Pilih Mana: Mazda Mpv atau Honda Odyssey?

Loading...

Persaingan pada dunia otomotif di Indonesia memang bisa dibilang sangat ketat. Tidak hanya di kelas mobil LCGC, rupanya perusahaan otomotif di Indonesia juga bersaing di kelas mobil MPV mewah. Beberapa brand berlomba mengeluarkan tipe mobil terbaiknya, Kali ini akan kita bahas dua tipe mobil yang mempunyai kelas MPV yaitu Mazda Mpv atau Honda Odyssey, yang akan kita bahas mengenai desain eksterior, desain interior dan mesin. Selamat membaca!

Mazda Mpv

Kali ini kita akan mengulas produk asal Jepang, Mazda. Jagoan baru Mazda yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah All New Mazda Biante yang sebenarnya sudah dirilis pada awal kuartal pertama tahun lalu. Sosok Biante sendiri memiliki tempat khusus di pasar otomotif Indonesia. Mobil keluarga ini didaulat sebagai salah satu kendaraan MPV premium yang memiliki aura kemewahan dan eksklusivitas tinggi.

Di kelas MPV premium, Mazda Biante menjadi pesaing serius untuk Nissan Serena dan juga Toyota Alphard yang merupakan unit-unit MPV premium paling laris di Tanah Air. Baca juga Pilih Mana: Suzuki Jimny atau G-Class?

Desain Eksterior Mazda Mpv

Tampilan eksterior pada spesifikasi Mazda Biante memang benar-benar menampakkan aura kemewahan dan eksklusifitas. Mazda sendiri menghadirkan dua tipe All New Biante, yakni Mazda Biante Skyactiv tipe standar dan juga Biante Limited Edition. Pada tipe standar, Mazda masih mempertahankan desain yang selama ini menjadi ciri khas Biante, yakni berupa headlamp ‘sipit’ yang berpadu dengan front grille berbentuk ‘V Shape’ berwarna chrome yang memancarkan aura kemewahan.

Sementara untuk Mazda Biante Limited Edition, pabrikan asal jepang itu menampilkan tata ruang yang lebih elegan lewat tampilan lebih chrome seperti alis pada bagian lampu utamanya. Selain itu, pada varian Limited Edition juga ditambah dengan body kit minimalis di bawah spoilernya yang berpadu cantik dengan fog lamp di ujung bawah. Bergerak ke samping, generasi baru Mazda Biante ini tampil elegan dengan lekukan tipis pada ujung depan dan juga ujung belakangnya.

Kemudian, salah satu ciri khas Biante berupa frontside window bagian depan yang lebih ke bagian depan pun juga tetap dipertahankan. Selanjutnya, spesifikasi Mazda Biante di bagian buritan juga masih menggunakan basis desain versi lama dengan tambahan berupa stop lamp berdesain vertikal. Sedangkan untuk tipe Limited Edition ada aksen baru di bawah kaca belakang yang berwarna lebih mewah.

Desain Interior Mazda Mpv

Kini saatnya kita mengupas spesifikasi Mazda Biante pada bagian ruang kabinnya. Biante merupakan mobil tipe MPV dengan kapasitas maksimal enam orang penumpang. Sebagai versi baru, pastinya New Mazda Biante ini juga menawarkan sisi interior yang juga baru kepada penggunanya. Pada ruang kabin kemudi, Mazda mendesain dasbor Biante dengan sentuhan dua unsur warna yang berbeda, krem dan juga coklat gelap.

Pada bagian tengah dasbor diisi oleh layar VGA 6 inci yang merupakan sistem audio touchscreen dengan lampu latar LED. Di bawahnya, terdapat sistem audio player berupa DVD dan juga CD player. Pada bagian setir, Mazda Biante ini memiliki lingkar setir yang diselimuti dengan kulit yang berkualitas. Di bagian itu pula terdapat panel instrumen speedometer dan indikator lainnya yang berfungsi untuk mengetahui kondisi mobil. Sementara untuk menambah keseruan saat perjalanan, Mazda Biante juga dilengkapi dengan monitor backhead berukuran 10.1 inci.

Namun sayangnya fitur tersebut hanya ada pada Biante Limited Edition. Melihat ke belakang, mobil ini memiliki kabin penumpang yang sangat luas. Masing-masing kursi penumpang pada New Mazda Biante ini juga bisa diatur tingkat kenyamanannya. Untuk bagasi belakang, ruang yang disediakan pun juga cukup luas. Secara garis besar, spesifikasi Mazda Biante baik tipe standar maupun Limited Edition memiliki konsep yang sama.

