AplikasiLayanan

Pilih Mana: LinkAja atau OVO?

Dompet digital menjadi aplikasi populer masa kini, sebabnya dapat untuk transaksi belanja online, bayar tagihan bulanan dan bahkan bisa untuk membeli pulsa serta paket data dalam satu aplikasi dalam genggaman. Untuk saat ini sudah banyak sekali dompet digital yang bisa kita gunakan yang akan memudahkan dalam bertransaksi ada banyak sekali. Tetapi pada artikel kali ini akan kita bahas LinkAja atau OVO yang merupakan dompet digital yang banyak digunakan saat ini. Apa saja manfaat yang didapatkan? Dan bagaimana cara menggunakan kedua dompet digital tersebut? Cari jawabannya di bawah ya karena sudah kita jabarkan. Semoga bermanfaat!

LinkAja

LinkAja akan menggabungkan dompet digital milik Telkomsel dan Bank BUMN. dengan ini T-Cash Telkomsel, e-cash Bank Mandiri, BNI, dan T-Bank milik BRI akan melebur menjadi LinkAja. Dimana pengguna dapat menggunakan fitur alat pembayaran di merchant-merchant offline yang sebelumnya menjadi rekanan perbankan BUMN dan Telkomsel.

Selain itu kemudahan aplikasi ini juga dapat dirasakan untuk membeli BBM (Bahan Bakar Minyak) di pom bensin, pengiriman uang (remitansi), pembelian pulsa dan internet, pembayaran listrik dan tagihan air PDAM. Layanan lainnya, pembelian paket TV kabel, bayar pembelian gear gaming, pembayaran BPJS Kesehatan, Jiwasraya hingga asuransi CAR. Ada juga fitur pembayaran cicilan ke multifinance, televisi berbayar iflix, dan donasi.

LinkAja juga dibekali dengan teknologi pembaca cepat atau quick response (QR) Code dan near field communication (NFC). Untuk ketersedian dana Link Aja masih menggunakan mekanisme top up, di mana pengguna tidak akan dikenakan biaya bila top up melalui Bank BUMN. Top-up juga bisa dilakukan melalui minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Circle K, Dan+Dan, FamilyMart. Baca juga Pilih Mana: Ovo atau Gopay?

Manfaat LinkAja

Banyak merchant yang sudah bekerja sama dengan LinkAja
Sama halnya dengan berbagai dompet digital, LinkAja juga memiliki banyak fungsi yang bisa anda rasakan dalam bertransaksi. Sedangkan untuk LinkAja terdapat dua tipe yang bisa kalian gunakan, untuk yang pertama adalah Basic Service. Untuk tipe satu ini memiliki batas saldo maksimumnya yakni senilai Rp.200.000.000 rupiah, dimana kalian semua bisa untuk isi saldo, belanja online, bayar serta beli HP dan pastinya bayar merchant. Untuk saat ini sudah terdapat banyak merchant yang sudah bekerja sama dengan LinkAja.

Full service
Lalu untuk tipe LinkAja yang kedua adalah Full Service, untuk tipe ini memiliki saldo maksimumnya yang mencapai 10 juta rupiah. Pada tipe ini bisa dimanfaatkan seperti Basic Service dan selain itu juga bisa kirim uang dan tarik saldo. Itulah fungsi dari kedua tipe LinkAja yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk mendapatkan layanan full service dapat kunjungi saja Grapari di kota kalian semuanya, namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu kalian sudah memiliki aplikasinya.

Membayar tagihan lebih gampang
Memang banyak sekali manfaat yang bisa kalian manfaatkan dengan menggunakan LinkAja, seperti halnya kita mau bayar tagihan, beli pulsa bisa menggunakan LinkAja. Lalu untuk anda para gamer bisa membeli voucher game dengan LinkAja, bahkan untuk tagihan listrik, internet dan lainnya juga bisa.

Promo menarik
Pastikan kalian rajin mengecek aplikasi LinkAja karena selalu ada promo menarik. Ada yang berlaku dalam beberapa bulan, ada juga yang sepanjang tahun. Contoh promo seperti bebas paket data untuk jenis transaksi tertentu, potongan biaya administrasi, cashback hingga gratis biaya pengiriman makanan.

Ragam cara isi saldo
Ada banyak cara mengisi saldo LinkAja. Anda bisa menambah saldo ke akun LinkAja melalui transfer rekening antar bank via ATM Himbara, mobile banking atau internet banking. Alternatif lainnya, datangi Alfamart, Alfamidi, Circle K, Dan+Dan, Family Mart, GraPARI, Indomaret, Kantor pos, Mitra LinkAja (MiLa) dan Suzuya.

Tempat untuk isi saldo LinkAja

Untuk Anda semua yang ingin melakukan isi saldo LinkAja memang sangat mudah sekali, karena kalian dapat melakukan di beberapa tempat. Sedangkan untuk caranya memang sangat mudah sekali serta prosesnya juga sangat cepat, berikut ini merupakan beberapa tempat yang bisa untuk pengisian saldo LinkAja, Grapari & KIOSK, Toko Ritel, ATM, Bank Transfer.

Cara Bayar di Merchant Menggunakan LinkAja

Untuk yang belum pernah mencoba menggunakan LinkAja, pastinya masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menggunakannya. Sebagai contoh saja untuk melakukan pembayaran di beberapa merchant, untuk caranya sendiri terdapat 2 cara yang bisa anda lakukan. Berikut ini kedua cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan pembayaran di beberapa merchant yang sudah ada.

Bayar Dengan cara TAP
Untuk caranya memang sangat mudah sekali kok. Anda cukup ambil smartphone kalian semua dan setelah itu gunakan fitur TAP di merchant. Setelah itu tinggal KLIK LOGO TAP, didalamnya akan terdapat caranya.

Bayar Dengan cara  SNAP
untuk cara yang kedua akan lebih mudah bila dibandingkan dengan cara TAP. Karena anda cukup SNAP QR di merchant yang sudah menyediakan QR Codenya.

OVO

Fintech atau Financial Technology saat ini telah menjadi ladang subur yang menjadi incaran para pemain besar ekonomi di dunia, termasuk di Indonesia. Lippo Group melihat peluang ini dan akhirnya kembali ke lahan bisnis yang pernah mereka tinggalkan di tahun 2008 lalu.

Kembalinya Lippo Group ini tidak lepas dari penguasaan berbagai jaringan reatil, consumer service dan properti yang mereka miliki. Kesannya memang seperti monopoli, tetapi yang namanya bisnis semua harus dilakukan untuk menyelamatkan perusahaan dari pengalaman buruk yang sebelumnya dialami Lippo Bank.

OVO merupakan aplikasi dompet digital yang dikembangkan oleh PT. Visionet Internasional yang mana berafiliasi dengan Lippo Group. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan deposit untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran di berbagai merchant yang bekerja sama dengan OVO.

Pada dasarnya OVO merupakan salah satu solusi pembayaran non-tunai dalam kehidupan sehari-hari.Artinya, OVO memang menyasar golongan masyarakat ekonomi menengah ke atas, yang memang sudah memiliki gaya hidup dengan daily spending yang cukup banyak dan rutin.

Manfaat OVO

Pembayaran cepat
Hanya dengan memasukkan nomor rekening bank atau nomor ponsel yang telah terdaftar, Anda sudah bisa melakukan transaksi. Anda juga akan mendapatkan OVO ID yang bisa ditunjukkan kepada merchant rekanan OVO saat bertransaksi.

OVO juga dapat digunakan untuk membayar listrik, pulsa, paket data, pascabayar, asuransi, BPJS Kesehatan, tv kabel dan iuran lingkungan. Namun untuk asuransi masih terbatas untuk Lippo Insurance dan iuran lingkungan hanya untuk hunian Lippo Group.

Dapat mengatur keuangan dengan tepat
Layanan OVO terbagi atas dua kategori pengguna, OVO Club untuk pengguna biasa dan OVO premier. Di versi premium, Anda diberikan akses untuk fitur pengelolaan pengeluaran.
Bagi pengguna OVO jangan khawatir, karena semua transaksi keuangan yang dilakukan menggunakan OVO akan tercatat dan tersimpan sebagai data. Ada laman History yang memudahkan Anda dalam memantau pengeluaran .

