Auto TechPhotographyTechnology

Pilih Mana: Lumix G7 vs Canon M50

Kamera mirrorless kini semakin populer dibandingkan dengan kamera DSLR. Kamera mirrorless menjadi kegemaran banyak orang karena dinilai lebih mumpuni dibandingkan kamera DSLR. Oleh karena itu, ada banyak produk kamera mirrorless yang kini bertebaran di jajaran toko elektronik yang dapat dengan mudah kamu jumpai di mana saja.

Lumix G7 yang merupakan kamera mirrorless produksi dari brand elektronik terkenal panasonic merupakan salah satu kamera mirrorless yang kini sedang menjadi perbincangan hangat dan dibandingkan kemampuannya dengan kamera mirrorless yang juga cukup terkenal yaitu canon m50. Untuk kamu yang belum tahu apa saja perbedaan kedua kamera ini dan mana satu di antara mereka yang lebih baik, yuk simak ulasan yang sudah ada di bawah!

Pilih Mana: Lumix G7 vs Canon M50

Panasonic Lumix G7

G7 merupakan kamera generasi terbaru dari seri kamera mirrorless yang diproduksi oleh brand kenamaan Panasonic. Desain atau bentuk fisik dari kamera Panasonic ini menyerupai DSLR namun terkesan lebih compact dan tentunya memiliki bobot yang lebih ringan khas kamera mirrorless. Beratnya hanya 410 gr dengan baterai yang sudah terpasang.

Lumix G7 adalah kamera mirrorless entry level atau kelas menengah yang sasarannya adalah seluruh orang secara umum, mulai dari yang menyukai fotografi serta video amatir atau para orang tua yang sekadar ingin menyimpan kenangan kehidupan keluarga dan anak-anaknya. Panasonic Lumix G7 merupakan yang terbaru di jajaran perusahaan kamera mirrorless DSLR. Baca juga Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik 

Kamera mirrorless dari panasonic ini memiliki fitur sensor Four Thirds 16 MP serta pemasangan lensa Micro Four Thirds, selain itu kamera ini juga dapat merekam video 4K. Mode Foto 4K yang dapat diubah juga membuat kamera ini lebih mudah untuk digunakan dalam perekaman video yang memiliki resolusi besar untuk pemotretan foto.

Kelebihan Panasonic Lumix G7

  • Hasil kamera yang cukup baik
    Tidak perlu diragukan lagi bahwa kualitas kamera yang ada pada Lumix G7 ini sangat baik dan tentunya membuat hasil foto yang dipotret menjadi cukup bagus. Kamera ini juga dapat menghasilkan foto yang bagus dengan menggunakan Post Focus. Post focus adalah fitur dimana kamu bisa memilih fokus foto belakangan.
  • Desain yang sederhana namun tetap elegan
    Kelebihan yang utama dari Panasonic Lumix G7 yaitu memiliki desain yang sangat sederhana namun tetap memberikan kesan yang juga sangat elegan. Hal yang paling mencolok dari badan kamera ini adalah terdapat kontrol yang komplit seperti 2 roda dial, cakra drive mode, tuas bentuk fokus serta banyak tombol Fn untuk kustomisasi.
  • Harga yang cukup ekonomis
    Kelebihan lainnya dari Panasonic Lumix G7 yaitu dari sisi harga, Panasonic Lumix G7 memiliki harga yang cukup ekonomis di pasar Indonesia. Dengan harga yang terjangkau inilah kamera ini menjadi kamera yang banyak diminati para fotografer–dan mungkin kamu, yang memiliki budget terbatas.

Pilih Mana: Lumix G7 vs Canon M50

Kekurangan Panasonic Lumix G7

  • Belum didukung dengan USB charging
    Kekurangan dari kamera mirrorless buatan panasonic ini di antaranya adalah belum mensupport USB charging, flash sync yang hanya 1 atau 160 detik serta Auto ISO yang basic. Meski begitu, beberapa orang menganggap kekurangan ini bukanlah kekurangan atau masalah yang menjadikan produk keren ini jadi produk gagal atau jelek.
  • Tidak dilengkapi dengan fitur NFC
    Kekurangan yang berikutnya dimiliki kamera mirrorless Panasonic Lumix G7 adalah Panasonic Lumix G7 tidak memiliki fitur NFC. Meski fitur yang satu ini tidak begitu menjadi masalah bagi banyak orang karena beberapa menganggap ini bukan salah satu fitur yang terlalu penting. Namun, tentunya tetap sajahal ini menjadikan fitur yang ada di kamera keren ini terasa kurang lengkap.

Pilih Mana: Lumix G7 vs Canon M50

Lumix G7Canon M50
MerekPanasonicCanon
Jenis KameraMirrorlessMirrorless
HargaRp. 5 - Rp. 7 jutaan Rp. 10 - Rp. 12 jutaan

Canon M50

Canon M50 merupakan kamera mirrorless terbaru dari Canon yang menjadi pilihan bagi banyak orang, baik seorang fotografer ini untuk penggemar fotografi pemula yang menginginkan fitur kamera mirrorless tercanggih tapi tetap mudah dipakai.

