ingin menunjukkan performa terbaiknya untuk para konsumen khususnya kalangan gamers. Baca juga Pilih Mana: Laptop Asus ROG atau Laptop Acer Predator?

Lenovo merupakan perusahaan teknologi berusia 34 tahun yang berasal dari Negara Beijing.

Lenovo Legion ini merilis 3 varian laptop, yaitu :

  • Lenovo Legion Y530
    Laptop Legion gaming yang mempunyai konsep yang compact ini mengusung penggunaan bezel yang lumayan pipih alhasil mempunyai kesan layar yang lumayan luas. Untuk dapur pacunya sendiri, laptop ini memakai prosesor Intel Core i7- 8750H, memori RAM DDR4 berkapasitas 16GB, harddisk berkapasitas 1TB, SSD berkapasitas 256GB, dan mengusung pemakaian grafis berbentuk NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti 4GB.
  • Lenovo Legion Y730
    Laptop yang menggunakan material aluminium ini mempunyai kesan elegan. Tidak hanya itu, dapur pacu yang dimiliki laptop ini pula lumayan tangguh, dengan berbekal prosesor Intel Core i7- 8750H, memori RAM DDR4 berkapasitas 16GB, harddisk berkapasitas 2TB, SSD berkapasitas 512GB, dan mengusung penggunaan pengolah grafis berbentuk NVIDIA GeForce GTX 1050Ti 4GB DDR5.
  • Lenovo Legion Y7000
    Laptop gaming yang pula mempunyai konsep yang lumayan apik ini mempunyai detail tinggi alhasil sangat direkomendasikan. Untuk dapur pacunya sendiri, laptop ini memakai prosesor Intel Core i7- 8750H, memori RAM DDR4 berkapasitas 16GB, harddisk berkapasitas 1TB, SSD berkapasitas 512GB, dan membawa penggunaan grafis berupa NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti 4GB DDR5.

Kelebihan Lenovo Legion

  • Tampilan visual sangat detail
    Para gamers tentu mengetahui  bahwa tampilan visual dalam permainan semakin detail. Nah seringkali kemampuan melihat secara detail ini mempengaruhi kalah menangnya seseorang bermain game. Oleh karenanya layar beresolusi tinggi menjadi bagian yang penting agar tidak terjadi screen lag atau frames yang drop. Lenovo Legion mengatasinya dengan display IPS anti-glare hingga UHD (3480 x 2160).
  • Mempunyai ukuran tipis
    Sebuah laptop gaming pada umumnya memang terkenal dengan ukurannya yang besar dan berat, namun kali ini Lenovo menyuguhkan tampilan yang beda. Lenovo Legion ini memiliki ukuran hanya 15 inci dengan ketipisan 24mm, bobotnya pun hanya berkisar 2,3 kg saja. Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, kalian juga dapat lebih mudah dibawa kemanapun.
  • Grafis dan kecepatan prosesor yang unggul
    Laptop Lenovo Legion ini dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA terbaru dan prosesor Intel Core i7 generasi ketujuh untuk menggenjot kecepatannya. Hal kedua yang paling ingin ditingkatkan berdasarkan masukan dari para gamers adalah RAM. Dalam hal ini Legion memiliki RAM dua memori 16 GB DDR.

Kekurangan Lenovo Legion

  • Kualitas layar yang kurang 
    Kekurangan yang pertama pada Lenovo Legion ini yaitu dari segi kualitas layarnya, Karena laptop ini dikhusukan untuk para gamers, pastinya layar sangat perlu di perhatikan oleh para pengguna untuk bermain game.
  • Kapasitas baterai yang terlalu singkat
    Selain kualitas layar yang banyak mendapatkan perhatian pertama sebelum membeli laptop gaming, Kapasitas baterai juga tidak kalah penting melihat permainan game dilakukan bisa sampai berjam-jam membutuhkan kapasitas baterai yang besar. Namun, sayangnya pada Lenovo Legion ini kapasitas baterai yang kurang.
  • Harga yang mahal
    Kekurangan terakhir ini sudah diketahui banyak orang, karena pastinya laptop yang dikhususkan untuk bermain game banyak dibandrol sampai puluhan juta, Ya, sama seperti merk lain Lenovo ini juga di bandrol dari Rp.13.000.000,- per Oktober 2019.

Asus ROG

Asus sudah lama berdiri sebagai produsen yang berkecimpung di dunia teknologi, sejak berdirinya ASUS sudah berniat untuk menempatkan penekanan yang lebih besar pada laptop gaming.

Asus menciptakan atas pendirian Republic of Gamers pada tahun 2006, dibangun untuk tujuan utama, yakni memberikan perangkat keras yang paling hardcore serta inovatif buat gamer yang sangat berdedikasi.

Sejak itu, upaya dari tim Republic of Gamers sudah menciptakan aliran konstan teknologi PC  maupun laptop game yang sudah jadi legendaris di kalangan para penggemar karena performanya. Republic of Gamers lebih dari sekedar perangkat keras, dan mengambil bagian aktif dalam komunitas game global, mensupport meningkatkan industri game dengan mensponsori acara-acara seperti QuakeCon, BlizzCon serta DreamHack.

