AlamLainnya

Pilih Mana: Liburan ke Bali atau Lombok?

Liburan merupakan salah satu cara yang tepat untuk membuat diri lebih segar dan mampu menghilangkan penat. Dua tempat wisata yang sangat populer di Indonesia yaitu pulau Bali dan pulau Lombok. Manakah tempat berlibur yang lebih baik untuk Anda? Liburan ke Bali atau Lombok?

Bali dan Lombok merupakan dua pulau yang termasuk ke dalam pulau terbaik di Asia. Dua pulau ini menyajikan pemandangan alam yang sangat baik. Meskipun sama-sama pulau terbaik, kedua pulau ini juga memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut dapat Anda baca pada artikel berikut.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Traveloka atau Tiket.com?

Liburan ke Bali

Bali merupakan salah satu pulau yang ada di Kepulauan Nusa Tenggara. Bali juga merupakan sebuah provinsi dengan ibu kota Denpasar. Bali memiliki banyak wisata alam yang sangat indah sehingga menjadi salah satu objek wisata yang diminati.

Kelebihan Liburan ke Bali

Berikut beberapa kelebihan liburan ke Bali yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Cocok untuk Berselancar

Jika Anda ingin berlibur sambil berselancar, maka Bali merupakan tempat yang paling tempat untuk Anda kunjungi saat berlibur. Hal ini dikarenakan lebih banyak peselancar yang yang berkumpul dan bermain ombak di pantai Bali. Mereka juga banyak menikmati aktivitas surfing khususnya di pantai Kuta Bali.

  • Cocok untuk yang Menyukai Suasana Ramai

Bagi Anda yang menyukai berlibur dengan suasana yang lebih ramai ketika berlibur, maka Anda sebaiknya mengunjungi Bali. Perlu Anda ketahui, wisatawan yang datang mengunjungi Bali lebih banyak jika dibandingkan wisatawan yang mengunjungi Lombok. Wisatawan yang mengunjungi Bali dalam setiap tahunnya kurang lebih lima ratus ribu pengunjung sementara wisatawan yang mengunjungi Lombok kurang lebih tiga ratus wisatawan.

  • Memiliki Akses untuk Menuju Objek Wisata

Kelebihan selanjutnya jika Anda berlibur ke Bali, Anda akan lebih mudah dalam mengakses objek wisata yang ingin Anda kunjungi. Hampir semua kawasan wisata di Bali dapat Anda jangkau dengan menggunakan kendaraan roda, dua, empat, dan kendaraan umum lainnya dengan ongkos yang cukup terjangkau.

Kekurangan Liburan ke Bali

Berikut beberapa kekurangan liburan ke Bali yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Cocok untuk yang Menyukai Suasana Sepi

Jika Anda menyukai berlibur dengan menikmati suasana yang sepi dengan menikmati keindahan alam, maka Bali kurang cocok untuk Anda karena Bali lebih ramai. Karena itulah jika dibandingkan dengan Lombok, maka Lombok lebih tepat untuk Anda yang menyukai hal ini.

  • Tempat Hiburan Malam Lebih Bebas

Kekurangan lainnya jika Anda berlibur ke Bali, Anda akan menemukan banyak tempat hiburan malam yang lebih bebas untuk diakses. Selain itu, minuman alkohol juga lebih bebas dan tidak terlalu dibatasi. Bagi orang yang tidak menyukai hal ini, maka hal ini kurang cocok bagi Anda. Tapi di Lombok, tempat hiburan malam lebih sulit untuk Anda temukan dan penggunaan alkohol juga tidak dibebaskan.

  • Tempat Snorkeling dan Diving Terbatas

Bali memiliki banyak tempat wisata alam yang dapat memukau mata. Meskipun begitu, jika Anda menyukai aktivitas senorkeling dan diving, tempat di Bali lebih terbatas meskipun ada. Sedangkan di Lombok terdapat banyak tempat yang memiliki keindahan bawah lautnya , salah satunya seperti yang ada di Gili Trawangan.

Kelebihan Liburan ke BaliKekurangan Liburan ke Bali
- Lebih cocok untuk berselancar- Kurang cocok untuk yang menyukai suasana sepi
- Cocok untuk yang menyukai suasana ramai- Tempat hiburan malam lebih bebas
- Memiliki akses untuk menuju objek wisata- Tempat snorkeling dan diving terbatas
Lihat juga:  Pilih Mana: Kertas HVS atau Kertas Folio?

Liburan ke Lombok

Lombok merupakan sebuah pulau yang terdapat di Nusa Tenggara yang dipisahkan oleh Selat Lombok. Lombok terkenal dengan banyaknya wisata alam yang sangat indah, pemandangan bawah laut yang memukau, dan wisata alam tersebut masih alami.

Kelebihan Liburan ke Lombok

Berikut beberapa kelebihan liburan ke Lombok yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Wisata Alam yang Sangat Indah

Salah satu kelebihan Lombok adalah memiliki wisata alam yang sangat indah dan dapat memukau mata. Lombok terkenal dengan pesona alamnya dengan pantai dan pulau-pulau kecil yang indah. Lombok memiliki suasana alam seperti suasana alam di negara Maladewa. Jadi, Lombok adalah tempat yang sangat baik untuk menikmati keindahan suasana alam yang indah dan epik.

  • Cocok untuk Diving dan Snorkeling

Kelebihan lain yang dimiliki oleh pulau Lombok adalah memiliki wisata alam dengan tampilan bawah laut yang sangat memukau. Lombok memiliki wisata alam air dengan pemandangan bawah laut yang sangat indah seperti Gili Trawangan, Gili Air dan lainnya.

  • Cocok untuk yang Menyukai Suasana Tenang

Berbeda dengan Bali yang memiliki wisatawan yang sangat banyak, Lombok cenderung lebih tenang. Bukan berarti Lombok tidak memiliki wisatawan, Lombok juga memiliki banyak wisatawan. Tapi Lombok cenderung masih sangat alami, dan tidak terlalu ramai seperti bali. Dikutip dari Detik.com Lombok lebih cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri atau mendapatkan esensi liburan yang menenangkan.

Kekurangan Liburan ke Lombok

Berikut beberapa kekurangan liburan ke Lombok yang perlu Anda ketahui:

  • Fasilitas Lebih Terbatas

Lombok merupakan pulau yang belum terlalu berkembang seperti Bali. Karena itulah, fasilitas yang terdapat di Lombok ini masih terbatas dan tidak terlalu banyak seperti di Bali. Jika Anda menginginkan tempat penginapan yang mewah dengan fasilitas yang sangat lengkap, maka Bali lebih tepat untuk Anda kunjungi.

  • Budget Lebih Besar

Biaya atau budget yang Anda butuhkan untuk berlibur ke Lombok ini cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan budget yang Anda butuhkan untuk berlibur ke Bali. Hal ini dikarenakan biaya penginapan di Lombok cenderung lebih mahal dibandingkan dengan penginapan di Bali dengan fasilitas yang sama.

  • Area Belanja Terbatas

Jika berbicara tentang area berbelanja, maka Bali lebih unggul daripada Lombok untuk hal ini. Bali memiliki tempat belanja yang cukup banyak dan populer. Tempat berbelanja yang dapat Anda kunjungi misalnya Discovery Shopping Mall dan Beachwalk. Sedangkan di Lombok hanya terdapat beberapa area berbelanja saja dan tidak selengkap seperti di Bali.

Kelebihan Liburan ke LombokKekurangan Liburan ke Lombok
- Memiliki wisata alam yang sangat indah- Fasilitas lebih terbatas
- Cocok untuk diving dan senorkeling- Budget lebih besar
- Cocok untuk yang menyukai suasana tenang- Area belanja terbatas

Pilih Mana: Liburan ke Bali atau Lombok?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara liburan ke Bali dan liburan ke Lombok. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Liburan ke Bali Liburan ke Lombok
- Lebih banyak fasilitas- Fasilitas lebih terbatas
- Lebih cocok untuk melakukan surfing- Lebih cocok untuk snorkeling dan diving
- Hiburan malam dan alkohol lebih longgar- Hiburan malam hampir tidak ada dan alkohol sangat dibatasi

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Bali dan Lombok, dapat kita lihat bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bali merupakan tempat wisata yang telah memiliki fasilitas lebih banyak dan lebih ramai. Sedangkan Lombok lebih tenang dan cenderung masih alami.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Liburan ke Bali vs Lombok

VS

Leave a Reply