Kecantikan

Pilih Mana: Masker Putih Telur atau Kuning Telur?

Banyak cara yang dilakukan untuk melakukan perawatan terhadap wajah, baik itu cara alami maupun non alami. Salah satu bahan alami yang dapat dijadikan bahan dasar perawatan wajah adalah telur. Telur memiliki kandungan yang baik untuk wajah sehingga dapat dijadikan sebagai masker. Anda dapat memanfaatkan putih telur dan kuning telur sebagai bahan pembuatan masker. Manakah yang paling baik untuk digunakan? Masker putih telur atau kuing telur?

Putih telur dan kuning telur sama-sama dapat digunakan untuk membuat masker. Saat ini banyak yang hanya mengetahui bahwa hanya putih telur saja yang dapat dijadikan masker sehingga lebih banyak orang yang menggunakan putih telur. Padahal, kuning telur juga memiliki kandungan yang baik untuk dijadikan bahan perawatan wajah hingga rambut.

Baca juga Pilih Mana: Bedak Padat atau Tabur?

Masker Putih Telur

Masker putih telur merupakan masker yang dibuat dari putih telur yang masih mentah. Putih telur ini mampu merawat wajah sebab memiliki kandungan kolagen yang dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan mengandung protein agar kulit menjadi lebih elastis.

Kelebihan Masker Putih Telur

Berikut beberapa kelebihan masker putih telur yang perlu Anda ketahui:

  • Mengatasi Wajah Berminyak

Salah satu kelebihan menggunakan masker putih telur adalah dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Untuk mendapatkan hasil ini, Anda dapat mencampurkan putih telur dengan madu untuk kemudian diaplikasikan pada kulit wajah Anda.

  • Menghaluskan Kulit Wajah dan Mengangkat Sel Kulit Mati

Kelebihan lain yang dimiliki masker putih telur adalah dapat menghaluskan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan putih telur dengan perasan air lemon agar lebih maksimal.

  • Mengatasi Jerawat dan Bekas Jerawat

Kelebihan lain yang akan Anda dapatkan jika rutin melakukan masker menggunakan putih telur adalah dapat mengatasi jerawat serta menghilangkan bekas jerawat. Anda juga harus memberikan campuran pada putih telur ini, campuran yang dibutuhkan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya adalah parutan buah mentimun.

Kekurangan Masker Putih Telur

Berikut beberapa kekurangan masker putih telur yang perlu Anda ketahui:

  • Menyebabkan Munculnya Jerawat

Putih telur mengandung vitamin A yang dapat menyebabkan iritasi jika sering digunakan oleh kulit yang sensitif. Hal ini memungkinkan kulit ditumbuhi oleh jerawat. Sebelum menggunakan masker putih telur, Anda harus memerhatikan jenis kulit Anda terlebih dahulu.

  • Menyebabkan Infeksi Kulit

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh putih telur adalah putih telur mentah mengandung bakteri salmonella yang dapat memicu terjadinya infeksi pada kulit wajah.

  • Tidak Boleh Digunakan Setiap Hari

Menggunakan masker putih telur setiap hari juga tidak dianjurkan karena akan membuat masalah pada kulit wajah. Kulit wajah akan menjadi lebih kering dan mengelupas, apalagi jika putih telur ditambahkan bahan tertentu seperti jeruk nipis atau jeruk lemon yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Karena itulah, Anda tidak dianjurkan menggunakan masker putih telur setiap hari.

Kelebihan Masker Putih TelurKekurangan Masker Putih Telur
- Mengatasi wajah berminyak - Menyebabkan munculnya jerawat
- Menghaluskan kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati - Menyebabkan infeksi kulit
- Mengatasi jerawat dan bekas jerawat - Tidak boleh digunakan setiap hari

Masker Kuning Telur

Masker kuning telur merupakan masker yang dibuat dari kuning telur, kuning telur memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat membantu mengembalikan elatisitas kulit wajah Anda.

