Aplikasi

Pilih Mana: Mac atau Windows?

Sistem operasi merupakan hal yang sangat penting ada pada sebuah perangkat. Dua sistem operasi yang kerap dibandingkan adalah Mac dan Windows. Dari dua sistem tersebut, manakah sistem operasi yang paling sesuai untuk Anda? Mac atau Windows?

Mac dan Windows merupakan dua sistem operasi yang menawarkan banyak kelebihan. Namun, kedua sistem operasi ini memiliki banyak perbedaan. Perbedaan yang dimiliki keduanya meliputi keamanan, banyaknya software, fungsi dan sebagainya. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat perbedaan keduanya pada artikel berikut.

Mac

Dikutip dari Wikipedia.org Macintosh atau sering disingkat dengan Mac yang diproduksi oleh Apple merupakan salah satu jenis komputer personal yang berbasis PowerPC.

Kelebihan Mac

Berikut beberapa kelebihan Mac yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Mudah Dibajak

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh mac adalah lebih sulit untuk dibajak. Jika Windows lebih mudah untuk dibajak, maka lain halnya dengan Mac. Mac memiliki kualitas yang sangat bagus sehingga OS Macintosh lebih sulit untuk dibajak jika dibandingkan dengan Windows. Karena itulah, Anda tidak akan mudah untuk menemukan bajakan OS Mac ini.

  • Ancaman Virus Lebih Kecil

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Mac adalah memiliki ancaman virus yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Windows. Bahkan, dahulu banyak orang yang berpikir bahwa Mac tidak bisa diserang oleh virus. Tapi, sebenarnya Mac juga memiliki kemungkinan terancam oleh virus. Namun ancaman virus pada Mac ini lebih kecil dan hampir dapat diatasi dengan mudah oleh pengguna tanpa harus memiliki proteksi Anti-Virus.

  • Sistem Operasi Mendukung Desainer

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Mac adalah memiliki sistem operasi yang sangat baik untuk mendukung aktivitas desainer. Bahkan pada era 80 dan 90an Mac memiliki reputasi sebagai pilihan pertama desain karena dulu Mac merupakan pilihan superior daripada Windows. Namun saat ini keduanya memiliki kemampuan yang sama-sama baik untuk menunjang dan mendukung aktivitas desainer.

Kekurangan Mac

Berikut beberapa kekurangan Mac yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Perangkat Keras Mac Relatif Mahal

Salah satu kekurangan Mac adalah memiliki perangkat keras yang relatif mahal. Bisa dikatakan bahwa perangkat dengan sistem operasi Mac ini hanya bisa digunakan oleh orang yang memiliki budget yang cukup besar. Meskipun relatif mahal, harga tersebut sesuai dengan keuntungan yang akan Anda peroleh.

  • Software Terbatas

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Mac ini adalah memiliki software yang lebih terbatas. Mac memiliki aplikasi 14.000 saja sedangkan Windows telah memiliki aplikasi yang lebih banyak yakni sekitar 50.000 aplikasi.

  • Fleksibilitas Lebih Terbatas

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Mac adalah memiliki fleksibilitas yang lebih terbatas jika kita bandingkan dengan Windows. Anda tidak bisa melakukan upgrade dengan mudah pada Mac. Sedangkan Anda bisa melakukan upgrade dengan mudah pada PC Windows. Selain memiliki fleksibilitas yang terbatas, biaya yang diperlukan untuk maintenance Mac juga lebih mahal.

Kelebihan MacKekurangan Mac
- Tidak mudah dibajak- Harga perangkat keras Mac relatif mahal
- Ancaman virus lebih kecil- Software terbatas
- Sistem operasi mendukung desainer- Fleksibilitas lebih terbatas

Windows

Microsoft Windows atau Windows merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dan dirilis pada 20 November 1985. Sistem operasi ini dikembangkan dengan menggunakan antarmuka grafis. Sebelumnya kami telah membahas mengenai Windows vs Linux.

Lihat juga:  Pilih Mana: Realme 3 Pro atau Realme 3?

Kelebihan Windows

Berikut beberapa kelebihan Windows yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Banyak Software

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Windows adalah memiliki lebih banyak software jika dibandingkan Mac. Software yang dimiliki oleh Windows ini sekitar lebih dari 50.000 aplikasi. Sedangkan Mac memiliki software yang lebih sedikit yakni sekitar 14.00 aplikasi. Dengan demikian bisa kita lihat bahwa software yang dimiliki oleh Windows ini lebih banyak.

  • Menawarkan Fleksibilitas yang Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Windows adalah memiliki fleksibilitas yang lebih besar. PC Windows lebih mudah untuk Anda lakukan proses upgrade. Anda juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dari semua yang telah dibuat oleh sistem windows.

  • Menawarkan Pengalaman Gamming yang Lebih Baik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Windows adalah memiliki banyak pilihan untuk para gamer. Selain itu, game juga dapat dengan mudah berjalan pada sistem operasi Windows dibandingkan berjalan pada sistem operasi OS X.

Kekurangan Windows

Berikut beberapa kekurangan Windows yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Mudah Dibajak

Salah satu kekurangan Windows adalah mudah dibajak sehingga banyak Windows bajakan yang beredar. Hal ini sebenarnya akan sangat merugikan karena untuk mengembangkan OS membutuhkan biaya yang mahal. Hal ini berbeda dengan Mac yang lebih sulit untuk dibajak.

  • Ancaman Virus Lebih Besar

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Windows adalah lebih rentan terhadap serangan virus. Hal ini dikarenakan untuk menginstall Windows ini harus melalui kepingan CD atau DvD. Sedangkan Mac OS telah terinstall dan tertanam pada perangkat tersebut. Hal ini merupakan salah satu penyebab Windows lebih mudah terserang virus daripada Mac.

  • Harga Relatif Mahal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Windows adalah memiliki harga yang cukup tinggi untuk versi basic dan home, versi ini dijual hingga harga jutaan. Dengan harga yang dianggap terlalu tinggi ini, maka hal ini akan memicu munculnya tindakan pembajakan. Ini juga merupakan salah satu alasan Windows banyak dibajak orang.

Kelebihan WindowsKekurangan Windows
- Lebih banyak software- Lebih mudah dibajak
- Menawarkan fleksibilitas yang besar- Ancaman virus lebih besar
- Menawarkan pengalaman gamming yang lebih baik- Harga relatif mahal

Pilih Mana: Mac atau Windows?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Mac dan Windows. Perbedaan keduanya telah kami rangkum pada tabel berikut:

MacWindows
- Lebih sulit dibajak- Lebih mudah dibajak
- Dirilis oleh Apple- Dirilis oleh Microsoft
- Kurang fleksibel untuk diupgrade- Lebih fleksibel untuk diupgrade

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Mac dan Windows di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua sistem operasi ini memiliki banyak kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mac memiliki sistem keamanan yang sangat baik sedangkan Windows juga menawarkan software yang sangat banyak. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mac vs Windows

VS

Leave a Reply