Kesehatan

Pilih Mana: Madu atau Sari Kurma?

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentunya keinginan semua orang. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk mengonsumsi makanan dan minuman herbal yang lebih sehat, dua di antaranya yaitu madu dan sari kurma. Manakah yang lebih cocok untuk Anda konsumsi? Madu atau sari kurma?

Madu dan sari kurma merupakan dua produk alami yang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Meskipun begitu, keduanya juga memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat perbedaannyapada artikel berikut.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Diet Keto atau Diet Mayo?

Madu

Madu merupakan sebuah cairan yang bentuknya menyerupai sirup. Namun madu ini lebih kental, dan memiliki rasa manis. Madu dihasilkan oleh lebah atau serangga dari nektar bunga.

Kelebihan Madu

Berikut beberapa kelebihan madu yang perlu Anda ketahui:

  • Berfungsi Sebagai Antibiotik

Salah satu kelebihan madu adalah memiliki fungsi sebagai antibiotik. Madu merupakan salah satu antibiotik alami yang dapat berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan patogen. Hal ini dikarenakan beberapa alasan. Alasan tersebut yaitu memiliki kadar gula yang tinggi sehingga mencegah berkembangnya bakteri. Kemudian madu memiliki ph yang tinggi sehingga patogen tidak mampu bertahan dan madu memiliki senyawa hidrogen peroksida yang mampu membunuh mikroorganisme patogen.

  • Lebih Mudah Dicerna

Kelebihan lain yang dimiliki oleh madu adalah mudah dicerna untuk perut yang sensitif sekalipun. Inilah hal unik yang dimiliki madu, meskipun memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi namun madu ini mudah untuk dicerna bahkan untuk yang sensitif sekalipun. Bahkan madu ini juga memiliki fungsi untuk membantu agar usus dan ginjal dapat bekerja lebih baik.

  • Baik untuk Otot Jantung

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh madu ini adalah baik untuk kesehatan otot dan jantung. Madu ini kaya akan zat garam mineral, gula, vitamin, serta zat lainnya yang mampu untuk membuat otot jantung menjadi lebih kuat. Madu juga kaya akan zat-zat lainnya yang memiliki manfaat sangat banyak untuk kesehatan tubuh lainnya.

Kekurangan Madu

Berikut beberapa kekurangan madu yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Bisa Diberikan untuk Bayi Dibawah 2 Tahun

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, madu juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan madu yaitu tidak bisa diberikan kepada bayi yang memiliki umur dibawah 2 tahun. The American of Pediatrics menyarankan agar anak yang memiliki usia dibawah 12 bulan atau 1 tahun. Alasannya adalah karena di dalam madu dianggap mengandung kuman clostridium botulinum yang dapat memicu keracunan pada bayi.

  • Harga Relatif Mahal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh madu adalah memiliki harga yang reltif mahal apalagi untuk madu dengan kualitas yang asli. Namun hal ini tentunya sesuai dengan khasiat yang diberikan oleh madu. Madu juga merupakan minuman yang alami dengan segudang manfaat sehingga wajar saja memiliki harga relatif mahal.

  • Dapat Menyebabkan Keracunan Madu

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh madu adalah dapat menyebabkan keracunan madu. Gejala ini dapat ditimbulkan oleh madu yang dihasilkan oleh bunga oleander, rhododendron, laurel domba, dan azalea. Keracunan ini dapat ditandai dengan rasa mual, pusing, lemah, keringat berlebih dan sebagainya.

Kelebihan MaduKekurangan Madu
- Berfungsi sebagai antibiotik- Tidak bisa diberikan untuk bayi dibawah 2 tahun
- Lebih mudah dicerna- Harga relatif mahal
- Baik untuk otot jantung- Dapat menyebabkan keracunan madu

Sari Kurma

Sari merupakan cairan yang dihasilkan dari buah kurma. Sari kurma memiliki tekstur yang kental dengan rasa yang manis. Sari kurma juga memiliki banyak khasiat yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

Lihat juga:  Pilih mana: Sikat Gigi Elektrik vs Sikat Gigi Manual?