Mesin Mazda Mpv

sektor mesin pacu dari spesifikasi Mazda Biante ini. Generasi baru Biante ini ternyata memiliki performa mesin bertenaga dan juga irit berkat kehadiran teknologi andalan Mazda, yaitu SKYACTIV. Dengan mengandalkan mesin SKYACTIV-G yang berkapasitas 1.997 cc terdiri dari 4 silinder segaris DOHC 16 katup, Mazda Biante akan memberikan performa mesin yang tangguh. Untuk ukuran MPV, performa mesin New Biante ini merupakan salah satu yang terbaik. Untuk Mazda Biante Limited Edition ada sedikit tambahan berupa fitur Dual Sequential Valve Timing (S-VT) dan juga Electronic Throttle Control (ETC).

Namun mengusung konsep mesinnya memiliki teknologi sedikit berbeda, tenaga yang dihasilkannya terhitung sama. Kedua varian Mazda Biante ini dapat menghasilkan tenaga maksimal mencapai 151 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi mencapai 19.4 kgm pada 4.100 rpm. Untuk semakin memaksimalkan pembakaran pada ruang mesinnya.

Mazda Biante juga dibekali dengan sistem Direct Injection pada tipe standar serta Electronically Controlled Direct Injection pada tipe Limited Edition. Perbedaan antara Biante standar dan Limited Edition juga terletak pada penggunaan teknologi i-STOP Idling System yang hanya ada pada Mazda Biante Limited Edition. Spesifikasi Mazda Biante pada bagian mesin ini menggunakan sistem transmisi manual 6-speed Front Wheel Drive (FWD) yang dapat menghasilkan tarikan tenaga optimal.

Loading...

Honda Odyssey

Memasuki Maret 2018, pabrikan PT Honda Prospect Motor baru saja memperkenalkan Honda Odyssey dengan tampilan ubahan minor baru yang lebih elegan dan modern. Sebagai MPV Premium, tentu saja mobil yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2005 silam ini sudah mendapat beberapa kali perubahan hingga 2014 lalu.

Kini, pada awal 2018 pun Honda Odyssey pun dihadirkan kembali dengan eksterior yang lebih gagah dan ruang interior yang begitu luas serta nyaman. Tentu saja, hal tersebut juga tak lepas dari ragam fitur pada bagian ruang interior yang lebih lengkap dan canggih. Sehingga, tak heran apabila MPV Premium garapan PT HPM ini siap membuat pasar otomotif di segmen MPV Medium semakin panas.

Desain Eksterior Honda Odyssey

Sebagai MPV premium, tentu saja sisi eksterior pada spesifikasi Honda Odyssey menjadi salah satu bagian yang mendapat perubahan yang tampak cukup terlihat. Wajar mengingat sisi eksterior pada mobil ini akan memberikan kesan awal bagi para konsumen untuk lebih tertarik dalam mengenal lebih jauh terkait pembaruan pada Honda Odyssey. Nah, secara lebih detail, bisa kita lihat sisi futuristiknya. Dimana desain eksterior mobil tersebut terbilang cukup unik untuk standar sebuah MPV.

Lampu utama tampak terpasang begitu manis dan seimbang di samping grille berlapis krom terlihat memanjang dan diapit dengan lampu daytime running LED. Tentu saja, hal tersebut akan membuat wajah dari mobil ini kian lebih gagah dan terkesan garang. Tak hanya itu saja, bahkan aksen chrome juga terlihat di lips bumper depan.

Sementara itu, menginjak sisi samping, Honda Odyssey mengusung sistem pintu sliding door yang membuat mobil ini semakin futuristik. Sedangkan menginjak pada bagian belakang, tampilan elegan pun kian tampak jelas dengan nuansa chrome pada bagian tengah.

Selain itu, terdapat stop lamp dengan gaya konsep modern disertai beberapa fitur tambahan seperti LED Mount stop Lamp, Led Rear combination light yang membuat tampilan mobil ini berkesan lebih mewah dan lebih canggih. Dengan begitu maka tak heran jika sektor eksterior pada spesifikasi Honda Odyssey ini bakal mampu menarik perhatian para konsumen dengan tampilannya yang lebih futuristik dan gagah.

