KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Meguiar’s atau Turtle Wax?

Mobil yang memiliki warna bagus dan terawat tentunya menjadi dambaan untuk setiap orang. Selain menjadi kebanggaan tersendiri, tentunya membuat pemilik mobil senantiasa percaya diri. Untuk itulah saat ini sudah banyak produsen cairan pembersih mobil merilis produk dengan kualitas yang baik seperti Meguiars dan Turtle Wax.

Meguiars dan Turtle Wax merupakan produk pembersih eksterior maupun interior kendaraan kamu. Selain kendaraan, kedua produk ini nyatanya juga bisa untuk membersihkan beberapa benda lainnya dengan permukaan yang hampir sama dengan mobil.

Pada artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai Meguiars dan Turtle Wax agar bisa kamu jadikan referensi dalam memilih produk pembersih kendaraan andalan kamu. Disini aja guys!

Turtle Wax

Turtle Wax merupakan produsen pembersih mobil, yang berbasis dan dibuat di Amerika Serikat tepatnya di Chicago yang sudah 70 tahun lebih bertahan dan terus melayani para pemilik mobil supaya kendaraan nya menjadi bersih. Dan memasarkan produk lebih dari 1250, di ritel dan komersial hampir di 100 negara.

Turtle Wax sendiri sudah dipercaya oleh para pengguna kendaraan. Karena Turtle Wax memberikan produk yang berkualitas terbaik juga mutakhir. Di dunia sendiri Turtle Wax sanggup memimpin produk perawatan otomotif sampai saat ini. Untuk mobil maupun motor, terdapat banyak jenis dari produk Turtle Wax yang memiliki fungsi serta kegunaan yang berbeda beda.

Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kualitas dan manfaat yang diberikan oleh Turtle Wax ini karena sudah terbukti ampuh dan membuat kendaraan jadi lebih segar dan terlihat seperti baru. Baca juga Pilih Mana: Honda Jazz atau Toyota Agya?

Kelebihan Turtle Wax

  • Memiliki formula yang baik untuk bodi kendaraan
    Formula-formula yang dimiliki oleh Turtle Wax nyatanya membuat bodi kendaraan kamu baik mobil atau motor bahkan permukaan lainnya menjadi bersih serta mengkilap tahan lama.
  • Mampu melindungi dari berbagai kontaminasi
    Selain formula yang mampu membuat bodi kendaraan jadi lebih bersih dan mengkilap, Turtle Wax juga mampu melindungi bodi kendaraan dari berbagai kontaminasi seperti debu, pasir dan berbagai kontaminasi lainnya.
  • Hanya memerlukan cairan yang sedikit untuk memoleskannya
    Berbeda dengan cairan pembersih lainnya, Turtle Wax hanya membutuhkan sedikit saja cairan untuk dipoles ke bodi kendaraan kamu. Tentunya ini membuat penggunaan Turtle Wax jadi lebih hemat dengan hasil yang maksimal.

Kekurangan Turtle Wax

  • Belum begitu terkenal
    Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Turtle Wax adalah masih belum begitu populer dikalangan masyarakat. Hal ini tentunya membuat orang jadi lebih memiliki merk yang sudah terkenal ketimbang memilih Turtle Wax.
  • Masih sulit ditemukan
    Kekurangan selanjutnya yaitu masih sulit ditemukan. Turtle Wax sendiri hanya bisa kamu temukan di toko peralatan kendaraan atau kamu juga bisa mendapatkan produk ini di toko online.
  • Varian yang keras susah untuk diaplikasikan
    Kekurangan terakhir dari Turtle Wax adalah untuk varian yang keras susah diaplikasikan ke bodi kendaraan kamu. Turtle Wax sendiri memiliki varian liquid dan varian keras. Untuk itu baca cara pakai pada varian yang keras agar bisa kamu gunakan dengan benar dan baik.

Rekomendasi Turtle Wax

– Turtle Wax Metallic Car Wax
Turtle Wax Metallic Car Wax membersihkan, mengkilapkan sekaligus memberikan perlindungan “Hard Shell Finish” yang sanggup melindungi cat mobil atau motor kamu dari kepudaran dan oksidasi. Kini hadir juga dalam kemasan sachet tanpa mengurangi kualitas, praktis dan murah.