Kelebihan Sari Kurma

Berikut beberapa kelebihan sari kurma yang perlu Anda ketahui:

  • Mampu Menyembuhkan Demam Berdarah

Salah satu kelebihan sari kurma adalah memiliki kemampuan menyembuhkan sakit demam berdarah. Sari kurma memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin yang mampu untuk mengobati sakit demam berdarah. Selain itu, sari kurma memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang mampu untuk memulihkan energi pasien yang mengalami sakit demam berdarah. Sari kurma juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi trombosit atau sel darah merah sehingga penderita dapat lebih cepat pulih.

  • Sebagai Sumber Vitamin

Kelebihan lain yang dimiliki oleh sari kurma adalah sumber vitamin A terbaik. Vitamin A ini telah dikenal sebagai zat antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mata bagi Anda yang sering mengonsumsinya. Tidak hanya itu, vitamin A juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan kulit, serta mengjaga tubuh dari kemungkinan kanker rongga mulut dan paru-paru.

  • Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh sari kurma ini adalah memiliki manfaat untuk menstabilkan darah dan nutrisi yang sangat dibutuhkan pasca ibu hamil melahirkan. Sari kurma yang diambil dari buah kurma juga mengandung hormon oksitosin yang mampu merangsang terjadinya kontraksi pada otot di dinding rahim saat ibu hamil akan melahirkan. Dengan demikian, sari kurma juga baik dikonsumsi untuk melancarkan proses persalinan ibu hamil.

Kekurangan Sari Kurma

Berikut beberapa kekurangan sari kurma yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Toleran Fruktosa

Sari kurma yang merupakan sari dari buah kurma menghasilkan rasa manis. Rasa manis yang dihasilkan ini berasal dari fruktosa yang merupakan gula murni. Namun, ada beberapa orang yang memgalami masalah dalam mencerna gula sehingga akan membuat diare dan buang angin seperti sakit perut.

  • Tidak Cocok untuk Program Diet

Kekurangan lain yang dimiliki oleh sari kurma adalah kurang cocok bagi orang yang ingin atau sedang menjalani program diet. Jika Anda mengonsumsi sari kurma secara berlebihan, maka hal tersebut akan memicu meningkatkan berat badan karena kalori yang dimiliki berlebih. Teralalu sering mengonsumsi sari kurma juga akan menjadi penyebab kalori menjadi menumpuk dan malah membuat berat badan bertambah.

  • Kandungan Indeks Glikemik Tinggi

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh sari kurma adalah mengandung indeks glikemik yang tinggi. Tingginya indeks glikemik yang dimiliki oleh buah kurma atau sari kurma ini akan meningatkan kemungkinan munculnya diabetes tipe-2, penyakit obesitas, dan penyakit hati.

Kelebihan Sari KurmaKekurangan Sari Kurma
- Mampu menyembuhkan demam berdarah- Tidak toleran fruktosa
- Sebagai sumber vitamin- Tidak cocok untuk program diet
- Bermanfaat untuk ibu hamil- Kandungan indeks glikemik tinggi

Pilih Mana: Madu atau Sari Kurma?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara madu dan sari kurma. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

MaduSari Kurma
- Dihasilkan dari nektar bunga -Dihasilkan dari buah kurma
- Baik untuk otot jantung- Mampu menyembuhkan penyakit demam berdarah
- Tidak dapat dikonsumsi bayi dibawah 2 tahun- Tidak toleran fruktosa

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai madu dan sari kurma, dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kesehatan Anda. Misalnya, jika Anda mengalami sakit demam berdarah, maka sari madu lebih cocok untuk dikonsumsi. Karena itulah, Anda perlu menyesuaikan terlebih dahulu. Karena keduanya memiliki khasiat yang sangat baik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Madu vs Sari Kurma

VS

Leave a Reply