Parenting

Pilih Mana: MamyPoko atau Pampers?

Untuk kedua orang tua pemilihan popok yang tepat adalah hal yang sangat wajib untuk menjaga kesehatan kulit pada anak sehingga dapat menghindari iritasi. Banyaknya merek popok yang bisa kamu dapatkan, kedua dari banyaknya merek popok adalah merk MamyPoko dan Pampers.

MamyPoko dan Pampers adalah popok yang banyak menjadi pilihan oleh ibu-ibu. Tetapi mana yang lebih bagus dari keduanya? Pada artikel kali ini akan membahas kelebihan dan kekurangan dari kedua popok tersebut dan beberapa jenis rekomendasi dari kedua merek popok, sehingga kamu bisa mengetahuinya lebih jelas.

MamyPoko

MamyPoko sepertinya sudah tidak asing lagi didengar oleh semua orang khususnya untuk kalangan perempuan ibu-ibu, MamyPoko adalah popok yang sekali pakai yang mempunyai kualitas cukup baik karenanya MamyPoko mempersembahkan produk berkualitas tinggi yang begitu lembut untuk kulit anak, sehingga momen tumbuh kembang anak semakin ceria, dan harga yang masih dibilang terjangkau. Baca juga Pilih Mana : Merries atau Goon?

Apakah untuk para ibu popok MamyPoko adalah pilihan yang tepat? Atau memang popok ini adalah popok andalan untuk para ibu? Pada penjelasan di bawah akan memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari popok MamyPoko tersebut.

Kelebihan MamyPoko

  • Lembut di kulit
    Bagi para orang tua yang khawatir jika kulit pantat bayi akan iritasi akibat tekstur popok yang kasar tidak perlu risau, karena MamyPoko memiliki tekstur popok yang lembut sehingga nyaman digunakan terlebih jika digunakan pada malam hari.
Selain lembut, MamyPoko memiliki wetness indicator yang berfungsi sebagai tanda untuk melihat popok sudah penuh atau belum, jika belum warnanya kuning, kalau penuh akan berubah menjadi biru.
  • Mudah didapatkan
    Selain kualitas dari popok itu sendiri yang cukup baik seperti penjelasan di atas mengenai lembut di kulit sehingga tidak membuat iritasi pada pantat bayi, MamyPoko juga mudah untuk kamu dapatkan ya ibu-ibu. Seperti di warung-warung kecil juga biasanya selalu ada popok dengan merek MamyPoko ini, apalagi di toko-toko besar atau di supermarket mall. Jadi, tidak perlu kamu khawatirkan untuk mendapatkan popok ini.
  • Daya serap yang baik dan harga terjangkau
    Karena memiliki desain popok yang tebal, MamyPoko mampu menyerap sampai 10 jam, kamu tidak perlu khawatir apabila popok akan cepat basah yang menyebabkan kulit bayi menjadi ruam. Meskipun tebal, MamyPoko memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga mencegah kulit bayi menjadi lembab. MamyPoko ini juga memiliki harga yang dibilang cukup terjangkau ya ibu-ibu, untuk kamu para ibu-ibu yang ingin beli sachet juga ada popok ini dijual dengan sachet wah, murah kan.

Kekurangan MamyPoko

  • Karet popok terlalu tebal
    Karet popok sekali pakai dari merek MamyPoko dinilai terlalu ketat sehingga dapat menyebabkan iritasi di selangkangan dan pinggang bayi. Bagi kamu yang akan menggunakan popok ini pada bayi yang sedang aktif merangkak atau berjalan sebaiknya untuk tetap waspada agar buah hati kamu terhindar dari iritasi.
  • Beberapa desain popok yang agak tebal
    Bagi beberapa orang tua, desain popok tebal dinilai kurang nyaman digunakan karena dapat mengganggu gerak aktif untuk bayi, terlebih popok akan semakin berat apabila sudah hampir terisi penuh. Popok dengan tipe seperti ini kurang cocok digunakan saat siang hari ya ibu-ibu.
  • Beberapa popok yang cukup kaku
    Selain dengan desain popok yang tebal, popok MamyPoko juga dinilai memiliki tekstur yang kaku sehingga gerak bayi kurang bebas. Popok dengan kualitas tipe yang seperti MamyPoko lebih cocok digunakan pada malam hari saat bayi tidak aktif bergerak ya ibu-ibu.