– Turtle Wax ICE Spray Wax
Turtle Wax ICE Spray Wax mempunyai kemampuan luar biasa dalam memberikan kilau cemerlang pada cat mobil serta perlindungan yang tahan lama, tanpa residu putih. Cairan serta formulasi Turtle Wax ICE Spray Wax yang unik bisa dipakai untuk seluruh permukaan luar bodi mobil, karet, plastik, krom bahkan kaca.

– Turtle Wax Smart Shield
Formula ini dikembangkan Turtle Wax dengan memakai polymer engineering yang paling canggih. Membuat Smart Shield mampu membersihkan, melindungi serta meningkatkan kilau permukaan cat secara maksimum.

Varian Turtle WaxHarga Per Oktober 2019
Turtle Wax Metallic Car WaxRp. 95.000,-
Turtle Wax ICE Spray WaxRp. 164.500,-
Turtle Wax Smart ShieldRp. 285.000,-

Meguiar’s

Meguiar’s merupakan merk pelindung komponen mobil supaya tetap terlihat kinclong, mulus, dan tahan lama. Salah satu produk Meguiar’s yakni paint protection berbahan wax yang berkualitas. Proses waxing pada mobil yakni memberikan lapisan (sejenis lilin) yang tipis sehingga menutupi permukaan bodi mobil.

Cara melapisi wax pada mobil mesti dilakukan secara tepat supaya tidak merusak mobil. Supaya mendapatkan hasil yang maksimum, kamu mesti mencuci mobil kamu terlebih dulu dengan memakai air. Keringkan bodi mobil dengan memakai kain chamois supaya dapat kering dengan sempurna.

Pengeringan mobil yang tepat bisa membuat lapisan wax Meguiar’s bisa menempel dengan sempurna. Selanjutnya cara melapisi permukaan mobil dengan wax yaitu dengan memberi tekanan pada wax sambil diputar. Semakin lama waktu pemutaran akan memberikan hasil pelapisan yang maksimal. Lakukan pelapisan ini pada seluruh bagian luar mobil.

Setelah itu lakukan pengelapan memakai lap mikrofiber. Proses waxing akan sempurna ketika suhu mobil kamu sedang dingin. Jangan lupa untuk memilih wax yang sesuai dengan warna mobil kamu.

Kelebihan Meguiar’s

  • Mampu membersihkan kontaminasi dengan baik
    Meguiar’s mampu membersihkan dan menghilangkan kontaminasi yang melekat dan oksidasi yang tidak bisa dihilangkan pada saat proses pencucian. Hal inilah yang membuat Meguiar’s jadi dicintai oleh banyak orang.
  • Mampu membuat warna jadi lebih hidup
    Dengan memakai Meguiar’s, warna dari eksterior maupun interior kendaraan kamu jadi lebih hidup dan lebih bagus seperti pertama kali beli. Senantiasa gunakan produk ini melalui cara pemakaian yang sudah tertera di setiap kemasan.
  • Meguiar’s murni polish
    Tidak semua produk yang berlabel “polish” merupakan murni polish, sebagian memiliki bahan abrasive serta beberapa mengandung wax. Nah Meguiar’s murni polish, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kandungan Meguiar’s. Polish sendiri merupakan langkah penting untuk mengembalikan kekayaan warna, mobil yang berkilau, dan bebas swirls.

Kekurangan Meguiar’s

  • Harga mahal
    Jika dibandingkan dengan Turtle Wax, Meguiar’s sendiri memiliki harga yang lebih mahal. Namun tentunya ini sesuai dengan manfaat yang diberikan kepada para pemakainya.
  • Masih susah ditemukan
    Sama halnya dengan Turtle Wax, Meguiar’s juga sedikit susah untuk ditemukan. Namun jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak toko online yang menjual produk ini.
  • Hanya tersedia ukuran besar
    Sebagian toko yang menjual Meguiar’s hanya menyediakan produk dengan ukuran yang besar. Tentunya hal ini kurang pas untuk kamu yang menginginkan produk ini dengan ukuran yang sedang dengan harga yang lebih terjangkau.

Rekomendasi Meguiar’s

– Meguiar’s Cleaner Wax Paste
Apa yang dimaksud dengan cleaner wax Kombinasi antara cleaner dan wax, berfungsi untuk membersihkan (cleaner) serta melindungi (wax). Pencampuran 2 formula sekaligus bisa mempermudah sekaligus mempercepat proses pengerjaan.

– Meguiar’s Gold Class Car Wash Shampoo & Conditioner
Didesain untuk membersihkan dan melindungi kondisi cat kamu dalam satu langkah mudah. Terdapat formula mutakhir yang bisa membersihkan tanpa menghilangkan lapisan wax seperti membersihkan debu, kotoran jalanan, serta kontaminasi lainnya. Sangat kaya akan kondisioner cat yang memberikan tampilan memukau pada cat kamu

– Meguiar’s Gold Class Carnauba Plus Quik Wax 2
Formula yang aman terhadap sinar matahari yang membuat mobil hitam kamu makin hitam dan menambah kilau pada semua warna. Premium carnauba / polymer menyatu dengan warna gelap serta membuat tampilan seperti basah. Formula non-whitening nya bisa di aplikasikan dibawah terik matahari.

Varian Meguiar’sHarga Per Oktober 2019
Meguiar’s Cleaner Wax PasteRp. 285.000,-
Meguiar’s Gold Class Car Wash Shampoo & Conditioner Rp. 268.000,-
Meguiar’s Gold Class Carnauba Plus Quik Wax 2Rp. 157.000,-

Beberapa faktor yang membuat warna cat mobil mudah memudar

1. Terik sinar matahari dan air hujan
Kondisi yang sering dialami oleh pemilik mobil yaitu memarkirnya di tempat terbuka serta terkena langsung terik sinar matahari. Sengatan sinar matahari yang terus-menerus dalam waktu yang lama akan memicu warna pudar. Radiasi sinar ultraviolet yang ada di sinar matahari pada suhu tertentu akan mendekonstruksi pelasi pelindung cat mobil.

2. Bahan polish dan shampo mobil yang tidak tepat
Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh pemilik mobil yaitu memoles sendiri atau memoles di tempat yang kurang kredibel. Padahal pemilihan zat car polish yang tidak tepat malah akan menggerus lapisan pelindung cat atau coating dan pernis yang merupakan lapisan teratas dari cat mobil.

3. Kandungan garam pada air yang digunakan
Khusus untuk pemilik mobil yang dekat dengan wilayah pantai maupun laut, hendaknya mewaspadai kandungan garam yang ada di lingkungannya baik yang terdapat di air sumur maupun di udara. Kandungan garam bila dalam kondisi lembab akan menggerogoti lapisan cat mobil.

4. Tidak pernah memakai lapisan pelindung
Walaupun Kamu sudah menghindari faktor-faktor yang disebutkan di atas, kamu juga sangat disarankan melapisi cat mobil kamu dengan zat tabir surya atau sunblock. Tabir surya untuk mobil itu bisa disebut dengan wax. Selain membuat warna cat tampak lebih kinclong, wax juga bisa mencegah pantulan sinar matahari secara langsung.

Pilih Mana: Meguiar’s atau Turtle Wax?

Meguiar'sTurtle Wax
Kelebihan- Memiliki formula yang baik untuk bodi kendaraan - Mampu melindungi dari berbagai kontaminasi - Hanya memerlukan cairan yang sedikit untuk memoleskannya - Mampu membersihkan kontaminasi dengan baik - Mampu membuat warna jadi lebih hidup - Meguiars murni polish
Kekurangan- Belum begitu terkenal - Masih sulit ditemukan - Varian yang keras susah untuk diaplikasikan - Harga mahal - Masih susah ditemukan - Hanya tersedia ukuran besar

Kesimpulan

Meguiars dan Turtle Wax adalah produk dengan kualitas yang baik untuk kendaraan kamu. Untuk itu kamu tidak perlu khawatir lagi dengan manfaat yang diberikan kedua produk ini. Jadi yang mana pilihan kamu? Tentukan pilihan produk tersebut sesuai dengan selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Meguiar's vs Turtle Wax

VS

Leave a Reply