Home

Pilih Mana: Marmer atau Keramik?

Lantai tidak hanya berfungsi untuk menjadi tempat berpijak oleh penghuni sebuah bangunan. Lantai juga dapat mendukung kenyamanan Anda dalam sebuah hunian. Terdapat banyak jenis lantai yang dapat Anda gunakan, dua di antaranya yaitu marmer dan keramik. Manakah material lantai yang paling sesuai untuk Anda gunakan pada hunian Anda? Marmer atau keramik?

Marmer dan keramik merupakan jua jenis material lantai yang sama-sama memiliki banyak motif dan warna. Namun, memberikan warna dan motif yang lebih alami. Sedangkan keramik memiliki banyak motif yang sangat beragam hingga bergambar.

Marmer

Marmer merupakan sebuah material yang dapat digunakan untuk lantai atau pun untuk dinding sebuah bangunan. Marmer ini merupakan jenis batuan yang memiliki tekstur tidak terlalu keras. Selain itu, marmer juga memiliki motif yang dapat memberikan kesan alami pada bangunan.

Kelebihan Marmer

Berikut beberapa kelebihan marmer yang perlu Anda ketahui:

  • Memberikan Tampilan yang Alami dan Mewah

Salah satu kelebihan marmer adalah memiliki tampilan yang lebih alami dan lebih mewah jika dibandingkan dengan keramik. Sebuah lantai akan terlihat lebih indah dan lebih elegan jika menggunakan marmer sebagai lantainya. Karena itulah, marmer banyak digunakan pada perkantoran, hotel hingga mall.

  • Mampu Menjaga Suhu Tetap Dingin

Kelebihan lain yang dimiliki oleh marmer adalah mampu menjaga agar suhu lantai tetap dingin. Lantai marmer tidak mudah menyerap dan mengeluarkan panas. Lantai marmer mampu menjaga suhu agar tetap dingin dan sejuk. Karena itulah, marmer sangat disukai oleh banyak penggunanya.

  • Memiliki Sisi Siku yang Lebih Rapi dan Akurat

Kelebihan lain yang dimiliki oleh marmer adalah memiliki sisi siku yang lebih rapi dan akurat. Karena hal tersebut, nat pada lantai akan terlihat lebih baik dan lebih rapi. Selain itu, tingkat kembang susut marmer lebih rendah jika dibandingkan dengan lantai jenis lainnya. Selain itu, dikutip dari Okezone.com limbah marmer juga dapat diolah oleh tiga mahasiswa ITS menjadi beton yang berkualitas.

Kekurangan Marmer

Berikut beberapa kekurangan marmer yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Harga yang Relatif Mahal

Salah satu kekurangan marmer adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan keramik. Hal ini dianggap wajar sebab marmer memberikan tampilan yang sangat baik. Selain itu, harga marmer juga lebih mahal karena tekstur dan manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan jika menggunakan marmer sebagai lantai.

  • Membutuhkan Biaya Perawatan yang Tinggi

Kekurangan lain yang dimiliki oleh marmer adalah membutuhkan biaya perawatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan keramik. Biaya perawatan lebih tinggi ini dibutuhkan sebab marmer sangat mudah tergores, oleh karena itu Anda perlu merawat marmer dengan baik. Saat ini juga sudah terdapat cairan yang dapat membantu mengurangi goresan dan membantu mengembalikan kilap marmer.

  • Kurang Tahan Terhadap Air

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki marmer adalah kurang tahan terhadap air. Selain kurang tahan terhadap goresan, marmer yang memiliki pori lebih besar ini juga kurang tahan terhadap air. Jika marmer tertumpah air atau cairan dan tidak segera dibersihkan. Maka cairan atau air tersebut dapat diserap oleh marmer dan dapat membuat marmer menjadi kusam.

Kelebihan MarmerKekurangan Marmer
- Memberikan tampilan yang alami dan mewah- Memiliki harga yang relatif mahal
- Mampu menjaga suhu tetap dingin- Membutuhkan biaya perawatan yang tinggi
- TMemiliki sisi siku yang lebih rapi dan akurat-Kurang tahan terhadap air

Keramik

Keramik merupakan salah satu jenis material lantai yang paling banyak digunakan. Keramik ini dibentuk melalui proses pembakaran sehingga memiliki tekstur yang keras dan permukaan yang licin. Baca juga  Pilih Mana: Lantai keramik vs parket? 

Kelebihan Keramik

Berikut beberapa kelebihan keramik yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Harga Terjangkau

Salah satu kelebihan keramik adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan marmer. Keramik juga merupakan material yang sangat banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Salah satu alasannya adalah karena keramik memiliki harga yang mudah untuk dijangkau. Selain memiliki harga yang lebih terjangkau, keramik juga memiliki banyak motif dengan berbagai warna.

  • Memiliki Perawatan yang Mudah

Kelebihan lain yang dimiliki keramik adalah memiliki perawatan yang lebih mudah jika dibandingkan dengan marmer. Anda tidak membutuhkan perawatan khusus jika memiliki lantai marmer ini. Dengan demikian, Anda tidak akan direpotkan jika memiliki lantai jenis ini.

  • Tahan Terhadap Air

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh keramik adalah lebih tahan terhadap air. Keramik tidak terlalu mudah menyerap air seperti marmer. Jika keramik terkena air, Anda hanya perlu untuk membersihkannya dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Kekurangan Keramik

Berikut beberapa kekurangan keramik yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Ukuran yang Selisih

Salah satu kekurangan keramik adalah memiliki ukuran yang selisih dan tidak rata. Karena selisih ukuran yang dimilikinya ini, tampilan nat menjadi kurang rapi. Kerena itulah, sebelum membeli keramik, Anda perlu mempertimbangkan kekurangan yang dimiliki oleh keramik ini.

  • Lebih Mudah Pecah

Kekurangan lain yang dimiliki oleh keramik adalah lebih mudah pecah jika dibandingkan dengan marmer. Keramik memiliki tekstur yang keras, tetapi mudah pecah. Karena itulah, dalam pemasangannya diperlukan kehati-hatian agar keramik tidak pecah.

  • Memiliki Permukaan Licin dan Kurang Nyaman Diinjak

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh lantai keramik ini adalah memiliki permukaan yang licin sehingga kurang nyaman diinjak. Permukaan yang terlalu licin pada lantai juga dapat membahayakan bagi orang yang berjalan di atasnya. Karena itu, Anda perlu hati-hati berjalan di lantai keramik apalagi dalam kondisi lantai masih basah.

Kelebihan KeramikKekurangan Keramik
- Memiliki harga terjangkau - Memiliki ukuran yang selisih
- Memiliki perawatan yang mudah- Lebih mudah pecah
- Tahan terhadap air- Memiliki permukaan licin dan kurang nyaman diinjak

Pilih Mana: Marmer atau Keramik?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara marmer dan keramik. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

MarmerKeramik
- Memberikan kesan lebih alami dan elegan- Memiliki motif yang bermacam-macam
- Memiliki sisi siku yang akurat dan rapi- Memiliki sisi yang sering selisih
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Cek harga marmer online termurah, Klik di sini- Cek harga keramik online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai marmer dan keramik di atas, dapat disimpulkan bahwa marmer merupakan material untuk lantai yang memiliki kualitas lebih baik jika dibandingkan dengan keramik. Namun, untuk menggunakan marmer ini sebagai lantai, Anda memerlukan biaya yang lebih mahal dan membutuhkan perawatan yang lebih banyak.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Marmer vs Keramik

VS

Leave a Reply