Saat ini banyak fitur Televisi, monitor, ataupun layanan streaming video yang diisi dengan konten berkualitas 4K, M50 juga merupakan pilihan yang tepat untuk kamu gunakan karena Canon M50 ini merupakan kamera mirrorless pertama dari Canon yang memiliki fitur perekaman video 4K.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oppo A1K atau Realme C2?

Kelebihan M50 secara umunya adalah mempunyai layar LCD yang dapat diputar penuh, serta layar LCD yang dapat ditutup saat tidak dipakai ataupun saat kamu hanya ingin menggunakan jendela bidik saja. Dari dulu, desain antarmuka kamera yang diproduksi oleh Canon termasuk desain ramah pengguna, tidak akan membuatmu kebingungan sendiri saat menggunakannya.

Kelebihan Canon M50

  • Layar LCD yang memiliki berbagai kelebihan
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kelebihan dari Canon M50 ini adalah dilengkapi dengan layr LCD yang memiliki berbagai kelebihan di antaranya layar LCD kamera ini bisa diputar penuh (full articulating), selain itu LCD Canon M50 ini juga bisa ditutup saat tidak digunakan atau saat kamu hanya ingin menggunakan jendela bidik saja.
  • Kualitas gambar yang sangat bagus
    Canon M50 dibuat dengan prosesor gambar DIGIC 8 dan sensor CMOS ukuran APS-C 24,1 megapiksel, karena itulah Canon M50 ini mampu menghasilkan gambar sebening kristal. Belum lagi dengan ISO yang bisa kamu atur sampai 51200 tanpa perlu khawatir akan ada noise. Jangan lupa dengan fitur Dual Pixel CMOS AF akan memberikan kecepatan dan akurasi AF yang luar biasa.
  • Konektivitas yang cukup canggih
    Dengan konektivitas Wi-Fi dan Near-Field Communication (NFC), kamu dapat dengan mudah menghubungkan M50 ke smartphone atau tablet. Selain itu, teknologi Bluetooth hemat energi bisa menjadi alternatif untuk koneksi ke smartphone dengan konsumsi daya rendah.

Pilih Mana: Lumix G7 vs Canon M50

Kekurangan Canon M50

  • Autofocus yang sedikit lambat
    Meskipun memiliki lensa yang dapat diganti sesuka hati, ada satu kekurangan sepele yang juga dimiiki oleh kamera yang satu ini yaitu aut focus yang cukup lambat. Namun, seperti yang sudah dijelaskan bahwa hal ini adalah hal yang sangat sepele, kelebihan yang dimiliki oleh kamera ini dapat membuat penggemarnya tidak akan terlalu peduli dengan kekurangan yang satu ini.
  • Videografer yang tidak terlalu baik
    Bagi videografer amatir maupun yang serius dan membutuhkan video dengan resolusi 4K, mungkin kamu belum cocok jika ingin meminang kamera yang satu ini, hal ini dikarenakan 4K dalam M50 memiliki cropping yang terlalu banyak dan autofokusnya belum mulus (Dual pixel AF tidak bekerja saat merekam video 4K).
  • Harga yang cukup tinggi
    Bukan hal yang mengejutkan lagi jika kamera yang diproduksi oleh canon memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Hal ini wajar mengingat kualitas dan beraneka fitur yang sangat bagus yang dimiliki kamera canon terutana seri M50 ini. Oleh karena itu, kamera ini tidak terlalu cocok untuk kamu yang masih pemula dan sekadar iseng belaka, kamu yang memang terbiasa berkutat dengan dunia fotografi yang lebih serius akan lebih cocok menggunakan kamera yang satu ini.

Pilih Mana: Lumix G7 vs Canon M50

Lumix G7Canon M50
Kelebihan- Hasil kamera yang cukup baik - Desain yang sederhana namun tetap elegan - Harga yang cukup ekonomis - Layar LCD yang memiliki berbagai kelebihan - Kualitas gambar yang sangat bagus - Konektivitas yang cukup canggih
Kekurangan- Belum didukung dengan USB charging - Tidak dilengkapi dengan fitur NFC - Autofocus yang sedikit lambat - Videografer yang tidak terlalu baik - Harga yang cukup tinggi

Kesimpulan

Dari ulasan yang sudah disampaikan di atas, dapat kita lihat bahwa kedua kamera mirrorless ini memiliki fitur yang terbaiknya sendiri. Sulit untuk menentukan satu yang paling baik, karena semuanya tergantung keinginan dan kebutuhanmu membeli kamera itu sendiri.

Namun, kami mungkin akan lebih merekomendasikan kamera Canon M50 dikarenakan beberapa spesifikasi yang lebih mumpuni. Namun sekali lagi, belilah yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu, juga tentunya budget yang tersedia di kantongmu. Semoga bermanfaat!

Pilih Mana: Lumix G7 vs Canon M50

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lumix G7 vs Canon M50

VS

Leave a Reply