Produk Rekomendasi MamyPoko

MamyPoko Preemie Care
Popok dengan ukuran terkecil di antara jenis produk popok MamyPoko yang lain, popok ini terbuat khusus untuk anak baru lahir dengan berat lahir rendah. Popok ini mempunyai bahan yang sangat lembut dan mempunyai daya serap yang tinggi, sangat sesuai untuk kulit bayi yang sangat lembut dan sensitif. MamyPoko Preemie Care tersedia dalam jenis tipe perekat (Tape Type), MamyPoko jenis perekat ini merupakan popok perekat pertama di dunia yang melingkar pas di badan anak tetapi tidak terlalu ketat.

MamyPoko Extra Dry
MamyPoko Extra Dry merupakan popok yang mempunyai kelebihan daya serap yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, popok ini bersifat extra soft yang sangat sesuai untuk anak baru lahir dengan frekuensi buang air kecil yang cenderung banyak dan sering. Perekat pada popok dapat dipasang dan dilepas berulang kali untuk mendapatkan setelan yang pas serta nyaman untuk anak.

Popok Mamypoko Extra Dry ini juga mempunyai indikator sebagai pemberi informasi kapan waktu yang pas untuk mengganti popok anak kamu, dengan metode melihat apabila garis kuning pada popok berubah warna. MamyPoko Extra Dry ada jenis Tipe Perekat (Tape Type).

MamyPoko Pants Extra Soft
Popok yang menyediakan pants type atau tipe celana ini memiliki inovasi kelembutan selembut kapas atau Soft Cotton Belt, anak akan merasa tetap kering dan bebas bergerak sepanjang hari dan bebas dari ruam dan iritasi. Dengan daya serap tinggi dapat menampung 5 kali pipis anak untuk penggunaan yang lebih lama hingga 12 jam.

Tabel berikut harga dari rekomendasi popok MamyPoko di atas.

RekomendasiHarga
MamyPoko Preemie Care Mamypoko preemie Care isi 26 pcs harga berkisar Rp. 138.000 (per September 2019)
MamyPoko Extra Dry Mamypoko Extra Dry isi 30 pcs harga berkisar Rp. 61.900 - Rp. 75.900 (per September 2019)
MamyPoko Pants Extra Soft Mamypoko Extra Soft isi 34 pcs harga berkisar Rp. 83.900 - Rp. 126.000 (per September 2019)
Lihat juga:  Pilih Mana: Bebelac Gold atau Nutrilon Royal?

Pampers

Brand popok sekali pakai ini diproduksi pertama kali sejak tahun 1961 sebagai hasil dari pemikiran Victor Mills, seorang insinyur dan peneliti di perusahaan P dan G, yang terinspirasi oleh cucunya untuk mendesain popok sekali pakai yang lebih baik. Pampers membuat bayi tetap kering dan merasa nyaman dengan menggunakan konstruksi yang berlapis-lapis pada produknya.

Sejauh ini, Pampers telah memproduksi beberapa jenis popok sekali pakai untuk kenyamanan dan keamanan buah hati. Kamu dapat memilih produk Pampers sesuai dengan kebutuhan buah hati kamu dan keinginan kamu. Semua produk popok Pampers memiliki bagian utama dalam memberi kenyamanan buah hati kamu.

Kelebihan Pampers

  • Kualitas yang lembut
    Sebagian ibu-ibu banyak yang mereview bahwa popok dengan merek Pampers ini memiliki kualitas yang baik dengan kualitas yang lembut sehingga memasangnya untuk bayi juga terasa sangat nyaman.
  • Karet pinggang popok lentur
    Bagian pinggang lebih lentur. Jadi untuk para ibu tidak perlu khawatir pinggang anak akan memberikan bekas popok seperti pada umumnya.
Dengan popok dengan merek Pampers memiliki kelenturan sampai 2 kali akan memberikan kenyamanan pada anak kamu tanpa meninggalkan bekas.
  • Adanya lotion pelindung kulit dan daya serap tinggi
    Nah ibu-ibu yang khawatir anak takut terkena ruam popok sekarang tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada lotion yang melindungi kulit anak dari rasa gatal disebabkan popok. Popok yang terkena air kencing anak dan jika terlalu lama akan menimbulkan ruam popok rekomendasi seperti Pampers premium care new baby, dan juga daya serap pada popok Pampers ini memiliki daya serap yang tinggi hingga 12 jam.

