Kecantikan

Pilih Mana: Lipstik Matte atau Glossy?

Tampil cantik dan selalu menarik merupakan dambaan hampir semua perempuan. Untuk memaksimalkan penampilan banyak perempuan yang akan melakukan berbagai cara. Salah satunya, yaitu menggunakan lipstik agar wajah terlihat lebih segar dan fresh. Terdapat dua jenis lipstik yang dapat Anda pilih untuk digunakan, yaitu lipstik matte dan glossy. Anda perlu memilih dan menyesuaikan lipstik yang paling sesuai untuk Anda, apakah lipstik matte atau glossy?

Sesuai dengan namanya, lipstik matte memberikan hasil akhir yang matte dan lebih menyatu dengan bibir, sedangkan lipstik glossy memberikan hasil akhir yang mengkilap. Lipstik matte lebih cocok untuk digunakan bibir yang tidak terlalu kering, sedangkan lipstik glossy sangat cocok untuk digunakan pemilik bibir yang kering dan pecah-pecah karena dapat melembapkan. Baca juga Pilih Mana: Setrika Wajah atau Tanam Benang?

Lipstik Matte

Lipstik matte merupakan lipstik yang memiliki bahan yang matte atau memiliki sifat yang kering pada bibir sehingga tidak menimbulkan kilap atau kesan berminyak pada bibir. Saat ini lipstik matte tengah populer digunakan.

Kelebihan Lipstik Matte

Berikut beberapa kelebihan lipstik matte yang perlu Anda ketahui:

  • Warna Pigmented

Salah satu alasan utama dalam mengenakan lipstik matte adalah jika dibandingkan dengan lipstik glossy, lipstik matte memang cenderung lebih awet di bibir. Bahkan ketika Anda makan sopan dan minum air, lipstik matte ini tidak akan luntur dari bibir Anda. Sedikit fading iya, tapi warna dari lipstik tersebut akan tetap menempel pada bibir Anda. Warna yang pigmented ini dapat dengan sempurna menutupi warna asli bibir Anda, meskipun warna yang dipakai adalah warna yang natural. Jadi, jika Anda cenderung memiliki warna bibir yang gelap, untuk menutupinya Anda lebih cocok menggunakan lipstik matte.

  • Lebih Tahan Lama

Kelebihan lain yang dimiliki lipstik matte adalah dapat bertahan lama di bibir. Hal ini dikarenakan lipstik matte memiliki tekstur yang lebih kering dan sangat menempel pada bibir, sehingga lipstik tidak akan mudah hilang seperti saat menggunakan lipstik glossy. Selain itu, ketika Anda menggunakan lipstik matte, lipstik tidak akan mudah melebar atau berantakan di sekitar bibir Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu untuk selalu merapikan lipstik setiap kali sudah makan ataupun saat lipstik terkena sesuatu.

  • Bibir Tampak Lebih Padat dan Natural

Menggunakan lipstik yang berjenis matte memang biasanya dipakai pada seluruh bagian bibir. Penggunaan lipstik matte ini dapat membuat bibir lebih padat dan berbentuk, serta tampak lebih natural karena bibir tidak mengkilap. Dengan menggunakan lipstik jenis matte ini tampilan Anda akan tampak lebih elegan dan menarik.

Kekurangan Lipstik Matte

Berikut beberapa kekurangan lipstik matte yang perlu Anda ketahui:

  • Susah untuk Dibersihkan

Salah satu kekurangan lipstik matte adalah susah untuk dibersihkan dan sangat menempel pada bibir. Tekstur lipstik matte yang kering membuat lipstik sulit untuk dibersihkan di bibir. Kadang, setelah dibersihkan pun, lipstik masih ada yang tersisa dan menempel pada bibir. Lipstik yang menempel terlalu lama pada bibir dapat membuat bibir menjadi kurang sehat. Karena itu jika Anda menggunakan lipstik jenis matte, Anda perlu membersihkannya dengan seksama.

  • Tidak Cocok untuk Bibir Kering

Karena memiliki tekstur yang kering, lipstik matte tidak cocok untuk diaplikasikan pada bibir yang kering. Bibir yang kering akan menjadi semakin kering jika menggunakan lipstik matte ini. Bagi Anda yang memiliki bibir yang kering, sebaiknya Anda menggunakan lipstik yang tidak memiliki tekstur yang kering pula. Dikutip dari Vemale.com untuk menyiasati bibir yang kering dan pecah-pecah akibat lipstik matte, Anda dapat menggunakan lipbalm atau minyak zaitun.

  • Tidak Mengandung Pelembap

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki lipstik matte adalah tidak dilengkapi dengan bahan pelembap. Hal ini akan membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah jika terlalu sering dan lama digunakan. Agar bibir tidak terlalu pecah-pecah nantinya, sebaiknya Anda mengaplikasikan pelembap bibir terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lipstik yang memiliki tekstur matte.

