Elektronik

Pilih Mana: MacBook Pro atau Asus ROG?

Pemilihan laptop yang baik tentunya tidak lepas dari spesifikasi yang baik, seperti desain pada laptop tersebut dan juga performa hingga harga dari laptop tersebut. MacBook Pro dan Asus ROG adalah laptop yang memilikis spesifikasi yang sangat baik.

Apakah kamu penasaran mengenai spesifikasi dan kelebihan juga kekurangan dari MacBook Pro dan Asus ROG ini? Pada artikel kali ini akan membahasnya guys, sehingga kamu lebih mengetahui mengenai kedua laptop tersebut.

MacBook Pro

MacBook Pro adalah seri komputer jinjing Macintosh yang diproduksi oleh Apple. MacBook Pro diperkenalkan pada Januari 2006, menggantikan PowerBook G4 dan juga merupakan model kedua yang diluncurkan setelah iMac. MacBook Pro dijajarkan sebagai yang teknologi paling mutakhir dalam seri MacBook. Baca juga Pilih Mana: Laptop Dell atau Laptop Acer?

MacBook Pro menggunakan alumInium sebagai bahan utamanya. MacBook Pro memiliki spesifikasi yang sangat baik karena MacBook Pro adalah keluaran pertama dari merek MacBook ini sendiri tepatnya pada tanggal 10 Januari 2006.

Spesifikasi MacBook Pro

Desain MacBook Pro
Desain merupakan suatu hal yang sangat diperhatikan oleh Apple untuk produk-produk keluarannya. Mengingat setiap produk yang mereka keluarkan selalu memiliki desain yang unik sekaligus menawan. Tak terkecuali desain untuk MacBook Pro.

Mengusung desain unibody yang presisi dengan bahan dari satu buah blok alumunium membuatnya terlihat lebih tipis dan ringan. Dengan desainnya yang sangat bagus ini akan membuat kamu nyaman saat menggunakan MacBook Pro ini.

Performa MacBook Pro
Mengenai performa dari MacBook Pro ini tidak perlu kamu ragukan lagi. Tentunya memiliki performa yang sangat baik. Memori performa tinggi, grafis canggih, penyimpanan luar biasa cepat, dan banyak lagi. MacBook Pro menghadirkan GPU Radeon Pro dalam setiap model 15 inci, menggabungkan kecanggihan memukau dengan efisiensi luar biasa.

Harga MacBook Pro
Tidak heran lagi MacBook memang dijual dengan harga yang memang cukup tinggi sekitar Rp. 17.000.000 hingga Ro. 30.000.000 (per September 2019).

Kelebihan MacBook Pro

  • Layar berkualitas bagus
    Untuk urusan layar, Apple bisa dibilang sangat baik. Keakuratan warna di layar Apple memang paling mendekati aslinya. Hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan para desainer grafis memilih produk Apple. Layar MacBook Pro sendiri sudah menggunakan teknologi Retina Display, yang jelas punya kualitas lebih baik dari MacBook Air yang belum Retina Display. Kualitasnya juga bisa diadu dengan laptop lain.
  • Baterai tahan lama
    Banyak yang punya pemikiran bahwa sebuah laptop dengan spesifikasi dan kinerja yang tinggi pasti boros baterai. Di sinilah kelebihan dan keunggulan MacBook Pro, karena memiliki kinerja yang cepat namun tetap hemat baterai. Rata-rata laptop hanya bisa bekerja hingga 4-5 jam saja paling lama untuk pekerjaan ringan hingga menengah seperti browsing, edit file dengan Microsoft Word, nonton film, dan lain sebagainya.
  • Bisa install windows
    Meskipun MacBook Pro sudah memiliki OS X atau macOS dari bawaan, namun kamu tetap bisa install Windows di MacBook Pro. Jadi, untuk kamu yang masih menggunakan Windows sebagai sistem operasi andalan, kamu tetap bisa pakai MacBook Pro.

Kekurangan MacBook Pro

  • Harga mahal
    Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi bahwa MacBook Pro ini dijual dengan harga yang sangat mahal. Sehingga, banyak orang yang menggunakan MacBook ini dari kalangan kelas atas.
  •  Sangat buruk untuk gamers
    Jika kamu gamers, sebaiknya jangan membeli MacBook Pro. Hal ini karena MacBook Pro sangat tidak cocok dengan gaming, game-game populer di windows tidak tersedia di perangkat. Dengan spesifikasi gaming yang kurang baik sehingg alaptop ini baik untuk kamu mengerjakan tugas atau untuk kamu pekerja kantoran.
  • Kurangnya service center
    Service centernya yang masih sangat jarang atau dalam artian belum merata seperti service center brand-brand yang lain.

Asus ROG

Setelah bertahun-tahun sejak berdirinya, Asus berniat untuk menempatkan penekanan yang lebih besar pada PC Gaming. Proses ini menciptakan atas pendirian Republic of Gamers pada tahun 2006, dibangun untuk tujuan utama, yakni memberikan perangkat keras yang paling hardcore serta inovatif buat gamer betul-betul berdedikasi.

Sejak itu, upaya dari tim Republic of Gamers sudah menciptakan aliran konstan teknologi PC game yang sudah jadi legendaris di kalangan para penggemar karena performanya. Republic of Gamers lebih dari sekedar perangkat keras, kita mengambil bagian aktif dalam komunitas game global, menolong meningkatkan industri game dengan mensponsori acara-acara seperti QuakeCon, BlizzCon serta DreamHack.

