Smartphone

Pilih Mana: Lumia 920 atau Zenfone 2 Laser?

Saat ini, Nokia juga ikut andil melengkapi pasar smartphone dunia dengan menghadirkan smartphone yang diberi nama Lumia 920. Banyak yang bertanya-tanya, apa sih kelebihan dari Nokia ini? Lalu ada juga yang beranggapan pesaing Lumia 920 adalah salah satu perangkat dari Asus yakni Zenfone 2 Laser. Menarik untuk dibandingkan, lantas di antara keduanya bagus mana Lumia 920 atau Zenfone 2 Laser?

Lumia 920

Lumia 920 merupakan smartphone dari Nokia yang menjalankan sistem operasi Windows Phone 8. Lumia 920 sendiri dipersenjatai oleh prosesor Qualcomm MSM8960 Snapdragon dual core 1,5 GHz Krait GPU Adreno 225 yang dipadukan RAM 1 GB. Baca juga Pilih Mana: Oppo F9 atau Oppo A7?

Kelebihan Lumia 920

1. Besar Pada Kerapatan Pikselnya
Lumia 920 mendukung layar dengan kerapatan piksel lebih besar yakni 332 piksel. Semantara Zenfone 2 Laser hanya mendukung layar dengan kerapatan piksel yang lebih rendah hanya 294 ppi. Dalam hal ini terlihat tampilan layar pada Lumia 920 jauh lebih baik.

2. Penyimpanan Internal 2x Lipat
Walau RAM-nya hanya 1 GB, namun penyimpan internal yang dimiliki Lumia 920 cukup besar yakni berkapasitas mencapai 32 GB. Dan sebaliknya ruang penyimpanan internal yang dimiliki Zenfone 2 Laser hanya berkapasitas 16 GB.

Kekurangan Lumia 920

1. Hanya Memiliki Sokongan Baterai Kecil
Baterai merupakan salah satu komponen yang harus ada di setiap ponsel untuk menjadi sumber hidupnya ponsel. Ponsel Lumia 920 tergolong memiliki sokongan baterai kecil yang hanya berkapasitas 2000 mAh. Kapasitas baterai ini masih terlalu rendah apabila dibandingkan kapasitas baterai dari Zenfone 2 Laser.

2. Layar Hanya Berukuran 4,5 inci
Dikutip dari Kompas.com, Zenfone 2 Laser memiliki bentang layar berukuran 5,5 inci. Sedangkan pada Lumia 920 memiliki ukuran layar kecil hanya 4,5 inci. Intinya, semakin besar ukuran layar yang dimiliki ponsel, maka berpengaruh pada semakin baik pengalamanan penggunanya saat melakukan aktivitas di smartphone miliknya.

Zenfone 2 Laser

Zenfone 2 Laser merupakan salah satu tipe smartphone yang diproduksi dan dipasarkan oleh Asus. Perangkat ini dilengkapi dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop, yang dipersenjatai oleh otak dari Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 quad core 1,2 GHz Cortex-A53 yang dipadukan RAM 2 GB.

Kelebihan Zenfone 2 Laser

1. Daya Baterai Lebih Kuat
Walaupun hanya selisih 400 mAh, namun perbandingan antara daya baterai Zenfone 2 Laser tergolong 20% lebih kuat dibandingkan daya baterai dari Lumia 920. Zenfone 2 Laser berkapasitas baterai 2400 mAh.

2. RAM 2 GB
Membahas RAM yang dimiliki keduanya, nampak RAM 2 GB yang disematkan pada Zenfone 2 Laser lebih besar dibanding RAM yang diberikan Nokia untuk Lumia 920. RAM Lumia 920 hanya dibenamkan sebesar 1 GB saja. RAM ini tidak begitu cukup jika digunakan oleh penggunanya yang membutuhkan RAM besar.

Kekurangan Zenfone 2 Laser

1. Belum Memiliki Pengeras Suara Stereo
Zenfone 2 Laser belum memiliki pengeras suara stereo yang dimiliki Lumia 920. Pengeras suara ini menjadi pengantar suara yang menciptakan suara yang lebih kaya dan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan.

2. Belum Mendukung Pengisian Ulang Daya Nirkabel
Jika membahas dukungan pengisian ulang daya nirkabel, sayangnya Zenfone 2 Laser belum mendukung fitur tersebut. Fitur ini ada di Lumia 920 yang menawarkan pengisian daya hanya perlu dilakukan dengan meletakkan Lumia 920 di alas pengisian daya.

Pilih Mana: Lumia 920 atau Zenfone 2 Laser?

Lumia 920Zenfone 2 Laser
Kecepatan total clock– 2 x 1,5 GHz– 4 x 1,2 GHz
Dilengkapi NFC– Sudah mendukung fitur ini– Belum tersedia di perangkat
Mendukung dua kartu SIM– Hanya memiliki satu kartu SIM– Sudah mendukung dua kartu SIM

Kesimpulan

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan di atas, nampaknya Zenfone 2 Laser lebih unggul dari beberapa aspek yang ada. Baik itu kapasitas baterai, prosesor, kamera dan lain sebagainya. Dan apabila membahas Lumia 920 hanya menonjok pada fitur pengisian daya yang bisa dilakukan hanya dengan meletakkan perangkat di alas pengisian daya nirkabel, sehingga pengguna tidak perlu memasang dan melepas kabel chager layaknya di ponsel lain. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lumia 920 vs Zenfone 2 Laser

VS

Leave a Reply