Desain Interior Honda Odyssey

Di satu sisi, saat memasuki ruang kabin pada spesifikasi Honda Odyssey, kawan-kawan pasti akan disajikan ruang kabin luas dengan balutan interior yang begitu mewah. Memang, sektor interior pada MPV Premium buatan HPM yang satu ini juga turut mendapat perubahan cukup signifikan. Hal itu tampak jelas dari disematkannya beberapa fitur pada dashboard depan yang terlihat berupa layar sentuh LCD seluas 7 inci yang siap menampilkan beberapa menu entertainment secara kompleks.

Di sisi lain, beberapa fitur fungsional pun juga turut disematkan, seperti CD/DVD, USB Port, HDMI Port, Made for iPod & iPhone, Clock Display, Cooperated with Smartphone, Corresponding to Multi View Camera Assist (MVA)/Cross Traffic Monitor (CTM) / Smart Parking Assist System yang siap memberikan pengalaman berkendara yang lebih terasa nyaman.

Tidak hanya itu, pada posisi pengemudi, Honda Odyssey diketahui akan mengusung layar MID LCD digital yang begitu atraktif dan informatif dalam memberikan informasi mengenai kondisi mobil saat dikendarai. Bahkan, setir kemudinya pun terbuat dari kulit berkualitas yang sudah dilengkapi beberapa tombol navigasi guna memudahkan pengemudi dalam mengatur sistem entertainment tanpa mengganggu pandangan ketika sedang menyetir.

Sementara itu, untuk jok pada Honda Odyssey sendiri memang terbilang begitu lembut dan empuk karena terbuat dari bahan kulit berkualitas. Sehingga, akan memberikan rasa nyaman kepada para penumpangnya.

Tak hanya itu saja, bagian kabin belakang pun juga bisa dibilang cukup leluasa dan bisa dijadikan sebagai bagasi untuk membawa barang bawaan saat akan mudik atau mengemudi ke luar kota. Tentu saja, secara keseluruhan bisa dipastikan bahwa sisi interior pada spesifikasi Honda Odyssey ini sangat elegan dan mampu memberikan kenyamanan yang maksimal kepada semua penumpangnya.

Mesin Honda Odyssey

Untuk sektor ruang pacu pada MPV premium pada kendaraan ini memang tak banyak mengalami perubahan. Bukan tak ada sebab mengingat kali ini diketahui bahwa Honda Odyssey tetap mempertahankan mesin i-VTEC DOHC dengan 16 katup + DBW yang memiliki kapasitas mesin hingga 2.4 liter berteknologi Earth Dreams Technology.

Mesin ini nantinya akan disandingkan dengan transmisi otomatis CVT. Yang mana, diklaim sanggup mengeluarkan power maksimal hingga 175 PS / 6.200 rpm dan capaian torsinya mencapai titik puncak hingga 23 kg.m / 4.000 rpm. Melihat dapat menghasilkan tenaga dan torsi puncaknya tersebut maka jelas jika MPV premium ini memiliki kegagahan tenaga yang sangat bisa diandalkan.

Selain itu, Mesin yang diusung Honda Odyssey ini sudah dilengkapi pula dengan teknologi Earth Dreams Technology dan mengusung suplai bahan bakar PGM FI. Sehingga, selain irit bahan bakar, tentu saja MPV mewah buatan Honda ini akan menjadi mobil yang super ramah lingkungan dengan perbandingan kompresi 10.1:1.

Pilih Mana: Mazda Mpv atau Honda Odyssey?

Mazda Mpv Honda Odyssey
Kelebihan - Desain eksterior yang mewah - Kabin dan bagasi luas - Kursi yang nyaman- Nyaman dikendarai - Tenaga responsif - Harga jual kembali masih tinggi
Kekurangan- Tempat service yang masih terbatas - Tenaga kurang optimal - Boros - Perawatan mahal

Kesimpulan

Berdesarakan ulasan di atas mengenai dua tipe mobil dari Mazda Mpv dan Honda Odyssey dapat kita simpulkan bahwa kedua mobil di atas sangat family friendly karena space yang cukup luas untuk berpergian bersama keluarga dan bagasi yang cukup luas untuk menyimpan barang saat berkendara. Oleh sebab itu, dapat anda pilih sesuai dengan selera anda karena space dan manfaat yang sedikit mirip kedua mobil diatas cukup nyaman digunakan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mazda Mpv VS Honda Odyssey

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *