AplikasiLayanan

Pilih Mana: LinkAja atau DANA?

Zaman semakin berkembang dengan adanya teknologi yang sangat mutahir saat ini, salah satunya yaitu dengan aplikasi transaksi secara aman dan terpercaya secara online. LinkAja dan Dana sendiri merupakan aplikasi transaksi online yang dimaksudkan untuk orang yang malas atau tidak membawa uang tunai kemanapun. Aplikasi ini tentu sangat memudahkan manusia dalam melakukan transaksi secara mudah dan terpercaya. Mari kita bahas selengkapnya mengenai LinkAja dan Dana. Stay tune guys.

LinkAja

Buat menjawab keinginan warga dalam berbisnis digital yang terjamin, mudah serta serba bisa, beberapa perusahaan milik negara bekerja sama menghadirkan aplikasi LinkAja yang kemudian berada dalam asuhan PT Fintek Karya Nusantara atau Finarya.

LinkAja merupakan layanan finansial elektronik kolaborasi berbagai jenis usaha BUMN yaitu Himbara (BNI, BRI, BTN, Mandiri), Telkomsel, Pertamina, dan Jiwasraya. Dengan begitu, layanan LinkAja mengambil alih fungsi dari layanan keuangan elektronik TCASH kepunyaan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel).

Migrasi konsumen TCASH ke LinkAja telah dicoba semenjak 22 Februari 2019. Sementara itu, integrasi dari tiap-tiap layanan keuangan elektronik milik Himbara, yakni e- cash dari Bank Mandiri, Unikqu dari Bank BNI, serta TBank dari Bank BRI telah dicoba pada 31 Maret 2019.

PT Fintek Karya Nusantara atau Finarya sebagai perusahaan yang menaungi LinkAja mengatakan kalau LinkAja ialah layanan keuangan elektronik yang lahir dari dan buat Indonesia. Kedatangan LinkAja di sektor industri pembayaran digital Indonesia pasti diharapkan bisa memberikan keringanan untuk seluruh pihak terutama para pemakainya. Baca juga Pilih Mana: Gojek atau Grab?

Cara Memakai LinkAja

1. Kunjungi kantor Grapari terdekat di kota kamu.
2. Silahkan hampiri petugas kasir dan informasikan nomor Telkomsel kamu yang akan diisi saldonya
3. Beri informasi nominal yang hendak diisi dan serahkan uang tunai kepada kasir tersebut.
4. Terakhir ikuti instruksi kasir untuk menyelesaikan transaksi kamu.Cara Isi Saldo LinkAja

Selain GraPARI, kamu juga bisa melakukan pengisian saldo LinkAja langsung dari Bank (Jaringan ATM Bersama dan Bank BCA) dengan metode transfer ke rekening bank melalui ATM, m-banking dan Internet banking.

Kamu juga bisa melakukan isi saldo melalui rekening bank (ATM Himbara, mobile banking atau internet banking). Toko ritel, seperti Alfamart, Alfamidi, Circle K, Dan+Dan, Family Mart, Indomaret. GraPARI, Kantor Pos, Mitra LinkAja (MiLa), dan Suzuya.

Kelebihan LinkAja

– Proses yang sangat cepat dan aman
– Bisa transaksi apa saja dengan mudah
– Memiliki promo-promo yang menguntungkan
– Bisa juga membeli voucher game didalamnya

DANA

DANA atau Dompet Digital Indonesia merupakan layanan pembayaran digital berplatform aplikasi, yang mana aplikasinya sudah ada untuk platform Android lewat Google Play Store maupun platform iOS lewat App Store.

Dengan memakai aplikasi ini, para konsumen melakukan berbagai macam transaksi pembayaran, dari mulai buat membeli pulsa, membayar tagihan (listrik, telepon, air sampai BPJS), membeli voucher Google Play, membayar angsuran, serta berbelanja secara online.

Yang lumayan menarik, platform pembayaran yang memperoleh kontribusi anggaran dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) ini sudah bekerja sama dengan banyak platform lain, seperti BBM, Cinema XXI, Bukalapak, Ramayana, serta lain semacamnya.

Atau secara simpel, konsumen dari bermacam macam platform itu bakal menemui sistem pembayaran DANA di dalam platform itu, yang secara langsung dapat dipakai (termasuk buat mendaftar).

Cara Isi Saldo DANA

1. Klik tanda “Top Up” pada atas layar di aplikasi DANA
2. Lalu pilih metode untuk Top Up disitu terdapat layanan debit, transfer, bank dan melalui agen
3. Uang kamu secara otomatis akan ditambahkan ke akun kamu

Isi Saldo DANA

Kamu bisa mengisi ulang saldo DANA melalui Bank Transfer Virtual Account (Akun Virtual) atau Via Minimarket seperti Indomaret lain-lain. Kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai cara pengisian saldo DANA kamu dengan klik icon Top Up (+) di aplikasi DANA Kamu.

Melalui rekening bank BCA, Mandiri, CIMB, Niaga, BNI dan bank lainnya.
Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Lawson dan masih banyak lainnya.

Kelebihan Dana

– Layanan transaksi yang lengkap di dalamnya
– Layanan transaksi yang aman dan terpercaya
– Sistem jaringan yang diawasi selama 24 jam
– Terdapat uang kembali jika terjadi kesalahan saat transaksi

Pilih Mana: LinkAja atau DANA?

LinkAja DANA
Kelebihan - Terdapat promo-promo menarik - Aplikasi transaksi yang cukup lengkap - Mudah dan aman- Layanan transaksi yang cukup lengkap - Jaringan diawasi selama 24 jam - Terdapat refund bila terjadi kesalahan transaksi
Kekurangan - Tidak semua layanan bekerja sama dengan LinkAja - Pengisian saldo tidak semudah DANA- Penggantian nomor berpotensi hilangnya saldo didalamnya - Tidak semua layanan bekerja sama dengan DANA

Kesimpulan

Kemudahan dalam bertransaksi sudah diberikan oleh LinkAja dan DANA sebagai dompet digital kamu. Selain bertransaksi secara online, kamu juga bisa melakukan pengisian pulsa, token listrik, pembayaran air dan semacamnya. Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi harus keluar rumah mengantri sana-sini sambil membawa dompet. Namun jika kalian menginginkan pengisian saldo / Top Up yang paling mudah, maka saya menyarankan DANA untuk aplikasi transaksi secara online kamu, tapi bukan berarti LinkAja ribet ya guys. Tentukan aplikasi transaksi online kamu sesuai kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

LinkAja vs DANA

VS

Leave a Reply