Beberapa varian laptop Asus ROG, sebagai berikut:

  • ROG Zephyrus S GX502
    ROG Zephyrus S GX502 merupakan varian pertama yang diperkenalkan oleh ASUS ROG, Laptop ini hadir dengan layar G-Sync, dan diperkuat oleh prosesor Core i7-9750H serta GPU GeForce RTX 2070 dengan ROG Boost, yang memungkinkan GPU berjalan boost clock 1540 MHz, dengan graphics subsystem power hingga 115 Watt. Layar 15.6 inch yang digunakan mengusung refresh rate 240 Hz, dengan response time 3 ms, serta dilengkapi dengan sertifikasi Pantone untuk akurasi warna sesuai standar industri.
  • ROG Zephyrus G GA502
    Varian ini dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 7 3750H dan GeForce GTX 1660 Ti Max-Q. Tentu saja, sebagai anggota keluarga Zephyrus, produk ini juga masih dibekali dengan bodi yang memiliki desain khas lini ROG Zephyrus. Harga dari perangkat ini disebut akan berada di bawah Zephyrus S dan Zephyrus M, membuatnya menjadi ROG Zephyrus yang paling terjangkau.
  • ROG Zephyrus M GU502
    ASUS juga memrilis ROG Zephyrus M GU502. Laptop ini hadir dengan Core i7-9750H serta opsi pengolah grafis GeForce RTX 2060 atau GeForce GTX 1660 Ti. Zephyrus M baru ini juga dilengkapi dengan ROG Boost, sehingga GPU yang digunakan bisa bekerja dengan graphics subsystem power hingga 90 Watt.
Lihat juga:  Pilih Mana: AC Daikin atau AC LG?

Kelebihan Asus ROG

  • Memiliki desain yang apik
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa laptop Asus ROG ini memiliki desain yang cukup apik. Desain yang elegan namun tetap terlihat sangat mewah.
  • Kualitas baik untuk game
    Kualitas untuk bermain game yang cukup baik sangat super silent, alias kalo maen game ga berisik, ga kaya alienware yang kipasnya lumayan berisik.
  • Anti panas
    Anti panas karena dilengkapi pendingin yang mampu bekerja dengan sangat halus bahkan tidak mengeluarkan suara. Sistem pada kipas pendingin telah dirancang dengan sangat baik agar mampu menghilangkan panas pada laptop secara efisien.

Kekurangan Asus ROG

  • Harga yang tinggi 
    Harga yang tinggi untuk kalangan menengah ke bawah. ROG memang dirancang untuk kalangan menengah ke atas, karena itulah dijual dengan harga yang mahal dan harganya lebih mahal dibandingkan dengan Lenovo Legion.
  • Susah cari tas dan baterai tidak terlalu bertahan lama
    Banyak yang mengeluh akan laptop satu ini adalah susah mencari tas, artinya adalah susah cari tas yang pas buat asus ROG, karena ada size tambahan buat 2 kipas di belakang. Juga, laptop ini memiliki kekurangan lain seperti baterai yang tidak tahan lama.
  • Bodi yang besar
    Beberapa orang mempertimbangakan untuk membeli Asus ROG karena bodinya yang cukup besar sehingga sulit jika ingin dibawa kemanapun dan harus di bawa dengan tas khusus. Namun ini hanya bergantung pada selera masing-masing orang ya guys.

Lenovo Legion vs Asus ROG

Spesifikasi Lenovo Legion Asus ROG
ProsessorGeneration Intel Core i7-8750H dengan 6 core processor 2,20 GHz up to 4,10 GHz.Intel Core i7-8750H.
Sistem OperasiWindows 10 Pro Home.Windows 10 Home.
Segi GrafisGeForce GTX 1050 4GB dari NVIDIA.NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti dengan GDDR5 VRAM sebesar 4 GB.
MemoriDDR4 2666 MHz dengan kapasitas memori yang mencapai 16 GB.Memori dual channel dengan 2666 MHz SDRAM yang mencapai 16 GB.
Segi PenyimpananPCie SSD sebesar 16 GB Intel Optane Memory dengan 2 TB 5400 RPM dan 1 TB 7200 RPM dengan SSD dan HDD.SSD M.2 NVMe PCie 3.0 dengan kapasitas memori penyimpanan yang mencapai 256 GB SSD HDD 2,5 5400r,p ITB SSHD.
Layarlayar dengan jenis IPS Anti Glare dengan 1920×1080 250 nits. ukuran layarnya adalah 15,6 inch.Layar Full HD sebesar 15,6 inch dengan TN Panel 120 Hz, 3ms serta 94% NTSC.
Kapasitas Baterai dan AudioBattery life mencapai 5 jam pemakaian dengan audio berupa Harman Speakers dengan Dolby Audio4 cells 64 Whrs Battery dengan speaker dengan Smart AMP Technology Array Microphones

Pilih Mana: Lenovo Legion atau Asus ROG?

Lenovo Legion Asus ROG
Kelebihan- Tampilan visual sangat detail - Mempunyai ukuran tipis - Grafis dan kecepatan prosesor yang unggul - Memiliki desain yang apik - Kualitas baik untuk game - Anti panas
Kekurangan- Kualitas layar yang kurang  - Kapasitas baterai yang terlalu singkat - Harga yang mahal - Harga yang tinggi  - Susah cari tas dan baterai tidak terlalu bertahan lama - Bodi yang besar

Kesimpulan

Beradasarkan dari artikel di atas yang telah kita bandingkan mengenai Lenovo Legion  dan Asus ROG, Keduanya memiliki keunggulannya masing-masing. Seperti pada Lenovo Legion sendiri terkenal lebih baik dari sisi portable karena bobotnya yang sangat ringan sehingga lebih mudah untuk dibawa kemanapun. Sedangkan untuk Asus ROG sendiri terbilang lebih unggul dari sisi display, Asus menggunakan refresh rate sebesar 120 Hz. Teknologi layar yang dimiliki oleh laptop satu ini juga terbilang lebih baik sekalipun dari segi harga juga lebih mahal. Setelah membaca artikel ini semoga bisa kalian jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih antara Lenovo Legion  dan Asus ROG ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lenovo Legion vs Asus ROG

VS

Leave a Reply