Kecantikan

Pilih Mana: Lipstik atau Lip Cream?

Salah satu alat kosmetik yang hampir menjadi syarat wajib perempuan adalah perona bibir. Banyak jenis perona bibir yang dapat Anda pakai. Dua di antara jenis perona bibir tersebut yaitu lipstik dan lip cream. Manakah yang paling sesuai untuk Anda gunakan? Lipstik atau lip cream?

Lipstik dan lip cream sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membuat bibir menjadi berwarna dan lebih cerah. Namun, kedua kosmetik ini memiliki banyak perbedaan. Lipstik telah ada sejak dulu sebelum munculnya lip cream. Sesuai dengan namanya lipstik berbentuk stik seperti batang. Sedangkan lip cream berbentuk cream.

Lipstik

Lipstik merupakan sebuah kosmetik yang memiliki kemampuan untuk memberikan warna pada bibir. Sesuai dengan namanya, lipstik memiliki bentuk seperti batang dan biasanya dikeluarkan dengan cara memutar. Baca juga Pilih Mana: Lipstik matte vs glossy?

Kelebihan Lipstik

Berikut beberapa kelebihan lipstik yang perlu Anda ketahui:

  • Terasa Lebih Nyaman di Bibir

Salah satu kelebihan lipstik dibandingkan dengan lip cream adalah terasa lebih nyaman di bibir. Jika menggunakan lip cream bibir Anda akan terasa lebih kering dan terasa seperti dicengkram. Namun, menggunakan lipstik dapat membuat bibir Anda terasa lebih nyaman dan tidak terlalu kering.

  • Lebih Rata Saat Diaplikasikan di Bibir

Kelebihan lain yang akan Anda dapatkan jika menggunakan lipstik adalah lebih rata saat diaplikasikan ulang. Ketika lipstik sudah mulai terhapus dan memudar, Anda tentunya perlu mengaplikasikan ulang lipstik Anda. Saat Anda mengaplikasikan ulang lipstik pada sisa lipstik sebelumnya, warna dan tekstur lipstik tampak lebih rata dan tidak menggumpal.

  • Cocok Bagi Anda yang Memiliki Bibir Kering

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh lipstik adalah cocok bagi Anda yang memiliki bibir yang kering. Hal ini dikarenakan lipstik memberikan kesan yang sedikit lebih lembap daripada lipcream. Dengan demikian bibir Anda tidak akan menjadi lebih kering.

Kekurangan Lipstik

Berikut beberapa kekurangan lipstik yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Mudah Terhapus

Salah satu kekurangan lipstik adalah lebih mudah terhapus dibandingkan dengan lipcream. Jika Anda menggunakan lipstik kemudian Anda makan atau minum, maka lipstik akan menempel pada gelas atau pada sendok saat Anda makan. Karena itulah lipstik lebih cepat habis sehingga Anda harus mengaplikasikan ulang lipstik pada bibir.

  • Kurang Memberikan Kesan Natural

Kekurangan lain yang dimiliki oleh lipstik adalah kurang memberikan kesan natural pada bibir. Karena itulah, Anda sebaiknya menggunakan warna-warna yang tidak terlalu mencolok. Menggunakan warna-warna seperti ungu, coklat, dan warna sejenisnya pada lipstik dapat membuat penampilan Anda menjadi kurang sesuai.

  • Lebih Mudah Habis

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki lipstik adalah lebih cepat dan lebih mudah habis jika dibandingkan dengan lip cream. Hal ini dikarenakan lipstik mudah terhapus sehingga Anda perlu mengaplikasikan lipstik berulang-ulang dan dapat membuat lipstik menjadi lebih cepat habis.

Kelebihan LipstikKekurangan Lipstik
- Terasa lebih nyaman di bibir- Lebih mudah terhapus
- Lebih rata saat diaplikasikan di bibir- Kurang memberikan kesan natural
- Cocok bagi anda yang memiliki bibir kering- Lebih mudah habis

Lip Cream

Lip cream merupakan salah satu produk kecantikan yang memiliki fungsi untuk memberikan warna pada bibir. Lip cream berbeda dengan lipstik biasanya, lip cream memiliki tekstur seperti krim sehingga pengaplikasiannya lebih mudah.

Kelebihan Lip Cream

Berikut beberapa kelebihan lip cream yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Tahan Lama di Bibir

Salah satu kelebihan lip cream adalah memiliki daya tahan yang lebih lama pada bibir. Lip cream yang Anda aplikasikan pada bibir lebih sulit terhapus jika dibandingkan dengan lipstik. Jika Anda merupakan orang yang tidak menyukai untuk touch up pada bibir berulang-ulang, maka Anda sebaiknya menggunakan lip cream daripada lipstik.

  • Memberikan Tampilan Lebih Natural

Kelebihan lain yang dimiliki oleh lip cream adalah memberikan tampilan yang lebih natural jika dibandingkan dengan lipstik. Karena memberikan tampilan yang lebih natural ini, Anda dapat menggunakan warna-warna mencolok dengan sempurna. Dikutip dari Tempo.co lip cream bisa membuat warna pada bibir menjadi lebih keluar.

  • Lebih Awet dan Tidak Mudah Habis

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh lip cream adalah memiliki lebih awet dan tidak mudah habis. Hal ini dikarenakan lipcream lebih sulit terhapus pada bibir sehingga Anda tidak perlu mengaplikasikan lip cream terlalu sering. Karena itulah lip cream lebih awet dan tidak mudah habis.

Kekurangan Lip Cream

Berikut beberapa kekurangan lip cream yang perlu Anda ketahui:

  • Terasa Kurang Nyaman di Bibir

Salah satu kekurangan lip cream adalah memberikan rasa yang kurang nyaman pada bibir. Jika Anda mengaplikasikan lip cream pada bibir Anda, bibir akan terasa lebih kering dan membuat bibir terasa seperti tertarik dan tercengkram. Dengan demikian, memakai lip cream membuat bibir terasa lebih berat jika dibandingkan lipstik.

  • Tekstur Menjadi Kurang Rata Jika Diaplikasikan Ulang

Kekurangan lain yang dimiliki oleh lip cream adalah dapat membuat tampilan lipstik pada bibir menjadi kurang rata. Hal ini dikarenakan jika Anda makan atau minum, lip cream hanya terhapus pada bagian tertentu saja. Sedangkan sisanya menjadi agak menggumpal, jika Anda aplikasikan ulang dan menimpa sisa lip cream, maka lip cream pada bibir akan menggumpal.

  • Kurang Cocok Bagi yang Memiliki Bibir Kering

Bagi Anda yang memiliki bibir kering, maka kurang cocok bagi Anda untuk menggunakan lip cream. Hal ini dikarenakan lip cream akan membuat bibir Anda menjadi lebih kering. Selain itu, bibir Anda yang kering akan tampak seperti garis retakan-retakan dan pecah-pecah.

Kelebihan Lip CreamKekurangan Lip Cream
- Lebih tahan lama di bibir- Terasa kurang nyaman di bibir
- Memberikan tampilan lebih natural - Tekstur menjadi kurang rata jika diaplikasikan ulang
- Lebih awet dan tidak mudah habis- Kurang cocok bagi yang memiliki bibir kering

Pilih Mana: Lipstik atau Lip Cream?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara lipstik dan lip cream. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

LipstikLip Cream
- Memiliki bentuk batang seperti stik- Memiliki tekstur seperti cream
- Cocok untuk semua jenis bibir- Kurang cocok untuk bibir kering
- Lebih mudah habis- Lebih awet dan tahan lama

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai lipstik dan lip cream di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan lipstik atau lip cream harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi bibir dan kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki bibir kering maka Anda sebaiknya menggunakan lipstik. Tapi jika Anda memiliki bibir yang normal, maka Anda dapat menggunakan jenis lipstik apapun.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lipstik vs Lip Cream

VS

Leave a Reply