AksesorisBeautyFashionKesehatanLifestyleTrends

Pilih Mana: Masker Duckbill atau KN95?

Masker merupakan pelindung wajah yang sangat penting di zaman pandemic ini, selain untuk melindungi dari paparan virus masker juga penting untuk melindungi dari debu. Berbagai jenis masker bisa didapat dengan mudah di pasaran dengan berbagai macam tipe masker, ada yang bisa dicuci dan ada yang sekali pakai. Baca Juga: 9 Merk Hand Sanitizer yang Wanginya Enak 2022

Mengingat bahwa masker meningkat drastis selama pandemic ini membuat produksi masker membuat berbagai macam bentuk masker. Salah satu masker yang paling sering digunakan oleh khalayak umum adalah masker tipe Duckbill dan tipe KN95.

Di antara kedua masker itu sama-sama memiliki fungsi untuk menghindari dari paparan virus dan debu, masker itu hanya dibedakan dari bentuk dan ukurannya. Sesuai dengan namanya Duckbill memiliki bentuk seperti paruh bebek sedangkan KN95 memiliki bentuk seperti mangkok yang lebar.

Walaupun kedua masker ini memiliki kesamaan dalam menghindari paparan virus tapi tetap memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mari simak pembahasan kelebihan dan kekurangan dari kedua masker ini!

Makser Tipe Duckbill

Masker tipe ini memiliki bentuk seperti moncong bebek sehingga membuat tampilan lebih stylist jika dibandingkan dengan menggunakan masker tipe lain. Selain itu, masker Duckbill tidak akan menganggu pernapasan berkat adanya pori-pori kecil dan membuat sirkulasi udara menjadi lancar.Tipe masker yang satu ini mempunyai keunggulan untuk menghindari debu, partikel-partikel kecil ataupun droplet, dan juga percikan-percikan virus. Hal ini disebabkan desainnya yang menutupi hidung serta pun mulut.

Masker ini mempunyai desain 3 lapis yang mencegah terhadap kelembaban dari luar serta mencegah 95 persen debu, serbuk sari, kuman virus, serta pertikel udara lainnya.

Kelebihan Masker Tipe Duckbill

1.   Harga yang terjangkau

Kelebihan yang paling utama dari masker Duckbill ini memiliki harga yang terjangkau, masker ini bisa dibeli dengan harga 25rban dengan isi masker sebanyak 50 masker.

2.   Pernapasan tidak terganggu

Untuk yang memakai masker ini tidak akan merasakan gangguan dalam pernapasan, walaupun masker ini memiliki 3 lapisan tetapi masker ini juga dilengkapi dengan pori-pori kecil sehingga untuk sirkulasi udara di dalam masker.

3.   Memiliki design yang lebih keren

Dikarenakan masker ini memiliki design yang berbeda dibanding masker lainnya membuat masker ini terlihat lebih modis dan kekinian.

4.   Bahan yang lembut

Salah satu keunggulan dari masker ini adalah bahannya yang lembut sehingga tidak akan membuat luka atau iritasi pada wajah. Masker Duckbill dengan bahannya yang lembut akan cocok jika digunakan oleh seluruh tipe wajah, jadi jika dipakai oleh wajah yang berjerawat tidak akan membuat wajah lebih luka.

5.   Terdapat model untuk anak kecil

Bukan hanya orang dewasa yang diwajibkan menggunakan masker tapi anak kecil juga diwajibkan untuk menggunakan masker. Masker Duckbill ini menyediakan masker untuk model anak-anak sehingga tidak perlu bingung untuk mencari masker anak lainnya.

Kekurangan Masker Tipe Duckbill

1.   Tidak cocok untuk yang memiliki wajah besar

Walaupun design masker ini sangatlah modis dan kekinian tapi masker ini kurang cocok dipakai untuk yang memiliki wajah yang besar dikarenakan masker ini memang tergolong agak kecil jika dibandingkan masker lainnya. Jika dipakai pada wajah yang besar maka masker ini tidak akan menutup sempurna.

