Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Martabak Asin atau Martabak Manis?

Siapa yang tidak suka dengan makanan? Ya, semua orang tentu menyukai makanan karena makan adalah kebutuhan pokok semua orang. Camilan juga adalah yang dibutuhkan orang untuk menemani di saat santai dan saat waktu lengang. Seperti Martabak Asin dan Martabak Manis adalah makanan yang banyak digemari semua orang dengan banyak varian yang ada dan juga banyak ditemukan dimana-mana. Disini saya akan menjelaskan mengenai kedua dari makanan tersebut, yuk dibaca.

Pengertian Martabak

Di Indonesia, dikenal 2 jenis martabak yaitu Martabak Manis serta Martabak Telur atau Asin. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Martabak Manis merupakan makanan dibuat dari adonan terigu, telur, gula, yg ditaburi bubuk kacang tanah dan coklat, setelah itu dipanggang dan dilipat.

Sedangkan definisi Martabak Telur atau Asin. merupakan makanan dibuat dari adonan tepung terigu (untuk lapisan luar) serta adonan telur, daging giling (cincang), dan rempah (untuk bagian isi) yang kemudian digoreng. Baca juga Pilih Mana: Es Krim atau Gelato?

Martabak Asin

Martabak asin atau telur berasal dari Arab. Pembuatan martabak ini juga sedikit kompleks tetapi sangat mengasikkan. Dimana adonan dari martabak telor ini cukup mudah didapatkan yaitu tepung terigu, air, garam, serta telur. Dalam pembuatan martabak telur ini, telur yang digunakan merupakan telur ayam ataupun telur bebek.

Sistem pembuatannya juga berbeda dengan resep martabak manis yang dipanggang, martabak telor ini terbuat dengan sistem di goreng. Adonan yang sudah jadi akan langsung dituang ke panci berisi minyak panas, setelah itu daging serta sayuran dapat dimasukkan ke atas adonan, kemudian di lipat.

Buat mempermudah, biasanya martabak telur dimasak dengan mesin gas griddle, yaitu wadah masak yang datar. Martabak asin ini mempunyai karakteristik khas rasa yang enak. Serta martabak asin atau telur ini mempunyai beberapa varian.

Varian Martabak Asin

Martabak Telor Har
Dari sekian banyaknya jenis martabak, terdapat satu martabak yang sangat istimewa yaitu berada dari kota Palembang. Dimana martabak Har ini menjadi cemilan khas yang diidolakan oleh masyarakat palembang selain pempek.

Martabak Daging Cincang
Martabak asin merupakan jenis martabak telur yang isiannya menggunakan telur dan daging cincang. Nyaris di tiap pedagang martabak, menyediakan martabak asin atau telor dengan isian daging cincang.

Martabak Asin Kubang
Martabak kubang merupakan makanan dengan paduan cita rasa India serta padang. Penyajian dari martabak telur ini muncul dari Sumatera Barat yang mengolah martabak menjadi lebih menarik. Dengan terdapatnya cita rasa yang istimewa saat ini martabak kubang juga dapat di buat di rumah.

Martabak Sayur
Martabak asin satu ini merupakan jenis martabak yang isinya menggunakan sayur yang dan menggunakan beberapa jenis sayuran. Hampir di setiap pedagang martabak, menyediakan martabak asin/telor dengan isian sayur ini.

Untuk kamu yang ingin membuat martabak asin ini sendiri kamu bisa membuat di rumah kamu bisa membeli bahan-bahannya di supermarket seperti Hypermart dan lain sebagainya.

Martabak Manis

Merupakan makanan khas Bangka Belitung, dimana orang sana menyebutnya Hok Lo Pan. Martabak manis pada biasanya dibuat dari adonan campuran terigu, telur, serta gula, tetapi sering- kali juga terdapat yang menambahkan susu dan baking powder atau baking soda.

Sistem pembuatannya bisa dikatakan cukup mudah, kita hanya butuh memanggang adonan di panggangan berbentuk bulat, sehabis itu meletakkan isi sesuai selera, kemudian dilipat serta diolesi dengan margarin, setelah itu dipotong untuk lebih mudah memakannya.

Yang membuat hidangan ini sangat disukai adalah rasanya yang sangat manis serta isinya yang bisa dicocokkan dengan selera. Serta martabak manis ini mempunyai banyak varian rasanya yang harus untuk kamu coba.

Varian Martabak Manis

Martabak Manis Original
Sebagai penyuka cemilan salah satunya martabak, tentu akan merasa penasaran jika tidak bisa membuatnya sendiri. Untuk itu resep martabak manis kini kamu bisa mengetahuinya di berbagai web yang bisa kamu lihat. Sehingga tidak perlu bingung lagi seperti apa resep martabak manis yang terjual di berbagai kedai dengan sensasi rasa yang begitu enak.

Martabak Manis Bandung
Martabak manis Bandung merupakan jajanan khas Bandung yang selalu menjadi andalan turis maupun masyarakat Bandung. Dengan rasanya cukup lezat serta bersahabat. Kini martabak manis Bandung dapat dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang dibutuhkan yang bisa kamu dapatkan di supermarket.

Martabak Manis Gulung
Hampir mendekati dengan martabak manis Bandung. Tetapi martabak Gulung ini mempunyai berbagai macam rasa. Dengan penyajian berbentuk gulungan kue, saat ini martabak manis gulung menjadi inovasi terkini untuk pedagang makanan manis satu ini.

Martabak Manis Mini
Jika resep martabak manis hanya dapat dibuat dalam ukuran besar. Saat ini resep martabak manis dibuat dalam ukuran kecil menyerupai potongan pizza ataupun tercetak seperti tutup gelas. Inovasi ini membantu para pedagang makanan semakin laris manis.

Untuk kamu yang ingin membuat martabak manis sendiri kamu bisa membuat sendiri di rumah kamu bisa membeli bahan-bahannya di supermarket seperti Hypermart dan lain sebagainya.

Pilih Mana: Martabak Asin atau Martabak Manis?

Martabak AsinMartabak Manis
Kelebihan - Memiliki banyak varian - Martabak telur mengandung lebih banyak protein - Mudah didapatkan juga bisa dibuat sendiri- Memiliki banyak varian - Menjadi pengganti makan malam - Martabak manis bisa jadi pilihan makanan yang tinggi kalori dan padat gizi
Kekurangan- Martabak asin atau telur ini memiliki tinggi kolesterol - Memiliki banyak lemak- Asupan kalori cenderung berlebihan - Risiko gula darah naik hingga kegemukan

Kesimpulan

Martabak Asin dan juga Martabak Manis memang banyak disukai dikalangan masyarakat selain harga terjangkau juga mudah untuk didapatkan bahkan bisa di buat sendiri dirumah. Bagi kamu yang tidak suka manis kemungkinan Martabak Manis bukan pilihan kamu. Keduanya jika dikonsumsi secara tidak berlebihan akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan sebaliknya jika dikonsumsi secara berlebihan ada terjadinya efek samping. Jadi, konsumsilah keduanya secara tidak berlebihan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Martabak Asin vs Martabak Manis

VS

Leave a Reply