Dengan respon yang besar dari gamer serta industri, Republic of Gamers mempunyai seluruh sumber daya yang dibutuhkan untuk senantiasa bekerja sebab teknologi di zaman sekarang ini tidak pernah tidur, serta tidak berhenti menciptakan karya baru.

Lihat juga:  Pilih Mana: Huawei P30 Pro atau iPhone XS Max?

Spesifikasi Asus ROG

Desain Asus ROG

Laptop Asus ROG memiliki ciri khas berwarna hitam pekat dengan kombinasi warna merah menyala. Hal inilah yang menjadi salah satu bagian yang menarik karena membuat laptop ini terlihat mantap, tangguh dan mewah tentunya. Tidak cukup dengan itu saja, pada keyboard ini juga dibekali dengan teknologi desain backlit.

Dengan teknologi tersebut membuat keyboard laptop ini mampu bercahaya dan menyala warna kemerahan, coba bayangin deh, mewah bukan. Keyboard dari laptop ini juga dilengkapi dengan fitur anti-ghosting sehingga mampu memberi rasa nyaman dan akurasi tinggi.

Bahkan dengan fitur tersebut membuat anda bisa menekan 30 tombol sekaligus. Membuat laptop ini menjadi laptop pertama di dunia yang mampu menahan “gempuran” sebanyak 30 input tekanan pada keyboardnya, luar biasa memang.

Performa Asus ROG
Untuk dapur pacu dari Asus ROG sendiri saat ini rata-rata memakai prosesor Intel Core i7 generasi ke enam versi unlocked. Yang artinya dengan versi unlocked membuat laptop ini dapat di overclock untuk memberikan performa yang lebih kuat.

Untuk mengimbangi performa laptop gaming ini yang tentunya akan cepat panas saat menjalankan game berat, laptop Asus ROG dibekali dengan fitur kipas ganda. Tak hanya itu saja lho, laptop ini juga memiliki fitur thermal solution yang hanya terdapat pada laptop Asus ROG. Sistem pendingin ini juga memiliki fitur dust-release yang memiliki fungsi menjauhkan debu dari komponen internal, dimana debu ini memang musuh utama laptop yang sering menyumbat aliran udara.

Untuk mendukung dan mengoptimal kekuatan hardwarenya, pihak Asus membekali laptop ini dengan fitur gaming center ini adalah fitur khusus untuk dapat melakukan berbagai kustomisasi. Seperti penggunaan memori, aktivasi touchpad, memantau informasi sistem maupun temperatur suhu, hingga melakukan overclock pada cpu nya.

Harga Asus ROG
Harga dari laptop Asus ROG ini memang memiliki harga yang cukup mahal nih guys. sekitar Rp. 12.000.000 hingga Rp. 30.000.000 (per September 2019).

Kelebihan Asus ROG

  • Desain yang baik
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa laptop Asus ROG ini memiliki desain yang cukup baik. Desain yang elegan namun tetap terlihat sangat mewah.
  • Kualitas baik untuk game
    Kualitas untuk bermain game yang cukup baik sangat super silent, alias kalo maen game ga berisik, ga kaya alienware yang kipasnya lumayan berisik.
  • Anti panas
    Anti panas karena dilengkapi pendingin yang mampu bekerja dengan sangat halus bahkan tidak mengeluarkan suara. Sistem pada kipas pendingin telah dirancang dengan sangat baik agar mampu menghilangkan panas pada laptop secara efisien.

Kekurangan Asus ROG

  • Harga mahal
    Harga yang mahal untuk kalangan menengah ke bawah. ROG memang dirancang untuk kalangan menengah ke atas, karena itulah dijual dengan harga yang mahal. Tetapi percayalah, ada harga ada kualitas.
  • Susah mencari tas 
    Banyak yang mengeluh akan laptop satu ini adalah susah mencari tas, artinya adalah susah cari tas yang pas buat asus ROG, karena ada size tambahan buat 2 kipas di belakang.
  • Lampu keyboard hanya berwarna putih
    Beberapa orang Tidak suka dengan Asus ROG karena lampu keyboardnya cuman bisa warna putih.
KeteranganMacBook ProAsus ROG
Asal negaraAmerikaTaiwan
Tahun berdiriTahun 2006Tahun 2006
DesainDesain yang elegan tipis dan terlihat mewah dan ringanLaptop Asus ROG memiliki ciri khas berwarna hitam pekat dengan kombinasi warna merah menyala
PerformaPerforma yang sangat baik tidak perlu diragukan lagiPerforma yang baik dan adanya kipas ganda untuk para gamers agar laptop tidak cepat panas
HargaRp. 17.000.000 hingga Ro. 30.000.000 (per September 2019)Rp. 12.000.000 hingga Rp. 30.000.000 (per September 2019)

Pilih Mana: MacBook Pro atau Asus ROG?

MacBook ProAsus ROG
Kelebihan- Layar berkualitas bagus - Baterai tahan lama - Bisa install windows - Desain yang baik - Kualitas baik untuk game - Anti panas
Kekurangan- Harga mahal - Sangat buruk untuk gamers - Kurangnya service center - Harga mahal - Susah mencari tas  - Lampu keyboard hanya berwarna putih

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai MacBook Pro dan Asus ROG keduanya memiliki kelebihan dan kekurangnnya masing-masing. Sehingga kamu bisa memilih sesuai degan selera kamu saja, jika kamu lebih memilih laptop untuk bermain game dengan kualitas yang baik maka Asus ROG jauh lebih baik dibandingkan MacBook Pro. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

MacBook Pro vs Asus ROG

VS