2.   Bagian depan masker yang tajam

Lihat juga:  9 Merk Suplemen Minyak Ikan Yang Bagus 2022

Karena mengusung konsep paruh bebek, menjadikan diujung masker ini terdapat bagian yang tajam. Bagian yang tajam ini agak sedikit menganggu ketika digunakan pada wajah.

3.   Tali masker yang mudah putus

Untuk masker Duckbill ini ada kekurangan yang paling signifikan yaitu masker ini memiliki tali yang mudah putus dikarenakan tali ini disambungkan atau ditempelkan pada bagian masker yang tipis.

Masker Tipe KN95

Masker kn95 ini merupakan masker yang dipercaya dapat menyaring debu atau partikel kecil lainnya dengan efektifitas saring sebesar 95 persen. Masker ini menjadi favorit dikalangan masyarakat umum.Maker KN95 ini dirancang dengan bentuk yang menyerupai mangkok akan tetapi jika disimak dengan seksama maka masker ini terlihat seperti tenda sehingga akan ada rongga antara hidung dan masker.

Dengan menggunakan masker ini pengguna akan lebih mudah untuk bernafas dan tidak terlalu menyesakkan ketika digunakan.

Kelebihan Masker Tipe KN95

1.   Tingkat filtrasi yang tinggi

Masker ini dilengkapi dengan 3 lapisan filter. Lapisan terluar berfungsi untuk menyaring partikel debu terbesar, lapisan terdalam bertugas untuk mempertahankan bentuk respirator, dan lapisan tengah terdiri dari media filter elektrostatik.

Dengan dilengkapi 3 lapisan filter membuat masker ini dapat menyaring di atas 90 persen dari debu dengan partikulat 0.3 mikron

2.   Design masker yang modis

Mengusung konsep masker seperti tenda membuat masker ini lebih enak dilihat dan digunakan. Bagi pemakai yang memakai makeup tidak akan takut makeup akan tersisi di bagian masker dikarenakan terdapat rongga antara masker dan wajah.

3.   Dapat digunakan seluruh tipe wajah

Dikarenakan masker ini berbentuk full jadi untuk pemakai yang memiliki wajah besar dapat dengan nyaman menggunakan masker ini. Untuk yang berwajah kecil juga bisa menggunakan masker ini tanpa merasa kebesaran

Kekurangan Masker Tipe KN95

1.   Karet masker yang kencang

Salah satu kelemahan dari masker ini adalah karet masker yang sangat kencang, sehingga akan meninggalkan bekas karet pada wajah. Dengan tali masker yang kencang membuat pengguna akan merasakan pengap.

2.   Harga yang mahal

Diibandingkan dengan masker yang lain, masker tipe KN95 ini memiliki harga yang lebih tinggi dikarenakan masker ini memiliki filter lapisan yang kompleks yang membuat harga masker ini lebih tinggi dibanding masker lain.

Pilih Mana: Masker Duckbill atau KN95?

Keterangan Masker Tipe DuckbillMasker Tipe KN95
Kelebihan - Harga yang terjangkau - Pernapasan tidak terganggu - Memiliki design yang lebih keren - Bahan yang lembut - Terdapat model untuk anak kecil- Tingkat filtrasi yang tinggi - Design masker yang modis - Dapat digunakan seluruh tipe wajah
Kekurangan - Tidak cocok untuk yang memiliki wajah besar - Bagian depan masker yang tajam - Tali masker yang mudah putus- Karet masker yang kencang - Harga yang mahal
Beli disiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Kedua masker di atas memiliki persamaan dalam fungsi yaitu dapat menghindari dari partikulat debu dan virus. Untuk itu jika ingin menggunakan masker apapun akan tetap efektif. Jika ada hal yang dipertimbangkan ketika memakai masker maka pembahasan di atas dapat membantu dalam memilih masker wajah. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pilih Mana: Masker Duckbill atau KN95?

VS