Parenting

Pilih Mana: MamyPoko atau Goon?

Pemilihan dan penggunaan popok bayi boleh dibilang merupakan salah satu topik yang akan selalu hangat untuk dibahas oleh orangtua. Karena dengan pemilihan yang baik menjadi faktor utama agar anak tetap nyaman saat menggunakan popok sehari-hari.

MamyPoko dan Goon adalah kedua merek popok yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu para ibu-ibu. Tetapi apakah kelebihan dan kekurangan pada kedua merek popok tersebut? Untuk para ibu memang harus mengatahuinya ya agar dapat memahaminya.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai kedua merek popok tersebut yaitu MamyPoko dan Goon. Penasaran bukan? Yuk, kamu bisa langsung saja baca penjelasannya di bawah ini ya. Scroll down ya dan selamat membaca.

MamyPoko

MamyPoko adalah popok untuk bayi atau anak kamu yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu digunakan anak tercinta. Karena sudah banyak review dan klaim bahwa penggunaan popok ini untuk anak jarang terjadinya iritasi pada kulit anak. Selain itu popok ini juga mudah untuk kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang sangat tinggi. Baca juga Pilih Mana: MamyPoko atau Pampers?

Kelebihan MamyPoko

  • Kulitas yang lembut
    Bagi para orang tua yang khawatir jika kulit pantat bayi akan iritasi akibat tekstur popok yang kasar tidak perlu risau, karena MamyPoko memiliki tekstur popok yang lembut sehingga nyaman digunakan terlebih jika digunakan pada malam hari.
Selain lembut, MamyPoko memiliki wetness indicator yang berfungsi sebagai tanda untuk melihat popok sudah penuh atau belum, jika belum warnanya kuning, kalau penuh akan berubah menjadi biru.
  • Harga terjangkau
    MamyPoko ini juga memiliki harga yang dibilang cukup terjangkau ya ibu-ibu, untuk kamu para ibu-ibu yang ingin beli sachet juga ada popok ini dijual dengan sachet wah, murah kan. Dan tentunya popok ini mudah untuk kamu dapatkan ya ibu-ibu karena di warung atau toko kecil sudah banyak dijual.
  • Daya serap yang baik 
    Karena memiliki desain popok yang tebal, MamyPoko mampu menyerap sampai 10 jam, kamu tidak perlu khawatir apabila popok akan cepat basah yang menyebabkan kulit bayi menjadi ruam.
Meskipun tebal, MamyPoko memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga mencegah kulit bayi menjadi lembab.

Kekurangan MamyPoko

  • Karet popok terlalu tebal
    Karet popok sekali pakai dari merek MamyPoko dinilai terlalu ketat sehingga dapat menyebabkan iritasi di selangkangan dan pinggang bayi. Bagi kamu yang akan menggunakan popok ini pada bayi yang sedang aktif merangkak atau berjalan sebaiknya untuk tetap waspada agar buah hati kamu terhindar dari iritasi.
  • Beberapa desain popok yang agak tebal
    Bagi beberapa orang tua, desain popok tebal dinilai kurang nyaman digunakan karena dapat mengganggu gerak aktif untuk bayi, terlebih popok akan semakin berat apabila sudah hampir terisi penuh. Popok dengan tipe seperti ini kurang cocok digunakan saat siang hari ya ibu-ibu.
  • Beberapa popok yang cukup kaku
    Selain dengan desain popok yang tebal, popok MamyPoko juga dinilai memiliki tekstur yang kaku sehingga gerak bayi kurang bebas. Popok dengan kualitas tipe yang seperti MamyPoko lebih cocok digunakan pada malam hari saat bayi tidak aktif bergerak ya ibu-ibu.

Goon

Goon merupakan produk popok bayi atau anak ternama di Jepang yang berada di bawah naungan Elleair. Dalam bahasa jepang, nama Goon berarti tumbuh dengan baik dan aktif, oleh karena itu Goon selalu berupaya meningkatkan kualitasnya agar menjadi popok yang terpercaya untuk anak.

Kualitas yang baik yang dihadirkan oleh Goon agar tetap memberikan kenyamanan untuk anak saat anak menggunakan popok dari Goon ini. Popo ini juga mudah untuk kamu dapatkan dan sudah banyak digunakan oleh ibu-ibu untuk anak tercinta.

Kelebihan Goon

  • Nyaman digunakan
    Popok Goon memiliki garis penyebar pipis yang terdapat pada permukaan popok. Fungsi garis penyebar ini yaitu menyebarkan pipis sang anak ke seluruh permukaan popok. Hal ini tentunya membuat popok tidak menggembung, karena pipis akan secara merata menyebar di dalam popok.
  • Harga relatif terjangkau
    Popok Goon ini memiliki harga yang bisa dibilang cukup terjangkau, banyak sekali para ibu yang mengklaim akan hal ini. Sebenarnya dengan pesaingnya MamyPoko harga kedua popok ini tidak beda jauh ya ibu-ibu, tinggal kamu pilih yang sesuai dengan anak.
  • Memiliki berbagai ukuran
    Kelebihan yang terakhir dari merek popok ini adalah bahwa popok sekali pakai merek dari Goon ini memiliki ukuran yang berbagai macam atau bervariasi, sebenarnya kelebihan dari popok satu ini juga banyak ditemukan di popok-popok lainnya ya ibu-ibu.

