ElektronikTechnology

Pilih Mana: Macbook Pro atau Dell XPS 13?

Dell XPS 13 telah menjadi laptop yang bisa di bilang fantastis karena Dell saat itu sudah di rilis pada tahun 2015, tetapi setiap desain menjadi tua setelah beberapa tahun. Pada tahun 2019, Dell meluncurkan perombakan laptop dengan webcam kembali di atas, yang sekarang membuatnya lebih sebanding dengan MacBook Pro dan Apple juga membawa pembaruan pada MacBook Pro nya.

Pada artikel kali ini kami akan membuat perbandingan antara MacBook dan Dell XPS 13 yang saat ini menjadi pesaing yang cukup kuat. Jika kalian sedang memilih dari keduanya jangan sampai melewatkan artikel ini ya!

MacBook Pro

MacBook Pro sendiri memiliki segudang fitur yang menjadi nilai tambahnya. Tentunya fitur – fitur yang dimaksud tidak akan kita jumpai pada produk – produk keluaran brand lain. Selain dari desain yang menarik dan stylish, integrasi antara hadware dengan sistem operasi yang digunakan terasa sangat optimal. Sehingga tiap produk yang dikeluarkan terasa sangat maksimal dalam hal performa yang ditunjukkan. Baca juga Pilih Mana: MacBook Pro atau MacBook Air?

MacBook Pro adalah seri komputer jinjing Macintosh yang diproduksi oleh Apple. MacBook Pro diperkenalkan pada Januari 2006, menggantikan PowerBook G4 dan juga merupakan model kedua yang diluncurkan setelah iMac. 

Kelebihan MacBook Pro

  • Mendukung untuk menginstall windows 
    Meskipun MacBook Pro sudah memiliki OS X atau macOS dari bawaan, namun kamu tetap bisa install Windows di MacBook Pro. Jadi, untuk kamu yang masih menggunakan Windows sebagai sistem operasi andalan, kamu tetap bisa pakai MacBook Pro.
  • Trackpad luas dan punya banyak gesture
    Kamu dapat melakukan swipe dengan dua jari untuk scrolling, tap satu jari untuk klik, tap dua jari untuk klik kanan. Selain itu, swipe 4 jari ke atas, 4 jari ke samping kanan atau kiri, pinch dengan 5 jari, dan banyak lagi gesture lain bisa kamu lakukan di trackpad MacBook Pro.
  • Spesifikasi tinggi
    Spesifikasi prosesor MacBook Pro minimal menggunakan Intel Core i5 dan selalu menggunakan clock di atas 2.3 GHz. Memori RAM yang digunakan juga minimal menggunakan 8GB. Jelas ini spesifikasi yang cukup tinggi untuk menjalankan beragam kegiatan.

Kekurangan MacBook Pro

  • Tidak ada force trackpad
    Hingga saat ini Apple masih belum ada rencana untuk menambahkan Force Trackpad ke lini MacBook Air. Namun kamu bisa mengakalinya dengan membeli Magic Trackpad terpisah untuk bisa merasakan fitur ini.
  • Tidak cocok untuk gamers 
    Jika kamu gamers, sebaiknya jangan membeli MacBook Pro. Hal ini karena MacBook Pro sangat tidak cocok dengan gaming, game-game populer di windows tidak tersedia di perangkat. Dengan spesifikasi gaming yang kurang baik sehingg alaptop ini baik untuk kamu mengerjakan tugas atau untuk kamu pekerja kantoran.
  • Service center yang belum banyak
    Service centernya yang masih sangat jarang atau dalam artian belum merata seperti service center brand-brand yang lain yang membuat kita kesusahan jika ingin menservice produk Apple ini.

Dell XPS 13

Dell XPS 13 merupakan salah satu laptop berdesain teranggun yang bisa kita dapat di pasaran. Namun mengingat rancangannya terakhir disentuh oleh Dell pada tahun 2015, penampilannya mulai kelihatan sedikit uzur – terakhir diperbarui, XPS 13 hanya menerima dongkrakan spesifikasi saja, tanpa ada polesan fisik.

Untuk tahun ini, Dell rupanya sudah siap dengan XPS 13 (9370) berdesain baru. Sepintas penampilannya memang mirip seperti pendahulunya, akan tetapi volumenya secara keseluruhan telah menyusut 24 persen sampai-sampai ukurannya setara laptop berlayar 11 inci. Bodinya pun juga terus menipis sampai ke angka 11,7 mm pada bagian paling tebalnya.

Dell menawarkan dua konfigurasi yang semuanya mengandalkan prosesor Intel generasi kedelapan: yang pertama dengan layar 1080p, Core i5, RAM 4 GB dan SSD 128 GB; lalu yang lebih mahal dengan layar 4K, Core i7, RAM 16 GB dan SSD 1 TB.

Kelebihan Dell XPS 13

  • Performa mengagumkan
    Memiliki performa yang mengagumkan dengan grafis yang sempurna dan kecepatan harddisk yang cepat, laptop ini dapat kamu gunakan untuk berbagai macam hal seperti design ataupun gaming yang umunya membutuhkan spesifikasi tinggi.
  • Desain yang elegan
    Dell XPS 13 memiliki design tampilan yang sangat elegan, dengan bentuk yang sangat tipis, dengan bahan yang terbuat dari aluminium. Layar monitor dengan bezel yang sangat tipis lebih memberikan kesan elegan pada laptop ini, serta berat yang sangat ringan, dengan berat hanya 1,2 kg menjadikan laptop ini mudah untuk dibawa kemana-mana untuk menunjang aktivitas.
  • Fitur layar sentuh yang nyaman
    Dell XPS 13 dilengkapi fitur touchscreen yang dapat mempermudah pengguna untuk memaksimalkan performa dari laptop ini. Namun, Dell juga menghadirkan tipe non touchscreen, sehingga dapat menjadi pilihan bagi pengguna. USB Type-C 3.1 dan USB Thunderbolt 3.0 juga disematkan dalam perangkat ini untuk mempermudah dan mempercepat dalam transfer atau pemindahan data dari perangkat lainnya.
Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Redmi K20 Pro atau Xiaomi Mi 9 SE?

