AplikasiElektronik

Pilih Mana : Mediatek atau Snapdragon ?

Perkembangan di dunia smartphone saat ini memang sedang berkembang pesat. Bahkan ada banyak jenis smartphone dengan banyak fitur baru yang disematkan di dalamnya. Dalam memilih smartphone, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan terutama spesifikasi chipset, karena chipset yang tertanam di smartphone Anda pasti akan mempengaruhi kinerja smartphone yang Anda beli. Berikut pembahasan Mediatek vs Snapdragon bagus mana?

Tentang Mediatek vs Snapdragon

Sejak tahun 2014, ada lima jenis chipset prosesor smartphone yang dapat Anda pilih termasuk Snapdragon Qualcomm, MediaTek, Exynos, Intel Atom dan NVIDIA Tegra. Namun, Mediatek dan Snapdragon adalah penyedia chipset yang saat ini paling laris di pasaran. Baca juga Pilih Mana: Snapdragon atau Exynos?

Mediatek

Mediatek adalah perusahaan prosessor asal Taiwan yang terus mengembangkan prosesor dengan banyak core seperti Mediatek MT6797 Helio X20 dengan 10 core CPU (2 × 2.3GHz Cortex-A72, 4 × 1.9GHz Cortex-A53, 4 × 1.4GHz Cortex-A53) yang salah satunya digunakan di Meizu MX6. Tetapi lebih banyak core juga berarti lebih banyak daya yang diperlukan untuk menjalankan prosesor. Tentu saja semakin banyak core juga memiliki kekurangan dan kelebihan tertentu seperti kelebihan dan kekurangan quad core.

Kelebihan Mediatek yang bisa Anda ketahui:

1. Bekal VRAM
Dalam beberapa produk yang dibuat, chipset Mediatek telah dilengkapi dengan VRAM khusus. Ini artinya, chipset Mediatek memiliki memori khusus untuk memproses instruksi dan pemrosesan grafis.

2. Harga kelas low-end
Harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan prosesor Snapdragon membuat prosesor Mediatek cenderung menjadi pilihan banyak perusahaan smartphone di kelas atau segmen low-end.

Kekurangan Mediatek yang bisa Anda ketahui:

1. GPU yang lemah
Pada chipset Mediatek, GPU-nya relatif lemah dan juga cenderung lebih konservatif, tetapi mamakan RAM lebih sedikit.

2. Boros baterai
Smartphone yang menggunakan Mediatek umumnya akan mudah panas dan boros baterai.

Snapdragon
Snapdragon mempertahankan jumlah core yang tidak terlalu ketinggalan dan fokus pada produksi prosesor yang memiliki kecepatan clock tinggi, seperti yang digunakan pada smartphone andalan Samsung Samsung Galaxy S7 yang menggunakan Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 Quad-core alias 4 core yang mampu menjalankan 2 × 2,15 GHz dan 2 × 1,6 GHz dibangun atas dasar arsitektur Arm Kryo.

Kelebihan Snapdragon yang bisa Anda ketahui:

1. Kekuatan GPU
Sementara Snapdragon lebih baik dalam merender grafis tetapi juga membutuhkan alokasi RAM yang besar. Dengan kata lain, jika Anda membutuhkan smartphone yang memiliki kemampuan grafis yang bagus, maka Snapdragon dapat menjadi salah satu opsi utama.

2. Hemat baterai
Dikutip dari JalanTikus.com, prosessor Snapdragon memiliki performa yang handal sekaligus hemat baterai. Inilah yang membuat banyak pabrikan smartphone memilih Snapdragon sebagai otak dari smartphone kelas atas hingga premium buatanya.

Kekurangan Snapdragon yang bisa Anda ketahui:

1. Bekal VRAM
Snapdragon dengan Adreno tidak memiliki VRAM khusus yang membuat RAM inti prosesor harus digunakan untuk melakukan rendering grafis.

2. Harga relatif mahal
Prosessor Snapdragon dibanderol dengan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan prosessor Mediatek.

Pilih Mana : Mediatek atau Snapdragon ?

MediatekSnapdragon
Harga- Harga lebih ekonomis dan menyasar ke segmen low-end- Harga premium dan menyasar ke ponsel kelas atas
Daya Tahan Baterai- Boros baterai- Hemat baterai
Multimedia- Cenderung lebih konservatif, tidak selalu menghadirkan fitur yang paling baru- Kualitas multimedia cukup tinggi dan sering menyempurnakan fitur baru

Kesimpulan

Meskipun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun harus diakui bahwa Snapdragon jauh lebih unggul dari segi teknologi yang sepadan dengan harganya. Mediatek yang dibanderol dengan harga murah bukan berarti memiliki teknologi yang murahan hanya saja Mediatek berada diposisi bawah jika dibanding dengan Snapdragon. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mediatek vs Snapdragon

VS

Leave a Reply