Kekurangan Goon

  • Kurang populer
    Kekurangan yang pertama dari popok Goon ini, popok ini kurang terkenal atau kurang populer di kalangan ibu-ibu. Jika dibandingkan dengan MamyPoko yang sudah sangat terkenal dikalangan ibu-ibu, sehingga tingkat kepopuleran Goon kalah jauh dengan MamyPoko.
  • Belum menguasai pasar
    Selain kurang populer, popok Goon ini juga tidak menguasai pasar. Karena jika kurang populer sudah pasti belum menguasai pasar dan kualitas popok yang diragukan. Dibandingkan dengan MamyPoko yang sudah sangat menguasai pasar dan banyak menjadi andalan.
  • Daya serap yang kurang baik
    Selain kekurangan di atas, bahwa popok Goon ini kurang terkenal di kalangan ibu-ibu. Popok dari Goon ini juga mempunyai daya serap yang kurang, kebanyakan review yang dikatakan oleh para ibu bahwa ketika menggunakan popok ini keadaan pantat anak tidak terlalu kering. Wah, sayang sekali ya kekurangan satu ini sangat tidak nyaman untuk anak atau bayi.

Pada umumnya menggunakan popok pada bayi harus kamu sesuaikan dengan ukuran popok tersebut karena setiap ukuran popok berbeda-beda dengan berat badan pada anak. Tabel di bawah ini menjelaskan ukuran popok sesuai berat pada anak.

UkuranBerat
Ukuran NBBerat anak atau bayi baru lahir - 5 kg
Ukuran SBerat bayi atau anak sekitar 3 - 8 kg
Ukuran MBerat bayi atau anak sekitar 6 - 11 kg
Ukuran LBerat bayi atau anak sekitar 9 - 14 kg
Ukuran XLBerat bayi atau anak sekitar 12 - 17 kg
Ukuran XXLBerat bayi atau anak sekitar 15 - 25 kg

Tips Menggunakan Popok Bayi

  • Sebelum menggunakan popok, sebaiknya cuci tangan kamu terlebih dahulu dengan sabun dan air. Bersihkan pantat bayi dari bagian depan ke belakang dan kemudian keringkan dengan handuk lembut. Selanjutnya, kamu bisa memakaikan popok ke bayi. Setelah itu, cuci tangan lagi agar kuman yang menempel di tangan kamu tidak menyebar. Ingat, jangan pernah membersihkan pantat bayi dari belakang ke depan, terutama pada anak perempuan. Ini dapat membuat kuman-kuman yang ada di anus bayi berpindah ke saluran kemih, sehingga bisa menyebabkan infeksi saluran kencing.
  • Gunakan bedak adalah kebiasaan ini mungkin sudah dilakukan turun-temurun dengan maksud agar kulit bayi tidak gatal karena pemakaian popok terus-menerus. Tapi ternyata kebiasaan ini salah. Memakaikan bedak bayi sebelum memakaikan popok justru dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit bayi, seperti dilansir dari Baby Center. Kulit bayi bisa menjadi kemerahan dan gatal. Iritasi ini bisa terjadi karena bedak cenderung akan akan menggumpal, terutama jika pantat bayi masih basah atau lembap karena pemakaian popok.
Jadi, sebaiknya hindari pemakaian bedak pada pantat bayi. Kamu bisa mengganti bedak dengan lotion, krim, atau minyak untuk menjaga agar kulit bayi tidak kering atau untuk meredakan gatal pada kulit bayi.
  • Setelah mengganti popok kotor bayi dengan yang bersih, jangan langsung membuang popok kotor. Sebaiknya bungkus popok kotor tersebut dalam plastik sebelum membuangnya, hal ini bertujuan agar kuman-kuman yang ada di popok tidak menyebar luas. Selain itu, sebaiknya kamu juga rutin membuang sampah rumah kamu yang penuh dengan popok bayi setiap minggu atau setiap hari jika memungkinkan.

Pilih Mana: MamyPoko atau Goon?

MamyPokoGoon
Kelebihan- Kulitas yang lembut - Harga terjangkau - Daya serap yang baik  - Nyaman digunakan - Harga relatif terjangkau - Memiliki berbagai ukuran
Kekurangan- Karet popok terlalu tebal - Beberapa desain popok yang agak tebal - Beberapa popok yang cukup kaku - Kurang populer - Belum menguasai pasar - Daya serap yang kurang baik

Kesimpulan

MamyPoko dan Goon adalah kedua merek popok yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi memang pada artikel kali ini saya akan lebih merekomendasikan kamu untuk lebih memilih popok merek MamyPoko dibandingkan dengan Goon. Karena sekalin harga yang terjangkau Mamypoko kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi, beda halnya dengan popok Goon, dan juga untuk kepopuleran jauh lebih unggul MamyPoko dibandingkan dengan Goon.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

MamyPoko vs Goon

VS

Leave a Reply