Kekurangan Pampers

  • Harga relatif mahal
    Harga Pampers relatif lebih mahal, tetapi hal ini tidak terlalu bergantungan dengan orang atau ibu-ibu karena jika memang cocok digunakan untuk anak lebih baik ya ibu-ibu. Jika ingin yang harga lebih murah kamu bisa mencari merek yang cocok dengan anak dengan harga yang lebih murah ya ibu-ibu.
  • Adanya bahan kimia
    Beberapa penelitian kekurangan lain dari Pampers ini adalah terdapat beberapa bahan pembuatan Pampers yang berbahaya untuk kesehatan anak. Diantaranya yaitu sodium polyacrylate yang dapat mengakibatkan iritasi pada kulit dan mata. Ada juga dioxin yang sering dihubungkan dengan penyebab penyakit kanker.
  • Dapat menyebabkan iritasi
    Pampers memang memiliki permukaan yang cepat kering. Namun jika kamu terlalu lama membiarkan Pampers yang telah kotor digunakan oleh anak, maka akan mengakibatkan terjadi iritasi pada kulit anak. Karena itu, kamu harus memperhatikan hal ini dan jangan membiarkan kotoran menumpuk terlalu lama.

Produk Rekomendasi Pampers

Pampers New Baby
Produk pampers yang satu ini diproduksi untuk sasaran bayi atau anak yang baru lahir karena kulitnya masih sensitif sehingga membutuhkan perlindungan yang khusus. Dengan teknologi yang dimiliki Pampers New Baby membuat popok tersebut cepat menyerap basah dan pup yang berair sehingga kulit bayi tetap kering.

Pampers Baby Dry Pants
Jika buah hati kamu sering sekali buang air kecil saat tidur, Pampers Baby Dry Pants adalah pilihan yang tepat untuk buah hati. Pampers Baby Dry Pants dapat menyerap serta mengunci basah hingga 99% sehingga anak tidak merasa risih setelah pipis dan nyaman saat tidur.

Popok Pampers Baby Dry Pants ini mampu menyerap basah hingga 6 kali pipis dan tidak mudah bocor karena dilengkapi dengan 2 lapisan Extra Dry.

Pampers Premium Care Pants
Pampers ini dirancang sesuai dengan pinggang dan kaki sehingga mudah saat memakaikannya ke anak. Produk Pampers ini memang memberikan kenyamanan terbaik untuk buah hati kamu, desain bagian permukaan dan stretch pada pinggang lembut ditambah dengan teknologi extra dry yang mampu menjaga kulit anak tetap kering selama 12 jam.

Tabel berikut harga dari rekomendasi popok Pampers di atas.

RekomendasiHarga
Pampers New Baby Pampers New Baby isi 48 pcs Rp. 90.000 - Rp. 135.000 (per September 2019)
Pampers Baby Dry Pants Pampers Baby Dry Pants isi 12 pcs Rp. 90.000 (per Septe,ber 2019)
Pampers Premium Care Pants Pampers Premium Care Pants isi 48 pcs Rp. 150.000 (per September 2019)

Pilih Mana: MamyPoko atau Pampers?

MamyPokoPampers
Kelebihan- Lembut di kulit - Mudah didapatkan - Daya serap yang baik dan harga terjangkau - Kualitas yang lembut - Karet pinggang popok lentur - Adanya lotion pelindung kulit dan daya serap tinggi
Kekurangan- Karet popok terlalu tebal - Beberapa desain popok yang agak tebal - Beberapa popok yang cukup kaku - Harga relatif mahal - Adanya bahan kimia - Dapat menyebabkan iritasi

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai kedua produk popok yaitu MamyPoko dan Pampers, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga memang untuk pemilihan popok untuk anak kamu harus memperhatikan dengan benar, harga yang mahal tidak menjamin popok tersebut nyaman untuk anak kamu ya ibu-ibu. Pilihlah popok dengan kenyamanan untuk anak. Karena akan berbeda tingkat kenyaman popok di setiap anak atau bayi. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

MamyPoko vs Pampers

VS