Kelebihan Lipstik MatteKekurangan Lipstik Matte
- Warna pigmented - Susah untuk dibersihkan
- Lebih tahan lama - Tidak cocok untuk bibir kering
- Bibir tampak lebih padat dan natural - Tidak mengandung pelembap
Lihat juga:  Pilih Mana: Body Lotion atau Body Serum?

Lipstik Glossy

Sesuai dengan namanya, lipstik glossy merupakan lipstik yang memberikan hasil akhir yang glossy atau mengkilap. Lipstik ini memiliki warna yang agak transparan dan memberikan kelembapan pada bibir pemakainya.

Kelebihan Lipstik Glossy

Berikut beberapa kelebihan lipstik glossy yang perlu Anda ketahui:

  • Menjadikan Bibir Tampak Fresh dan Berkilau

Salah satu kelebihan lipstik glossy adalah memberikan hasil akhir yang fresh dan berkilau. Lipstik yang memiliki tekstur lebih berminyak ini akan membuat bibir tampak berkilau. Bibir Anda akan tampak lebih sehat karena tidak kering dan pecah-pecah saat memakainya.

  • Mudah Dibersihkan

Kelebihan lain yang dimiliki lipstik ini adalah sangat mudah untuk dibersihkan. Teksturnya yang ringan dan berminyak dapat dengan mudah hilang hanya dengan satu atau dua kali hapusan saja. Hal ini tentunya memberikan dampak yang baik, karena bibir dapat bersih dengan sempurna dan dapat istirahat dari penggunaan lipstik. Hal ini diperlukan agar bibir menjadi lebih sehat dan tidak terkena dampak bahan kimia yang menempel pada bibir.

  • Cocok Digunakan untuk Bibir Kering

Lipstik glossy sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki bibir yang kering atau pecah-pecah. Lipstik glossy memiliki kandungan pelembap sehingga dapat melembapkan serta menyehatkan bibir Anda agar tidak kering dan pecah-pecah. Bagi Anda yang memiliki bibir pecah-pecah, sebaiknya menggunakan lipstik jenis matte ini.

Kekurangan Lipstik Glossy

Berikut beberapa kekurangan lipstik glossy yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah Luntur dan Tidak Tahan Lama

Salah satu kekurangan lipstik glossy adalah sangat mudah luntur dan tidak tahan lama. Hal ini tentu akan merepotkan Anda untuk mengaplikasikan lipstik berulang-ulang. Ini juga dapat membuat lipstik menjadi lebih cepat habis. Lipstik ini tidak hanya mudah luntur saat Anda makan ataupun minum, tapi lipstik ini juga mudah menyebar ke mana-mana saat tersentuh apapun. Hal ini akan membuat tampilan menjadi agak berantakan.

  • Mudah Menempel Pada Barang

Saat Anda minum menggunakan sedotan, lipstik ini sangat mudah menempel dan meninggalkan noda. Saat tersentuh pakaianpun, lipstik akan banyak menempel pada pakaian. Anda harus ekstra hati-hati saat menggunakan lipstik jenis ini. Karena bisa membuat banyak barang mudah terkena noda lipstik.

  • Terlihat Menggumpal dan Kurang Natural

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh lipstik glossy ini adalah mudah terlihat menggumpal dan kurang natural. Lipstik yang menggumpal akan membuat Anda harus menghapusnya dan mengaplikasikannya ulang. Selain itu, tampilan yang terlalu mengkilap kurang natural atau kurang cocok untuk digunakan untuk beraktivitas sehari-hari karena terlalu mencolok.

Kelebihan Lipstik GlossyKekurangan Lipstick Glossy
- Menjadikan bibir tampak fresh dan berkilau - Mudah luntur dan tidak tahan lama
- Mudah untuk dibersihkan - Mudah menempel pada barang
- Cocok untuk bibir yang kering - Terlihat menggumpal dan kurang natural

Pilih Mana: Lampu Lipstik Matte atau Glossy?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara lipstik matte dan glossy. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Lipstik MatteLipstik Glossy
- Memberikan hasil akhir yang matte dan kering - Memberikan hasil akhir yang glossy atau mengkilap
- Cocok dipakai untuk bibir yang tidak kering - Cocok dipakai bibir yang kering dan pecah-pecah
-Lebih tahan lama - Lebih cepat luntur dan tidak tahan lama

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai lipstik matte dan glossy di atas, Anda dapat menggunakan jenis lipstik sesuai dengan jenis bibir Anda. Jika bibir Anda tidak kering dan pecah-pecah, maka tidak masalah menggunakan lipstik matte. Tapi jika bibir Anda kering, sebaiknya menggunakan lipstik glossy. Untuk aktivitas sehari-hari, lipstik yang lebih cocok adalah lipstik matte karena tidak terlalu mencolok dan tidak mengkilap.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lipstik Matte vs Glossy

VS

Leave a Reply