Kelebihan Masker Kuning Telur

Berikut beberapa kelebihan masker kuning telur yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Melembapkan Kulit Wajah

Salah satu kelebihan menggunakan kuning telur sebagai masker adalah dapat membuat kulit menjadi lebih lembap. Jika Anda memiliki jenis kulit yang kering dan kusam, Anda dapat memanfaatkan kuning telur agar kulit wajah menjadi lebih lembap.

  • Dapat Menghilangkan Komedo pada Wajah

Komedo dapat muncul pada wajah dikarenakan paparan sinar UV ataupun karena tidak menjaga kebersihan kulit wajah. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan kuning telur yang telah dicampur dengan jeruk nipis untuk diaplikasikan kepada wajah Anda.

  • Menghaluskan wajah

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh kuning telur adalah dapat membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan tidak kasar. Untuk mendapatkan kulit yang halus, Anda dapat mencampurkan kuning telur dengan lemon dan madu sebelum diaplikasikan ke kulit wajah Anda. kelebihan lainnya menggunakan masker kuning telur adalah dapat mengatasi kulit wajah yang kering, menyamarkan kantung mata yang hitam, serta mengatasi kulit wajah yang kusam.

  • Dapat Digunakan Sebagai Perawatan Rambut

Selain memiliki fungsi untuk merawat kulit wajah, masker kuning telur juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk bisa menyehatkan dan mengurangi masalah pada rambut. Dikutip dari Vemale.com jika Anda memiliki tipe rambut yang kering, Anda dapat menggunakan kuning telur sebagai masker.

Kekurangan Masker Kuning Telur

Berikut beberapa kekurangan masker kuning telur yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menyebabkan Alergi Kulit

Salah satu kekurangan dari penggunaan kuning telur untuk masker adalah dapat memicu munculnya alergi pada kulit wajah. Alergi ini ditandai dengan rasa gatal hingga munculnya bintik-bintik atau ruam merah pada kulit wajah.

  • Memiliki Bau yang Amis

Kekurangan selanjutnya penggunaan kuning telur sebagai masker adalah memiliki bau yang sangat amis. Bagi orang yang tidak menyukai bau amis ini akan mual bahkan muntah jika dipaksakan. Solusinya, Anda dapat mencampurkan kuning telur dengan bahan lainnya agar tidak terlalu amis.

  • Rentan Terkontaminasi Bakteri

Kekurangan lainnya saat menggunakan masker kuning telur adalah adanya kemungkinan terkontaminasi bakteri. Cangkang kulit telur yang kotor berpotensi menyebarkan bakteri ke kuning telur. Hal ini akan menyebabkan munculnya jerawat pada wajah Anda. Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya memerhatikan kehigienisan telur yang akan digunakan.

Kelebihan Masker Kuning TelurKekurangan Masker kuning Telur
- Dapat melembapkan kulit wajah - Dapat menyebabkan alergi kulit
- Dapat menghilangkan komedo pada wajah - Memiliki bau yang amis
- Dapat menghaluskan wajah- Rentan terkontaminasi bakteri

Pilih Mana: Masker Putih Telur atau Kuning Telur?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara masker putih telur dan kuning telur. Perbedaan keduanya telah kami rangkum pada tabel berikut:

Masker Putih TelurMasker Kuning Telur
- Bagian yang digunakan sebagai masker adalah putih telur - Bagian yang digunakan sebagai masker adalah kuning telur
- Cocok untuk perawatan rambut berminyak- Cocok untuk perawatan rambut kering
- Dapat memicu terjadinya infeksi - Dapat memicu munculnya alergi

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai masker putih telur dan masker kuning telur di atas dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki manfaat yang sama serta sama-sama memiliki risiko. Anda hanya perlu memilih mana yang paling cocok dan sesuai dengan selera Anda. Selanjutnya, telur juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk perawatan rambut.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Masker Putih Telur vs Kuning Telur

VS

Leave a Reply