Merchant yang terkenal di banyak tempat
Saat ini sudah ada ratusan merchant yang menjadi rekanan OVO, antara lain hypermart, First Media, Matahari Departemen Store, BIG TV, Bolt!, Cinemaxx, Maxx Coffee, MatahariMall.com, Books & Beyond, Foodmart Gourmet, Foodmart Fresh, Agoda, Siloam Hospital, dan masih banyak lagi. Anda bisa menggunakan OVO Cash dan OVO Points di berbagai merchant rekanan OVO tersebut. Nikmati penawaran menariknya dan kumpulkan poinnya.

Promo menarik
Ada banyak penawaran menarik yang dapat Anda temukan di page Deals. Anda hanya diminta untuk scan boarding pass dengan aplikasi OVO dan akan langsung mendapatkan poinnya. Selain itu cashback 10% jika Anda berbelanja di Hypermart, dan masih banyak lagi.

Spesialnya lagi, bagi pengguna yang melakukan transaksi pertama kalinya akan mendapatkan cashback 100 persen. Pembelian minimal Rp25.000 dengan OVO Cash akan mendapatkan bonus cashback 25.000 OVO Points.

Tempat untuk isi saldo OVO

Untuk melakukan isi saldo OVO memang sangat mudah sekali, karena kalian dapat melakukan di beberapa tempat. Sedangkan untuk caranya memang sangat mudah sekali serta prosesnya juga sangat cepat, berikut ini merupakan beberapa tempat yang bisa untuk pengisian saldo OVO, Minimarket, ATM, Bank Transfer. Mobile Banking, Via kartu debit.

Cara Bayar di Merchant Menggunakan OVO

Cara Bayar Pakai OVO Dengan Nomor Telpon
Untuk langkah pertama cukup masukan nomor telpon yang terdaftar pada aplikasi OVO pada mesin EDC, Setelah berhasil, akan ada notifikasi pada aplikasi OVO, Apabila pembayaran lebih dari 100 ribu rupiah, kalian harus memasukan password untuk konfirmasi.

Cara Bayar Pakai OVO Dengan Scan Barcode
Untuk langkah pertama cukup buka aplikasinya dan klik saja Scan, Kemudian serahkan ke kasir guna untuk proses scanning, Jika berhasil akan ada notifikasi pada aplikasi OVO.

Cara Bayar Pakai OVO Dengan Scan QR Code
Untuk langkah pertama cukup buka aplikasinya dan klik saja Scan QR di kasir, Jika berhasil akan ada notifikasi pada aplikasi OVO.

Pilih Mana: Link Aja atau OVO?

Link AjaOVO
Kelebihan- Fitur yang lengkap - Mempermudah transaksi untuk berbelanja online - Promo menarik- Melakukan pembayaran lebih cepat dan aman - OVO juga menawarkan loyalty reward - Merchant yang telah tersebar di seluruh Indonesia
Kekurangan- Tidak semua layanan umum atau pusat perbelanjaan - Cara bayar di merchant hanya menggunakan dua cara- Masih ada tagihan yang belum lengkap seperti belum adanya pembayaran BPJS Ketenagakerjaan, PBB dll - Upgrade dari OVO Club ke OVO Premiere harus datang ke booth langsung blm bisa dilakukan secara online.

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua dompet digital LinkAja atau OVO menawarkan kepraktisan dalam bertransaksi secara online maupun offline tanpa perlu menggunakan uang cash. Tetapi jika kalian termasuk orang yang aktif dalam berbelanja online dan membayar tagihan bulanan maupun sering berpergian ke luar kota LinkAja dapat menjadi aplikasi yang tepat untuk anda karena fitur di dalamnya sudah bekerjasama dengan berbagai merchant. Tetapi jika kalian termasuk pengguna harian Grab jangan lewatkan menggunakan OVO ya, karena banyak sekali penawaran menarik dan promo yang menggiurkan khusus untuk pengguna Grab loh!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Link Aja VS OVO

VS

Leave a Reply