Home

Pilih Mana: Marmer atau Granit?

Saat memiliki sebuah hunian, seseorang pasti mempertimbangkan banyak hal untuk membuat rumah tau hunian tersebut menjadi lebih nyaman dan lebih indah. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah lantai. Banyak material yang dapat Anda gunakan untuk lantai rumah Anda. Dua di antaranya yaitu marmer dan granit. Manakah yang lebih baik untuk lantai hunian Anda? Marmer atau granit?

Marmer dan granit merupakan dua jenis batuan yang umum digunakan sebagai lantai. Marmer banyak disukai sebab memiliki motif yang sangat indah. sedangkan granit disukai sebab lebih tahan terhadap goresan.

Marmer

Dikutip dari Wikipedia.org  marmer merupakan sebuah batuan yang awalnya berasa dari batu kapur. Marmer termasuk ke dalam jenis batuan kristalin kasar. Marmer saat ini banyak digunakan sebagai lantai karena memiliki motif yang sangat indah.

Kelebihan Marmer

Berikut beberapa kelebihan marmer yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Panas dan Tidak Mudah Menghantar Panas

Salah satu kelebihan menggunakan marmer sebagai lantai adalah marmer tidak panas dan tidak mudah untuk menghantarkan panas. Dengan kelebihan yang dimilikinya ini, Anda tidak perlu khawatir sebab ruangan Anda tidak akan menjadi panas jika menggunakan lantai marmer.

  • Memiliki Banyak Variasi Warna dan Motif

Kelebihan lain yang dimiliki oleh lantai marmer ini adalah memiliki banyak variasi warna dan motif. Anda dapat memilih motif dan variasi sesuai dengan keinginan Anda. Motif dan warna marmer tersebut juga tersedia dengan harga mulai dari yang terjangkau hingga yang mahal.

  • Mudah untuk Mengembalikan Kilap

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh lantai yang dibuat dari marmer adalah mudah untuk mengembalikan kilapnya. Lantai marmer memang memiliki pori-pori yang besar sehingga dapat menyerap air dan membuat lantai menjadi kusam. Namun, hal tersebut membutuhkan waktu yang lama. Jika lantai marmer Anda kusam, telah ada cairan khusus yang dapat mengembalikan kilap lantai marmer Anda.

Kekurangan Marmer

Berikut beberapa kekurangan marmer yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah Tergores dan Rentan Patah

Salah satu kekurangan marmer adalah lebih mudah tergores dan lebih rapuh sehingga mudah patah. Granit lebih tahan terhadap goresan daripada marmer. Karena kekurangannya ini, Anda sebaiknya menggunakan marmer pada tempat yang tidak terlalu memiliki banyak goresan sehingga lantai dapat terjaga dan terhindar dari banyak goresan.

  • Kurang Tahan Lama

Jika dibandingkan dengan granit, umur pemakaian marmer kurang tahan lama. Hal ini dikarenakan marmer memang kurang kokoh dan mudah pula rusak jika terkena benturan, goresan dan penyebab lainnya. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa Anda sebaiknya menggunakan marmer untuk lantai yang aman. Anda juga dapat menggunakannya untuk dinding.

  • Memiliki Pori yang Besar

Kekurangan lain yang dimiliki oleh marmer ini adalah memiliki pori yang besar. Karena memiliki pori yang besar, lantai marmer ini lebih mudah menyerap cairan yang tertumpah pada permukaan marmer. Cairan yang tertumpah tersebut, mengendap dan dapat membuat lantai menjadi kusam.

Kelebihan MarmerKekurangan Marmer
- Tidak panas dan tidak mudah menghantar panas- Mudah tergores dan rentan patah
- Memiliki banyak variasi warna dan motif- Kurang tahan lama
- Mudah untuk mengembalikan kilap- Memiliki pori yang besar

Granit

Granit merupakan batuan yang memiliki tekstur yang keras dan kuat. Granit termasuk ke dalam jenis batuan intrusif, felsik dan igneus. Karena teksturnya yang sangat keras, granit lebih tahan terhadap goresan. Baca juga Pilih Mana Marmer vs keramik?

Kelebihan Granit

Berikut beberapa kelebihan granit yang perlu Anda ketahui:

  • Tahan Terhadap Goresan

Salah satu kelebihan lantai menggunakan granit adalah lebih tahan terhadap goresan. Karena itulah lantai granit ini banyak digunakan pada tempat-tempat yang memiliki banyak aktivitas. Granit memiliki tekstur yang sangat kuat dan keras. Karena itulah lantai granit mampu untuk bertahan terhadap goresan.

  • Lebih Tahan Lama

Kelebihan lain yang dimiliki oleh lantai granit adalah lebih tahan lama. Hal ini dikarenakan teksturnya yang kuat mampu bertahan dan tidak mudah menyerap material yang tertumpah pada permukaan granit ini. Maka dari itu, jika Anda membutuhkan lantai yang memiliki umur pemakaian yang lebih tahan lama, sebaiknya Anda menggunakan granit untuk lantai Anda.

  • Tidak Mudah Menyerap Cairan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh lantai granit ini adalah memiliki pori yang kecil. Karena memiliki pori-pori yang kecil, granit tidak mudah untuk menyerap cairan. Air atau cairan yang tertumpah dapat Anda bersihkan dengan cara mengelapnya. Lantai tersebut sulit untuk diserap air sehingga cairan tidak akan mengendap dan lantai sulit untuk kusam.

Kekurangan Granit

Berikut beberapa kekurangan granit yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Warna dan Motif yang Terbatas

Salah satu kekurangan granit adalah memiliki warna dan motif yang kurang bervariasi. Jika Anda membutuhkan lantai dengan banyak warna dan motif, sebaiknya Anda tidak menggunakan lantai granit sebagai pilihan.

  • Membutuhkan Perawatan yang Lebih Baik

Meskipun tahan terhadap goresan dan tahan terhadap air, lantai granit harus dirawat dengan baik. Jika cairan kimia atau berwarna tertumpah pada granit dan tidak dibersihkan dengan cepat, maka akan lebih sulit untuk menghilangkan nodanya. Karena itulah, Anda sebaiknya cepat dan sigap mengeringkan dan membersihkan granit jika tertumpah cairan.

  • Memiliki Harga yang Mahal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh lantai granit adalah memiliki harga yang mahal. Lantai granit ini dulu biasanya digunakan untuk perkantoran, hotel dan sebagainya. Namun, saat ini granit telah banyak digunakan untuk rumah. Namun, harga yang mahal ini tidak hanya dimiliki oleh granit, marmer juga memiliki harga yang sama.

Kelebihan Granit Kekurangan Granit
- Tahan terhadap goresan- Memiliki warna dan motif yang terbatas
- Lebih tahan lama- Membutuhkan perawatan yang lebih baik
- Tidak mudah menyerap cairan- Memiliki harga yang mahal

Pilih Mana: Marmer atau Granit?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara marmer dan granit. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai marmer dan granit di atas, dapat disimpulkan bahwa granit lebih kuat dan lebih tahan terhadap goresan daripada marmer. Tapi, jika Anda menginginkan tampilan lantai yang lebih indah dan menarik, sebaiknya Anda menggunakan lantai marmer. Lantai marmer merupakan lantai yang paling indah dibandingkan dengan jenis lantai lainnya.

MarmerGranit
- Kurang tahan terhadap goresan- Lebih tahan terhadap goresan
- Memiliki banyak motif dan warna- Memiliki motif dan warna lebih sedikit
- Memiliki pori yang lebih besar- Pori lebih kecil
- Cek harga marmer online termurah, Klik di sini- Cek harga granit online termurah, Klik di sini

Leave a Reply