Finance

Pilih Mana: LLG atau RTGS?

Aktivitas perusahaan, pribadi ataupun bisnis tidak bisa terlepas dari kegiatan proses transfer. Terdapat beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk bisa mendukung proses transfer ini. Dua di antara layanan yang dapat Anda gunakan adalah LLG (Lalu Lintas Giro) dan RTGS (Real Time Gross Settlement). Jika Anda akan melakukan transfer dana, manakah yang akan Anda gunakan? LLG atau RTGS?

LLG dan RTGS merupakan dua layanan yang akan membantu Anda dalam mentransferkan dana. LLG biasanya digunakan oleh orang yang tidak memiliki urgensi yang tinggi dan lebih santai. Sedangkan RTGS biasanya digunakan oleh orang yang mengutamakan kecepatan dan dengan nominal yang cukup besar. Baca juga Pilih Mana: Termos Kaca atau Stainless?

LLG

Dalam transfer LLG akan melalui proses kliring yang akan melihat apakah nominal yang akan dikirimkan sesuai dan mencukupi dengan saldo yang dimiliki. Waktu yang dibutuhkan untuk transfer dengan layanan ini adalah sekitar 2 hingga 3 hari kerja.

Kelebihan LLG

Berikut beberapa kelebihan LLG yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Melakukan Transfer untuk Nominal yang Tidak Terlalu Besar

Salah satu kelebihan melakukan transfer menggunakan LLG atau Lalu Lintas Giro adalah Anda dapat melakukan transfer degan nominal yang terlalu besar. Dengan demikian jika Anda harus melakukan transfer dengan nominal yang terbatas, Anda dapat melakukannya dengan mentransfer menggunakan LLG (Lalu Lintas Giro).

  • Biaya Transfer Relatif Terjangkau

Kelebihan lainnya yang akan Anda dapatkan jika melakukan transfer menggunakan LLG (Lalu Lintas Giro) adalah potongan biaya transfer tidak terlalu besar dan relatif terjangkau. Biaya melakukan transfer menggunakan LLG (Lalu Lintas Giro) hanyalah sebesar Rp. 5000 hingga Rp. 15.000 saja. Dengan demikian, Anda tidak akan terbeban oleh biaya transfer.

  • Tidak Ada Penundaan Tambahan

Karena waktu yang dibutuhkan dalam mentransfer LLG (Lalu Lintas Giro) sudah terbilang lama, maka tidak ada penambahan penundaan waktu pengiriman dana. Misalnya Anda mengirimkan dana dan diperkirakan akan sampai pada akhir bulan, maka dana tersebut akan sampai sesuai waktu yang telah diperkiraan dan tidak ada penambahan waktu penundaan.

Kekurangan LLG

Berikut beberapa kekurangan LLG yang perlu Anda ketahui:

  • Membutuhkan Waktu Pengiriman yang Lama

Salah satu kekurangan menggunakan LLG (Lalu Lintas Giro) dalam melakukan transfer adalah uang yang Anda kirimkan atau transferkan akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk sampai pada penerima. Umumnya waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 2 hingga 3 hari kerja. Ini merupakan waktu yang cukup lama.

  • Tidak Memberikan Notifikasi

Proses pengiriman dana menggunakan LLG (Lalu Lintas Giro) dapat digunakan melalui internet banking. Di layanan tertentu, pengguna tidak diberikan notifikasi bahwa dana akan sampai kepada penerima dengan memakan waktu 2 hingga 3 hari. Hal ini tentu akan membingungkan bagi pengguna yang baru menggunakan layanan LLG dan khawatir karena dana belum sampai kepada penerima.

  • Tidak Cocok untuk Urgensi yang Tinggi

Kekurangan lainnya menggunakan LLG (Lalu Lintas Giro) adalah kurang cocok digunakan bagi orang yang memiliki urgensi yang tinggi. Layanan ini lebih cocok digunakan untuk orang yang tidak memerlukan kecepatan dan lebih santai.

Kelebihan LLGKekurangan LLG
- Dapat melakukan transer untuk nominal yang tidak terlalu besar - Membutuhkan waktu pengiriman yang lama
- Biaya transfer relatif terjangkau - Tidak memberikan notifikasi
- Tidak ada penudaan tambahan- Tidak cocok untuk urgensi yang tinggi

RTGS

Layanan ini sama dengan kliring, bedanya waktu yang dibutuhkan relatif lebih cepat yakni sekitar 4 jam saja. Layanan ini juga memiliki minimal jumlah transfer agar dapat digunakan.