Kekurangan Dell XPS 13

  • Tidak dilengkapi port HDMI
    Salah satu kekurangan pertama dari Dell XPS 13 yaitu tidak dilengkapi dengan port HDMI. dimana jika di bandingkan dengan produk laptop dengan merk lain ada beberapa laptop dengan harga dibawah Dell XPS 13 sudah dilengkapi dengan port HDMI.
  • Penempatan webcam yang sedikit aneh 
    Pada versi Dell XPS 13 9360 penempatan kamera terbilang cukup aneh karena baru kali ini penempatan kamera di samping bawah layar laptop yang membuat tidak nyaman.
  • VGA masih onboard
    Kekurangan terakhir yang pada laptop VGA masih onboard yang mempunyai efek buruk yaitu mungkin lebih rentan rusak.

Macbook Pro vs Dell XPS 13

Spesifikasi Macbook Pro Dell XPS 13
Warna Frost White / Silver, Rose Gold Perak, Abu-abu
Tampilan Layar sentuh 13,3 inci, 4K (atau non-sentuh 1080p) 13,3 inci, 2560 x 1600-piksel
CPU Intel Core i7-8565U Intel Core i7 (Gen ke-8)
RAM 16GB 8GB
SSD 1TB 256GB
Ukuran 11,9 x 7,8 x 0,5 inci 12,0 x 8,4 x 0,6 inci
Berat 1.2 kg1.3 kg

Desain

XPS 13 memiliki tampilan dan rasa yang akrab tetapi tutupnya kini hadir dalam Frost Silver, hasil akhir yang halus, putih pudar / perak.  Dell XPS 13 yang baru adalah satu paket yang mempesona. Desainnya tidak ada hubungannya dengan estetika. Sebaliknya, perubahan terbaik yang dilakukan Dell pada versi baru adalah memindahkan webcam kembali ke posisi yang semestinya di atas tampilan.

Sedangkan Apple mengambil pendekatan konservatif dengan MacBook Pro, menjaga sasis model baru identik dengan pendahulunya. Meskipun sulit untuk menemukan kesalahan dengan desain laptop, tampilan khas MacBook Pro semakin lama, terutama jika dibandingkan dengan XPS 13 yang lebih ramping dan lebih seksi.

Tampilan

Baik Anda menonton acara Netflix , Youtube  atau sekadar menjelajahi web, konten yang kalian lihat di tampilan pada Dell  XPS 13 dan MacBook Pro akan terlihat mengaggumkan.

Tampilan layar sentuh 13,3 inci, 4K yang kami uji pada Dell XPS 13 menghasilkan gambar sejernih kristal dengan warna-warna cerah. Panel ini mencakup 119 persen gamut warna sRGB yang mengesankan dan mencapai kecerahan maksimum 375 nits.

Poin-poin tersebut sebanding dengan tampilan Retina 13,3 inci, 2560 x 1600-piksel pada MacBook Pro. Walaupun layar pada MacBook Pro tidak setajam 4K XPS 13, layar ini lebih terang, mencapai 439 nits. MacBook Pro (119 persen) memiliki kisaran warna yang sama dengan XPS 13.

Performa

CPU Whiskey Lake terbaru melengkapi Dell XPS 13 peningkatan kinerja yang bagus, tetapi ultrabook ini atau Dell XPS 13 masih belum bisa mengimbangi MacBook Pro. karena MacBook Pro dilengkapi dengan Intel Core i7-8565U CPU dan 16GB RAM yang memupuni untuk berbagai kegiatan.

Daya tahan baterai

Dell XPS 13 dimatikan setelah hanya 7 jam dan 50 menit pada Tes Baterai Mag Laptop kami (berselancar web terus menerus melalui Wi-Fi pada 150 nits kecerahan layar). Itu bukan hasil yang buruk untuk laptop 4K tetapi kurang dari model setara tahun lalu dan beberapa kompetisi. MacBook Pro bertahan selama 8 jam dan 43 menit dalam kondisi pengujian yang sama.

Pilih Mana: Macbook Pro atau Dell XPS 13?

Macbook Pro Dell XPS 13
Kelebihan- Mendukung untuk menginstall windows  - Trackpad luas dan punya banyak gesture - Spesifikasi tinggi- Performa mengagumkan - Desain yang elegan - Fitur layar sentuh yang nyaman
Kekurangan- Tidak ada force trackpad - Tidak cocok untuk gamers  - Service center yang belum banyak- Tidak dilengkapi port HDMI - Penempatan webcam yang sedikit aneh  - VGA masih onboard

Kesimpulan

Pada artikel di atas mengenai Macbook Pro atau Dell XPS 13 dapat kita tarik kesimpulan bahwa, Dell XPS 13 merupakan laptop cukup baik dibandingkan MacBook Pro karena beberapa alasan. Yaitu, laptop Dell memiliki desain yang lebih tipis, lebih ramping dan terlihat lebih menawan daripada MacBook Pro, dan keyboard-nya lebih nyaman untuk diketik. Tetapi, Jika kalian membutuhkan laptop paling kuat di pasaran atau lebih suka macOS daripada Windows 10, maka MacBook Pro tetap menjadi pilihan terbaik. Karenanya sesuaikan dengan selera dan kebutuhan kalian ya guys. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Macbook Pro vs Dell XPS 13

VS

Leave a Reply