Kelebihan RTGS

Berikut beberapa kelebihan RTGS yang perlu Anda ketahui:

  • Waktu Pengiriman yang Lebih Cepat

Salah satu kelebihan yang dimiliki RTGS (Real Time Gross Settlement) adalah memberikan waktu yang lebih cepat daripada LLG (Lalu Lintas Giro). Uang yang Anda transferkan akan dikirimkan secara real time, namun real time di sini bukan berarti uang yang Anda transfer akan sampai saat itu juga. Tetapi uang akan sampai dengan membutuhkan waktu sekitar 4 jam saja. Dibandingkan dengan LLG (Lalu Lintas Giro) jelas waktu pengiriman RTGS (Real Time Gross Settlement) jauh lebih cepat. Dikutip dari Liputan6.com RTGS dapat menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki bisnis dengan nilai yang besar.

  • Cocok untuk Transfer dengan Nominal yang Besar

Kelebihan lain yang dimiliki RTGS (Real Time Gross Settlement) adalah cocok digunakan bagi Anda yang ingin mentransfer dengan nominal yang lebih besar ke antar bank. Jika Anda ingin mentransfer dana dengan nominal yang besar dan dengan waktu yang lebih cepat, sebaiknya Anda menggunakan RTGS (Real Time Gross Settlement).

  • Cocok untuk Orang yang Memiliki Tingkat Urgensi yang Tinggi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh RTGS (Real Time Gross Settlement) adalah cocok digunakan bagi orang yang memiliki urgensi yang tinggi dan perputaran dana yang cepat. Dengan layanan ini Anda dapat melakukan semuanya lebih cepat dan dengan nilai dana yang cukup besar.

Kekurangan RTGS

Berikut beberapa kekurangan RTGS yang perlu Anda ketahui:

  • Biaya Transfer Lebih Mahal

Salah satu kekurangan RTGS (Real Time Gross Settlement) adalah biaya transfer yang akan dikenakan ketika melakukan pengiriman lebih besar daripada biaya transfer yang dikenakan saat melakukan pengiriman menggunakan LLG (Lalu Lintas Giro). Biaya transfer yang dikenakan berkisar dari Rp. 25.000 hingga Rp. 50.0000.

  • Terdapat Minimal Jumlah Transfer

Kekurangan lain dalam menggunakan RTGS (Real Time Gross Settlement) adalah hanya dapat Anda gunakan untuk pengiriman dengan nominal yang cukup besar. Minimum nominal untuk bisa menggunakan layanan RTGS (Real Time Gross Settlement) ini adalah Rp. 100 juta. Dengan demikian Anda tidak bisa memanfaatkan layanan RTGS (Real Time Gross Settlement) jika nominal yang akan Anda kirimkan di bawah Rp. 100 juta.

  • Masih Terjadi Penundaan

Pada waktu pengiriman tertentu, uang yang akan Anda transferkan akan terjadi penundaan. Misalnya jika Anda mentransfer menggunakan RTGS (Real Time Gross Settlement) di atas jam 3 sore, uang yang Anda transferkan akan sampai pada esok harinya. Kemudian jika Anda melakukan transfer di akhir bulan, maka akan terjadi penundaan pula selama satu hari karena ada proses tutup buku. Dengan demikian, jika Anda berniat menggunakan RTGS (Real Time Gross Settlement), Anda perlu menyesuaikan waktu yang tepat.

Kelebihan RTGSKekurangan RTGS
- Waktu pengiriman yang lebih cepat - Biaya transfer lebih mahal
- Cocok untuk transfer dengan nominal yang besar- Terdapat minimal jumlah transfer
- Cocok untuk orang yang memiliki tingkat urgensi yang tinggi- Masih terjadi penundaan

Pilih Mana: LLG atau RTGS?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara LLG dan RTGS. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua layanan tersebut:

LLGRTGS
- Membutuhkan waktu pengiriman 2 hingga 3 hari - Membutuhkan waktu pengiriman hingga 4 jam
- Biaya transfer lebih kecil- Biaya transfer lebih besar
- Tidak harus mentransfer dengan nominal yang besar- Minimal nominal transfer Rp. 100 juta

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai LLG dan RTGS dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika uang yang akan Anda transferkan di atas Rp. 100 juta dan Anda membutuhkan waktu yang cepat, Anda sebaiknya menggunakan RTGS. Tapi jika Anda akan mentransferkan dana dengan waktu yang tidak terlalu mendesak atau lebih santai, Anda sebaiknya menggunakan LLG saja.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

LLG vs RTGS

VS

Leave a Reply